Sabtu, 06 Juli 2013 , 10:03:00


BALIKPAPAN — Dalam menyambut bulan suci Ramadan, SDN 009 Balikpapan Barat (Balbar) sudah menyiapkan salah satu program kegiatan yang nantinya akan diikuti oleh para peserta didiknya. Yakni, kegiatan pesantren kilat.

Kepala Sekolah SDN 009 Balbar, Syarifuddin SPd mengungkapkan, kegiatan pesantren kilat tersebut direncanakan akan berlangsung selama tiga hari, yang dimulai sejak pagi hari.

“Rencananya untuk mengisi bulan suci Ramadan nantinya SDN 009 Balbar akan mengadakan pesantren kilat yang akan diikuti murid kelas 5 dan 6 nantinya. Pelaksanaannya selama 3 hari dan jadwalnya pagi,” tutur Syarifudin ketika ditemui Balikpapan Pos, Jumat (5/7).

Syarufuddin mengatakan, tujuan digelarnya kegiatan pesantren kilat ini adalah meningkatkan keimanan dan ketaqwaan para siswa. Pasalnya, bulan suci Ramadan ini, dipercaya sebagai bulan mulia yang memberikan kesempatan kepada setiap murid untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

“Untuk itu sebagai seorang pendidik kita akan gunakan sebaik-baiknya.  Ramadan ini untuk mengajarkan setiap murid agar memperbanyak ibadah dan pengetahuan keagamaan,” jelasnya.

Dikatakan, pada awal-awal bulan Ramadan banyak lembaga-lembaga pendidikan sibuk untuk mengadakan kegiatan-kegiatan yang bernafaskan islami. Tradisi mengadakan kegiatan-kegiatan islami selama bulan Ramadan, khususnya pada awal minggu pertama ini digelar karena bertujuan agar bulan yang penuh berkah ini diisi dengan ibadah.

Kegiatan selama bulan Ramadan sudah pasti bernuansa rohani, seperti siraman rohani dan bimbingan khusus untuk menjalankan ibadah puasa dengan khusyuk. Salah satu kegiatan positif yang dapat memperdalam ilmu-ilmu agama adalah pesantren kilat.

“Pesantren kilat sering diadakan oleh lembaga-lembaga pendidikan formal, mulai dari Sekolah Dasar (SD) mewajibkan bagi setiap murid untuk mengikuti pesantren kilat ini, apalagi mereka masih labil akan pemahaman agama,” papar Syarifuddin.

Materi yang diberikan pada pesantren kilat biasanya kegiatan-kegiatan yang bernafaskan rohani dan pendalaman ilmu-ilmu agama, misalnya membaca Al-Qur’an, praktik wudlu, shalat, tayamum, adzan, menghafal surat-surat pendek dan ayat-ayat pilihan, doa-doa, mendengarkan ceramah, dan berdiskusi tentang keislaman.

“Manfaat mengikuti pesantren kilat adalah selain mendapatkan ilmu agama dan dapat menjalankan ibadah puasa dengan khusus juga memperoleh banyak pengalaman berharga. Misalnya, berlatih mandiri, rasa sosial dan setia kawan jadi lebih meningkat, serta memupuk rasa kebersamaan apa lagi diusia anak yang masih dini,” tuturnya. (bp-13)

 
OTHER NEWS
Rabu, 01 Oktober 2014 , 05:13:00

Paskhas SMPN 14 Bibit Paskibra Kota

BALIKPAPAN—Keberadaan kegiatan ekskul Pasukan Khas (Paskhas) SMPN 14 juga tidak ketinggalan dalam mengharumkan nama sekolah diajang tingkat kota hingga provinsi, ...

Rabu, 01 Oktober 2014 , 05:13:00

Diikuti 80 Pendidik PAUD

TANA PASER – Sebanyak 80 orang Pendidik PAUD se-Kabupaten Paser mengikuti Diklat berjenjang tingkat lanjutan garapan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Pas ...

Selasa, 30 September 2014 , 08:26:00

Disdik Akui Ada Kesalahan Internal

BALIKPAPAN—Meski sudah berjalan, berbagai kendala dalam penerapan Kurikulum 2013 masih berlanjut. Salah satunya terkait pengadaan buku pegangan. Di Balikpapan se ...

Selasa, 30 September 2014 , 08:25:00

62 Ribu Guru SMK Bakal Ikut Pendampingan

BALIKPAPAN—Direktur Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Mustaghfirin mengungkapkan, sekitar 62 ribu guru SMK seluru ...

Selasa, 30 September 2014 , 08:25:00

Cetak Prestasi, Pelajar SMPN 8 Manggar Turnamen Bulu Tangkis di Bali

BALIKPAPAN—Ternyataberbagai prestasi  yang didapatkan di wilayah Kelurahan Manggar tidak hanya dalam program lingkungan saja, akan tetapi di kalangan pelaja ...

 
SUPER LIGA
Saatnya Hancurkan Al Qadsia
JAYAPURA- 90 menit untuk mencetak sejarah baru sudah ada di dalam benak anak-anak Persipura, Boaz ...
Other
 
Kaltim
Pancasila Sebagai Sumber Hukum
PENAJAM- Bupati Penajam Paser Utara (PPU) H Yusran Aspar menjadi inspektur upacara pada Hari Kesa ...
Other
 
Metropolis
Hati-hati, Kendaraan Langsung Ditilang dan Derek
BALIKPAPAN - Ini peringatan keras bagi sopir yang doyan parkir di sembarangan tempat baik di bada ...
Other
 
Kecamatan
Menunggu Perbaikan Jalan Gunung Steling
BALIKPAPAN- Warga Gunung Steling  Kelurahan Gunung Samarinda, Kecamatan Balikpapan Utara&nbs ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1