Kamis, 22 Agustus 2013 , 09:13:00


PENETAPAN DCT : Sidang KPU Kota Balikpapan dalam rangka menetapkan DCS menjadi DCT.

BALIKPAPAN-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Balikpapan menggelar sidang pleno penetapan daftar calon legislatif (caleg) yang akan bertarung dalam pesta demokrasi Pemilu Legislatif (Pileg) 2014 untuk merebut kursi dewan di DPRD Balikpapan.

Dari Daftar Calon Sementara (DCS), naik status menjadi Daftar Calon Tetap (DCT). Sidang digelar di hotel Grand Tiga Mustika, Rabu (21/8) siang kemarin. Dari DCS, ada yang ditarik oleh parpol politik (Parpol) tempat caleg tersebut bernaung.

Ada pula yang secara otomatis kosong karena yang bersangkutan meninggal dunia. Sehingga DCT sebanyak 508 orang yang tersebar di 6 daerah pemilihan (Dapil). Ketua KPU Kota Balikpapan Gamal Rustamdji mengatakan, caleg ditarik parpol karena bermasalah hukum.

“Seperti caleg atas nama Ng Priyono ditarik Parpol-nya karena sedang menjalani proses hukum,” ujar Gamal. Menanggapi kasus tersebut, saat ini KPU masih menunggu putusan pengadilan yang bersifat inkrah.

"Jadi apakah tindak pidana, kasus pidana atau pemalsuan dokumen harus menunggu putusan pengadilan," jelas Gamal kepada Balikpapan Pos. Namun demikian, lanjut Gamal, sebelum DCT ditetapkan, bahwa daftar nama caleg yang terlibat kasus pidana, tidak ada penggantian nama caleg lain.

“ Hanya penarikan caleg dari daftar peserta," tegasnya. Gamal juga menambahkan, ketika ada DCT yang meninggal dunia atau diketemukan melakukan pemalsuan dokumen dan berdasarkan putusan pengadilan dengan ancaman pidana diatas lima tahun, maka KPU akan mencoret atau menghapus DCT tersebut tanpa digeser namanya. "Jadi akan kosong namanya, itu setelah DCT ditetapkan," pungkasnya.(bp-14)

 
OTHER NEWS
Jum\'at, 29 Agustus 2014 , 07:26:00

BAK SAMPAH

Kelurahan Damai mendapatkan bantuan bak sampah dari Kecamamatan Balikpapan Kota. Bantuan itu merupakan program Kecamatan dalam memelihara kebersihan lingkungan.

Jum\'at, 29 Agustus 2014 , 07:24:00

Tak Ada Anggaran, Proyek Longsor Bakal Mangkrak

BALIKPAPAN - Melihat kondisi geografis lokasi pemukiman di wilayah Kecamatan Balikpapan (Balkot), banyak pemukiman yang berada di wilayah perbukitan. Artinya, tentunya ...

Jum\'at, 29 Agustus 2014 , 07:23:00

Lurah Prapatan Minta Warga Tingkatkan Kesadaran Membuang Sampah

BALIKPAPAN - Lurah Prapatan, Slamet Djunaidi, berharap kesadaran warganya untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungannya di musih hujan ini. “Karena jika musi ...

Jum\'at, 29 Agustus 2014 , 07:23:00

Pelayanan Akte Kelahiran Mendominasi

BALIKPAPAN — Sebagai warga yang tertib administrasi kependudukan, tentunya peduli terhadap pemenuhan segala persyaratan kependudukan. Salah satunya, pemenuhan me ...

Kamis, 28 Agustus 2014 , 10:34:00

Ke Imigrasi Cukup Dua Kali, Bayar Tinggal Gesek

Imigrasi menjadi salah satu lembaga yang banyak disorot, bukan hanya soal pelayanan tapi juga praktik percaloan. Tapi sekarang masyarakat tak perlu khawatir, hadirnya ...

 
SUPER LIGA
Berkat Tuah Nomor 17
LONDON -  Fans Arsenal harusnya berterima kasih kepada Alexis Sanchez. Satu gol pemain berno ...
Other
 
Kaltim
3 Kelurahan Segera Dialiri Listrik
PENAJAM - Tiga wilayahdi Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) patut berbahagia, pasalnya Bupati PP ...
Other
 
Metropolis
MACET TAMBAH PARAH
Kondisi Jl MT Haryono mulai dari Jembatan PDAM hingga traffick light (TL) simpangan Balikpapan Pe ...
Other
 
Kecamatan
Balteng Gelar Razia Gabungan
BALIKPAPAN - Untuk menerapkan tertib administri kependudukan di wilayah Balikpapan Tengah, pihak ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1