Sabtu, 06 Juli 2013 , 10:03:00


BALIKPAPAN — Dalam menyambut bulan suci Ramadan, SDN 009 Balikpapan Barat (Balbar) sudah menyiapkan salah satu program kegiatan yang nantinya akan diikuti oleh para peserta didiknya. Yakni, kegiatan pesantren kilat.

Kepala Sekolah SDN 009 Balbar, Syarifuddin SPd mengungkapkan, kegiatan pesantren kilat tersebut direncanakan akan berlangsung selama tiga hari, yang dimulai sejak pagi hari.

“Rencananya untuk mengisi bulan suci Ramadan nantinya SDN 009 Balbar akan mengadakan pesantren kilat yang akan diikuti murid kelas 5 dan 6 nantinya. Pelaksanaannya selama 3 hari dan jadwalnya pagi,” tutur Syarifudin ketika ditemui Balikpapan Pos, Jumat (5/7).

Syarufuddin mengatakan, tujuan digelarnya kegiatan pesantren kilat ini adalah meningkatkan keimanan dan ketaqwaan para siswa. Pasalnya, bulan suci Ramadan ini, dipercaya sebagai bulan mulia yang memberikan kesempatan kepada setiap murid untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

“Untuk itu sebagai seorang pendidik kita akan gunakan sebaik-baiknya.  Ramadan ini untuk mengajarkan setiap murid agar memperbanyak ibadah dan pengetahuan keagamaan,” jelasnya.

Dikatakan, pada awal-awal bulan Ramadan banyak lembaga-lembaga pendidikan sibuk untuk mengadakan kegiatan-kegiatan yang bernafaskan islami. Tradisi mengadakan kegiatan-kegiatan islami selama bulan Ramadan, khususnya pada awal minggu pertama ini digelar karena bertujuan agar bulan yang penuh berkah ini diisi dengan ibadah.

Kegiatan selama bulan Ramadan sudah pasti bernuansa rohani, seperti siraman rohani dan bimbingan khusus untuk menjalankan ibadah puasa dengan khusyuk. Salah satu kegiatan positif yang dapat memperdalam ilmu-ilmu agama adalah pesantren kilat.

“Pesantren kilat sering diadakan oleh lembaga-lembaga pendidikan formal, mulai dari Sekolah Dasar (SD) mewajibkan bagi setiap murid untuk mengikuti pesantren kilat ini, apalagi mereka masih labil akan pemahaman agama,” papar Syarifuddin.

Materi yang diberikan pada pesantren kilat biasanya kegiatan-kegiatan yang bernafaskan rohani dan pendalaman ilmu-ilmu agama, misalnya membaca Al-Qur’an, praktik wudlu, shalat, tayamum, adzan, menghafal surat-surat pendek dan ayat-ayat pilihan, doa-doa, mendengarkan ceramah, dan berdiskusi tentang keislaman.

“Manfaat mengikuti pesantren kilat adalah selain mendapatkan ilmu agama dan dapat menjalankan ibadah puasa dengan khusus juga memperoleh banyak pengalaman berharga. Misalnya, berlatih mandiri, rasa sosial dan setia kawan jadi lebih meningkat, serta memupuk rasa kebersamaan apa lagi diusia anak yang masih dini,” tuturnya. (bp-13)

 
OTHER NEWS
Sabtu, 19 April 2014 , 08:27:00

Lakukan Pembekalan Intensif

BALIKPAPAN - Tersisa 16 hari lagi, pelaksanaan UN jenjang SMP dimulai. Berbagai persiapan tentu sudah dilakukan pihak sekolah guna menyiapkan anak didiknya agar lulus ...

Sabtu, 19 April 2014 , 08:26:00

Duta Wisata Peringati Hari Bumi

BALIKPAPAN - Forum Duta Wisata Manuntung Balikpapan (FDWMB) berupaya menggalakkan Hari Bumi yang diperingati setiap tanggal 22 April. Untuk tahun ini, FDWMB yang berad ...

Sabtu, 19 April 2014 , 08:25:00

Nilai Sekolah dan Rapor Sudah Masuk

JAKARTA - Rangkaian ujian nasional (unas) utama jenjang SMA sederajat sudah rampung. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) saat ini menyiapkan penggabung ...

Sabtu, 19 April 2014 , 08:25:00

Pantas Dipertanyakan, Jokowi Belum Layak Muncul di Soal UN

JAKARTA - Calon presiden (capres) PDIP Joko Widodo (Jokowi) belum layak jadi tokoh nasional yang muncul dalam soal Ujian Nasional (UN). Hal tersebut disampaikan M Agus ...

Jum\'at, 18 April 2014 , 13:59:00

APK Sekolah SLBN Kota Balikpapan Meningkat

BALIKPAPAN—Orangtua yang memiliki anak berkebutuhan khusus memang berbeda dengan ibu-ibu lainnya. Walaupun semuanya bisa dikatakan bahwa membesarkan anak adalah ...

 
SUPER LIGA
Pantang Terpeleset
LONDON - Empat laga terakhir di Premier League tak ubahnya laga final bagi Chelsea. Ketinggalan d ...
Other
 
Kaltim
Mencapai 234 Peserta
PENAJAM -  Minus satu hari sebelum berakhirnya pendaftaran Bintara Dalmas dan Polwan nampak ...
Other
 
Metropolis
Peresmian Terminal Baru Bandara Tak Jelas
BALIKPAPAN – Terminal baru bandara Sepinggan yang telah beroperasi 22 Maret lalu, namun sam ...
Other
 
Kecamatan
Masyarakat Antusias Buka Usaha
BALIKPAPAN – Sepertinya banyak masyarakat yang sudah bosan menjadi pekerja atau karyawan. L ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1