Selasa, 09 Juli 2013 , 10:19:00


BALIKPAPAN-Di wilayah Balikpapan Barat jumlah akseptor Keluarga Berencana (KB) meningkat dibandingkan tahun sebelumnya. Koordinator penyuluh KB Balikpapan Barat Ariansyah saat ditemui Balikpapan Pos di ruang kerjanya Senin (8/9) mengatakan, pengguna KB bertambah dengan terus meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya KB.

“Di wilayah Balikpapan Barat pengguna KB Akseptor untuk pasangan usia subur (PUS) mencapai 16.858 PUS. Dibandingkan dengan tahun sebelummnya data tersebut terhitung sampai bulan Mei 2013. Karena masih banyak laporan yang belum masuk,” tutur Ariansyah.

Untuk jenis KB yang paling banyak digunakan masyarakat, Ariansyah mengakui bahwa suntikan yang mendominasi. Dan jumlah warga yang memakai bahan tersebut sekitar 5790 peserta, untuk posisi kedua Pil penggunanya 3.900 peserta.

“Paling banyak menggunakan suntikan sekitar 5.790 dan disusul oleh pil sebanyak 3900 peserta. Semua itu untuk wilayah Balikpapan Barat hingga Mei 2013. Data yang lain belum masuk danm sementara menunggu dari petugas penyuluhan yang bertugas disetiap kelurahan,” papar Ariansyah.

Posisi ketiga, masyarakat menggunakan Ayudi (Spiral) ada sekitar 1.602 peserta yang menggunakan alat itu. Sementara posisi keempat orang pilih imfland (susuk KB dilengan) 498 peserta yang menggunakan alat pencegah kehamilan itu.

Selain spiral,  susuk masih banyak yang menjadi pilihan setiap warga untuk mencegah kehamilan seperti kondom digunakan sekitar 345 peserta, MOW (medis operatif wanita) atau biasa disebut steril kandungan , sekitar 253 peserta yang menggunakannya.

Jumlah peningkatan peserta akseptor untuk wilayah Balikpapan Barat diakui Aransyah meningkat hingga 74 % kenaikan dari tahun-tahun sebelumnya, dan itu semua masih terhitung hingga bulan Mei. Sementara bulan Juni dan Juli data belum masuk karena petugas penyuluhan yang ada dilapangan belum menyerahkan kepada kecamatan.

“Untuk posisi ketiga pilihan warga jatuh kepada Ayudi (Spiral), sekitar 1.602 yang peserta yang menggunakannya, dan spiral serta kondom. Ada lagi yang mengunakan system penetralan seperti MOW (Medis Operatif wanita). Namun untuk jenis akseptor yang satu itu ada persyaratn khusus bagi penggunanya,” pungkas Ariansyah.

Dalam hal ini kesadaran peserta KB di Balikpapan sudah tinggi terlebih daerah tersebut merupakan mobilitas dan banyak pendatang yang secara tidak langsung menggunakan KB di Kota ini. Untuk MOW Ariansyah mengungkapkan bahwa ada persyaratn umum dan khusus dari pihak medis .

“Jenis MOW sendiri persyaratan secara umum itu, umur diatas 35 tahun dan anak diatas 3. Semantara dari pihak medis ada persyaratan khusus dan kita tidak tahu semua itu. Sebagai koordinator  saya berharap ada peningkatanpengguna KB untuk wilayah Balikpapan,” tutup Ariansyah.(bp-13)

 
OTHER NEWS
Kamis, 21 Agustus 2014 , 09:12:00

Sampah Masih Jadi Masalah

BALIKPAPAN- Meskipun Kota Beriman baru saja membawa pulang penghargaan Adipura Kencana dalam kategori kota besar terbaik dalam bidang kebersihan di Tanah Air 2014, ter ...

Kamis, 21 Agustus 2014 , 09:11:00

Belum Ada Kasus DBD Masuk

BALIKPAPAN-  Pasca pelaksanaan gerakan serentak (gertak) pemberantasan jentik nyamuk (PJN)  deman berdarah dengue (DBD), sejak 1 Agustus hingga 20 Agustus be ...

Kamis, 21 Agustus 2014 , 09:09:00

Akan Dibahas di Coffee Morning

BALIKPAPAN– Adanya temuan warga yang mendirikan bangunan liar di pinggir pantai di kawasan Kelurahan Damai Bahagia, akan segera dibawa pihak kecamatan ke coffee ...

Kamis, 21 Agustus 2014 , 09:08:00

TP PKK Manggar Motivasi Kader Posyandu

BALIKPAPAN-Ketua Tim Penggerak PKK Manggar Andi Sriani belum lama ini mengunjungi Posyandu Mawar Merah untuk bersosialisasi tentang program sehat buat para lanjut usia ...

Kamis, 21 Agustus 2014 , 09:07:00

Indekos dan Bangunan Sewa Jadi Sasaran Utama

BALIKPAPAN – Pekan ini, pihak Kecamatan Balikpapan Tengah (Balteng) akan menggelar razia gabungan dengan sasaran utama tempat kos-kosan, pemundokan atau tempat b ...

 
SUPER LIGA
Nzekou Cedera Ringan
BALIKPAPAN- Hujan deras yang mengguyur Balikpapan tak menyurutkan Persiba untuk memantapkan persi ...
Other
 
Kaltim
Pusat Sambut Baik Buluminung Jadi Kawasan Industri
PENAJAM- Pemerintah Kabupaten Penajam (Pemkab) Paser Utara (PPU) terus membangun berbagai sektor ...
Other
 
Metropolis
Tahun Depan, Fisik Jalan Tol Dimulai
BALIKPAPAN - Pelan tapi pasti, tahapan pembangunan jalan tol Balikpapan menuju Samarinda sepanjan ...
Other
 
Kecamatan
Sampah Masih Jadi Masalah
BALIKPAPAN- Meskipun Kota Beriman baru saja membawa pulang penghargaan Adipura Kencana dalam kate ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1