Senin, 19 Agustus 2013 , 08:29:00


BALIKPAPAN-Jiwa nasionalisme sebagian masyarakat di Kota Minyak mulai memudar. Terbukti di berbagai lokasi, banyak rumah, bahkan perkantoran dan  rumah megah, tidak mau melakukan pemasangan bendera merah putih di depan rumah untuk menandai peringatan HUT ke-68 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI).

Padahal, Pemkot melalui kelurahan sudah sejak jauh hari melayangkan surat imbauan agar masyarakat memasang bendera merah putih di depan rumahnya masing-masing.

Menurut Ketua Karang Taruna Tunas Remaja Unggul Karya (TRUK) Margomulyo, Muhammad Murdani, diabaikannya imbauan tersebut merupakan bukti bahwa sebagian masyarakat tidak lagi menghargai jerih payah serta pengorbanan para pejuang dalam merebut kemerdekaan.  

“Prihatin ya, masih ada yang tidak peduli dan kurangnya rasa menghargai para pejuang terdahulu, sehingga jiwa nasionalisme tersebut kurang terbentuk,” kata Dani-panggilan Muhammad Murdani.

Pantauan Balikpapan Pos, pemukiman penduduk di kawasan Margomulyo umbul-umbul terpasang di sepanjang jalan. Tak hanya itu, berbagai lomba digelar untuk menyemarakkan HUT ke-68 RI. Kendati sejumlah lingkungan berhias pernak-pernik berwarna merah putih, bendera pusaka Indonesia banyak yang tidak terpasang di depan rumah.  

“Kalau dari Kelurahan sendiri, sudah ada imbauan untuk mengibarkan bendera. Kami juga diimbau untuk memasang spanduk,” kembali Dani berkomentar. Ia pun berharap agar di tahun-tahun berikutnya, perayaan HUT RI akan semakin ramai, terlebih jika waktunya tidak bertepatan dengan bulan Ramadan.

Sebelumnya, Ketua Umum Pejuang Perintis Kemerdekaan Republik Indonesia (PPKRI) H Andi Agoes Y SH, sengaja berkeliling Balikpapan. Mulai jalan-jalan protokol hingga jalan lingkungan, dia amati. Pantauannya, masih minim masyarakat yang memasang bendara Merah Putih, padahal sudah begitu dekat peringatan detik-detik Proklamasi RI.

Andi Agoes utamanya sangat menyayangkan, para pemilik toko atau tempat-tempat usaha di pinggir jalan yang tidak memasang bendera Merah Putih. “Saya juga jalan di wilayah Balikpapan Barat, Jl Letjen Soeprapto, toko-toko yang pasang bendera masih minim. Sudah sangat dekat peringatan HUT kemerdekaan RI. Jangan hanya cari makan saja di tempat ini, tapi bangkitkan semangat patriotisme dan kebangsaan,” seru Andi Agoes.

Dia meminta, untuk peringatan 17 Agustus tahun mendatang, Satpol PP bersikap tegas. Yakni mendatangi rumah, ruko dan perkantoran yang tidak memasang bendera merah putih. “Bagi yang tidak pasang, kasih teguran keras. Terutama perusahaan besar yang tak mau pasang bendera merah putih, jangan hanya cari makan saja di Indonesia, tetapi tidak peduli dengan jasa para pahlawan,” tutupnya.(rem/ono)

 
OTHER NEWS
Kamis, 18 September 2014 , 02:58:00

Pemkot Tunjuk Puskesmas Mekarsari Buka Pelayanan 24 Jam

BALIKPAPAN—Puskesmas Mekarsari ditunjuk Pemkot Balikpapan untuk menerapkan pelayanan selama 24 jam untuk pasien. “Kebetulan untuk wilayah Kecamatan Balikpa ...

Kamis, 18 September 2014 , 02:49:00

KSTR Disambut Baik Masyarakat

BALIKPAPAN-Penerapan Kawasan SehatTanpa Rokok (KSTR) di tempat umum dan kawasan tertentu mendapatkan sambutan baik dari beberapa tokoh perempuan dan masyarakat Balikpa ...

Kamis, 18 September 2014 , 02:48:00

Rakor Jelang PHBS Tingkat Provinsi

BALIKPAPAN- Untuk Persiapan maju dalam penilaian Perilaku  Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) tingkat  provinsi, PKK Kelurahan Baru Ilir, Kecamatan Balikpapan Bar ...

Kamis, 18 September 2014 , 02:46:00

Sambut Baik Pembangunan Kampus

BALIKPAPAN- Keberadaan kampus Politeknik Negeri Balikpapan (Poltekba) serta pembangunan Institut Teknologi Negeri Kalimantan (ITK)  mendapat sambutan baik bagi wa ...

Kamis, 18 September 2014 , 02:45:00

Minta Warga Karang Joang Aktifkan Poskamling

BALIKPAPAN- Maraknya pencurian yang terjadi akhir-akhir ini di Kota Balikpapan khususnya di wilayah Kecamatan Balikpapan Utara membuat warga resah. Untuk itu, Lurah Ka ...

 
SUPER LIGA
Kans Lolos Cepat
INCHEON- Indonesia bisa lebih awal mengamankan tiket lolos dari grup E Asian games XVIII Incheon, ...
Other
 
Kaltim
66 PNS dan THL Terjaring Razia
PENAJAM- Tak kenal jera, kata itu layak dilayangkan kepada sejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) da ...
Other
 
Metropolis
SEMAKIN MARAK
BALIKPAPAN- Para penjual hewan kurban mulai marak di pinggir-pinggir jalan di Balikpapan. Para pe ...
Other
 
Kecamatan
Pemkot Tunjuk Puskesmas Mekarsari Buka Pelayanan 24 Jam
BALIKPAPAN—Puskesmas Mekarsari ditunjuk Pemkot Balikpapan untuk menerapkan pelayanan selama ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1