Minggu, 21 Juli 2013 , 13:58:00


Anak belajar secara alami dan dengan cepat menangkap yang ada di sekitar, terutama perilaku orang tuanya. Jangan sampai orang tua menunjukkan perilaku yang salah terhadap anak karena bisa ditiru dalam perilakunya. Orang tua adalah guru yang penting bagi anak-anak untuk beristiqomah melatih kedisplinan anak.

“Cara menjaga kedisiplinan anak supaya istiqomah yaitu tetap menjaga tujuan yang ingin dicapai tentunya dibutuhkan kometmen antara suami dan istri dalam mendidik kedisiplinan anak,” tutur dr Ablullah Hakim kepada Balikpapan Pos Sabtu (20/7) di kediamannya kemarin.

Menurutnya, kedua orang tua, saling mendukung dan saling mengingatkan anak adalah cara istiqomah untuk mengajarkan anak memiliki sikap disiplin. “Misalanya dalam menghafalkan Alquran, dibutuhkan kerjasama antara suami dan istri misalnya menggingatkan bahwa saatnya membaca atau menghafal Alquran si anak. Selalu mengingatkan anak itu penting kalau anak itu masih kecil,” paparnya.

Apabila anak tersebut sudah menginjak dewasa kata Abdullah Hakim, dengan sendirinya anak akan faham disebabkan oleh didikan orangtua sejak kecil sehingga tidak perlu dikontrol terus-menerus.

“Kalau misalkan anak sudah besar tidak perlu dikontrol lagi karena sudah faham sendiri akibat didikan orang tua sejak kecil , dia sudah faham apa tujuan dari menghafal Alquran, cntohnya hafalan Alquran, tujuan dalam menghafal Alquran sudah dijelaskan dalam hadis Nabi Muhammad SAW yang pertama orang yang menghafal Alquran akan mendapatkan surga yang tinggi disisi Allah SWT,” ucapnya.

Lebih jauh Abdullah Hakim menambahkan, bagi anak yang sudah mengahafal Alquran menjadi mahkota cahaya orang tua yang diberikan pleh Allah SWT. “Anak yang hafal Alquran itu Allah akan memberikan mahkota terhadap orangtuanya, itu merupakan motivasi anak bahwa kalau anak dapat menghafal Alquran orang tua dapt mahkota yang cahayanya itu lebih dari pada cahaya matahari,” imbuhnya.

Dijelaskan, akan memberikan syafaat bagi orang laian yang didoakan oleh anak yang sudah menghafalkan Alquran. “Dan juga orang yang sudah hafal Alquran itu bisa member syafaat diberi Allah kepda orang-orang  yang didoakan oleh orang atau anak yang hafal Alquran, misalnya si A divonis masuk neraka oleh Allah, dengan didoakan oleh orang yang hafal Alquran si A itu bisa bebas dari neraka,” jelasnya.

Masih menurut Abdullah Hakim, Allah SWT akan memberikan lebih dari pada apa yang dimintanya bagi orang yang sudah menghafal Alquran. “Memang orang yang hafal Alquran diistimewakan oleh Allah SWT,” tutupnya.(bp-14)

 
OTHER NEWS
Minggu, 31 Agustus 2014 , 18:07:00

Sesibuk Apapun Orangtua, Sempatkan Berkomunikasi dengan Anak

MENJALIN komunikasi merupakan salah satu aspek yang paling penting dalam keluarga. Karena komunikasi dalam keluarga dapat membangun ikatan emosional dalam keluarga itu ...

Minggu, 31 Agustus 2014 , 18:05:00

Cake dengan Fondant Makin Diminati

BERKREASI dalam mengolah makanan yang ada saat ini, memang terus menunjukkan adanya kemajuan. Bahkan, kreasi tersebut tetap menggunakan bahan makanan yang aman konsums ...

Jum\'at, 29 Agustus 2014 , 07:08:00

Hindari Kesan Norak dalam Merias Wajah untuk ke Pesta

KALAU judulnya mau pergi ke pesta ataupun undangan pernikahan, pasti setiap wanita baik gais maupun wanita dewasa sudah pusing tida karuan. Karena harus menyiapkan pak ...

Jum\'at, 29 Agustus 2014 , 07:07:00

Tetap Trendy Meski ke Kantor

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa dilakukan oleh para wanita karier. Sehingga, penampilan di kantor tetap menarik namun tetap terkesan sopan, apalagi saat memasu ...

Jum\'at, 29 Agustus 2014 , 07:06:00

Angkat Kulit Mati dengan Scrubbing

RUTIN untuk pengelupasan sel kulit mati di kulit wajah  tentu baik. Kulit wajah menjadi lebih bersih, sehat, bebas dari minyak berlebih, dan bebas dari potensi ti ...

 
SUPER LIGA
Drama Lolos Degradasi
SAMARINDA– Putra Samarinda (Pusam) masih akan tercantum sebagai kontestan Indonesia Super L ...
Other
 
Kaltim
Bupati Rencana Bangun TPI
PENAJAM- Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Yusran Aspar melakukan kunjungan ke wilayah-wilayah yan ...
Other
 
Metropolis
Tanpa Izin, Lima Pohon DKPP Ditebang
BALIKPAPAN - Masyarakat tampak bertanya-tanya ketika melintas kawasan Gunung Bakaran, Kelurahan S ...
Other
 
Kecamatan
Kecamatan Kendalikan Fungsi Trotoar
BALIKPAPAN-Setelah beberapa hari yang lalu menggelar razia gabungan di tempat kos-kosan di wilaya ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1