Minggu, 21 Juli 2013 , 13:58:00


Anak belajar secara alami dan dengan cepat menangkap yang ada di sekitar, terutama perilaku orang tuanya. Jangan sampai orang tua menunjukkan perilaku yang salah terhadap anak karena bisa ditiru dalam perilakunya. Orang tua adalah guru yang penting bagi anak-anak untuk beristiqomah melatih kedisplinan anak.

“Cara menjaga kedisiplinan anak supaya istiqomah yaitu tetap menjaga tujuan yang ingin dicapai tentunya dibutuhkan kometmen antara suami dan istri dalam mendidik kedisiplinan anak,” tutur dr Ablullah Hakim kepada Balikpapan Pos Sabtu (20/7) di kediamannya kemarin.

Menurutnya, kedua orang tua, saling mendukung dan saling mengingatkan anak adalah cara istiqomah untuk mengajarkan anak memiliki sikap disiplin. “Misalanya dalam menghafalkan Alquran, dibutuhkan kerjasama antara suami dan istri misalnya menggingatkan bahwa saatnya membaca atau menghafal Alquran si anak. Selalu mengingatkan anak itu penting kalau anak itu masih kecil,” paparnya.

Apabila anak tersebut sudah menginjak dewasa kata Abdullah Hakim, dengan sendirinya anak akan faham disebabkan oleh didikan orangtua sejak kecil sehingga tidak perlu dikontrol terus-menerus.

“Kalau misalkan anak sudah besar tidak perlu dikontrol lagi karena sudah faham sendiri akibat didikan orang tua sejak kecil , dia sudah faham apa tujuan dari menghafal Alquran, cntohnya hafalan Alquran, tujuan dalam menghafal Alquran sudah dijelaskan dalam hadis Nabi Muhammad SAW yang pertama orang yang menghafal Alquran akan mendapatkan surga yang tinggi disisi Allah SWT,” ucapnya.

Lebih jauh Abdullah Hakim menambahkan, bagi anak yang sudah mengahafal Alquran menjadi mahkota cahaya orang tua yang diberikan pleh Allah SWT. “Anak yang hafal Alquran itu Allah akan memberikan mahkota terhadap orangtuanya, itu merupakan motivasi anak bahwa kalau anak dapat menghafal Alquran orang tua dapt mahkota yang cahayanya itu lebih dari pada cahaya matahari,” imbuhnya.

Dijelaskan, akan memberikan syafaat bagi orang laian yang didoakan oleh anak yang sudah menghafalkan Alquran. “Dan juga orang yang sudah hafal Alquran itu bisa member syafaat diberi Allah kepda orang-orang  yang didoakan oleh orang atau anak yang hafal Alquran, misalnya si A divonis masuk neraka oleh Allah, dengan didoakan oleh orang yang hafal Alquran si A itu bisa bebas dari neraka,” jelasnya.

Masih menurut Abdullah Hakim, Allah SWT akan memberikan lebih dari pada apa yang dimintanya bagi orang yang sudah menghafal Alquran. “Memang orang yang hafal Alquran diistimewakan oleh Allah SWT,” tutupnya.(bp-14)

 
OTHER NEWS
Minggu, 27 Juli 2014 , 12:24:00

Idul Fitri, Hari Kemenangan Umat Muslim

RAMADAN Tinggal sehari lagi, dan bagi umat muslim berarti menjadi hari kemenangan sudah tiba. Makna dari hari Idul Fitri adalah kembali bersih setelah berpuasa sebulan ...

Minggu, 27 Juli 2014 , 12:20:00

Hidangan Populer di Hari Raya

BALIKPAPAN—Saat merayakan Hari raya Idul Fitri, tentunya masing-masing keluarga memiliki beberapa hidangan atau menu andalan. Menu masakan yang kerap ditemui dan ...

Minggu, 20 Juli 2014 , 09:28:00

Memaknai Hari Lebaran dalam Keluarga

IDUL FITRI atau dikenal dengan Lebaran adalah sarana meminta maaf dan memaafkan orang lain dengan menyambung kasih sayang baik kepada suami atau istri, kedua orang tua ...

Minggu, 20 Juli 2014 , 09:24:00

Beri Angpao Lebaran, Hadiah Sudah Berpuasa

BALIKPAPAN—Makna Lebaran bagi anak-anak tentu mereka punya pandangan masing-masing. Yakni, ada anak yang memaknbai Lebaran harus mengenakan pakaian dan sepatu ba ...

Minggu, 13 Juli 2014 , 14:34:00

Cara Bijak Memanfaatkan Momentum Ramadan

BULAN Ramadan merupakan momentum yang dinanti-nantikan oleh masyarakat muslim di belahan dunia manapun. “Marhaban ya Ramadan”, begitulah masyarakat muslim ...

 
SUPER LIGA
The Reds Selangkah Lagi
NEW YORK - Liverpool selangkah lagi akan melesat maju ke final Guinness International Champions C ...
Other
 
Kaltim
Sejumlah Kios Masih Tutup
PENAJAM - Memasuki hari keempat libur Lebaran Idul Fitri 1435 H, suasana jual-beli di pasar tradi ...
Other
 
Metropolis
MENIKMATI LIBURAN LEBARAN
Memasuki H+3 perayaan lebaran Kamis (31/7) kemarin. Sejumlah objek wisata di ‘Kota Minyak&r ...
Other
 
Kecamatan
Puncak Lonjakan Pengunjung Diprediksi Sabtu dan Minggu
BALIKPAPAN – Puncak lonjakan pengunjung Pantai Segara Sari Manggar diperkirakan terjadi Sab ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1