Minggu, 16 Juni 2013 , 10:20:00


BALIKPAPAN-Lambang supremasi kebersihan tingkat tertinggi, Adipura Kencana telah diraih Kota Balikpapan. Ditambah lagi Kalpataru penghargaan lingkungan, semua itu berkat dukungan warga Balikpapan yang berlaku tertib dan sadar menjaga kebersihan lingkungan. Setelah penghargaan itu diraih, bukannya santai, tetapi justru tugas berat untuk menjaga serta mempertahankan kebersihan.

Mengingat, pertumbuhan penduduk dan pemukiman terus bertambah, diiringi dengan bertambahnya volume sampah. “Prestasi yang telah kita raih yaitu Adipura Kencana, mari kita pertahankan. Jaga dan pertahankan kebersihan, dan yang lebih penting lagi membudayakan hidup bersih,” kata Kepala Bidang (Kabid) Kebersihan DKPP Kota Balikpapan Iqbal Yahya.

Disebutkan Iqbal, kalau hidup bersih sudah menjadi budaya, maka akan mudah mempertahankan prestasi luar biasa tersebut. Aturan mengenai menjaga kebersihan seperti yang tertera dalam Perda nomor 10 tahun 2004 tentang pengelolaan persampahan, mudah ditegakkan. “Kalau hidup bersih sudah menjadi budaya, maka dengan sendirinya warga akan sadar menjaga kebersihan lingkungan, taat aturan membuang sampah, sesuai tempat dan jamnya.” Imbuhnya.

Iqbal menambahkan, DKPP akan meningkatkan operasi Yustisi untuk memberikan efek jera oknum warga yang masih berlaku seenaknya, tidak menjaga kebersihan, tidak tertib dalam membuang sampah. Mereka bakal ditangkap dan dijerat Perda nomor 10 tahun 2004 dengan ancaman penjara 3 bulan atau denda Rp5 juta. “Targetnya, supaya tidak ada lagi warga yang berlaku tidak tertib.

Tidak ada lagi warga semuanya membuang sampah tanpa memperhatikan tempat jam waktui membuang,” tegas Iqbal Yahya. Sebelumnya, Sekretaris DKPP Kota Balikpapan Astani menjelaskan bahwa Adipura Kencana merupakan predikat tertinggi setelah Adipura. Di mana, untuk mendapatkan itu, banyak kriteria yang harus dipenuhi, dan itu cukup berat.

Yakni, selain konsistensi menjaga kebersihan, harus ada inovasi-inovasi dalam pengelolaan lingkungan sehingga kota menjadi indah. Di antaranya memanfaatkan sampah sehingga menghasilkan gas metan untuk listrik dan memasak di TPA Manggar. “Ke depan, perusahaan, hotel kita arahkan agar memanfaatkan sampah menjadi gas metan, sampah dan pupuk cair. Alatnya sudah ada. Jadi sampah yang terbuang ke TPA jauh berkurang.

Dalam hal ini, kami sudah melakukan banyak inovasi pengelolaan lingkungan,” terang Astani didampingi Kabid Pertamanan dan Pemakaman Heirul Ilmi dan Kasi Pertamanan Merly Manurung di kantor DKPP, Rabu (12/6) siang kemarin. Dari konsistensi menjaga kebersihan dan inovasi mengelola sampah dan ligkungan yang membuahkan hasil luar biasa, ada kabar baik bagi para petugas garda depan yakni petugas lapangan DKPP.

Satu orang, mendapatkan bonus Rp1 juta. Pemkot Balikpapan telah mengalokasikan dana Rp1,07 miliar untuk memberikan bonus kepada 1.070 petugas lapangan kebersihan. “Dananya sudah siap, segera dibagikan. Supaya memberikan semangat dalam menjaga kebersihan,” pungkas Astani.(ono)

 
OTHER NEWS
Jum\'at, 18 April 2014 , 13:30:00

Partisipasi Warga Prapatan Capai 72 Persen

BALIKPAPAN-Kelurahan Prapatan menggelar rapat koordinasi (rakor) RT bulanan, Rabu (16/4) kemarin sekira pukul 21.00 Wita sekaligus mengevaluasi tingkat partisipasi war ...

Jum\'at, 18 April 2014 , 13:28:00

Puluhan Sopir Taksi Borneo Temui Lurah

BALIKPAPAN-Puluhan pengemudi taksi Borneo dari PT Piranti Lintas Borneo, Kamis (17/4) siang kemarin mendatangi Lurah Gunung Bahagia Riduan. Mereka mempertanyakan kelua ...

Jum\'at, 18 April 2014 , 13:27:00

Jelang Penilaian Adipura, Klandasan Ilir Fokus Jaga Kebersihan

  BALIKPAPAN-Menjelang penilaian Adipura, masalah kebersihan lingkungan menjadi fokus utama hampir semua kelurahan di Balikpapan, tak terkecuali Kelurahan Kla ...

Jum\'at, 18 April 2014 , 13:26:00

Penjual Salome Bantah Pakai Formalin

BALIKPAPAN-Sebagian besar anak sekolah ternyata memilih jajan di sekolah. Makanan yang tersedia di sekitar sekolah padahal tak selalu layak dikonsumsi. Sesuai dengan p ...

Jum\'at, 18 April 2014 , 13:26:00

LPM Telagasari Salurkan Bantuan Korban Kebakaran

BALIKPAPAN-Kepedulian terhadap korban kebakaran di RT 20 KelurahanTelagasari, terus bergulir. Setelah para caleg dan partai politik beberapa waktu lalu, kini giliran L ...

 
SUPER LIGA
Finishing Belum Meyakinkan
BALIKPAPAN– Urusan finishing tampaknya masih menjadi kendala serius tim Persiba Balikpapan ...
Other
 
Kaltim
PPU Sempat Kekurangan Satu LJK
PENAJAM- Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) di Kabupeten Penajam Paser Utara (PPU) berjalan dengan l ...
Other
 
Metropolis
RAMPUNG
BALIKPAPAN- Rapat pleno rekapitulasi penghitungan surat suara Pileg 2014 yang berakhir di PPK Bal ...
Other
 
Kecamatan
Akses Jalan Makin Prihatin
BALIKPAPAN- Beberapa kawasan di Kota Balikpapan terbilang masih memprihatinkan. Cukup jauh dari h ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1