Sabtu, 06 Juli 2013 , 10:03:00


BALIKPAPAN — Dalam menyambut bulan suci Ramadan, SDN 009 Balikpapan Barat (Balbar) sudah menyiapkan salah satu program kegiatan yang nantinya akan diikuti oleh para peserta didiknya. Yakni, kegiatan pesantren kilat.

Kepala Sekolah SDN 009 Balbar, Syarifuddin SPd mengungkapkan, kegiatan pesantren kilat tersebut direncanakan akan berlangsung selama tiga hari, yang dimulai sejak pagi hari.

“Rencananya untuk mengisi bulan suci Ramadan nantinya SDN 009 Balbar akan mengadakan pesantren kilat yang akan diikuti murid kelas 5 dan 6 nantinya. Pelaksanaannya selama 3 hari dan jadwalnya pagi,” tutur Syarifudin ketika ditemui Balikpapan Pos, Jumat (5/7).

Syarufuddin mengatakan, tujuan digelarnya kegiatan pesantren kilat ini adalah meningkatkan keimanan dan ketaqwaan para siswa. Pasalnya, bulan suci Ramadan ini, dipercaya sebagai bulan mulia yang memberikan kesempatan kepada setiap murid untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

“Untuk itu sebagai seorang pendidik kita akan gunakan sebaik-baiknya.  Ramadan ini untuk mengajarkan setiap murid agar memperbanyak ibadah dan pengetahuan keagamaan,” jelasnya.

Dikatakan, pada awal-awal bulan Ramadan banyak lembaga-lembaga pendidikan sibuk untuk mengadakan kegiatan-kegiatan yang bernafaskan islami. Tradisi mengadakan kegiatan-kegiatan islami selama bulan Ramadan, khususnya pada awal minggu pertama ini digelar karena bertujuan agar bulan yang penuh berkah ini diisi dengan ibadah.

Kegiatan selama bulan Ramadan sudah pasti bernuansa rohani, seperti siraman rohani dan bimbingan khusus untuk menjalankan ibadah puasa dengan khusyuk. Salah satu kegiatan positif yang dapat memperdalam ilmu-ilmu agama adalah pesantren kilat.

“Pesantren kilat sering diadakan oleh lembaga-lembaga pendidikan formal, mulai dari Sekolah Dasar (SD) mewajibkan bagi setiap murid untuk mengikuti pesantren kilat ini, apalagi mereka masih labil akan pemahaman agama,” papar Syarifuddin.

Materi yang diberikan pada pesantren kilat biasanya kegiatan-kegiatan yang bernafaskan rohani dan pendalaman ilmu-ilmu agama, misalnya membaca Al-Qur’an, praktik wudlu, shalat, tayamum, adzan, menghafal surat-surat pendek dan ayat-ayat pilihan, doa-doa, mendengarkan ceramah, dan berdiskusi tentang keislaman.

“Manfaat mengikuti pesantren kilat adalah selain mendapatkan ilmu agama dan dapat menjalankan ibadah puasa dengan khusus juga memperoleh banyak pengalaman berharga. Misalnya, berlatih mandiri, rasa sosial dan setia kawan jadi lebih meningkat, serta memupuk rasa kebersamaan apa lagi diusia anak yang masih dini,” tuturnya. (bp-13)

 
OTHER NEWS
Jum\'at, 22 Agustus 2014 , 10:02:00

Balikpapan Kebagian 3.165 Kursi

BALIKPAPAN- Gubernur Kaltim, Awang Faroek Ishak meminta kepada seluruh masyarakat Kaltim agar memanfaatkan seoptimal mungkin program Beasiswa Kaltim Cemerlang yang tel ...

Jum\'at, 22 Agustus 2014 , 10:01:00

SPS Pintar Terjunkan 60 Anak Didik

BALIKPAPAN - Satuan PAUD Sejenis (SPS) Pintar Sepinggan menerjunkan 60 anak didiknya dalam kegiatan karnaval dalam rangka ikut meraimaikan HUT ke-69 Kemerdekaan RI, Mi ...

Kamis, 21 Agustus 2014 , 09:41:00

Banyak Lomba, Ada Balap Tamiya

BALIKPAPAN- Event Kaltim Post Otomodify 2Nd 2014 tak hanya menyuguhkan kompetisi modifikasi mobil dan motor. Beragam perlombaan juga akan digelar serentak saat event o ...

Kamis, 21 Agustus 2014 , 09:39:00

Penerapan Model CTL dan Word Square

Oleh: Dwi Mulat Sudasmaningsih email : sdwimulat@yahoo.com LANDASAN TEORITIS  DAN HIPOTESIS TINDAKAN Pembelajaran Kontekstual Pembelajaran kontekstual ...

Rabu, 20 Agustus 2014 , 09:35:00

Jelas Masa Jabatan dan Aturannya

BALIKPAPAN- Keberadaan Komite sekolahmerupakan nama baru pengganti Badan Pembantu Penyelenggara Pendidikan (BP3). Secara substansial kedua istilah tersebut tidak begit ...

 
SUPER LIGA
Mantapkan Strategi Lewat Uji Coba
BALIKPAPAN- Jeda laga yang cukup panjang dan ingin memantapkan persiapan laga kontra Persiram Raj ...
Other
 
Kaltim
RTH Telan Anggaran Rp 1,7 Miliar
PENAJAM - Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman (DKPP) Kabupaten Penajam Paser Utara sementar ...
Other
 
Metropolis
SEMRAWUT
BALIKPAPAN- Kondisi Jl Jenderal Sudirman mulai depan rumah makan cepat saji KFC hingga jembatan S ...
Other
 
Kecamatan
Kasus DBD Meningkat
BALIKPAPAN - Merebaknya penyakit demam berdarah dengue (DBD), menjadi perhatian serius pihak Kelu ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1