Jum'at, 26 Juli 2013 , 09:51:00


BALIKPAPAN–Sebanyak 7 anggota DPRD Balikpapan segera dilakukan pergantian antar waktu (PAW). Anggota DPRD yang akan di-PAW ini, 4 orang pindah partai, 1 mengundurkan diri serta 2 meninggal dunia. “Surat permohonan PAW dari partai sudah diterima Ketua DPRD (Andi Burhanuddin Solong) dan sudah disampaikan kepada gubernur melalui wali kota.

Termasuk anggota dewan yang pindah partai, jadi tinggal menunggu persetujuan gubernur,” kata Sekretaris DPRD Kota Balikpapan Drs Jumali kepada Balikpapan Pos, Kamis (25/7). Menurut Jumali, dari sejumlah anggota DPRD yang akan di-PAW ini, hanya Sabaruddin yang telah pindah partai belum mengajukan PAW sekaligus mengundurkan diri dari DPRD.

“Hanya Sabarudin (Partai Indonesia Sejahtera) yang belum mengajukan permohonan PAW sekaligus mengundurkan diri dari DPRD,” terang Jumali. Namun menurut Jumali, jika Sabaruddin tidak mengajukan PAW sekaligus mengundurkan diri hingga habis masa waktu yang ditetapkan KPU, 1 Agustus 2013, maka Ketua DPRD sendiri yang akan mengajukan PAW kepada Gubernur Kaltim sesuai sesuai dengan Surat Edaran (SE) Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi Nomor 161/3294/SJ tertanggal 24 Juni 2013 yang ditujukan kepada kepala daerah dan DPRD.

Dalam SE itu menyebutkan, keharusan anggota DPRD yang pindah parpol berhenti dari lembaga legislatif daerah atau dilakukan pergantian antar waktu (PAW). Selain itu, merujuk pada Undang-Undang Nomor 08 Tahun 2008 dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 16 Tahun 2010, SE Mendagri itu, menegaskan anggota DPRD yang mencalonkan diri kembali melalui parpol berbeda dari sebelumnya, harus mengundurkan diri dari jabatannya.

Proses pengunduran diri ini paling lambat sudah diurus sebelum pengumuman Daftar Caleg Tetap (DCT) 1 Agustus 2013. Jadi sebelum 1 Agustus jika tidak ada proses PAW maka anggota legislatif tersebut dianggap berhenti. “Jadi kalau tidak mengajukan pengunduran diri hingga waktu deadline berakhir (1 Agustus 2013), anggota dewan tersebut akan dinonaktifkan tanpa ada PAW,” tandas Jumali.

Nantinya terang Jumali, setelah surat permohonan dari gubernur sudah turun maka DPRD akan segera menjadwalkan PAW setelah waktu deadline dari KPU berakhir. Sementara itu, Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Patriot Kota Balikpapan, H Syahril HM Taher membenarkan, dari 4 anggota DPRD dari Patriot yang duduk di DPRD saat ini sebanyak 3 orang yang diproses untuk PAW karena telah pindah partai politik (lihat boks).

“Iya benar lagi diproses, tapi cuma 3 anggota DPRD,” aku Syahril lewat ponselnya. Hal senada juga diungkapkan Sekretaris DPD Partai Golkar Balikpapan Damanhuri Mad, ia mengaku sedang memproses dua orang kadernya untuk duduk sebagai anggota legislatif masing-masing Suharti menggantikan H Sappe yang mengundurkan diri serta Youtje Rumambi menggantikan Iskandar yang meninggal dunia.

Hal senada juga diungkapkan Sekretaris DPD Partai Gerindra Balikpapan Syarifudin HS. Ia mengaku, pihaknya juga sedang memproses berkas Danang Eko sebagai pengganti antar waktu terhadap almarhum Nur Ainah. “Iya benar kami sedang memproses PAW Danang Eko yang menggantikan almarhum Bu Nur Ainah,” tuturnya.(vie)

 
OTHER NEWS
Rabu, 01 Oktober 2014 , 05:00:00

Dimasukan dalam Pelanggan Bisnis

BALIKPAPAN -Para pedagang tradisional yang berjualan di lantai dasar Rapak Plaza mengeluhkan tarif listrik kepada PLN. Pasalnya, para pedagang yang banyak berjualan ba ...

Rabu, 01 Oktober 2014 , 04:58:00

Pengawasan Travel Haji Diperketat

BALIKPAPAN-Kementerian Agama (Kemenag) akan melakukan reformasi birokrasi terhadap travel-travel penyelenggara haji di Balikpapan agar tidak ada lagi calon jamaah haji ...

Rabu, 01 Oktober 2014 , 04:57:00

Pagi Ini, Pemkot Peringati Hari Kesaktian Pancasila

BALIKPAPAN-Untuk mengenang tragedi penghianatan terhadap Pancasila, maka Pemkot akan menggelar upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila di halaman kantor balaikota ...

Rabu, 01 Oktober 2014 , 04:57:00

10 Oktober, Futsal Junior dan Lomba Mewarnai

BALIKPAPAN-Turnamen Futsal Junior Competition tingkat TK atau PAUD akan digelar Balikpapan Pos 10-12 Oktober 2014 di halaman parkir Rapak Plaza, Jl Soekarno Hatta. Rud ...

Rabu, 01 Oktober 2014 , 04:55:00

Bahaya Bakteri, Pembagian Daging Jangan Lewat 4 Jam

Dinas Pertanian Kelautan dan Perikanan (DPKP) Kota Balikpapan kembali melakukan sosialisasi tentang tata cara penyembelihan hewan qurban yang aman, sehat, utuh dan hal ...

 
SUPER LIGA
Saatnya Hancurkan Al Qadsia
JAYAPURA- 90 menit untuk mencetak sejarah baru sudah ada di dalam benak anak-anak Persipura, Boaz ...
Other
 
Kaltim
Kebakaran Hutan dan Lahan Meningkat
PENAJAM- Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) mencatat, ...
Other
 
Metropolis
Dimasukan dalam Pelanggan Bisnis
BALIKPAPAN -Para pedagang tradisional yang berjualan di lantai dasar Rapak Plaza mengeluhkan tari ...
Other
 
Kecamatan
Kompak, Koordinasi Camat Balteng Dan Lurah
BALIKPAPAN—Camat Balikpapan Tengah Boedi Liliono menindaklanjuti setiap informasi yang masu ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1