Minggu, 16 Juni 2013 , 10:20:00


BALIKPAPAN-Lambang supremasi kebersihan tingkat tertinggi, Adipura Kencana telah diraih Kota Balikpapan. Ditambah lagi Kalpataru penghargaan lingkungan, semua itu berkat dukungan warga Balikpapan yang berlaku tertib dan sadar menjaga kebersihan lingkungan. Setelah penghargaan itu diraih, bukannya santai, tetapi justru tugas berat untuk menjaga serta mempertahankan kebersihan.

Mengingat, pertumbuhan penduduk dan pemukiman terus bertambah, diiringi dengan bertambahnya volume sampah. “Prestasi yang telah kita raih yaitu Adipura Kencana, mari kita pertahankan. Jaga dan pertahankan kebersihan, dan yang lebih penting lagi membudayakan hidup bersih,” kata Kepala Bidang (Kabid) Kebersihan DKPP Kota Balikpapan Iqbal Yahya.

Disebutkan Iqbal, kalau hidup bersih sudah menjadi budaya, maka akan mudah mempertahankan prestasi luar biasa tersebut. Aturan mengenai menjaga kebersihan seperti yang tertera dalam Perda nomor 10 tahun 2004 tentang pengelolaan persampahan, mudah ditegakkan. “Kalau hidup bersih sudah menjadi budaya, maka dengan sendirinya warga akan sadar menjaga kebersihan lingkungan, taat aturan membuang sampah, sesuai tempat dan jamnya.” Imbuhnya.

Iqbal menambahkan, DKPP akan meningkatkan operasi Yustisi untuk memberikan efek jera oknum warga yang masih berlaku seenaknya, tidak menjaga kebersihan, tidak tertib dalam membuang sampah. Mereka bakal ditangkap dan dijerat Perda nomor 10 tahun 2004 dengan ancaman penjara 3 bulan atau denda Rp5 juta. “Targetnya, supaya tidak ada lagi warga yang berlaku tidak tertib.

Tidak ada lagi warga semuanya membuang sampah tanpa memperhatikan tempat jam waktui membuang,” tegas Iqbal Yahya. Sebelumnya, Sekretaris DKPP Kota Balikpapan Astani menjelaskan bahwa Adipura Kencana merupakan predikat tertinggi setelah Adipura. Di mana, untuk mendapatkan itu, banyak kriteria yang harus dipenuhi, dan itu cukup berat.

Yakni, selain konsistensi menjaga kebersihan, harus ada inovasi-inovasi dalam pengelolaan lingkungan sehingga kota menjadi indah. Di antaranya memanfaatkan sampah sehingga menghasilkan gas metan untuk listrik dan memasak di TPA Manggar. “Ke depan, perusahaan, hotel kita arahkan agar memanfaatkan sampah menjadi gas metan, sampah dan pupuk cair. Alatnya sudah ada. Jadi sampah yang terbuang ke TPA jauh berkurang.

Dalam hal ini, kami sudah melakukan banyak inovasi pengelolaan lingkungan,” terang Astani didampingi Kabid Pertamanan dan Pemakaman Heirul Ilmi dan Kasi Pertamanan Merly Manurung di kantor DKPP, Rabu (12/6) siang kemarin. Dari konsistensi menjaga kebersihan dan inovasi mengelola sampah dan ligkungan yang membuahkan hasil luar biasa, ada kabar baik bagi para petugas garda depan yakni petugas lapangan DKPP.

Satu orang, mendapatkan bonus Rp1 juta. Pemkot Balikpapan telah mengalokasikan dana Rp1,07 miliar untuk memberikan bonus kepada 1.070 petugas lapangan kebersihan. “Dananya sudah siap, segera dibagikan. Supaya memberikan semangat dalam menjaga kebersihan,” pungkas Astani.(ono)

 
OTHER NEWS
Kamis, 24 April 2014 , 08:02:00

Kelurahan Manggar Masuk 10 Besar Tingkat Nasional

BALIKPAPAN– Tingkat partisipasi masyarakat Kelurahan Manggar dalam melakukan gotong-royong untuk membangun lingkungannya akhirnya berbuah manis. Pasalnya, kelura ...

Kamis, 24 April 2014 , 08:00:00

Kelurahan Bentuk Tim Kebersihan Lingkungan

BALIKPAPAN-Dalam rapat bersama semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemkot Balikpapan, di ruang aula Pemkot Balikpapan, Selasa (22/4), Wali Kota Balikpapan HM Ri ...

Kamis, 24 April 2014 , 08:00:00

Kecamatan Balkot Sebar 100 Tong Sampah

BALIKPAPAN-Sehubungan dengan tekad Pemkot Balikpapan untuk mempertahankan piala Adipura Kencana tahun 2014, semua jajaran Pemkot hingga ke RT dan melibatkan warga, dik ...

Kamis, 24 April 2014 , 07:59:00

Klandasan Ulu Tampung 29 Usulan SPGRM

BALIKPAPAN-Kelurahan Klandasan Ulu telah menerima usulan perbaikan lingkungan RT melalui program Stimulan Peningkatan Gotong Royong Masyarakat (SPGRM) 2014. Sebanyak 2 ...

Rabu, 23 April 2014 , 08:32:00

Balut Juara Umum MTQ Tingkat Kota

BALIKPAPAN- Peserta Kecamatan Balikpapan Utara (Balut) berhasil meraih juara umum lomba Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Kota Balikpapan ke 44 yang digel ...

 
SUPER LIGA
Misi Keluar Zona Merah
BALIKPAPAN– Bayang-bayang degradasi semakin menghantui Persiba Balikpapan. Hanya mengoleksi ...
Other
 
Kaltim
RPJMD Jadi Landasan Hukum, Minta Segera Disahkan
PENAJAM– Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) ...
Other
 
Metropolis
Sepinggan Raya Tercemar Limbah Berbahaya
BALIKPAPAN- Sejumlah warga mengeluhkan limbah bekas pelumas kendaraan yang dibuang di drainase ka ...
Other
 
Kecamatan
Jalan Projakal Km 5 Rusak Parah
BALIKPAPAN-Kondisi jalan Projakal KM 5 Kelurahan Graha Indah semakin parah sehingga dikeluhkan wa ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1