Jum'at, 05 Juli 2013 , 09:50:00


ETIKA BERSIKAP : Ketua DWP Balikpapan Hj Eka Masjitah Fadli bersama narasumber dan peserta ceramah tentang tata krama atau etika dalam bergaul menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya sebelum acara dimulai.

BALIKPAPAN –Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Balikpapan menggelar ceramah terkait dengan pendidikan, Kamis (4/7) kemarin. Para istri-istri pegawai negeri sipil (PNS) ini sengaja diberi pelatihan dengan tujuan dapat meningkatkan wawasan serta pengetahuan para peserta dalam bersosialisasi serta berinteraksi dengan etika dan tata cara yang benar di masyarakat.

Dalam kegiatan yang menjadi program kerja rutin DWP Balikpapan ini, memanggil narasumber Novita Fitriana SSos yang berasal dari Pusat Kajian dan Pelatihan dan Pendidikan Aparatur III Lembaga Administrasi Negara (PKP2A III LAN) Samarinda.

Ceramah ini sendiri dibuka langsung Ketua DWPKota Balikpapan Hj Eka Masjitah Fadli. Istri Sekkot Sayid MN Fadli ini berharap, dari kegiatan ceramah tentang tata krama atau etika dalam bergaul tersebut mampu meningkatkan kemampuan para peserta dalam menghadapai segaa kondisi di lapangan. Menyesuaikan dengan siapapun yang dihadapai, terutama saat berjumpan di acara-acara resmi.

Dalam paparannya, Novita memberikan berbagai macam tata cara serta trik bagaimana cara berhadapan dengan orang yang memiliki jabatan yang lebih tingggi dari kita. Tentu harus berprilaku sopan dan teratur, juga berbicara dengan halus.

“Untuk berhadapan dengan orang yang memiliki tingkatan lebih tinggi, sudah sepantasnya kita harus berprilaku sopan serta santun. Bahas masalah yang memang perlu diperbincangkan secara ringan,” terang Novita dihadapan peserta.

Selain itu, untuk berhadapan secara langsung dengan pejabat, khususnya dalam menghadiri acara resmi, Novita juga menyarankan untuk berbusana sesuai dengan tema yang ditentukan dalam acara tersebut.

“Harus disesuaikan dengan tema acara yang berlangsung. Jika terjadi salah kostum, tentunya bisa menimbulkan ketidaknyamanan serta kepercayaan diri yang hilang ketika acara sedang berlangsung. Belum lagi jika kita harus berinteraksi kepada seluruh undangan yang hadir,” paparnya lagi.

Selain memberikan pengetahuan yang sangat diperlukan dalam berinteraksi terhadap sesama, Novita juga memberikan kesempatan kepada para peserta seminar untuk melontarkan pertanyaan terkait masalah yang sering dihadapi para anggota Dharma Wanita Persatuan terkait dengan tema seminar.

Suasana juga mulai mencair dari keseriusan menyimak apa yang telah disampaikan saat Novita melakukan beberapa game atau permainan secara bersamaan. Canda dan tawa juga pecah ketika game sedang berlangsung, mengikuti isyarat yang diberikan oleh Novita.

Di sela acara, Novita mengatakan betapa pentingnya etika baik bagi setiap orang. Karena ilmu ini bukan hanya diperuntukkan untuk diri sendiri, melainkan juga berdampak baik bagi orang lain. “Ini merupakan salah satu kewajiban yang harus dimiliki setiap orangnya, dimana setiap kita harus memiliki etika yang baik dalam bergaul terhadap sesama. Dan tentunya jika kita memiliki etika yang baik dalam bergaul, maka kita akan disukai banyak orang,” terangnya.

Selain itu ia mengatakan, jika kepentingan etika tersebut juga merupakan hal yang sangat esensial. diwajibkan untuk mengetahui tradisi serta etika di masiing-masing tempat, karena belum tentu sama antara daerah yang satu dengan daerah lainnya.

“Bangsa kita ini merupakan bangsa yang kaya akan tradisi, dimana kita juga harus memahami budaya serta tradisi orang lain. Agar kita dapat menyesuaikan diri dengan cepat dan baik ketika kita memang harus berinteraksi dengan orang yang beda budaya dengan kita,” papar Novita.

Dirinya berpesan kepada seluruh anggota Dharma Wanita jangan takut untuk melakukan perubahan jika perubahan yang dilakukan tersebut adalah hal kebaikan. Untuk bisa mengubah banyak hal negatif dalam diri sangat penting, sebelum berharap mengubah yang lain.

“Untuk merubah dunia ini, mulailah dengan merubah diri kita dalam banyak hal. Tentunya berubah ke arah yang positif, sehingga apa yang ada di sekitar kita bisa merasakan dampak positif yang ada pada diri kita,” tandas Novita.(bp-12)

 
OTHER NEWS
Kamis, 02 Oktober 2014 , 02:39:00

50 Hari Lagi Waduk Manggar Kering

BALIKPAPAN - Cuaca kemarau yang melanda sebagai besar daerah di Tanah Air termasuk di kota Balikpapan benar-benar disikapi serius oleh pemkot, khususnya terkait dengan ...

Kamis, 02 Oktober 2014 , 02:37:00

Musim Kemarau Rentan Penyakit ISPA

BALIKPAPAN—Pihak Puskesmas Damai mengimbau kepada masyarakat agar tetap waspada terhadap penyakit infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) yang rentan terjadi pada ...

Kamis, 02 Oktober 2014 , 02:36:00

Marak Pencurian, Ketua RT Diminta Aktifkan Siskamling

BALIKPAPAN-Pihak Kelurahan Telagasari mengimbau kepada masyarakat agar tetap mewaspadai aksi kriminal yang terus mengalami peningkatan di Balikpapan. Kasi Trantib dan ...

Kamis, 02 Oktober 2014 , 02:35:00

Bentuk Unit Pengelola Beasiswa

BALIKPAPAN--Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) segera membentuk unit pengelola beasiswa pendidikan dan kebudayaan (UPB Dikbud). Unit ini dibentuk sebaga ...

Rabu, 01 Oktober 2014 , 04:53:00

Pendaftaran Bintara Dibuka

INI Merupakan kesempatan emas bagi warga Negara Indonesia (WNI) yang hendak meniti karir sebagai prajurit TNI AD. Terhitung sejak pertengahan September lalu, TNI AD me ...

 
SUPER LIGA
Saatnya Hancurkan Al Qadsia
JAYAPURA- 90 menit untuk mencetak sejarah baru sudah ada di dalam benak anak-anak Persipura, Boaz ...
Other
 
Kaltim
Pancasila Sebagai Sumber Hukum
PENAJAM- Bupati Penajam Paser Utara (PPU) H Yusran Aspar menjadi inspektur upacara pada Hari Kesa ...
Other
 
Metropolis
Hati-hati, Kendaraan Langsung Ditilang dan Derek
BALIKPAPAN - Ini peringatan keras bagi sopir yang doyan parkir di sembarangan tempat baik di bada ...
Other
 
Kecamatan
Menunggu Perbaikan Jalan Gunung Steling
BALIKPAPAN- Warga Gunung Steling  Kelurahan Gunung Samarinda, Kecamatan Balikpapan Utara&nbs ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1