Senin, 19 Agustus 2013 , 08:29:00


BALIKPAPAN-Jiwa nasionalisme sebagian masyarakat di Kota Minyak mulai memudar. Terbukti di berbagai lokasi, banyak rumah, bahkan perkantoran dan  rumah megah, tidak mau melakukan pemasangan bendera merah putih di depan rumah untuk menandai peringatan HUT ke-68 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI).

Padahal, Pemkot melalui kelurahan sudah sejak jauh hari melayangkan surat imbauan agar masyarakat memasang bendera merah putih di depan rumahnya masing-masing.

Menurut Ketua Karang Taruna Tunas Remaja Unggul Karya (TRUK) Margomulyo, Muhammad Murdani, diabaikannya imbauan tersebut merupakan bukti bahwa sebagian masyarakat tidak lagi menghargai jerih payah serta pengorbanan para pejuang dalam merebut kemerdekaan.  

“Prihatin ya, masih ada yang tidak peduli dan kurangnya rasa menghargai para pejuang terdahulu, sehingga jiwa nasionalisme tersebut kurang terbentuk,” kata Dani-panggilan Muhammad Murdani.

Pantauan Balikpapan Pos, pemukiman penduduk di kawasan Margomulyo umbul-umbul terpasang di sepanjang jalan. Tak hanya itu, berbagai lomba digelar untuk menyemarakkan HUT ke-68 RI. Kendati sejumlah lingkungan berhias pernak-pernik berwarna merah putih, bendera pusaka Indonesia banyak yang tidak terpasang di depan rumah.  

“Kalau dari Kelurahan sendiri, sudah ada imbauan untuk mengibarkan bendera. Kami juga diimbau untuk memasang spanduk,” kembali Dani berkomentar. Ia pun berharap agar di tahun-tahun berikutnya, perayaan HUT RI akan semakin ramai, terlebih jika waktunya tidak bertepatan dengan bulan Ramadan.

Sebelumnya, Ketua Umum Pejuang Perintis Kemerdekaan Republik Indonesia (PPKRI) H Andi Agoes Y SH, sengaja berkeliling Balikpapan. Mulai jalan-jalan protokol hingga jalan lingkungan, dia amati. Pantauannya, masih minim masyarakat yang memasang bendara Merah Putih, padahal sudah begitu dekat peringatan detik-detik Proklamasi RI.

Andi Agoes utamanya sangat menyayangkan, para pemilik toko atau tempat-tempat usaha di pinggir jalan yang tidak memasang bendera Merah Putih. “Saya juga jalan di wilayah Balikpapan Barat, Jl Letjen Soeprapto, toko-toko yang pasang bendera masih minim. Sudah sangat dekat peringatan HUT kemerdekaan RI. Jangan hanya cari makan saja di tempat ini, tapi bangkitkan semangat patriotisme dan kebangsaan,” seru Andi Agoes.

Dia meminta, untuk peringatan 17 Agustus tahun mendatang, Satpol PP bersikap tegas. Yakni mendatangi rumah, ruko dan perkantoran yang tidak memasang bendera merah putih. “Bagi yang tidak pasang, kasih teguran keras. Terutama perusahaan besar yang tak mau pasang bendera merah putih, jangan hanya cari makan saja di Indonesia, tetapi tidak peduli dengan jasa para pahlawan,” tutupnya.(rem/ono)

 
OTHER NEWS
Rabu, 03 September 2014 , 07:50:00

Rumah Luki Minta Dikosongkan

BALIKPAPAN  - Lurah Gunung Sari Ilir (GSI), Suparli, mengkwatirkan kondisi rumah longsor milik Luki Seheri warga RT 60 GSI. Pasalnya, posisi rumah longsor itu ber ...

Rabu, 03 September 2014 , 07:46:00

DTKP Minta Wika Dukung Pembangunan Masjid

BALIKPAPAN - PT  Wika Realty Balikpapan diminta serius dan mendukung upaya masyarakat Tamansari Bukit Mutiara (TBM) I untuk mewujudkan masyarakat muslim membangun ...

Rabu, 03 September 2014 , 07:43:00

Jalan Poros Perintis KM 4 Rusak

BALIKPAPAN - Jalan poros Perintis KM 3 RT 35 Kelurahan Batu Ampar Balikpapan Utara kondisinya rusak parah, apalagi di tanjakan dekat rumah salah seorang anggota DPRD P ...

Rabu, 03 September 2014 , 07:42:00

Sepanjang Jalan Lampu PJU Padam

BALIKPAPAN - Sepanjang Jalan raya di poros Hasanuddin Kariangau , banyak lampu penerangan jalan umum (PJU) yang mati. Hal itu menyebabkan, malam hari jalanan menjadi g ...

Rabu, 03 September 2014 , 07:41:00

Hiburan Masyarakat Berlanjut Setiap Tahun

BALIKPAPAN -  Perayaan HUT Kemerdekaan RI  ke-69 berlangsung semarak di kalangan RT. Kali ini RT 7 dan 8 Kelurahan Baru Ulu Balikpapan Barat menyelenggarakan ...

 
SUPER LIGA
Bukan Pembalasan Dendam
DUSSELDORF -  Kurang dari dua bulan setelah kemenangan di grand final Piala Dunia, Jerman ak ...
Other
 
Kaltim
Humas Pemkab Berkunjung ke Redaksi Balpos
PENAJAM - Hari Jadi ke-13 Surat Kabar Harian (SKH) Balikpapan Pos yang diperingati setiap tahun 1 ...
Other
 
Metropolis
JALAN ALTERNATIF
Pemkot akhirnya memperbaiki  jalan Beler  yang terletak di antara Kecamatan Balikpapan ...
Other
 
Kecamatan
Rumah Luki Minta Dikosongkan
BALIKPAPAN  - Lurah Gunung Sari Ilir (GSI), Suparli, mengkwatirkan kondisi rumah longsor mil ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1