Sabtu, 06 Juli 2013 , 10:03:00


BALIKPAPAN — Dalam menyambut bulan suci Ramadan, SDN 009 Balikpapan Barat (Balbar) sudah menyiapkan salah satu program kegiatan yang nantinya akan diikuti oleh para peserta didiknya. Yakni, kegiatan pesantren kilat.

Kepala Sekolah SDN 009 Balbar, Syarifuddin SPd mengungkapkan, kegiatan pesantren kilat tersebut direncanakan akan berlangsung selama tiga hari, yang dimulai sejak pagi hari.

“Rencananya untuk mengisi bulan suci Ramadan nantinya SDN 009 Balbar akan mengadakan pesantren kilat yang akan diikuti murid kelas 5 dan 6 nantinya. Pelaksanaannya selama 3 hari dan jadwalnya pagi,” tutur Syarifudin ketika ditemui Balikpapan Pos, Jumat (5/7).

Syarufuddin mengatakan, tujuan digelarnya kegiatan pesantren kilat ini adalah meningkatkan keimanan dan ketaqwaan para siswa. Pasalnya, bulan suci Ramadan ini, dipercaya sebagai bulan mulia yang memberikan kesempatan kepada setiap murid untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

“Untuk itu sebagai seorang pendidik kita akan gunakan sebaik-baiknya.  Ramadan ini untuk mengajarkan setiap murid agar memperbanyak ibadah dan pengetahuan keagamaan,” jelasnya.

Dikatakan, pada awal-awal bulan Ramadan banyak lembaga-lembaga pendidikan sibuk untuk mengadakan kegiatan-kegiatan yang bernafaskan islami. Tradisi mengadakan kegiatan-kegiatan islami selama bulan Ramadan, khususnya pada awal minggu pertama ini digelar karena bertujuan agar bulan yang penuh berkah ini diisi dengan ibadah.

Kegiatan selama bulan Ramadan sudah pasti bernuansa rohani, seperti siraman rohani dan bimbingan khusus untuk menjalankan ibadah puasa dengan khusyuk. Salah satu kegiatan positif yang dapat memperdalam ilmu-ilmu agama adalah pesantren kilat.

“Pesantren kilat sering diadakan oleh lembaga-lembaga pendidikan formal, mulai dari Sekolah Dasar (SD) mewajibkan bagi setiap murid untuk mengikuti pesantren kilat ini, apalagi mereka masih labil akan pemahaman agama,” papar Syarifuddin.

Materi yang diberikan pada pesantren kilat biasanya kegiatan-kegiatan yang bernafaskan rohani dan pendalaman ilmu-ilmu agama, misalnya membaca Al-Qur’an, praktik wudlu, shalat, tayamum, adzan, menghafal surat-surat pendek dan ayat-ayat pilihan, doa-doa, mendengarkan ceramah, dan berdiskusi tentang keislaman.

“Manfaat mengikuti pesantren kilat adalah selain mendapatkan ilmu agama dan dapat menjalankan ibadah puasa dengan khusus juga memperoleh banyak pengalaman berharga. Misalnya, berlatih mandiri, rasa sosial dan setia kawan jadi lebih meningkat, serta memupuk rasa kebersamaan apa lagi diusia anak yang masih dini,” tuturnya. (bp-13)

 
OTHER NEWS
Kamis, 24 Juli 2014 , 10:46:00

Pemkot Diimbau Bentuk Tim Independen

BALIKPAPAN—Praktisi Pendidikan dari Universitas Balikpapan (Uniba), Wawan Sanjaya SH mengimbau kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan untuk dapat membentuk t ...

Kamis, 24 Juli 2014 , 10:45:00

Buku Kurikulum 2013 Diklaim Murah

BALIKPAPAN-- Ketua Tim Kelompok Kerja e-Katalog Buku Kurikulum 2013, Yulianto Prihandoyo menegaskan bahwa buku Kurikulum 2013 merupakan buku pegangan belajar yang terb ...

Kamis, 24 Juli 2014 , 10:44:00

Jumlah Siswa Meningkat

BALIKPAPAN—Tahun ajaran 2014/2015 sudah dimulai sejak 14 Juli 2014 lalu. Seluruh siswa bersemangat menjalani pendidikan di tahun ajaran baru dan dengan sistem Ku ...

Kamis, 24 Juli 2014 , 10:43:00

Pelajar Balikpapan Raih Penghargaan TMPI

BALIKPAPAN- Hari Anak Nasional yang jatuh pada hari Rabu (23/7) kemarin turut menjadi kebanggaan bagi warga Kota Balikpapan. Sebab, dalam peringatan tersebut, Kementer ...

Kamis, 24 Juli 2014 , 10:42:00

Wajar 12 Tahun dan Beasiswa

BALIKPAPAN—Melihat besarnya potensi ekonomi di Provinsi Kalimantan Timur, menjadi salah satu asset guna mendukung perkembangan pendidikan daerah. Termasuk di Bal ...

 
SUPER LIGA
Tambah Jam Terbang
TERNATE- Timnas U-19 akan menututp laga uji coba melawan tim Persiter Ternate U-21 di Stadion Gel ...
Other
 
Kaltim
Baznas PPU Target Rp 1,7 Miliar
PENAJAM- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Penajam Paser Utara (PPU) melakukan penghimpunan zaka ...
Other
 
Metropolis
LANGGAR PERWALI
BALIKPAPAN- Truk kontainer ini beroperasi disiang hari. Padahal sesuai Perwali Nomor 33 Tahun 200 ...
Other
 
Kecamatan
Banyak Ceceran Tanah, Bukti Pengawasan Lemah
BALIKPAPAN - Kota Balikpapan boleh bangga dengan langganan prestasi di bidang kebersihan lingkung ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1