Selasa, 25 Juni 2013 , 09:58:00


GALI INFORMASI : Rombongan staf Humas dan Protokol Pemkab PPU sambil santai menyimak paparan dari Kabag Humas Pemkot Yogjakarta tentang kemajuan KIP yang ditangani UPIK.

PENAJAM- Belum lama ini, para staf Bagian Humas dan Protokol, Setkab Penajam Paser Utara (PPU) melakukan studi banding ke Pemkot Yogjakarta terkait dengan bidang yang ditangani Bagian Humas dan Protokol soal keterbukaan informasi publik (KIP).

Soalnya di Pemkot Yogjakarta ini, kebijakan KIP sudah sejak lama diterapkan, sehingga keberhasilan dalam mengelola KIP ini dijadikan studi banding oleh beberapa pemerintah daerah di luar Yogjakarta, salah satunya Bagian Humas dan Protokol, Pemkab PPU.

Rombongan yang terdiri 20 orang ini dipimpin Asisten I Bidang Pemerintahan, Setkab PPU H Abdul Zaman yang juga menjabat Plt sekretaris kabupaten (sekkab). Abdul Zaman mengatakan, pengelolaan informasi publik ini menjadi hal yang sangat mendasar.

Maka tepat sekali bila Bagian Humas dan Protokol dari Pemkab PPU ini berkunjung ke Pemkot Yogjakarta untuk mempelajari lebih dalam tentang mekanisme pengelolaan informasi yang dibutuhkan masyarakat.

“Menurut kami Pemkot Yogjakarta adalah tempat yang cocok sekali mendalami masalah kehumasan. Karena di Pemkot Yogjakarta dibentuk lembaga khusus yang dinamakan UPIK (unit pengelolaan informasi dan keluhan, Red.),” terang Abdul Zaman yang didampingi Kabag Humas dan Protokol, Setkab PPU M Daud kepada Balikpapan Pos, kemarin.

Dalam pertemuan rombongan asal Pemkab PPU ini diterima oleh kabag Humas bersama tiga orang staf Pemkot Yogjakarta memaparkan tentang tata cara mengelola kehumasan secara profesional.

Banyak hal yang didapat rombongan ini terkait dengan UPIK yang ditangani Bagian Humas, Pemkot Yogjakarta misalnya pengaduan masyarakat soal kebersihan lingkungan, trotoar yang rusak, lampu penerang jalan yang tak berfungsi dan pelayanan informasi perizinan.

Dari pengaduan yang masuk ke UPIK ini lalu ditanggapi dengan serius, sekaligus dicarikan solusi yang tepat. Sebab, di UPIK ini terdapat beberapa petugas gabungan dari masing-masing SKPD.

Pertemuan yang hanya berlangsung sekira 4 jam ini ditutup dengan pemberian cinderamata dari masing-masing pemerintah yang mewakili, Pemkot Jogjakarta dan Pemkab PPU. Kedua belah pihak saling menyerahkan cinderamata dan buku pembangunan sebagai tanda kenang-kenangan.(pam)

 
OTHER NEWS
Rabu, 17 September 2014 , 02:46:00

SMA Muhammadiyah Tanah Grogot Juara Umum

TANA PASER–Setelah melalui perolehan angka yang sangat ketat akhirnya SMA Muhammadiyah Tanah Grogot, Kabupaten Tana Paser berhasil keluar sebagai juara umum dala ...

Rabu, 17 September 2014 , 02:44:00

Tera Ulang, Petugas Diancam Parang

PENAJAM-Untuk menertibkan alat timbang, Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan (Diskukmkperindag) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) melakukan tera ulang ...

Rabu, 17 September 2014 , 02:42:00

Camat Temukan Pegawai Mangkir

PENAJAM-Pemerintah Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) bakal menerapkan sistem pelayanan administrasi terpadu kecamatan (Paten) ke seluruh kelurahan ...

Rabu, 17 September 2014 , 02:40:00

Gawat, Hutan Mangrove Terancam

PENAJAM-Kerusakan hutan mangrove di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) tiap tahun mencapai ratusan hektare. Terkikisnya hutan mangrove tersebut  disebabkan adany ...

Senin, 15 September 2014 , 23:48:00

Pendaftaran CPNS Ditutup Kemarin

PENAJAM- Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) telah menutup pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) secara online, Senin (15/9) kem ...

 
SUPER LIGA
Kalah, Beruang Muda Juru Kunci
BALIKPAPAN-  Setelah sebelumnya dipastikan gagal melaju ke babak semifinal kompetisi Indones ...
Other
 
Kaltim
SMA Muhammadiyah Tanah Grogot Juara Umum
TANA PASER–Setelah melalui perolehan angka yang sangat ketat akhirnya SMA Muhammadiyah Tana ...
Other
 
Metropolis
Dahlan Takjub, Peserta Hafal Gerakan Senam
MENTERI BUMN, Dahlan Iskan mengaku takjub dengan antusias masyarakat yang mengikuti senam pagi di ...
Other
 
Kecamatan
Renovasi Kelurahan Batam Capai 60 Persen
BALIKPAPAN-Renovasi Kantor Kelurahan Batu Ampar, Kecamatan Balikpapan Utara terus dikebut, sekara ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1