Minggu, 16 Juni 2013 , 10:20:00


BALIKPAPAN-Lambang supremasi kebersihan tingkat tertinggi, Adipura Kencana telah diraih Kota Balikpapan. Ditambah lagi Kalpataru penghargaan lingkungan, semua itu berkat dukungan warga Balikpapan yang berlaku tertib dan sadar menjaga kebersihan lingkungan. Setelah penghargaan itu diraih, bukannya santai, tetapi justru tugas berat untuk menjaga serta mempertahankan kebersihan.

Mengingat, pertumbuhan penduduk dan pemukiman terus bertambah, diiringi dengan bertambahnya volume sampah. “Prestasi yang telah kita raih yaitu Adipura Kencana, mari kita pertahankan. Jaga dan pertahankan kebersihan, dan yang lebih penting lagi membudayakan hidup bersih,” kata Kepala Bidang (Kabid) Kebersihan DKPP Kota Balikpapan Iqbal Yahya.

Disebutkan Iqbal, kalau hidup bersih sudah menjadi budaya, maka akan mudah mempertahankan prestasi luar biasa tersebut. Aturan mengenai menjaga kebersihan seperti yang tertera dalam Perda nomor 10 tahun 2004 tentang pengelolaan persampahan, mudah ditegakkan. “Kalau hidup bersih sudah menjadi budaya, maka dengan sendirinya warga akan sadar menjaga kebersihan lingkungan, taat aturan membuang sampah, sesuai tempat dan jamnya.” Imbuhnya.

Iqbal menambahkan, DKPP akan meningkatkan operasi Yustisi untuk memberikan efek jera oknum warga yang masih berlaku seenaknya, tidak menjaga kebersihan, tidak tertib dalam membuang sampah. Mereka bakal ditangkap dan dijerat Perda nomor 10 tahun 2004 dengan ancaman penjara 3 bulan atau denda Rp5 juta. “Targetnya, supaya tidak ada lagi warga yang berlaku tidak tertib.

Tidak ada lagi warga semuanya membuang sampah tanpa memperhatikan tempat jam waktui membuang,” tegas Iqbal Yahya. Sebelumnya, Sekretaris DKPP Kota Balikpapan Astani menjelaskan bahwa Adipura Kencana merupakan predikat tertinggi setelah Adipura. Di mana, untuk mendapatkan itu, banyak kriteria yang harus dipenuhi, dan itu cukup berat.

Yakni, selain konsistensi menjaga kebersihan, harus ada inovasi-inovasi dalam pengelolaan lingkungan sehingga kota menjadi indah. Di antaranya memanfaatkan sampah sehingga menghasilkan gas metan untuk listrik dan memasak di TPA Manggar. “Ke depan, perusahaan, hotel kita arahkan agar memanfaatkan sampah menjadi gas metan, sampah dan pupuk cair. Alatnya sudah ada. Jadi sampah yang terbuang ke TPA jauh berkurang.

Dalam hal ini, kami sudah melakukan banyak inovasi pengelolaan lingkungan,” terang Astani didampingi Kabid Pertamanan dan Pemakaman Heirul Ilmi dan Kasi Pertamanan Merly Manurung di kantor DKPP, Rabu (12/6) siang kemarin. Dari konsistensi menjaga kebersihan dan inovasi mengelola sampah dan ligkungan yang membuahkan hasil luar biasa, ada kabar baik bagi para petugas garda depan yakni petugas lapangan DKPP.

Satu orang, mendapatkan bonus Rp1 juta. Pemkot Balikpapan telah mengalokasikan dana Rp1,07 miliar untuk memberikan bonus kepada 1.070 petugas lapangan kebersihan. “Dananya sudah siap, segera dibagikan. Supaya memberikan semangat dalam menjaga kebersihan,” pungkas Astani.(ono)

 
OTHER NEWS
Minggu, 27 Juli 2014 , 12:34:00

Regina, Sukses Menimba Ilmu di Sekolah Swasta

Menimba ilmu di sekolah negeri tidak menjamin siswa itu menjadi sukses. Bahkan ada sejumlah tamatan sekolah swasta bisa sukses sebagai pengusaha, birokrasi maupun prof ...

Sabtu, 26 Juli 2014 , 08:06:00

Posko Lebaran Siap Tampung Laporan Warga

BALIKPAPAN — Pemkot Balikpapan meminta Kelurahan se-Balikpapan untuk membentuk posko keamanan lebaran. Seperti di Kelurahan Kalandasan Ilir, posko tersebut sudah ...

Sabtu, 26 Juli 2014 , 08:05:00

Rizal: Kuncinya Partisipasi Masyarakat

BALIKPAPAN — Cuaca Balikpapan yang tidak mengenal musim membuat kewaspadaan terhadap bencana harus terus ditingkatkan. Potensi bencana banjir dan tanah longsor, ...

Sabtu, 26 Juli 2014 , 08:03:00

Lolos Jadi Finalis Duta Wisata

Bagi pegawai di Kelurahan Klandasan Ulu nama Triana Rury sudah tidak asing lagi. Triana merupakan salah seorang staf di Kelurahan Klansdasan Ulu. Ia mengaku, meras ...

Sabtu, 26 Juli 2014 , 08:01:00

Warga Tetap Waspada

BALIKPAPAN — Warga di kelurahan Prapatan hingga saat ini terus meningkatkan keamanan di lingkungan rumahnya masing-masing. Pasalnya, sejak beberapa  hari ya ...

 
SUPER LIGA
Wajib Latihan 1 Agustus
BALIKPAPAN- Libur Lebaran Idul Fitri 1435 Hijriah sudah diberikan manajemen tim Persiba Balikpapa ...
Other
 
Kaltim
H-3 Idul Fitri, Harga Daging Sapi Melambung
PENAJAM - Memasuki H-3 lebaran Idul Fitri, sejumlah komuditas kebutuhan pokok di Kabupaten Penaja ...
Other
 
Metropolis
BERKUALITAS
BALIKPAPAN: SMP Patra Dharma (PD) yang terletak di Jalan Sekolah Perapatan ini, bisa bersaing den ...
Other
 
Kecamatan
Waspada, DBD Masih Mengancam
BALIKPAPAN - Hingga saat ini, penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) masih mengancam. Untuk menekan ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1