Jum'at, 26 Juli 2013 , 09:51:00


BALIKPAPAN–Sebanyak 7 anggota DPRD Balikpapan segera dilakukan pergantian antar waktu (PAW). Anggota DPRD yang akan di-PAW ini, 4 orang pindah partai, 1 mengundurkan diri serta 2 meninggal dunia. “Surat permohonan PAW dari partai sudah diterima Ketua DPRD (Andi Burhanuddin Solong) dan sudah disampaikan kepada gubernur melalui wali kota.

Termasuk anggota dewan yang pindah partai, jadi tinggal menunggu persetujuan gubernur,” kata Sekretaris DPRD Kota Balikpapan Drs Jumali kepada Balikpapan Pos, Kamis (25/7). Menurut Jumali, dari sejumlah anggota DPRD yang akan di-PAW ini, hanya Sabaruddin yang telah pindah partai belum mengajukan PAW sekaligus mengundurkan diri dari DPRD.

“Hanya Sabarudin (Partai Indonesia Sejahtera) yang belum mengajukan permohonan PAW sekaligus mengundurkan diri dari DPRD,” terang Jumali. Namun menurut Jumali, jika Sabaruddin tidak mengajukan PAW sekaligus mengundurkan diri hingga habis masa waktu yang ditetapkan KPU, 1 Agustus 2013, maka Ketua DPRD sendiri yang akan mengajukan PAW kepada Gubernur Kaltim sesuai sesuai dengan Surat Edaran (SE) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi Nomor 161/3294/SJ tertanggal 24 Juni 2013 yang ditujukan kepada kepala daerah dan DPRD.

Dalam SE itu menyebutkan, keharusan anggota DPRD yang pindah parpol berhenti dari lembaga legislatif daerah atau dilakukan pergantian antar waktu (PAW). Selain itu, merujuk pada Undang-Undang Nomor 08 Tahun 2008 dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 16 Tahun 2010, SE Mendagri itu, menegaskan anggota DPRD yang mencalonkan diri kembali melalui parpol berbeda dari sebelumnya, harus mengundurkan diri dari jabatannya.

Proses pengunduran diri ini paling lambat sudah diurus sebelum pengumuman Daftar Caleg Tetap (DCT) 1 Agustus 2013. Jadi sebelum 1 Agustus jika tidak ada proses PAW maka anggota legislatif tersebut dianggap berhenti. “Jadi kalau tidak mengajukan pengunduran diri hingga waktu deadline berakhir (1 Agustus 2013), anggota dewan tersebut akan dinonaktifkan tanpa ada PAW,” tandas Jumali.

Nantinya terang Jumali, setelah surat permohonan dari gubernur sudah turun maka DPRD akan segera menjadwalkan PAW setelah waktu deadline dari KPU berakhir. Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Patriot Kota Balikpapan, H Syahril HM Taher membenarkan, dari 4 anggota DPRD dari Patriot yang duduk di DPRD saat ini sebanyak 3 orang yang diproses untuk PAW karena telah pindah partai politik (lihat boks).

“Iya benar lagi diproses, tapi cuma 3 anggota DPRD,” aku Syahril lewat ponselnya. Hal senada juga diungkapkan Sekretaris DPD Partai Golkar Balikpapan Damanhuri Mad, ia mengaku sedang memproses dua orang kadernya untuk duduk sebagai anggota legislatif masing-masing Suharti menggantikan H Sappe yang mengundurkan diri serta Youtje Rumambi menggantikan Iskandar yang meninggal dunia.

Hal senada juga diungkapkan Sekretaris DPD Partai Gerindra Balikpapan Syarifudin HS. Ia mengaku, pihaknya juga sedang memproses berkas Danang Eko sebagai pengganti antar waktu terhadap almarhum Nur Ainah. “Iya benar kami sedang memproses PAW Danang Eko yang menggantikan almarhum Bu Nur Ainah,” tuturnya.(vie)

 
OTHER NEWS
Kamis, 17 April 2014 , 10:50:00

PERBAIKAN JALAN

BALIKPAPAN- Dinas Pekerjaan Umum (DPU) sedang melakukan pelebaran Jl Ruhui Rahayu menuju rumah jabatan wali kota. Diharapkan bagi kendaraan yang melintas di jalan ...

Kamis, 17 April 2014 , 10:48:00

7 POLITISI BAKAL ke KARANG PACI

BALIKPAPAN-Tujuh politisi akan mewakili Kota Minyak di Karang Paci-sebutan Gedung DPRD Kaltim di Samarinda. Mereka akan memperjuangkan aspirasi masyarakat Balikpapan d ...

Kamis, 17 April 2014 , 10:48:00

Hari Ini Dijadwalkan Rampung

BALIKPAPAN-Rapat pleno rekapitulasi perolehan surat suara pada Pemilu Legislatif (pileg) 2014 untuk tingkat kecamatan (PPK) di Balikpapan dipastikan rampung, Kamis (17 ...

Kamis, 17 April 2014 , 10:47:00

Sekkot Pastikan PNS Netral

BALIKPAPAN–Sekretaris Kota (Sekkot) Drs Sayid MN Fadli memastikan tidak ada pengerahan massa pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemkot saat pelaksanaan pem ...

Kamis, 17 April 2014 , 10:46:00

2014, Investasi di Kaltim Ditarget Tembus Rp35 Triliun

BALIKPAPAN-Pemprov  menargetkan realisasi investasi di Kaltim 2014 mencapai Rp 35 triliun atau meningkat sekira 10,37 persen dari tahun 2013 lalu yang hanya menca ...

 
SUPER LIGA
Mantapkan Penyelesaian Akhir
BALIKPAPAN – Jelang laga melawan Persela Lamongan (24/4), Persiba Balikpapan memantapkan ke ...
Other
 
Kaltim
Rapat Bersama Membahas UPT Dinas PU
PENAJAM- Bupati Penajam Paser Utara H Yusran Aspar bersama Wakil Bupati Mustaqim rapat bersama se ...
Other
 
Metropolis
PERBAIKAN JALAN
BALIKPAPAN- Dinas Pekerjaan Umum (DPU) sedang melakukan pelebaran Jl Ruhui Rahayu menuju rumah ja ...
Other
 
Kecamatan
Rapat Pleno PPK Balbar Dijaga Ketat
BALIKPAPAN- Setelah pleno PPS di kelurahan, maka untuk memastikan jumlah suara yang diperoleh set ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1