Senin, 19 Agustus 2013 , 08:29:00


BALIKPAPAN-Jiwa nasionalisme sebagian masyarakat di Kota Minyak mulai memudar. Terbukti di berbagai lokasi, banyak rumah, bahkan perkantoran dan  rumah megah, tidak mau melakukan pemasangan bendera merah putih di depan rumah untuk menandai peringatan HUT ke-68 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI).

Padahal, Pemkot melalui kelurahan sudah sejak jauh hari melayangkan surat imbauan agar masyarakat memasang bendera merah putih di depan rumahnya masing-masing.

Menurut Ketua Karang Taruna Tunas Remaja Unggul Karya (TRUK) Margomulyo, Muhammad Murdani, diabaikannya imbauan tersebut merupakan bukti bahwa sebagian masyarakat tidak lagi menghargai jerih payah serta pengorbanan para pejuang dalam merebut kemerdekaan.  

“Prihatin ya, masih ada yang tidak peduli dan kurangnya rasa menghargai para pejuang terdahulu, sehingga jiwa nasionalisme tersebut kurang terbentuk,” kata Dani-panggilan Muhammad Murdani.

Pantauan Balikpapan Pos, pemukiman penduduk di kawasan Margomulyo umbul-umbul terpasang di sepanjang jalan. Tak hanya itu, berbagai lomba digelar untuk menyemarakkan HUT ke-68 RI. Kendati sejumlah lingkungan berhias pernak-pernik berwarna merah putih, bendera pusaka Indonesia banyak yang tidak terpasang di depan rumah.  

“Kalau dari Kelurahan sendiri, sudah ada imbauan untuk mengibarkan bendera. Kami juga diimbau untuk memasang spanduk,” kembali Dani berkomentar. Ia pun berharap agar di tahun-tahun berikutnya, perayaan HUT RI akan semakin ramai, terlebih jika waktunya tidak bertepatan dengan bulan Ramadan.

Sebelumnya, Ketua Umum Pejuang Perintis Kemerdekaan Republik Indonesia (PPKRI) H Andi Agoes Y SH, sengaja berkeliling Balikpapan. Mulai jalan-jalan protokol hingga jalan lingkungan, dia amati. Pantauannya, masih minim masyarakat yang memasang bendara Merah Putih, padahal sudah begitu dekat peringatan detik-detik Proklamasi RI.

Andi Agoes utamanya sangat menyayangkan, para pemilik toko atau tempat-tempat usaha di pinggir jalan yang tidak memasang bendera Merah Putih. “Saya juga jalan di wilayah Balikpapan Barat, Jl Letjen Soeprapto, toko-toko yang pasang bendera masih minim. Sudah sangat dekat peringatan HUT kemerdekaan RI. Jangan hanya cari makan saja di tempat ini, tapi bangkitkan semangat patriotisme dan kebangsaan,” seru Andi Agoes.

Dia meminta, untuk peringatan 17 Agustus tahun mendatang, Satpol PP bersikap tegas. Yakni mendatangi rumah, ruko dan perkantoran yang tidak memasang bendera merah putih. “Bagi yang tidak pasang, kasih teguran keras. Terutama perusahaan besar yang tak mau pasang bendera merah putih, jangan hanya cari makan saja di Indonesia, tetapi tidak peduli dengan jasa para pahlawan,” tutupnya.(rem/ono)

 
OTHER NEWS
Selasa, 22 Juli 2014 , 10:38:00

Berharap THR Tetap Cair

BALIKPAPAN- Kisruh tentang tidak menerimanya tunjangan hari raya (THR) bagi para penyapu jalanan dibenarkan oleh Siti salah seorang potugas kebersihan di Balikpapan Ut ...

Selasa, 22 Juli 2014 , 10:36:00

Pelayanan Tetap Maksimal

BALIKPAPAN- Dengan semakin dekatnya Idul Fitri 2435 H, rupanya tidak juga memengaruhi kinerja pelayanan publik seperti di kantor kecamatan. Pelayanan di kantor Kecamat ...

Selasa, 22 Juli 2014 , 10:27:00

Waspada Modus Gendam

BALIKPAPAN-Sebentar lagi bulan suci Ramadan akan berlalu dan memasuki hari kemenangan bagi umat Muslim di dunia yakni Hari Raya Idul Fitri 1435 H. Kebiasaan yang terja ...

Selasa, 22 Juli 2014 , 10:24:00

Bukber, Tausiah hingga Bagi PCR

BALIKPAPAN - Ramadan memang bulan penuh berkah. Segala aktivitas kebaikan akan dilipatgandakan oleh Allah SWT. Sadar dengan hal itu, semua umat muslim berlomba-lomba m ...

Selasa, 22 Juli 2014 , 10:23:00

Sepinggan Raya Seriusi Kasus DBD

  BALIKPAPAN - Tingginya kasus penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kota Balikpapan yang sudah mencapai 1.300 lebih dengan 11 orang meninggal dunia benar-b ...

 
SUPER LIGA
Tambah Jam Terbang
TERNATE- Timnas U-19 akan menututp laga uji coba melawan tim Persiter Ternate U-21 di Stadion Gel ...
Other
 
Kaltim
Pantau Tapal Batas Tahura
PENAJAM- Rombongan Komisi IV DPR RI mengunjungi Kecamatan Sepaku, lahan Taman Hutan Raya (Tahura) ...
Other
 
Metropolis
Disnakersos Kerahkan Pengawas Naker Usut Laka Kerja Karyawan Terjepit Garbarata (SUB) BAL ...
Other
 
Kecamatan
Berharap THR Tetap Cair
BALIKPAPAN- Kisruh tentang tidak menerimanya tunjangan hari raya (THR) bagi para penyapu jalanan ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1