Minggu, 21 Juli 2013 , 13:58:00


Anak belajar secara alami dan dengan cepat menangkap yang ada di sekitar, terutama perilaku orang tuanya. Jangan sampai orang tua menunjukkan perilaku yang salah terhadap anak karena bisa ditiru dalam perilakunya. Orang tua adalah guru yang penting bagi anak-anak untuk beristiqomah melatih kedisplinan anak.

“Cara menjaga kedisiplinan anak supaya istiqomah yaitu tetap menjaga tujuan yang ingin dicapai tentunya dibutuhkan kometmen antara suami dan istri dalam mendidik kedisiplinan anak,” tutur dr Ablullah Hakim kepada Balikpapan Pos Sabtu (20/7) di kediamannya kemarin.

Menurutnya, kedua orang tua, saling mendukung dan saling mengingatkan anak adalah cara istiqomah untuk mengajarkan anak memiliki sikap disiplin. “Misalanya dalam menghafalkan Alquran, dibutuhkan kerjasama antara suami dan istri misalnya menggingatkan bahwa saatnya membaca atau menghafal Alquran si anak. Selalu mengingatkan anak itu penting kalau anak itu masih kecil,” paparnya.

Apabila anak tersebut sudah menginjak dewasa kata Abdullah Hakim, dengan sendirinya anak akan faham disebabkan oleh didikan orangtua sejak kecil sehingga tidak perlu dikontrol terus-menerus.

“Kalau misalkan anak sudah besar tidak perlu dikontrol lagi karena sudah faham sendiri akibat didikan orang tua sejak kecil , dia sudah faham apa tujuan dari menghafal Alquran, cntohnya hafalan Alquran, tujuan dalam menghafal Alquran sudah dijelaskan dalam hadis Nabi Muhammad SAW yang pertama orang yang menghafal Alquran akan mendapatkan surga yang tinggi disisi Allah SWT,” ucapnya.

Lebih jauh Abdullah Hakim menambahkan, bagi anak yang sudah mengahafal Alquran menjadi mahkota cahaya orang tua yang diberikan pleh Allah SWT. “Anak yang hafal Alquran itu Allah akan memberikan mahkota terhadap orangtuanya, itu merupakan motivasi anak bahwa kalau anak dapat menghafal Alquran orang tua dapt mahkota yang cahayanya itu lebih dari pada cahaya matahari,” imbuhnya.

Dijelaskan, akan memberikan syafaat bagi orang laian yang didoakan oleh anak yang sudah menghafalkan Alquran. “Dan juga orang yang sudah hafal Alquran itu bisa member syafaat diberi Allah kepda orang-orang  yang didoakan oleh orang atau anak yang hafal Alquran, misalnya si A divonis masuk neraka oleh Allah, dengan didoakan oleh orang yang hafal Alquran si A itu bisa bebas dari neraka,” jelasnya.

Masih menurut Abdullah Hakim, Allah SWT akan memberikan lebih dari pada apa yang dimintanya bagi orang yang sudah menghafal Alquran. “Memang orang yang hafal Alquran diistimewakan oleh Allah SWT,” tutupnya.(bp-14)

 
OTHER NEWS
Minggu, 21 September 2014 , 07:57:00

Masalah Ekonomi Rentan Jadi Pemicu Perceraian

PERKAWINAN adalah merupakan perpaduan dua insan, dalam suatu ikatan untuk menjalani hidup besama. Ketika dalam menjalani samudera kehidupan tidaklah akan pernah berjal ...

Minggu, 21 September 2014 , 07:56:00

Ayo Nyeker di Kerasukan Ceker!

BALIKPAPAN. Rasanya belum lengkap kalau sedang jalan-jalan di Kota Balikpapan tidak singgah di Kerasukan Ceker, Kompleks Ruko Pasar Segar, Balikpapan Baru. Terutama ba ...

Minggu, 07 September 2014 , 15:21:00

Mengapa Masih Banyak Keraguan Menuju Pernikahan?

MANUSIA adalah makhluk sosial  dan sifatnya selalu ingin bersama  serta saling membutuhkan. Jadi manusia pada dasarnya tidak sanggup hidup sendiri. Ketika me ...

Minggu, 07 September 2014 , 15:20:00

4 Band Akustik Gokil Ramaikan Cobekan

BALIKPAPAN- Setelah dua bulan lebih hadir meramaikan dunia persilatan kuliner di Kota Minyak Balikpapan, rumah makan Cobekan Pendekar Monyong membuktikan kesaktiannya. ...

Minggu, 31 Agustus 2014 , 18:07:00

Sesibuk Apapun Orangtua, Sempatkan Berkomunikasi dengan Anak

MENJALIN komunikasi merupakan salah satu aspek yang paling penting dalam keluarga. Karena komunikasi dalam keluarga dapat membangun ikatan emosional dalam keluarga itu ...

 
SUPER LIGA
Bakal Lebih Menyerang
SIDOARJO- Jelang uji coba kontra Kamboja, tim pelatih timnas senior Indonesia Alfred Riedl sudah ...
Other
 
Kaltim
Wabup Ancam Beri Sanksi
PENAJAM- Wakil Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Mustaqim MZ geram atas sikap sejumlah oknum Pegaw ...
Other
 
Metropolis
PKL Lapangan Merdeka Protes SK Wali Kota
BALIKPAPAN- Ratusan pedagang kaki lima (PKL) melakukan aksi unjuk rasa di kantor balaikota Senin ...
Other
 
Kecamatan
Jembatan RT 9 Baru Tengah Disemen
BALIKPAPAN- Perbaikan infrastruktur lingkungan RT kembali dilakukan di Kelurahan Baru Tengah Bali ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1