Senin, 19 Agustus 2013 , 08:29:00


BALIKPAPAN-Jiwa nasionalisme sebagian masyarakat di Kota Minyak mulai memudar. Terbukti di berbagai lokasi, banyak rumah, bahkan perkantoran dan  rumah megah, tidak mau melakukan pemasangan bendera merah putih di depan rumah untuk menandai peringatan HUT ke-68 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI).

Padahal, Pemkot melalui kelurahan sudah sejak jauh hari melayangkan surat imbauan agar masyarakat memasang bendera merah putih di depan rumahnya masing-masing.

Menurut Ketua Karang Taruna Tunas Remaja Unggul Karya (TRUK) Margomulyo, Muhammad Murdani, diabaikannya imbauan tersebut merupakan bukti bahwa sebagian masyarakat tidak lagi menghargai jerih payah serta pengorbanan para pejuang dalam merebut kemerdekaan.  

“Prihatin ya, masih ada yang tidak peduli dan kurangnya rasa menghargai para pejuang terdahulu, sehingga jiwa nasionalisme tersebut kurang terbentuk,” kata Dani-panggilan Muhammad Murdani.

Pantauan Balikpapan Pos, pemukiman penduduk di kawasan Margomulyo umbul-umbul terpasang di sepanjang jalan. Tak hanya itu, berbagai lomba digelar untuk menyemarakkan HUT ke-68 RI. Kendati sejumlah lingkungan berhias pernak-pernik berwarna merah putih, bendera pusaka Indonesia banyak yang tidak terpasang di depan rumah.  

“Kalau dari Kelurahan sendiri, sudah ada imbauan untuk mengibarkan bendera. Kami juga diimbau untuk memasang spanduk,” kembali Dani berkomentar. Ia pun berharap agar di tahun-tahun berikutnya, perayaan HUT RI akan semakin ramai, terlebih jika waktunya tidak bertepatan dengan bulan Ramadan.

Sebelumnya, Ketua Umum Pejuang Perintis Kemerdekaan Republik Indonesia (PPKRI) H Andi Agoes Y SH, sengaja berkeliling Balikpapan. Mulai jalan-jalan protokol hingga jalan lingkungan, dia amati. Pantauannya, masih minim masyarakat yang memasang bendara Merah Putih, padahal sudah begitu dekat peringatan detik-detik Proklamasi RI.

Andi Agoes utamanya sangat menyayangkan, para pemilik toko atau tempat-tempat usaha di pinggir jalan yang tidak memasang bendera Merah Putih. “Saya juga jalan di wilayah Balikpapan Barat, Jl Letjen Soeprapto, toko-toko yang pasang bendera masih minim. Sudah sangat dekat peringatan HUT kemerdekaan RI. Jangan hanya cari makan saja di tempat ini, tapi bangkitkan semangat patriotisme dan kebangsaan,” seru Andi Agoes.

Dia meminta, untuk peringatan 17 Agustus tahun mendatang, Satpol PP bersikap tegas. Yakni mendatangi rumah, ruko dan perkantoran yang tidak memasang bendera merah putih. “Bagi yang tidak pasang, kasih teguran keras. Terutama perusahaan besar yang tak mau pasang bendera merah putih, jangan hanya cari makan saja di Indonesia, tetapi tidak peduli dengan jasa para pahlawan,” tutupnya.(rem/ono)

 
OTHER NEWS
Sabtu, 26 Juli 2014 , 07:57:00

Waspada, DBD Masih Mengancam

BALIKPAPAN - Hingga saat ini, penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) masih mengancam. Untuk menekan jumlah kasus, gerakan serentak (gertak) pemberantasan sarang nyamuk ( ...

Sabtu, 26 Juli 2014 , 07:55:00

Serukan Salat Id di Masjid Al Ula

BALIKPAPAN - H Shalehuddin Siregar dijadwalkan akan mengisi khutbah dalam salat Idul Fitri yang diperkirakan jatuh pada, Senin (28/7) mendatang di Masjid Al Ula di kaw ...

Sabtu, 26 Juli 2014 , 07:54:00

Pemkot Bangun Posko Pemadam

BALIKPAPAN - Untuk meningkatkan upaya pemamadan api dan mengantisipasi agar si jago merah tidak melebar cepat, rencananya di Kelurahan Baru Tengah dibangun posko pemad ...

Sabtu, 26 Juli 2014 , 07:53:00

Sambut HUT RI dengan Jalan Santai

BALIKPAPAN - Bulan Agustus adalah bulan yang bersejarah bagi Bangsa Indonesia dimana pada tanggal 17 Agustus 1945, Bangsa Indonesia berhasil merebut kemerdekaannya seb ...

Sabtu, 26 Juli 2014 , 07:52:00

Sanksi bagi PNS Molor

BALIKPAPAN - Camat Balikpapan Utara Sayid Muhdar mengatakan akan ada sanksi tegas bagi pegawai di lingkungannya baik di kecamatan maupun di kelurahan  yang menamb ...

 
SUPER LIGA
Wajib Latihan 1 Agustus
BALIKPAPAN- Libur Lebaran Idul Fitri 1435 Hijriah sudah diberikan manajemen tim Persiba Balikpapa ...
Other
 
Kaltim
H-3 Idul Fitri, Harga Daging Sapi Melambung
PENAJAM - Memasuki H-3 lebaran Idul Fitri, sejumlah komuditas kebutuhan pokok di Kabupaten Penaja ...
Other
 
Metropolis
BERKUALITAS
BALIKPAPAN: SMP Patra Dharma (PD) yang terletak di Jalan Sekolah Perapatan ini, bisa bersaing den ...
Other
 
Kecamatan
Waspada, DBD Masih Mengancam
BALIKPAPAN - Hingga saat ini, penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) masih mengancam. Untuk menekan ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1