Rabu, 24 Juli 2013 , 09:10:00


BALIKPAPAN-Panitia pengawas pemilu (Panwaslu) Kota Balikpapan menetapkan 7 peraturan yang tidak boleh dilanggar partai politik (Parpol) selama belum ditetapkanya masa kampanye pemilihan Gubernur (Pilgub) Kaltim pada tanggal 24 Agustus 2013 mendatang. “Ya, dari 7 peraturan itu wajib ditaati oleh setiap parpol,” tandas Ketua Panwaslu Kota Balikpapan Drs Soekiranto kepada Balikpapan Pos, Selasa (23/7) kemarin.

Seokiranto mengimbau kepada seluruh parpol yang akan ikut ambil bagian dalam Pilgub September 2013 mendatang untuk mentaati 7 peraturan mekanisme kampanye yang dikeluarkan oleh komisi pemilhan umum daerah (KPUD) Kota Balikpapan. Pasalnya, menurut aturan yang ada, masa kampanye untuk pemilihan calon Gubernur, baru boleh dilakukan pada tanggal 24 Agustus 2013 mendatang.

“Bentuk kampanye itu bisa melaui radio, media cetak maupun media elektronik dan sebagainya. Kalu berkampanya sebelum ditetapkan oleh aturan, berarti melanggar,” ucapnya. Dikatakan, adapun 7 peraturan yang dikeluarkan oleh KPUD Kota Balikpapan antara lain, tatap muka, pertemuan terbatas, penyebaran pamflet, pemasangan alat peraga kampanye yang tidak sesuai Perwali nomor 6 tahun 2013, rapat umum dengan skala kapasitas besar yang difasilitasi pemerintah, dan kampanye melalui media cetak dan media elektronik.

“Sebagai warga yang taat hokum, saya harap tidak ada pelanggaran dari pesta demokrasi nantinya,” katanya. Lebih jauh, Ketua Panwaslu Balikpapan tersebut menambahkan, dari 7 peraturan yang dikeluarkan KPUD Kota Balikpapan, terdapat 2 peraturan yang dihimbau dan difokuskan Panwaslu Kota Balikpapan agar tidak dilakukan partai politik sebelum tanggal 24 Agustus mendatag adalah kampanye melalui media cetak maupun media elektronik serta rapat umum akbar.

Namun, belakangan ini, beber Seokiranto, beberapa partai politik melakukan kampanye melalui media cetak. Untuk itu, pihak Panwaslu akan memberikan sanksi berupa peringatan tertulis kepada partai politik yang bersangkutan.(bp-14)

 
OTHER NEWS
Sabtu, 30 Agustus 2014 , 10:23:00

Pengusaha Burung Walet tak Lagi Untung Besar

BALIKPAPAN—Salah satu keunggulan dalam menjalankan usaha adalah mendapatkan keuntungan. Jenis usaha yang mampu menuai untung yang cukup besar adalah usaha sarang ...

Sabtu, 30 Agustus 2014 , 10:23:00

Anggota DPRD yang Baru Diminta Pro Kesejahteraan Rakyat

BALIKPAPAN-Anggota DPRD Balikpapan yang baru, diminta memberikan pembelaan penuh kepada rakyat dalam menjalankan tugasnya. Khususnya membela kesejahteraan para Ketua R ...

Sabtu, 30 Agustus 2014 , 10:22:00

Warga Masih Menanti Razia Gepeng dan Anjal

BALIKPAPAN—Warga  Balikpapan khususnya di wilayah kecamatan Balikpapan Kota, hingga saat ini masih menunggu adanya tindakan dari pihak kecamatan dan Satpol ...

Sabtu, 30 Agustus 2014 , 10:20:00

LPM dan Kelurahan Kerjasama Benahi Lingkungan

BALIKPAPAN—Untuk meningkatkan hubungan silaturahim di antara warga Klandasan Ilir, maka digelar sebuah kegiatan Halal Bihalal dan silaturahim habis Lebaran yang ...

Jum\'at, 29 Agustus 2014 , 07:26:00

BAK SAMPAH

Kelurahan Damai mendapatkan bantuan bak sampah dari Kecamamatan Balikpapan Kota. Bantuan itu merupakan program Kecamatan dalam memelihara kebersihan lingkungan.

 
SUPER LIGA
Tuntaskan Sekarang!
BALIKPAPAN- Menang! Pilihan yang harus bisa dituntaskan tim Persiba Balikpapan jika ingin mengunc ...
Other
 
Kaltim
DKPP Launching Bank Sampah
PENAJAM-Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman (DKPP) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) mela ...
Other
 
Metropolis
PARKIRAN SEMPIT
BALIKPAPAN- Kendaraan milik anggota DPRD ini terpaksa harus diparkir di bahu jalan, akibat tempat ...
Other
 
Kecamatan
Pemkot Kurang Maksimal Memelihara Fasum
BALIKPAPAN-Sejumlah warga mengeluhkan jam dinding yang berada di tugu simpangan Gunung Sari menuj ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1