Kamis, 12 September 2013 , 08:56:00


BALIKPAPAN- Pendaftaran rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) untuk pendaftar umum dibuka Kamis (12/9) hari ini. Berkaitan hal tersebut, Pemkot Balikpapan mewanti-wanti masyarakat yang berminat mendaftar tidak percaya kepada iming-iming calo. Sebab, Pemkot Balikpapan menegaskan tidak membuka jalur khusus saat penerimaan CPNS.

“Apapun iming-imingnya jangan percaya. Entah mengaku pegawai atau pejabat pemkot maupun pejabat dari pusat jangan dipercaya. Pada penerimaan CPNS ini kita transparan tidak ada jalur khusus, belakang atau yang lainnya,” ujar Kabag Humas dan Protokol Sekdakot Balikpapan, Sudirman Djayaleksana.

Berdasar pengalaman tahun-tahun sebelumnya, kata dia, para pelamar CPNS sering tertipu ulah calo yang berani menjanjikan akan meloloskan pelamar tersebut ke formasi yang diinginkan. Bahkan, kata dia untuk lebih menyakinkan calo tersebut mencatut nama beberapa pejabat teras yang terlibat dalam seleksi penerimaan CPNS tersebut. Peserta juga kerap mengeluarkan dana besar.

“Ada saja informasi yang masuk ke kita seperti itu. Tapi kami sampaikan kepada masyarakat bahwa tidak ada praktek seperti itu, karena kita di Balikpapan ini hanya sebatas memfasilitasi tempat pelaksanaan tes saja. Untuk proses, lebih banyak diurusi pusat. Soal juga dari pusat kemudian diserahkan ke provinsi baru ke kita, setelah tes, semua soal dan jawaban langsung dikirim ke Jakarta hari itu juga,” terang Sudirman.

Dia menjelaskan, untuk pendaftaran masyarakat pelamar cukup mengisi formulir secara online di internet melalui situs http://sscn.bkn.go.id atau dapat melalui tautan pada website www.balikpapan.go.id selain itu, berkas lamaran dikirim dan ditujukan kepada Wali Kota Balikpapan PO Box 501 Balikpapan. Balikpapan paling lambat diterima pada 26 September 2013 (cap pos).

“Jadi menghindari face to face  antara pelamar dengan pihak kita. Daftarnya juga online sesuai petunjuk dan berkas lamarannya dikirim lewa PT Pos Indonesia, tidak langsung ke pemkot. Semua ini untuk menghindari praktek calo dan lainnya,” terang mantan Camat Balikpapan Selatan ini.

Pendaftran CPNS Balikpapan ini dibuka mulai tanggal 12 September hari ini sampai dengan 26 September 2013 mendatang. Untuk diketahui, tahun ini Balikpapan mendapat formasi CPNS untuk umum 123 formasi. Dari jumlah tersebut sebagian besar lowongan yang dibutuhkan adalah pada posisi tenaga pendidik dengan persentase sekitar 50 persen.

Selain itu tenaga kesehatan baik dokter maupun perawat juga menjadi salah satu kebutuhan yang paling besar pada perekrutan tahun ini dengan alokasi sekitar 35 persen. Barulah 10 persen sisanya diperebutkan untuk tenaga teknis, seperti pengawas lingkungan atau petugas tera yang secara fungsional memang diharapkan mempunyai keahlian khusus.

Masyarakat yang hendak mendaftar bisa melihat rincian formasi dan syarat-syaratnya pada pengumuman CPNS Balikpapan di Halaman 14. Sudirman kembali menegaskan tidak ada percaloan dalam rekrutmen CPNS di lingkungan Balikpapan. Bahkan, jika ada yang terindikasi bukan tidak mungkin masyarakat yang melakukan dikenakan sanksi hukum.

“Sehingga masyarakat jangan percaya pada calo yang menjanjikan kelulusan dengan memberi imbalan terkait tes CPNS ini. Para peserta CPNS silakan belajar dan ikuti tes sesuai prosedurnya,” pungkas Sudirman Djayaleksana.(die)

 
OTHER NEWS
Selasa, 23 September 2014 , 04:48:00

Pembongkaran Pagar Dijaga Ketat

BALIKPAPAN- Pengguna jalan yang melintas di kawasan jalan Beller pada Senin (22/9) pagi sekira pukul 09.30 Wita kaget dan bertanya-tanya melihat ratusan personel gabun ...

Selasa, 23 September 2014 , 04:47:00

Aco Dikabarkan Berkeliaran Bawa HP

BALIKPAPAN- Ada informasi yang menyebutkan, penjahat kelas kakap kasus sabu jaringan internasional, Amirudin alias Aco Amir (39) bebas berkeliaran di luar sel Lembaga ...

Selasa, 23 September 2014 , 04:46:00

Kenakalan Remaja Semakin Marak

BALIKPAPAN–Kenakalan remaja semakin marak di Kota Balikpapan sehingga membuat keresahan orangtua dan masyarakat. Hal ini butuh penanganan secara khusus, baik dar ...

Selasa, 23 September 2014 , 04:46:00

Tekan Kriminalitas, Tingkatkan Patroli

BALIKPAPAN-Dalam upaya menekan kasus kejahatan terutama pencurian motor (curanmor) dan pencurian dengan pemberatan (curat), wilayah Polsek Balikpapan Selatan terus men ...

Selasa, 23 September 2014 , 04:44:00

Korban Tewas Tersetrum Dimakamkan di Malang

BALIKPAPAN-Tentunya kita masih ingat nasib tragis yang menimpa seorang pekerja sebuah perusahaan swasta yang bergerak di usaha ban kendaraan alat berat berlokasi di Ka ...

 
SUPER LIGA
Bakal Lebih Menyerang
SIDOARJO- Jelang uji coba kontra Kamboja, tim pelatih timnas senior Indonesia Alfred Riedl sudah ...
Other
 
Kaltim
Wabup Ancam Beri Sanksi
PENAJAM- Wakil Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Mustaqim MZ geram atas sikap sejumlah oknum Pegaw ...
Other
 
Metropolis
PKL Lapangan Merdeka Protes SK Wali Kota
BALIKPAPAN- Ratusan pedagang kaki lima (PKL) melakukan aksi unjuk rasa di kantor balaikota Senin ...
Other
 
Kecamatan
Jembatan RT 9 Baru Tengah Disemen
BALIKPAPAN- Perbaikan infrastruktur lingkungan RT kembali dilakukan di Kelurahan Baru Tengah Bali ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1