Minggu, 16 Juni 2013 , 10:20:00


BALIKPAPAN-Lambang supremasi kebersihan tingkat tertinggi, Adipura Kencana telah diraih Kota Balikpapan. Ditambah lagi Kalpataru penghargaan lingkungan, semua itu berkat dukungan warga Balikpapan yang berlaku tertib dan sadar menjaga kebersihan lingkungan. Setelah penghargaan itu diraih, bukannya santai, tetapi justru tugas berat untuk menjaga serta mempertahankan kebersihan.

Mengingat, pertumbuhan penduduk dan pemukiman terus bertambah, diiringi dengan bertambahnya volume sampah. “Prestasi yang telah kita raih yaitu Adipura Kencana, mari kita pertahankan. Jaga dan pertahankan kebersihan, dan yang lebih penting lagi membudayakan hidup bersih,” kata Kepala Bidang (Kabid) Kebersihan DKPP Kota Balikpapan Iqbal Yahya.

Disebutkan Iqbal, kalau hidup bersih sudah menjadi budaya, maka akan mudah mempertahankan prestasi luar biasa tersebut. Aturan mengenai menjaga kebersihan seperti yang tertera dalam Perda nomor 10 tahun 2004 tentang pengelolaan persampahan, mudah ditegakkan. “Kalau hidup bersih sudah menjadi budaya, maka dengan sendirinya warga akan sadar menjaga kebersihan lingkungan, taat aturan membuang sampah, sesuai tempat dan jamnya.” Imbuhnya.

Iqbal menambahkan, DKPP akan meningkatkan operasi Yustisi untuk memberikan efek jera oknum warga yang masih berlaku seenaknya, tidak menjaga kebersihan, tidak tertib dalam membuang sampah. Mereka bakal ditangkap dan dijerat Perda nomor 10 tahun 2004 dengan ancaman penjara 3 bulan atau denda Rp5 juta. “Targetnya, supaya tidak ada lagi warga yang berlaku tidak tertib.

Tidak ada lagi warga semuanya membuang sampah tanpa memperhatikan tempat jam waktui membuang,” tegas Iqbal Yahya. Sebelumnya, Sekretaris DKPP Kota Balikpapan Astani menjelaskan bahwa Adipura Kencana merupakan predikat tertinggi setelah Adipura. Di mana, untuk mendapatkan itu, banyak kriteria yang harus dipenuhi, dan itu cukup berat.

Yakni, selain konsistensi menjaga kebersihan, harus ada inovasi-inovasi dalam pengelolaan lingkungan sehingga kota menjadi indah. Di antaranya memanfaatkan sampah sehingga menghasilkan gas metan untuk listrik dan memasak di TPA Manggar. “Ke depan, perusahaan, hotel kita arahkan agar memanfaatkan sampah menjadi gas metan, sampah dan pupuk cair. Alatnya sudah ada. Jadi sampah yang terbuang ke TPA jauh berkurang.

Dalam hal ini, kami sudah melakukan banyak inovasi pengelolaan lingkungan,” terang Astani didampingi Kabid Pertamanan dan Pemakaman Heirul Ilmi dan Kasi Pertamanan Merly Manurung di kantor DKPP, Rabu (12/6) siang kemarin. Dari konsistensi menjaga kebersihan dan inovasi mengelola sampah dan ligkungan yang membuahkan hasil luar biasa, ada kabar baik bagi para petugas garda depan yakni petugas lapangan DKPP.

Satu orang, mendapatkan bonus Rp1 juta. Pemkot Balikpapan telah mengalokasikan dana Rp1,07 miliar untuk memberikan bonus kepada 1.070 petugas lapangan kebersihan. “Dananya sudah siap, segera dibagikan. Supaya memberikan semangat dalam menjaga kebersihan,” pungkas Astani.(ono)

 
OTHER NEWS
Sabtu, 30 Agustus 2014 , 10:23:00

Pengusaha Burung Walet tak Lagi Untung Besar

BALIKPAPAN—Salah satu keunggulan dalam menjalankan usaha adalah mendapatkan keuntungan. Jenis usaha yang mampu menuai untung yang cukup besar adalah usaha sarang ...

Sabtu, 30 Agustus 2014 , 10:23:00

Anggota DPRD yang Baru Diminta Pro Kesejahteraan Rakyat

BALIKPAPAN-Anggota DPRD Balikpapan yang baru, diminta memberikan pembelaan penuh kepada rakyat dalam menjalankan tugasnya. Khususnya membela kesejahteraan para Ketua R ...

Sabtu, 30 Agustus 2014 , 10:22:00

Warga Masih Menanti Razia Gepeng dan Anjal

BALIKPAPAN—Warga  Balikpapan khususnya di wilayah kecamatan Balikpapan Kota, hingga saat ini masih menunggu adanya tindakan dari pihak kecamatan dan Satpol ...

Sabtu, 30 Agustus 2014 , 10:20:00

LPM dan Kelurahan Kerjasama Benahi Lingkungan

BALIKPAPAN—Untuk meningkatkan hubungan silaturahim di antara warga Klandasan Ilir, maka digelar sebuah kegiatan Halal Bihalal dan silaturahim habis Lebaran yang ...

Jum\'at, 29 Agustus 2014 , 07:26:00

BAK SAMPAH

Kelurahan Damai mendapatkan bantuan bak sampah dari Kecamamatan Balikpapan Kota. Bantuan itu merupakan program Kecamatan dalam memelihara kebersihan lingkungan.

 
SUPER LIGA
Tuntaskan Sekarang!
BALIKPAPAN- Menang! Pilihan yang harus bisa dituntaskan tim Persiba Balikpapan jika ingin mengunc ...
Other
 
Kaltim
DKPP Launching Bank Sampah
PENAJAM-Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman (DKPP) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) mela ...
Other
 
Metropolis
PARKIRAN SEMPIT
BALIKPAPAN- Kendaraan milik anggota DPRD ini terpaksa harus diparkir di bahu jalan, akibat tempat ...
Other
 
Kecamatan
Pemkot Kurang Maksimal Memelihara Fasum
BALIKPAPAN-Sejumlah warga mengeluhkan jam dinding yang berada di tugu simpangan Gunung Sari menuj ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1