Jum'at, 26 Juli 2013 , 09:51:00


BALIKPAPAN–Sebanyak 7 anggota DPRD Balikpapan segera dilakukan pergantian antar waktu (PAW). Anggota DPRD yang akan di-PAW ini, 4 orang pindah partai, 1 mengundurkan diri serta 2 meninggal dunia. “Surat permohonan PAW dari partai sudah diterima Ketua DPRD (Andi Burhanuddin Solong) dan sudah disampaikan kepada gubernur melalui wali kota.

Termasuk anggota dewan yang pindah partai, jadi tinggal menunggu persetujuan gubernur,” kata Sekretaris DPRD Kota Balikpapan Drs Jumali kepada Balikpapan Pos, Kamis (25/7). Menurut Jumali, dari sejumlah anggota DPRD yang akan di-PAW ini, hanya Sabaruddin yang telah pindah partai belum mengajukan PAW sekaligus mengundurkan diri dari DPRD.

“Hanya Sabarudin (Partai Indonesia Sejahtera) yang belum mengajukan permohonan PAW sekaligus mengundurkan diri dari DPRD,” terang Jumali. Namun menurut Jumali, jika Sabaruddin tidak mengajukan PAW sekaligus mengundurkan diri hingga habis masa waktu yang ditetapkan KPU, 1 Agustus 2013, maka Ketua DPRD sendiri yang akan mengajukan PAW kepada Gubernur Kaltim sesuai sesuai dengan Surat Edaran (SE) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi Nomor 161/3294/SJ tertanggal 24 Juni 2013 yang ditujukan kepada kepala daerah dan DPRD.

Dalam SE itu menyebutkan, keharusan anggota DPRD yang pindah parpol berhenti dari lembaga legislatif daerah atau dilakukan pergantian antar waktu (PAW). Selain itu, merujuk pada Undang-Undang Nomor 08 Tahun 2008 dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 16 Tahun 2010, SE Mendagri itu, menegaskan anggota DPRD yang mencalonkan diri kembali melalui parpol berbeda dari sebelumnya, harus mengundurkan diri dari jabatannya.

Proses pengunduran diri ini paling lambat sudah diurus sebelum pengumuman Daftar Caleg Tetap (DCT) 1 Agustus 2013. Jadi sebelum 1 Agustus jika tidak ada proses PAW maka anggota legislatif tersebut dianggap berhenti. “Jadi kalau tidak mengajukan pengunduran diri hingga waktu deadline berakhir (1 Agustus 2013), anggota dewan tersebut akan dinonaktifkan tanpa ada PAW,” tandas Jumali.

Nantinya terang Jumali, setelah surat permohonan dari gubernur sudah turun maka DPRD akan segera menjadwalkan PAW setelah waktu deadline dari KPU berakhir. Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Patriot Kota Balikpapan, H Syahril HM Taher membenarkan, dari 4 anggota DPRD dari Patriot yang duduk di DPRD saat ini sebanyak 3 orang yang diproses untuk PAW karena telah pindah partai politik (lihat boks).

“Iya benar lagi diproses, tapi cuma 3 anggota DPRD,” aku Syahril lewat ponselnya. Hal senada juga diungkapkan Sekretaris DPD Partai Golkar Balikpapan Damanhuri Mad, ia mengaku sedang memproses dua orang kadernya untuk duduk sebagai anggota legislatif masing-masing Suharti menggantikan H Sappe yang mengundurkan diri serta Youtje Rumambi menggantikan Iskandar yang meninggal dunia.

Hal senada juga diungkapkan Sekretaris DPD Partai Gerindra Balikpapan Syarifudin HS. Ia mengaku, pihaknya juga sedang memproses berkas Danang Eko sebagai pengganti antar waktu terhadap almarhum Nur Ainah. “Iya benar kami sedang memproses PAW Danang Eko yang menggantikan almarhum Bu Nur Ainah,” tuturnya.(vie)

 
OTHER NEWS
Rabu, 20 Agustus 2014 , 09:21:00

DEKLARASI DAN PERESMIAN:

BALIKPAPAN- Embung Wain, salah satu fasilitas KRB yang akan diresmikan Menteri Pekerjaan Umum dan Menteri Kehutanan hari ini, serta Rumah Pembibitan TPA Manggar sebaga ...

Rabu, 20 Agustus 2014 , 09:19:00

Balikpapan ‘Diserbu’ Pejabat

BALIKPAPAN- Sebanyak 4 menteri Kabinet Indonesia Bersatu dan 4 Gubernur se Kalimantan Rabu (20/8) hari ini, berada di Balikpapan. Keempat menteri tersebut yakni Menter ...

Rabu, 20 Agustus 2014 , 09:18:00

Perbaikan Fasilitas Rutan Diusulkan Rp1,5 M

BALIKPAPAN–Untuk memaksimalkan pembinaan terhadap warga binaan di rumah tahanan (Rutan) Kelas II B Balikpapan yang terletak di Jl Marsma Iswahyudi. Pemkot berenc ...

Rabu, 20 Agustus 2014 , 09:18:00

Faisal Tola Fokus sebagai Wakil Rakyat

BALIKPAPAN-Anggota DPRD Balikpapan terpilih periode 2014-2019 Faisal Tola mengucapkan banyak terima kasih kepada warga Balikpapan yang telah memberikan dukungan kepada ...

Rabu, 20 Agustus 2014 , 09:17:00

Dewan Baru Kaltim Dilantik 1 September

SAMARINDA-Lewat rapat Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Kaltim yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Kaltim Yahya Anja, kemarin, ditetapkan pelantikan Anggota DPRD Kaltim terpil ...

 
SUPER LIGA
Debutan Merajalela
BURNLEY-Chelsea memberikan peringatan bahwa mereka adalah salah satu penantang serius dalam pereb ...
Other
 
Kaltim
Yusran: Program Pendidikan Alami Kemajuan
PENAJAM- Halal Bihalal PGRI Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dibuka oleh Bupati H Yusran Aspar ...
Other
 
Metropolis
DEKLARASI DAN PERESMIAN:
BALIKPAPAN- Embung Wain, salah satu fasilitas KRB yang akan diresmikan Menteri Pekerjaan Umum dan ...
Other
 
Kecamatan
Berlubang, Bergelombang dan Berkubang
BALIKPAPAN- Jalan Alam Baru Somber hingga saat ini belum ada perbaikan padahal rusaknya sangat pa ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1