Minggu, 07 Juli 2013 , 18:03:00


KUNJUNGAN KERJA : Kasad Jenderal Moeldoko didampingi istri dipakaikan baju adat Dayak sebelum memasuki Makodam, kemarin siang.

BALIKPAPAN-Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jendral TNI Moeldoko memberikan pengarahan kepada seluruh perwira dan pengurus Persit jajaran Kodam VI/Mlw di Aula Makodam, Sabtu (6/7) siang kemarin. Dalam pengarahannya, Kasad yang didampingi Pangdam VI/Mlw Mayjen TNI Dicky Wainal Usman memaparkan gaya-gaya kepemimpinan yang harus diterapkan pimpinan terhadap bawahannya.

Ada 4 jenis gaya kepemimpinan yakni otokratik (otoriter), demokratis,  birokratis dan  bebas.  Dari 4 jenis modal kepemimpinan tersebut semuanya tidak ada yang sempurna. Sedangkan saat ini,  gaya kepemimpinan yang banyak dipakai adalah demokratis.  Namun, menurut Moeldoko, memimpin dengan gaya tersebut harus hati-hati. Karena pada suatu saat ini, pemimpin akan dihancurkan anak buahnya sendiri.

“Pemimpin demokratis itu repot, suatu saat bisa ‘dimakan anak buah’,” ujar  jenderal bintang empat yang baru saja menggantikan adik ipar Presiden SBY, Jendral TNI  PramonoEdhie Wibowo.  

Dia pun menegaskan, gaya kepemimpinan  yang baik adalah efektif disesuaikan dengan kebutuhan dengan mempertimbangkan situasi. Seorang pemimpin yang baik, katanya, harus mampu menebar semangat, kehadirannya menghadirkan inspirasi, menggerakkan organisasi. Singkatnya, apa yang disebut mendorong bawahannya untuk berbuat yang terbaik.

Usai memberikan pengarahan, Moeldoko menyampaikan pesan di hadapan para jurnalis bahwa prajurit TNI diminta untuk bersikap lebih santun dan humanis. “Jangan arogan, jadilah prajurit yang lebih santun dan humanis,” ujar Moeldoko.

Ditanya mengenai peta kerawanan pesta demokrasi Pilpres 2014 mendatang, Moledoko yakin dan menjamin bahwa pilpres akan berjalan aman, serta TNI akan mendukung siapapun yang menjadi pilihan rakyat.  “Ya, TNI tidak ada budaya kudeta, tidak ada itu,” ujarnya saat disinggung konstalasi politik luar negeri, militer Mesir yang melakukan Coup D'etat (kudeta) terhadap presiden yang terpilih secara sah, Muhammad Mursi.

Di bagian lain, Kasad menanggapi kondisi perbatasan, di mana, negeri tetangga Malayia membangun 3 divisi militer di wilayah perbatasan. Kasad menyatakan bahwa pemerintah dalam hal ini TNI telah merepons kondisi tersebut. Yakni, meningkatan akan status Detasemen menjadi Bataliyon di perbatasan, yang otomatis personel TNI ditambah.  Apakah nanti akan ditempatkan tank Leopard? “Belum…belum sampai ke situ,” pungkas Moeldoko yang selanjutnya terbang ke Tenggarong dengan helikopter.

Jendral Moeldoko merupakan alumni Akabri tahun 1981. Jabatan yang pernah dijabat sebelumnya Pangdam III/Siliwangi, Pangdam XI/Tanjungpura, Wagub Lemhanas dan Wakasad. Kunjungan ke Kaltim dalam rangka membuka bakti sosial TNI skala besar di Kutai Kartanegara (Kukar).  Jajaran TNI AD akan melakukan bedah rumah sebanyak 1,000 unit rumah yang tidak layak huni milik masyarakat. TNI juga akan melakukan khitanan massal, pengobatan massal gratis untuk warga.

Kedatangan Moeldoko di Makodam, disambut  dengan pemakaian baju Dayak oleh Yahya Ipung Soleng, sesepuh dan penasehat adat Dayak didampingi Serda (K) Erniawati, Sertu (K) Laili dan Serka (K) Wiwin Widiyanti, Serka (K) Ismawaty serta Duta Pariwisata 2013 Reka dan David Syaid. Juga disambut tarian dayak yang dibawakan oleh para siswi, Rani Safira Ersty Zeritha siswi kelas 3 SMAN 8, Intan Rezky Putri siswi kelas 3 SMAN 5, Nurdliya Candra Putri siswi kelas 3 SMAN 5, Safira Marissa siswi kelas 3 SMAN 5 dan Irma siswi kelas 2 SMKN 1. Mereka di bawah bimbingan AW Studio dan Disporabudpar Balikpapan.(ono)

 
OTHER NEWS
Sabtu, 19 April 2014 , 09:03:00

IBU HAMIL 8 BULAN NYABU

BALIKPAPAN - Wanita yang satu ini benar-benar keterlaluan. Sudah tahu dalam kondisi berbadan dua, masih juga mengonsumsi dan menyimpan sabu. Ia adalah Retno Sefi (24) ...

Sabtu, 19 April 2014 , 09:01:00

Tak Puas Gaji Sekretaris, Lady Rose Umbar Aurat

Praktik prostitusi terselubung semakin menggila. Di Kota Minyak, selain layanan prostitusi berkedok jasa pijat, anak baru gede yang menjual keperawanannya, kini muncul ...

Sabtu, 19 April 2014 , 08:55:00

Hindari Lubang, Truk Sawit Terguling

BALIKPAPAN  -  Lubang menganga di kawasan Jalan Sultan Hasanudin, Kelurahan Kariangau Balikpapan Barat membuat celaka. Pada Jumat (18/4) sekira pukul 16.25 W ...

Sabtu, 19 April 2014 , 08:54:00

Empat Kapal Malaysia Diamankan

TARAKAN – Empat unit kapal nelayan yang melintas dan sedang menangkap ikan di wilayah perairan Karang Banda Kabupaten Nunukan, diamankan Direktorat Polair Polda ...

Sabtu, 19 April 2014 , 08:53:00

Hasil Curanmor Rw Dideteksi

BALIKPAPAN – Penangkapan pelaku curanmor pelaku berinisial Rw (19) yang bergerak dalam sebuah komplotan, tak lama lagi akan dilakukan. Pengintaian yang dilakukan ...

 
SUPER LIGA
Pantang Terpeleset
LONDON - Empat laga terakhir di Premier League tak ubahnya laga final bagi Chelsea. Ketinggalan d ...
Other
 
Kaltim
Mencapai 234 Peserta
PENAJAM -  Minus satu hari sebelum berakhirnya pendaftaran Bintara Dalmas dan Polwan nampak ...
Other
 
Metropolis
Peresmian Terminal Baru Bandara Tak Jelas
BALIKPAPAN – Terminal baru bandara Sepinggan yang telah beroperasi 22 Maret lalu, namun sam ...
Other
 
Kecamatan
Masyarakat Antusias Buka Usaha
BALIKPAPAN – Sepertinya banyak masyarakat yang sudah bosan menjadi pekerja atau karyawan. L ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1