Sabtu, 06 Juli 2013 , 10:03:00


BALIKPAPAN — Dalam menyambut bulan suci Ramadan, SDN 009 Balikpapan Barat (Balbar) sudah menyiapkan salah satu program kegiatan yang nantinya akan diikuti oleh para peserta didiknya. Yakni, kegiatan pesantren kilat.

Kepala Sekolah SDN 009 Balbar, Syarifuddin SPd mengungkapkan, kegiatan pesantren kilat tersebut direncanakan akan berlangsung selama tiga hari, yang dimulai sejak pagi hari.

“Rencananya untuk mengisi bulan suci Ramadan nantinya SDN 009 Balbar akan mengadakan pesantren kilat yang akan diikuti murid kelas 5 dan 6 nantinya. Pelaksanaannya selama 3 hari dan jadwalnya pagi,” tutur Syarifudin ketika ditemui Balikpapan Pos, Jumat (5/7).

Syarufuddin mengatakan, tujuan digelarnya kegiatan pesantren kilat ini adalah meningkatkan keimanan dan ketaqwaan para siswa. Pasalnya, bulan suci Ramadan ini, dipercaya sebagai bulan mulia yang memberikan kesempatan kepada setiap murid untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

“Untuk itu sebagai seorang pendidik kita akan gunakan sebaik-baiknya.  Ramadan ini untuk mengajarkan setiap murid agar memperbanyak ibadah dan pengetahuan keagamaan,” jelasnya.

Dikatakan, pada awal-awal bulan Ramadan banyak lembaga-lembaga pendidikan sibuk untuk mengadakan kegiatan-kegiatan yang bernafaskan islami. Tradisi mengadakan kegiatan-kegiatan islami selama bulan Ramadan, khususnya pada awal minggu pertama ini digelar karena bertujuan agar bulan yang penuh berkah ini diisi dengan ibadah.

Kegiatan selama bulan Ramadan sudah pasti bernuansa rohani, seperti siraman rohani dan bimbingan khusus untuk menjalankan ibadah puasa dengan khusyuk. Salah satu kegiatan positif yang dapat memperdalam ilmu-ilmu agama adalah pesantren kilat.

“Pesantren kilat sering diadakan oleh lembaga-lembaga pendidikan formal, mulai dari Sekolah Dasar (SD) mewajibkan bagi setiap murid untuk mengikuti pesantren kilat ini, apalagi mereka masih labil akan pemahaman agama,” papar Syarifuddin.

Materi yang diberikan pada pesantren kilat biasanya kegiatan-kegiatan yang bernafaskan rohani dan pendalaman ilmu-ilmu agama, misalnya membaca Al-Qur’an, praktik wudlu, shalat, tayamum, adzan, menghafal surat-surat pendek dan ayat-ayat pilihan, doa-doa, mendengarkan ceramah, dan berdiskusi tentang keislaman.

“Manfaat mengikuti pesantren kilat adalah selain mendapatkan ilmu agama dan dapat menjalankan ibadah puasa dengan khusus juga memperoleh banyak pengalaman berharga. Misalnya, berlatih mandiri, rasa sosial dan setia kawan jadi lebih meningkat, serta memupuk rasa kebersamaan apa lagi diusia anak yang masih dini,” tuturnya. (bp-13)

 
OTHER NEWS
Selasa, 23 September 2014 , 04:55:00

Sehari Rp1.000, Sebulan Rp16 Juta

PURWAKARTA-Siswa di SMPN (Sekolah Menengah Pertama  Negeri) 1 Plered sehari dipungut Rp1.000. Pungutan  tersebut berkedok untuk kebutuhan alat kebersihan dar ...

Selasa, 23 September 2014 , 04:51:00

LKS Diusulkan Dibuat Guru

SUBANG-Keberadaan buku Lembar Kerja Siswa (LKS) dinilai membuat para guru kurang kreatif. Muncul usulan agar buku LKS dibuat dan disusun oleh guru. Hal itu disampaikan ...

Senin, 22 September 2014 , 03:18:00

SMAN 1 Targetkan 85 Pelajar

BALIKPAPAN—Sebagai sekolah unggulan di Balikpapan, SMAN 1 Balikpapan berupaya keras agar para pelajarnya dapat masuk ke perguruan tinggi negeri (PTN) di tahun de ...

Senin, 22 September 2014 , 03:18:00

Perkembangan PAUD Butuh Peran CSR

BALIKPAPAN- Dari ribuan pengajar yang tersebar di 435 lembaga pendidikan usia dini (PAUD) di Kota Minyak, hanya 40 persen yang bergelar sarjana. Sedangkan sisanya masi ...

Minggu, 21 September 2014 , 08:02:00

Pembangunan Drainase RT 6 GSmB Hampir Rampung

BALIKPAPAN-Pembangunan drainase yang dilaksanakan di wilayah RT 6 kelurahan Gunung Samarinda Baru (GSmB) segera rampung, hal ini dilaksanakan karena selama ini masih b ...

 
SUPER LIGA
Bakal Lebih Menyerang
SIDOARJO- Jelang uji coba kontra Kamboja, tim pelatih timnas senior Indonesia Alfred Riedl sudah ...
Other
 
Kaltim
Wabup Ancam Beri Sanksi
PENAJAM- Wakil Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Mustaqim MZ geram atas sikap sejumlah oknum Pegaw ...
Other
 
Metropolis
PKL Lapangan Merdeka Protes SK Wali Kota
BALIKPAPAN- Ratusan pedagang kaki lima (PKL) melakukan aksi unjuk rasa di kantor balaikota Senin ...
Other
 
Kecamatan
Jembatan RT 9 Baru Tengah Disemen
BALIKPAPAN- Perbaikan infrastruktur lingkungan RT kembali dilakukan di Kelurahan Baru Tengah Bali ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1