Minggu, 21 Juli 2013 , 13:58:00


Anak belajar secara alami dan dengan cepat menangkap yang ada di sekitar, terutama perilaku orang tuanya. Jangan sampai orang tua menunjukkan perilaku yang salah terhadap anak karena bisa ditiru dalam perilakunya. Orang tua adalah guru yang penting bagi anak-anak untuk beristiqomah melatih kedisplinan anak.

“Cara menjaga kedisiplinan anak supaya istiqomah yaitu tetap menjaga tujuan yang ingin dicapai tentunya dibutuhkan kometmen antara suami dan istri dalam mendidik kedisiplinan anak,” tutur dr Ablullah Hakim kepada Balikpapan Pos Sabtu (20/7) di kediamannya kemarin.

Menurutnya, kedua orang tua, saling mendukung dan saling mengingatkan anak adalah cara istiqomah untuk mengajarkan anak memiliki sikap disiplin. “Misalanya dalam menghafalkan Alquran, dibutuhkan kerjasama antara suami dan istri misalnya menggingatkan bahwa saatnya membaca atau menghafal Alquran si anak. Selalu mengingatkan anak itu penting kalau anak itu masih kecil,” paparnya.

Apabila anak tersebut sudah menginjak dewasa kata Abdullah Hakim, dengan sendirinya anak akan faham disebabkan oleh didikan orangtua sejak kecil sehingga tidak perlu dikontrol terus-menerus.

“Kalau misalkan anak sudah besar tidak perlu dikontrol lagi karena sudah faham sendiri akibat didikan orang tua sejak kecil , dia sudah faham apa tujuan dari menghafal Alquran, cntohnya hafalan Alquran, tujuan dalam menghafal Alquran sudah dijelaskan dalam hadis Nabi Muhammad SAW yang pertama orang yang menghafal Alquran akan mendapatkan surga yang tinggi disisi Allah SWT,” ucapnya.

Lebih jauh Abdullah Hakim menambahkan, bagi anak yang sudah mengahafal Alquran menjadi mahkota cahaya orang tua yang diberikan pleh Allah SWT. “Anak yang hafal Alquran itu Allah akan memberikan mahkota terhadap orangtuanya, itu merupakan motivasi anak bahwa kalau anak dapat menghafal Alquran orang tua dapt mahkota yang cahayanya itu lebih dari pada cahaya matahari,” imbuhnya.

Dijelaskan, akan memberikan syafaat bagi orang laian yang didoakan oleh anak yang sudah menghafalkan Alquran. “Dan juga orang yang sudah hafal Alquran itu bisa member syafaat diberi Allah kepda orang-orang  yang didoakan oleh orang atau anak yang hafal Alquran, misalnya si A divonis masuk neraka oleh Allah, dengan didoakan oleh orang yang hafal Alquran si A itu bisa bebas dari neraka,” jelasnya.

Masih menurut Abdullah Hakim, Allah SWT akan memberikan lebih dari pada apa yang dimintanya bagi orang yang sudah menghafal Alquran. “Memang orang yang hafal Alquran diistimewakan oleh Allah SWT,” tutupnya.(bp-14)

 
OTHER NEWS
Minggu, 24 Agustus 2014 , 15:17:00

Disiplin Mengatur Jarak Kelahiran Anak

MENGATUR jarak kelahiran antara anak yang satu dan anak berikutnya merupakan cara yang paling tepat untuk menjaga kondisi perekonomian dalam keluarga. Jarak kelahiran ...

Minggu, 24 Agustus 2014 , 15:14:00

Sarapan dan Begadang di Cobekan Pendekar Monyong Makin Seru

BALIKPAPAN. Rumah makan Cobekan Pendekar Monyong di kawasan Pasar Segar, Balikpapan Baru, memang pantas disebut sebagai salah satu padepokan kuliner terbesar dan terle ...

Sabtu, 23 Agustus 2014 , 02:21:00

Hijab yang Nyaman untuk Ngantor

Dengan perkembangan dunia hijab yang semakin pesat, kita patut bersyukur karena kini tidak ada lagi alasan bagi perusahaan untuk meminta karyawannya melepaskan hijab s ...

Sabtu, 23 Agustus 2014 , 02:20:00

Cara Merawat Kuku Tetap Baik dan Cantik

CARA merawat kuku agar tetap baik dan cantik kali ini ingin penulis berikan bagi para ladies yang selalu ingin tampil lebih baik dari hari ke hari dan lebih sempurna d ...

Sabtu, 23 Agustus 2014 , 02:19:00

Miss V Sering Gatal?

RUANG kulit manusia rentan gatal, khususnya di daerah yang terbuka. Namun, apa jadinya jika terjadi di area intim wanita, Miss V?Hal ini rupanya bukan masalah sepele, ...

 
SUPER LIGA
Maksimalkan Crossing buat Striker
BALIKPAPAN-  Persiba Balikpapan tak ingin berandai-andai menghadapi laga kandang pamungkasny ...
Other
 
Kaltim
WabupSerahkan Bantuan Korban Kebakaran
PENAJAM-Musibah kebakaran yang terjadi di Kelurahan Sotek, Kecamatan Penajam, Kabuapten Penajam P ...
Other
 
Metropolis
Hapus Aset, Gedung Nasional Dibongkar
BALIKPAPAN - Akhirnya tahapan pembangunan gedung parkir di lahan yang kini digunakan sebagai fasi ...
Other
 
Kecamatan
Abdul Mungin Jadi Ketua RT 4
BALIKPAPAN- Lurah Telaga Sari, Sahdan melakukan pengukuhan Ketua RT 04 Abdul Mungin. Berpusat di ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1