Senin, 19 Agustus 2013 , 08:29:00


BALIKPAPAN-Jiwa nasionalisme sebagian masyarakat di Kota Minyak mulai memudar. Terbukti di berbagai lokasi, banyak rumah, bahkan perkantoran dan  rumah megah, tidak mau melakukan pemasangan bendera merah putih di depan rumah untuk menandai peringatan HUT ke-68 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI).

Padahal, Pemkot melalui kelurahan sudah sejak jauh hari melayangkan surat imbauan agar masyarakat memasang bendera merah putih di depan rumahnya masing-masing.

Menurut Ketua Karang Taruna Tunas Remaja Unggul Karya (TRUK) Margomulyo, Muhammad Murdani, diabaikannya imbauan tersebut merupakan bukti bahwa sebagian masyarakat tidak lagi menghargai jerih payah serta pengorbanan para pejuang dalam merebut kemerdekaan.  

“Prihatin ya, masih ada yang tidak peduli dan kurangnya rasa menghargai para pejuang terdahulu, sehingga jiwa nasionalisme tersebut kurang terbentuk,” kata Dani-panggilan Muhammad Murdani.

Pantauan Balikpapan Pos, pemukiman penduduk di kawasan Margomulyo umbul-umbul terpasang di sepanjang jalan. Tak hanya itu, berbagai lomba digelar untuk menyemarakkan HUT ke-68 RI. Kendati sejumlah lingkungan berhias pernak-pernik berwarna merah putih, bendera pusaka Indonesia banyak yang tidak terpasang di depan rumah.  

“Kalau dari Kelurahan sendiri, sudah ada imbauan untuk mengibarkan bendera. Kami juga diimbau untuk memasang spanduk,” kembali Dani berkomentar. Ia pun berharap agar di tahun-tahun berikutnya, perayaan HUT RI akan semakin ramai, terlebih jika waktunya tidak bertepatan dengan bulan Ramadan.

Sebelumnya, Ketua Umum Pejuang Perintis Kemerdekaan Republik Indonesia (PPKRI) H Andi Agoes Y SH, sengaja berkeliling Balikpapan. Mulai jalan-jalan protokol hingga jalan lingkungan, dia amati. Pantauannya, masih minim masyarakat yang memasang bendara Merah Putih, padahal sudah begitu dekat peringatan detik-detik Proklamasi RI.

Andi Agoes utamanya sangat menyayangkan, para pemilik toko atau tempat-tempat usaha di pinggir jalan yang tidak memasang bendera Merah Putih. “Saya juga jalan di wilayah Balikpapan Barat, Jl Letjen Soeprapto, toko-toko yang pasang bendera masih minim. Sudah sangat dekat peringatan HUT kemerdekaan RI. Jangan hanya cari makan saja di tempat ini, tapi bangkitkan semangat patriotisme dan kebangsaan,” seru Andi Agoes.

Dia meminta, untuk peringatan 17 Agustus tahun mendatang, Satpol PP bersikap tegas. Yakni mendatangi rumah, ruko dan perkantoran yang tidak memasang bendera merah putih. “Bagi yang tidak pasang, kasih teguran keras. Terutama perusahaan besar yang tak mau pasang bendera merah putih, jangan hanya cari makan saja di Indonesia, tetapi tidak peduli dengan jasa para pahlawan,” tutupnya.(rem/ono)

 
OTHER NEWS
Rabu, 27 Agustus 2014 , 09:57:00

Abdul Mungin Jadi Ketua RT 4

BALIKPAPAN- Lurah Telaga Sari, Sahdan melakukan pengukuhan Ketua RT 04 Abdul Mungin. Berpusat di lapangan RT 04, pengukuhan dilaksanakan pasca digelar rapat dengan has ...

Rabu, 27 Agustus 2014 , 09:51:00

15 Bank Sampah Tersebar di Barat

BALIKPAPAN-  Pengelolaan sampah di wilayah Balikpapan Barat saat ini sudah mulai dimanfaatkan dengan baik oleh pemerintah maupun masyarakat. Denagn memanfaatkan b ...

Rabu, 27 Agustus 2014 , 09:50:00

PAUD Cahaya Bintang 3 Hari Gelar Lomba

BALIKPAPAN-  Sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Cahaya Bintang yang terletak di Jl.MT Haryono, Gang Aryo Penangsang RT 08 Kelurahan Gunung Samarinda Baru, B ...

Rabu, 27 Agustus 2014 , 09:49:00

Dalam Tahap Sosialisasi

BALIKPAPAN- Rencana bagi warga Balikpapan yang akan pindah domisili antar kecamatan  tidak lagi berurusan ke kantor dinas kependudukan dan catatan sipil (Disdukca ...

Rabu, 27 Agustus 2014 , 09:48:00

Ruskit Lanud dan SMKN 1 Jadi Opsi Utama

BALIKPAPAN - Kegiatan syiar Islam melalui pelaksanaan Musabaqah Tilawil Quran (MTQ) ke-45 tingkat kecamatan Balikpapan Selatan akan kembali dihelat Februari, tahun dep ...

 
SUPER LIGA
Maksimalkan Crossing buat Striker
BALIKPAPAN-  Persiba Balikpapan tak ingin berandai-andai menghadapi laga kandang pamungkasny ...
Other
 
Kaltim
WabupSerahkan Bantuan Korban Kebakaran
PENAJAM-Musibah kebakaran yang terjadi di Kelurahan Sotek, Kecamatan Penajam, Kabuapten Penajam P ...
Other
 
Metropolis
Hapus Aset, Gedung Nasional Dibongkar
BALIKPAPAN - Akhirnya tahapan pembangunan gedung parkir di lahan yang kini digunakan sebagai fasi ...
Other
 
Kecamatan
Abdul Mungin Jadi Ketua RT 4
BALIKPAPAN- Lurah Telaga Sari, Sahdan melakukan pengukuhan Ketua RT 04 Abdul Mungin. Berpusat di ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1