Minggu, 21 Juli 2013 , 13:58:00


Anak belajar secara alami dan dengan cepat menangkap yang ada di sekitar, terutama perilaku orang tuanya. Jangan sampai orang tua menunjukkan perilaku yang salah terhadap anak karena bisa ditiru dalam perilakunya. Orang tua adalah guru yang penting bagi anak-anak untuk beristiqomah melatih kedisplinan anak.

“Cara menjaga kedisiplinan anak supaya istiqomah yaitu tetap menjaga tujuan yang ingin dicapai tentunya dibutuhkan kometmen antara suami dan istri dalam mendidik kedisiplinan anak,” tutur dr Ablullah Hakim kepada Balikpapan Pos Sabtu (20/7) di kediamannya kemarin.

Menurutnya, kedua orang tua, saling mendukung dan saling mengingatkan anak adalah cara istiqomah untuk mengajarkan anak memiliki sikap disiplin. “Misalanya dalam menghafalkan Alquran, dibutuhkan kerjasama antara suami dan istri misalnya menggingatkan bahwa saatnya membaca atau menghafal Alquran si anak. Selalu mengingatkan anak itu penting kalau anak itu masih kecil,” paparnya.

Apabila anak tersebut sudah menginjak dewasa kata Abdullah Hakim, dengan sendirinya anak akan faham disebabkan oleh didikan orangtua sejak kecil sehingga tidak perlu dikontrol terus-menerus.

“Kalau misalkan anak sudah besar tidak perlu dikontrol lagi karena sudah faham sendiri akibat didikan orang tua sejak kecil , dia sudah faham apa tujuan dari menghafal Alquran, cntohnya hafalan Alquran, tujuan dalam menghafal Alquran sudah dijelaskan dalam hadis Nabi Muhammad SAW yang pertama orang yang menghafal Alquran akan mendapatkan surga yang tinggi disisi Allah SWT,” ucapnya.

Lebih jauh Abdullah Hakim menambahkan, bagi anak yang sudah mengahafal Alquran menjadi mahkota cahaya orang tua yang diberikan pleh Allah SWT. “Anak yang hafal Alquran itu Allah akan memberikan mahkota terhadap orangtuanya, itu merupakan motivasi anak bahwa kalau anak dapat menghafal Alquran orang tua dapt mahkota yang cahayanya itu lebih dari pada cahaya matahari,” imbuhnya.

Dijelaskan, akan memberikan syafaat bagi orang laian yang didoakan oleh anak yang sudah menghafalkan Alquran. “Dan juga orang yang sudah hafal Alquran itu bisa member syafaat diberi Allah kepda orang-orang  yang didoakan oleh orang atau anak yang hafal Alquran, misalnya si A divonis masuk neraka oleh Allah, dengan didoakan oleh orang yang hafal Alquran si A itu bisa bebas dari neraka,” jelasnya.

Masih menurut Abdullah Hakim, Allah SWT akan memberikan lebih dari pada apa yang dimintanya bagi orang yang sudah menghafal Alquran. “Memang orang yang hafal Alquran diistimewakan oleh Allah SWT,” tutupnya.(bp-14)

 
OTHER NEWS
Minggu, 13 April 2014 , 14:31:00

Luangkanlah Waktu Bersama Anak setelah Bekerja

SUDAH Menjadi tugas orangtua untuk memenuhi kebutuhan anak-anaknya, baik kebutuhan jasmani dan rohani. Orangtua yang bijaksana hendaknya mampu untuk membagi waktu anta ...

Minggu, 06 April 2014 , 14:33:00

Jika Anak Suka Membantah

KETIKA menjumpai anak yang cenderung berani melawan orangtuanya,sebagai orang tua pasti ada perdebatan dalam hati. “Mengapa sekarang anakku berani melawan padaha ...

Minggu, 06 April 2014 , 14:32:00

Cupcake Makin ‘Greget’ Pakai Fondant

SIAPA yang tidak suka kue mangkuk yang kecil imut dan menggemaskan? Semuanya pasti suka karena bentuk serta hiasannya yang sangat menarik. Namun, sebagian besar penikm ...

Minggu, 30 Maret 2014 , 12:10:00

Peran Orangtua Sangat Diutamakan

TAK lama lagi, ada beberapa event nasional yang akan digelar di Indonesia. Di antaranya, hajatan demokrasi atau pelaksanaan pemilihan calon anggota legislatif (pileg) ...

Minggu, 23 Maret 2014 , 12:48:00

Adopsi Anak Butuh Kedewasaan Pasutri

MENIKAH dan punya anak. Itu adalah cita- cita setiap pasangan suami istri . Hadirnya seorang anak dalam sebuah pernikahan adalah hal yang terindah. Tujuan menikah adal ...

 
SUPER LIGA
Finishing Belum Meyakinkan
BALIKPAPAN– Urusan finishing tampaknya masih menjadi kendala serius tim Persiba Balikpapan ...
Other
 
Kaltim
PPU Sempat Kekurangan Satu LJK
PENAJAM- Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) di Kabupeten Penajam Paser Utara (PPU) berjalan dengan l ...
Other
 
Metropolis
RAMPUNG
BALIKPAPAN- Rapat pleno rekapitulasi penghitungan surat suara Pileg 2014 yang berakhir di PPK Bal ...
Other
 
Kecamatan
Akses Jalan Makin Prihatin
BALIKPAPAN- Beberapa kawasan di Kota Balikpapan terbilang masih memprihatinkan. Cukup jauh dari h ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1