Minggu, 07 Juli 2013 , 18:03:00


KUNJUNGAN KERJA : Kasad Jenderal Moeldoko didampingi istri dipakaikan baju adat Dayak sebelum memasuki Makodam, kemarin siang.

BALIKPAPAN-Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jendral TNI Moeldoko memberikan pengarahan kepada seluruh perwira dan pengurus Persit jajaran Kodam VI/Mlw di Aula Makodam, Sabtu (6/7) siang kemarin. Dalam pengarahannya, Kasad yang didampingi Pangdam VI/Mlw Mayjen TNI Dicky Wainal Usman memaparkan gaya-gaya kepemimpinan yang harus diterapkan pimpinan terhadap bawahannya.

Ada 4 jenis gaya kepemimpinan yakni otokratik (otoriter), demokratis,  birokratis dan  bebas.  Dari 4 jenis modal kepemimpinan tersebut semuanya tidak ada yang sempurna. Sedangkan saat ini,  gaya kepemimpinan yang banyak dipakai adalah demokratis.  Namun, menurut Moeldoko, memimpin dengan gaya tersebut harus hati-hati. Karena pada suatu saat ini, pemimpin akan dihancurkan anak buahnya sendiri.

“Pemimpin demokratis itu repot, suatu saat bisa ‘dimakan anak buah’,” ujar  jenderal bintang empat yang baru saja menggantikan adik ipar Presiden SBY, Jendral TNI  PramonoEdhie Wibowo.  

Dia pun menegaskan, gaya kepemimpinan  yang baik adalah efektif disesuaikan dengan kebutuhan dengan mempertimbangkan situasi. Seorang pemimpin yang baik, katanya, harus mampu menebar semangat, kehadirannya menghadirkan inspirasi, menggerakkan organisasi. Singkatnya, apa yang disebut mendorong bawahannya untuk berbuat yang terbaik.

Usai memberikan pengarahan, Moeldoko menyampaikan pesan di hadapan para jurnalis bahwa prajurit TNI diminta untuk bersikap lebih santun dan humanis. “Jangan arogan, jadilah prajurit yang lebih santun dan humanis,” ujar Moeldoko.

Ditanya mengenai peta kerawanan pesta demokrasi Pilpres 2014 mendatang, Moledoko yakin dan menjamin bahwa pilpres akan berjalan aman, serta TNI akan mendukung siapapun yang menjadi pilihan rakyat.  “Ya, TNI tidak ada budaya kudeta, tidak ada itu,” ujarnya saat disinggung konstalasi politik luar negeri, militer Mesir yang melakukan Coup D'etat (kudeta) terhadap presiden yang terpilih secara sah, Muhammad Mursi.

Di bagian lain, Kasad menanggapi kondisi perbatasan, di mana, negeri tetangga Malayia membangun 3 divisi militer di wilayah perbatasan. Kasad menyatakan bahwa pemerintah dalam hal ini TNI telah merepons kondisi tersebut. Yakni, meningkatan akan status Detasemen menjadi Bataliyon di perbatasan, yang otomatis personel TNI ditambah.  Apakah nanti akan ditempatkan tank Leopard? “Belum…belum sampai ke situ,” pungkas Moeldoko yang selanjutnya terbang ke Tenggarong dengan helikopter.

Jendral Moeldoko merupakan alumni Akabri tahun 1981. Jabatan yang pernah dijabat sebelumnya Pangdam III/Siliwangi, Pangdam XI/Tanjungpura, Wagub Lemhanas dan Wakasad. Kunjungan ke Kaltim dalam rangka membuka bakti sosial TNI skala besar di Kutai Kartanegara (Kukar).  Jajaran TNI AD akan melakukan bedah rumah sebanyak 1,000 unit rumah yang tidak layak huni milik masyarakat. TNI juga akan melakukan khitanan massal, pengobatan massal gratis untuk warga.

Kedatangan Moeldoko di Makodam, disambut  dengan pemakaian baju Dayak oleh Yahya Ipung Soleng, sesepuh dan penasehat adat Dayak didampingi Serda (K) Erniawati, Sertu (K) Laili dan Serka (K) Wiwin Widiyanti, Serka (K) Ismawaty serta Duta Pariwisata 2013 Reka dan David Syaid. Juga disambut tarian dayak yang dibawakan oleh para siswi, Rani Safira Ersty Zeritha siswi kelas 3 SMAN 8, Intan Rezky Putri siswi kelas 3 SMAN 5, Nurdliya Candra Putri siswi kelas 3 SMAN 5, Safira Marissa siswi kelas 3 SMAN 5 dan Irma siswi kelas 2 SMKN 1. Mereka di bawah bimbingan AW Studio dan Disporabudpar Balikpapan.(ono)

 
OTHER NEWS
Kamis, 24 April 2014 , 08:44:00

Selfi Dihamili di Toilet Tahanan

  BALIKPAPAN- Hamilnya Retno Selfi (24), tersangka pemilik narkoba jenis sabu seberat 494,2 gram yang merupakan istri dari terpidana jaringan narkoba internas ...

Kamis, 24 April 2014 , 08:43:00

Chairil Bantah Keterangan Sejumlah Saksi

BALIKPAPAN-Chiril Anwar, terdakwa kasus pelanggaran pemilu membantah sejumlah saksi yang memberikan keterangan dalam persidangan sebalumnya. Setidaknya ada delapan pem ...

Kamis, 24 April 2014 , 08:42:00

Remaja ‘Digoyang’ di Dalam Bus

BONTANG - Tidak sampai sepekan, polisi dibuat geleng-geleng kepala dengan maraknya aksi pencabulan di Kota Taman. Belum selesai laporan pencabulan yang melibatkan sisw ...

Kamis, 24 April 2014 , 08:41:00

Kepala Pertanahan Terseret

PENAJAM-Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupeten Penajam Paser Utara kini telah menetapkan lima orang tersangka atas kasus dugaan korupsi pembebasan lahan yang menyedot ang ...

Kamis, 24 April 2014 , 08:40:00

KPU Provinsi Minta Pendapat Pusat

BALIKPAPAN- Dugaan salah satu komisioner KPU Balikpapan bermasalah, terus menggelinding.  Ada informasi terbaru bahwa KPU Kaltim berkirim surat ke KPU pusat, inti ...

 
SUPER LIGA
Misi Keluar Zona Merah
BALIKPAPAN– Bayang-bayang degradasi semakin menghantui Persiba Balikpapan. Hanya mengoleksi ...
Other
 
Kaltim
RPJMD Jadi Landasan Hukum, Minta Segera Disahkan
PENAJAM– Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) ...
Other
 
Metropolis
Sepinggan Raya Tercemar Limbah Berbahaya
BALIKPAPAN- Sejumlah warga mengeluhkan limbah bekas pelumas kendaraan yang dibuang di drainase ka ...
Other
 
Kecamatan
Jalan Projakal Km 5 Rusak Parah
BALIKPAPAN-Kondisi jalan Projakal KM 5 Kelurahan Graha Indah semakin parah sehingga dikeluhkan wa ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1