Selasa, 25 Juni 2013 , 09:58:00


GALI INFORMASI : Rombongan staf Humas dan Protokol Pemkab PPU sambil santai menyimak paparan dari Kabag Humas Pemkot Yogjakarta tentang kemajuan KIP yang ditangani UPIK.

PENAJAM- Belum lama ini, para staf Bagian Humas dan Protokol, Setkab Penajam Paser Utara (PPU) melakukan studi banding ke Pemkot Yogjakarta terkait dengan bidang yang ditangani Bagian Humas dan Protokol soal keterbukaan informasi publik (KIP).

Soalnya di Pemkot Yogjakarta ini, kebijakan KIP sudah sejak lama diterapkan, sehingga keberhasilan dalam mengelola KIP ini dijadikan studi banding oleh beberapa pemerintah daerah di luar Yogjakarta, salah satunya Bagian Humas dan Protokol, Pemkab PPU.

Rombongan yang terdiri 20 orang ini dipimpin Asisten I Bidang Pemerintahan, Setkab PPU H Abdul Zaman yang juga menjabat Plt sekretaris kabupaten (sekkab). Abdul Zaman mengatakan, pengelolaan informasi publik ini menjadi hal yang sangat mendasar.

Maka tepat sekali bila Bagian Humas dan Protokol dari Pemkab PPU ini berkunjung ke Pemkot Yogjakarta untuk mempelajari lebih dalam tentang mekanisme pengelolaan informasi yang dibutuhkan masyarakat.

“Menurut kami Pemkot Yogjakarta adalah tempat yang cocok sekali mendalami masalah kehumasan. Karena di Pemkot Yogjakarta dibentuk lembaga khusus yang dinamakan UPIK (unit pengelolaan informasi dan keluhan, Red.),” terang Abdul Zaman yang didampingi Kabag Humas dan Protokol, Setkab PPU M Daud kepada Balikpapan Pos, kemarin.

Dalam pertemuan rombongan asal Pemkab PPU ini diterima oleh kabag Humas bersama tiga orang staf Pemkot Yogjakarta memaparkan tentang tata cara mengelola kehumasan secara profesional.

Banyak hal yang didapat rombongan ini terkait dengan UPIK yang ditangani Bagian Humas, Pemkot Yogjakarta misalnya pengaduan masyarakat soal kebersihan lingkungan, trotoar yang rusak, lampu penerang jalan yang tak berfungsi dan pelayanan informasi perizinan.

Dari pengaduan yang masuk ke UPIK ini lalu ditanggapi dengan serius, sekaligus dicarikan solusi yang tepat. Sebab, di UPIK ini terdapat beberapa petugas gabungan dari masing-masing SKPD.

Pertemuan yang hanya berlangsung sekira 4 jam ini ditutup dengan pemberian cinderamata dari masing-masing pemerintah yang mewakili, Pemkot Jogjakarta dan Pemkab PPU. Kedua belah pihak saling menyerahkan cinderamata dan buku pembangunan sebagai tanda kenang-kenangan.(pam)

 
OTHER NEWS
Jum\'at, 01 Agustus 2014 , 07:19:00

Sejumlah Kios Masih Tutup

PENAJAM - Memasuki hari keempat libur Lebaran Idul Fitri 1435 H, suasana jual-beli di pasar tradisional Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) mulai berangsur no ...

Jum\'at, 01 Agustus 2014 , 07:18:00

Bupati PPU Hadiri Open House Gubernur

PENAJAM - Hari kedua perayaan Idul Fitri 1435 Hijriyah,Bupati Penajam Paser Utara (PPU) H Yusran Aspar dan Wakil Bupati H Mustaqim MZ berkunjungke Gubernur Kalimantan ...

Jum\'at, 01 Agustus 2014 , 07:17:00

Terminal Penajam Masih Lengang

PENAJAM - Memasuki arus mudik balik, kondisi di Terminal Penajam Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) masih terlihat lengang, tidak seperti di terminal yang ada di kota ...

Kamis, 31 Juli 2014 , 07:37:00

Pelabuhan Klotok Dipadati Penumpang

PENAJAM - Memasuki hari libur ketiga libur lebaran, aktivitas penyeberangan di pelabuhan klotok Penajam dipadati oleh warga yang hendak ke Balikpapan. Salah satu buruh ...

Kamis, 31 Juli 2014 , 07:36:00

Yusran Disambut Hangat Masyarakat Waru

PENAJAM - Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Yusran Aspar mendapat sambutan hangat dari masyarakat Kelurahan Waru, Kecamatan Waru, saat hendak melaksanakan salat Idul Fi ...

 
SUPER LIGA
The Reds Selangkah Lagi
NEW YORK - Liverpool selangkah lagi akan melesat maju ke final Guinness International Champions C ...
Other
 
Kaltim
Sejumlah Kios Masih Tutup
PENAJAM - Memasuki hari keempat libur Lebaran Idul Fitri 1435 H, suasana jual-beli di pasar tradi ...
Other
 
Metropolis
MENIKMATI LIBURAN LEBARAN
Memasuki H+3 perayaan lebaran Kamis (31/7) kemarin. Sejumlah objek wisata di ‘Kota Minyak&r ...
Other
 
Kecamatan
Puncak Lonjakan Pengunjung Diprediksi Sabtu dan Minggu
BALIKPAPAN – Puncak lonjakan pengunjung Pantai Segara Sari Manggar diperkirakan terjadi Sab ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1