Sabtu, 06 Juli 2013 , 10:03:00


BALIKPAPAN — Dalam menyambut bulan suci Ramadan, SDN 009 Balikpapan Barat (Balbar) sudah menyiapkan salah satu program kegiatan yang nantinya akan diikuti oleh para peserta didiknya. Yakni, kegiatan pesantren kilat.

Kepala Sekolah SDN 009 Balbar, Syarifuddin SPd mengungkapkan, kegiatan pesantren kilat tersebut direncanakan akan berlangsung selama tiga hari, yang dimulai sejak pagi hari.

“Rencananya untuk mengisi bulan suci Ramadan nantinya SDN 009 Balbar akan mengadakan pesantren kilat yang akan diikuti murid kelas 5 dan 6 nantinya. Pelaksanaannya selama 3 hari dan jadwalnya pagi,” tutur Syarifudin ketika ditemui Balikpapan Pos, Jumat (5/7).

Syarufuddin mengatakan, tujuan digelarnya kegiatan pesantren kilat ini adalah meningkatkan keimanan dan ketaqwaan para siswa. Pasalnya, bulan suci Ramadan ini, dipercaya sebagai bulan mulia yang memberikan kesempatan kepada setiap murid untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

“Untuk itu sebagai seorang pendidik kita akan gunakan sebaik-baiknya.  Ramadan ini untuk mengajarkan setiap murid agar memperbanyak ibadah dan pengetahuan keagamaan,” jelasnya.

Dikatakan, pada awal-awal bulan Ramadan banyak lembaga-lembaga pendidikan sibuk untuk mengadakan kegiatan-kegiatan yang bernafaskan islami. Tradisi mengadakan kegiatan-kegiatan islami selama bulan Ramadan, khususnya pada awal minggu pertama ini digelar karena bertujuan agar bulan yang penuh berkah ini diisi dengan ibadah.

Kegiatan selama bulan Ramadan sudah pasti bernuansa rohani, seperti siraman rohani dan bimbingan khusus untuk menjalankan ibadah puasa dengan khusyuk. Salah satu kegiatan positif yang dapat memperdalam ilmu-ilmu agama adalah pesantren kilat.

“Pesantren kilat sering diadakan oleh lembaga-lembaga pendidikan formal, mulai dari Sekolah Dasar (SD) mewajibkan bagi setiap murid untuk mengikuti pesantren kilat ini, apalagi mereka masih labil akan pemahaman agama,” papar Syarifuddin.

Materi yang diberikan pada pesantren kilat biasanya kegiatan-kegiatan yang bernafaskan rohani dan pendalaman ilmu-ilmu agama, misalnya membaca Al-Qur’an, praktik wudlu, shalat, tayamum, adzan, menghafal surat-surat pendek dan ayat-ayat pilihan, doa-doa, mendengarkan ceramah, dan berdiskusi tentang keislaman.

“Manfaat mengikuti pesantren kilat adalah selain mendapatkan ilmu agama dan dapat menjalankan ibadah puasa dengan khusus juga memperoleh banyak pengalaman berharga. Misalnya, berlatih mandiri, rasa sosial dan setia kawan jadi lebih meningkat, serta memupuk rasa kebersamaan apa lagi diusia anak yang masih dini,” tuturnya. (bp-13)

 
OTHER NEWS
Minggu, 27 Juli 2014 , 12:31:00

Presiden Terpilih Harus Merakyat

BALIKPAPAN-  Pemilihan Presiden dan wakilnya sudah selesai dan KPU pusat menetapkan pasangan Joko Widodo dan  Jusuf Kalla sebagai pemenang. Berbagai tanggapa ...

Minggu, 27 Juli 2014 , 12:30:00

Siapapun yang Menang, Kita Harus Mendukung Penuh

UNGKAPAN yang keluar dari mulut Ketua Forum Kemitraan Polisi Masyarakat (FKPM) Batu Ampar Kasmadi saat ditanya soal hasil pemilihan presiden yang telah selesai dan tel ...

Minggu, 27 Juli 2014 , 12:29:00

Mantan Anggota DPRD Pilih Nomor Dua

BALIKPAPAN – Mantan anggota DPRD Kota Balikpapan H Sappe turut memberikan dukungannya kepada capres-cawapres nomor urut 2 Jokowi-JK. “Menurut saya Jokowi d ...

Minggu, 27 Juli 2014 , 12:27:00

Garuda Merah Tetap Semangat

PEROLEHAN suara kemenangan capres dan cawapres telah resmi diumumkan oleh KPU pusat belum lama ini, pasangan capres cawapres Jokowi dan Jusuf Kalla pemenangnya. Walau ...

Minggu, 27 Juli 2014 , 12:25:00

Touring Menantang Alam dan Aktif Sosial

BAGI pecinta adrenalin tinggi, berbagai cara yang menantang akan selalu dilakukan, salah satunya dengan menantang di aktivitas otomotif. Hal ini yang tegah dicoba, kom ...

 
SUPER LIGA
Wajib Latihan 1 Agustus
BALIKPAPAN- Libur Lebaran Idul Fitri 1435 Hijriah sudah diberikan manajemen tim Persiba Balikpapa ...
Other
 
Kaltim
H-3 Idul Fitri, Harga Daging Sapi Melambung
PENAJAM - Memasuki H-3 lebaran Idul Fitri, sejumlah komuditas kebutuhan pokok di Kabupaten Penaja ...
Other
 
Metropolis
BERKUALITAS
BALIKPAPAN: SMP Patra Dharma (PD) yang terletak di Jalan Sekolah Perapatan ini, bisa bersaing den ...
Other
 
Kecamatan
Waspada, DBD Masih Mengancam
BALIKPAPAN - Hingga saat ini, penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) masih mengancam. Untuk menekan ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1