Selasa, 09 Juli 2013 , 10:19:00


BALIKPAPAN-Di wilayah Balikpapan Barat jumlah akseptor Keluarga Berencana (KB) meningkat dibandingkan tahun sebelumnya. Koordinator penyuluh KB Balikpapan Barat Ariansyah saat ditemui Balikpapan Pos di ruang kerjanya Senin (8/9) mengatakan, pengguna KB bertambah dengan terus meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya KB.

“Di wilayah Balikpapan Barat pengguna KB Akseptor untuk pasangan usia subur (PUS) mencapai 16.858 PUS. Dibandingkan dengan tahun sebelummnya data tersebut terhitung sampai bulan Mei 2013. Karena masih banyak laporan yang belum masuk,” tutur Ariansyah.

Untuk jenis KB yang paling banyak digunakan masyarakat, Ariansyah mengakui bahwa suntikan yang mendominasi. Dan jumlah warga yang memakai bahan tersebut sekitar 5790 peserta, untuk posisi kedua Pil penggunanya 3.900 peserta.

“Paling banyak menggunakan suntikan sekitar 5.790 dan disusul oleh pil sebanyak 3900 peserta. Semua itu untuk wilayah Balikpapan Barat hingga Mei 2013. Data yang lain belum masuk danm sementara menunggu dari petugas penyuluhan yang bertugas disetiap kelurahan,” papar Ariansyah.

Posisi ketiga, masyarakat menggunakan Ayudi (Spiral) ada sekitar 1.602 peserta yang menggunakan alat itu. Sementara posisi keempat orang pilih imfland (susuk KB dilengan) 498 peserta yang menggunakan alat pencegah kehamilan itu.

Selain spiral,  susuk masih banyak yang menjadi pilihan setiap warga untuk mencegah kehamilan seperti kondom digunakan sekitar 345 peserta, MOW (medis operatif wanita) atau biasa disebut steril kandungan , sekitar 253 peserta yang menggunakannya.

Jumlah peningkatan peserta akseptor untuk wilayah Balikpapan Barat diakui Aransyah meningkat hingga 74 % kenaikan dari tahun-tahun sebelumnya, dan itu semua masih terhitung hingga bulan Mei. Sementara bulan Juni dan Juli data belum masuk karena petugas penyuluhan yang ada dilapangan belum menyerahkan kepada kecamatan.

“Untuk posisi ketiga pilihan warga jatuh kepada Ayudi (Spiral), sekitar 1.602 yang peserta yang menggunakannya, dan spiral serta kondom. Ada lagi yang mengunakan system penetralan seperti MOW (Medis Operatif wanita). Namun untuk jenis akseptor yang satu itu ada persyaratn khusus bagi penggunanya,” pungkas Ariansyah.

Dalam hal ini kesadaran peserta KB di Balikpapan sudah tinggi terlebih daerah tersebut merupakan mobilitas dan banyak pendatang yang secara tidak langsung menggunakan KB di Kota ini. Untuk MOW Ariansyah mengungkapkan bahwa ada persyaratn umum dan khusus dari pihak medis .

“Jenis MOW sendiri persyaratan secara umum itu, umur diatas 35 tahun dan anak diatas 3. Semantara dari pihak medis ada persyaratan khusus dan kita tidak tahu semua itu. Sebagai koordinator  saya berharap ada peningkatanpengguna KB untuk wilayah Balikpapan,” tutup Ariansyah.(bp-13)

 
OTHER NEWS
Selasa, 23 September 2014 , 04:15:00

Jembatan RT 9 Baru Tengah Disemen

BALIKPAPAN- Perbaikan infrastruktur lingkungan RT kembali dilakukan di Kelurahan Baru Tengah Balikpapan Barat. Kali ini semenisasi jembatan di RT 9 yang diusulkan mela ...

Selasa, 23 September 2014 , 04:12:00

Balikpapan Utara Belum Punya Lapangan

BALIKPAPAN-Lapangan sebagai tempat bermain dan berolahraga serta untuk fasilitas umum, tersedia di tiap-tiap kecamatan.  Tetapi di Balikpapan Utara, belum ada lap ...

Selasa, 23 September 2014 , 04:11:00

Wawali Semangati Bulu Tangkis Karang Taruna

BALIKPAPAN –Wawali Balikpapan H Heru Bambang SE turut menyemangati turnamen bulu tangkis yang digelar Karang Taruna Graha Indah. Wawali datang dan menyerahkan la ...

Selasa, 23 September 2014 , 04:10:00

Warga HER II-Korpri Minta Dana Kompensasi

BALIKPAPAN –Aktivitas pengupasan lahan di sekitar kawasan perumahan Her Utama-II dan Korpri wilayah Sepinggan sudah lama dihentikan oleh warga sekitar. Dengan di ...

Selasa, 23 September 2014 , 04:09:00

Lurah Gandeng Mitra Kerja

BALIKPAPAN - Kebijakan kecamatan Balikpapan Selatan (Balsel) terkait pengawasan pedagang hewan kurban jelang Hari Raya Idul Adha 1435 Hijriyah, benar-benar ditindaknla ...

 
SUPER LIGA
Bakal Lebih Menyerang
SIDOARJO- Jelang uji coba kontra Kamboja, tim pelatih timnas senior Indonesia Alfred Riedl sudah ...
Other
 
Kaltim
Wabup Ancam Beri Sanksi
PENAJAM- Wakil Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Mustaqim MZ geram atas sikap sejumlah oknum Pegaw ...
Other
 
Metropolis
PKL Lapangan Merdeka Protes SK Wali Kota
BALIKPAPAN- Ratusan pedagang kaki lima (PKL) melakukan aksi unjuk rasa di kantor balaikota Senin ...
Other
 
Kecamatan
Jembatan RT 9 Baru Tengah Disemen
BALIKPAPAN- Perbaikan infrastruktur lingkungan RT kembali dilakukan di Kelurahan Baru Tengah Bali ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1