Selasa, 25 Juni 2013 , 09:58:00


GALI INFORMASI : Rombongan staf Humas dan Protokol Pemkab PPU sambil santai menyimak paparan dari Kabag Humas Pemkot Yogjakarta tentang kemajuan KIP yang ditangani UPIK.

PENAJAM- Belum lama ini, para staf Bagian Humas dan Protokol, Setkab Penajam Paser Utara (PPU) melakukan studi banding ke Pemkot Yogjakarta terkait dengan bidang yang ditangani Bagian Humas dan Protokol soal keterbukaan informasi publik (KIP).

Soalnya di Pemkot Yogjakarta ini, kebijakan KIP sudah sejak lama diterapkan, sehingga keberhasilan dalam mengelola KIP ini dijadikan studi banding oleh beberapa pemerintah daerah di luar Yogjakarta, salah satunya Bagian Humas dan Protokol, Pemkab PPU.

Rombongan yang terdiri 20 orang ini dipimpin Asisten I Bidang Pemerintahan, Setkab PPU H Abdul Zaman yang juga menjabat Plt sekretaris kabupaten (sekkab). Abdul Zaman mengatakan, pengelolaan informasi publik ini menjadi hal yang sangat mendasar.

Maka tepat sekali bila Bagian Humas dan Protokol dari Pemkab PPU ini berkunjung ke Pemkot Yogjakarta untuk mempelajari lebih dalam tentang mekanisme pengelolaan informasi yang dibutuhkan masyarakat.

“Menurut kami Pemkot Yogjakarta adalah tempat yang cocok sekali mendalami masalah kehumasan. Karena di Pemkot Yogjakarta dibentuk lembaga khusus yang dinamakan UPIK (unit pengelolaan informasi dan keluhan, Red.),” terang Abdul Zaman yang didampingi Kabag Humas dan Protokol, Setkab PPU M Daud kepada Balikpapan Pos, kemarin.

Dalam pertemuan rombongan asal Pemkab PPU ini diterima oleh kabag Humas bersama tiga orang staf Pemkot Yogjakarta memaparkan tentang tata cara mengelola kehumasan secara profesional.

Banyak hal yang didapat rombongan ini terkait dengan UPIK yang ditangani Bagian Humas, Pemkot Yogjakarta misalnya pengaduan masyarakat soal kebersihan lingkungan, trotoar yang rusak, lampu penerang jalan yang tak berfungsi dan pelayanan informasi perizinan.

Dari pengaduan yang masuk ke UPIK ini lalu ditanggapi dengan serius, sekaligus dicarikan solusi yang tepat. Sebab, di UPIK ini terdapat beberapa petugas gabungan dari masing-masing SKPD.

Pertemuan yang hanya berlangsung sekira 4 jam ini ditutup dengan pemberian cinderamata dari masing-masing pemerintah yang mewakili, Pemkot Jogjakarta dan Pemkab PPU. Kedua belah pihak saling menyerahkan cinderamata dan buku pembangunan sebagai tanda kenang-kenangan.(pam)

 
OTHER NEWS
Selasa, 02 September 2014 , 09:15:00

Bupati Rencana Bangun TPI

PENAJAM- Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Yusran Aspar melakukan kunjungan ke wilayah-wilayah yang akan dibangun Tempat Penampungan Ikan (TPI). Dalam kunjungan Legpond ...

Selasa, 02 September 2014 , 09:09:00

Bupati Rencana Bangun TPI

PENAJAM- Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Yusran Aspar melakukan kunjungan ke wilayah-wilayah yang akan dibangun Tempat Penampungan Ikan (TPI). Dalam kunjungan Legpond ...

Selasa, 02 September 2014 , 09:09:00

Sertijab Dua Perwira Polres PPU

PENAJAM- Polres Penajam Paser Utara (PPU) melaksanakan upacara serah terima jabatan (sertijab) di aula kantor Polres PPU, Senin ( 1/9) pagi. Pada upacara sertijab ters ...

Selasa, 02 September 2014 , 09:08:00

Plt Sekda PPU Dukung Pemekaran Kecamatan Penajam

PENAJAM- Rencana pemekaran Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), menjadi dua kecamatan mendapat dukungan oleh berbagai pihak, termasuk Plt Sekretaris ...

Senin, 01 September 2014 , 09:42:00

Diikuti 80 Peserta

PENAJAM- Ribuan warga memadati sepanjang garis pantai Nipahnipah untuk menyaksikan Festival Layang-layang yang bertaraf nasional yang dilaksanakan oleh Dinas Perhubung ...

 
SUPER LIGA
Drama Lolos Degradasi
SAMARINDA– Putra Samarinda (Pusam) masih akan tercantum sebagai kontestan Indonesia Super L ...
Other
 
Kaltim
Bupati Rencana Bangun TPI
PENAJAM- Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Yusran Aspar melakukan kunjungan ke wilayah-wilayah yan ...
Other
 
Metropolis
Tanpa Izin, Lima Pohon DKPP Ditebang
BALIKPAPAN - Masyarakat tampak bertanya-tanya ketika melintas kawasan Gunung Bakaran, Kelurahan S ...
Other
 
Kecamatan
Kecamatan Kendalikan Fungsi Trotoar
BALIKPAPAN-Setelah beberapa hari yang lalu menggelar razia gabungan di tempat kos-kosan di wilaya ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1