Minggu, 16 Juni 2013 , 10:20:00


BALIKPAPAN-Lambang supremasi kebersihan tingkat tertinggi, Adipura Kencana telah diraih Kota Balikpapan. Ditambah lagi Kalpataru penghargaan lingkungan, semua itu berkat dukungan warga Balikpapan yang berlaku tertib dan sadar menjaga kebersihan lingkungan. Setelah penghargaan itu diraih, bukannya santai, tetapi justru tugas berat untuk menjaga serta mempertahankan kebersihan.

Mengingat, pertumbuhan penduduk dan pemukiman terus bertambah, diiringi dengan bertambahnya volume sampah. “Prestasi yang telah kita raih yaitu Adipura Kencana, mari kita pertahankan. Jaga dan pertahankan kebersihan, dan yang lebih penting lagi membudayakan hidup bersih,” kata Kepala Bidang (Kabid) Kebersihan DKPP Kota Balikpapan Iqbal Yahya.

Disebutkan Iqbal, kalau hidup bersih sudah menjadi budaya, maka akan mudah mempertahankan prestasi luar biasa tersebut. Aturan mengenai menjaga kebersihan seperti yang tertera dalam Perda nomor 10 tahun 2004 tentang pengelolaan persampahan, mudah ditegakkan. “Kalau hidup bersih sudah menjadi budaya, maka dengan sendirinya warga akan sadar menjaga kebersihan lingkungan, taat aturan membuang sampah, sesuai tempat dan jamnya.” Imbuhnya.

Iqbal menambahkan, DKPP akan meningkatkan operasi Yustisi untuk memberikan efek jera oknum warga yang masih berlaku seenaknya, tidak menjaga kebersihan, tidak tertib dalam membuang sampah. Mereka bakal ditangkap dan dijerat Perda nomor 10 tahun 2004 dengan ancaman penjara 3 bulan atau denda Rp5 juta. “Targetnya, supaya tidak ada lagi warga yang berlaku tidak tertib.

Tidak ada lagi warga semuanya membuang sampah tanpa memperhatikan tempat jam waktui membuang,” tegas Iqbal Yahya. Sebelumnya, Sekretaris DKPP Kota Balikpapan Astani menjelaskan bahwa Adipura Kencana merupakan predikat tertinggi setelah Adipura. Di mana, untuk mendapatkan itu, banyak kriteria yang harus dipenuhi, dan itu cukup berat.

Yakni, selain konsistensi menjaga kebersihan, harus ada inovasi-inovasi dalam pengelolaan lingkungan sehingga kota menjadi indah. Di antaranya memanfaatkan sampah sehingga menghasilkan gas metan untuk listrik dan memasak di TPA Manggar. “Ke depan, perusahaan, hotel kita arahkan agar memanfaatkan sampah menjadi gas metan, sampah dan pupuk cair. Alatnya sudah ada. Jadi sampah yang terbuang ke TPA jauh berkurang.

Dalam hal ini, kami sudah melakukan banyak inovasi pengelolaan lingkungan,” terang Astani didampingi Kabid Pertamanan dan Pemakaman Heirul Ilmi dan Kasi Pertamanan Merly Manurung di kantor DKPP, Rabu (12/6) siang kemarin. Dari konsistensi menjaga kebersihan dan inovasi mengelola sampah dan ligkungan yang membuahkan hasil luar biasa, ada kabar baik bagi para petugas garda depan yakni petugas lapangan DKPP.

Satu orang, mendapatkan bonus Rp1 juta. Pemkot Balikpapan telah mengalokasikan dana Rp1,07 miliar untuk memberikan bonus kepada 1.070 petugas lapangan kebersihan. “Dananya sudah siap, segera dibagikan. Supaya memberikan semangat dalam menjaga kebersihan,” pungkas Astani.(ono)

 
OTHER NEWS
Selasa, 23 September 2014 , 04:21:00

Rutin, Satbinmas Datangi Sekolah Berikan Penyuluhan

BALIKPAPAN-Kasat Binmas Polres Balikpapan, AKP Anwas Subekti, memberikan penyuluhan terhadap siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 2 Balikpapan, Senin (23/9). Penyul ...

Selasa, 23 September 2014 , 04:20:00

Warga Mulai Menuai Keuntungan

BALIKPAPAN—Gerakan Masyarakat Tani Cabai Organik (GMTCO) yang digagas Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID), salah satuanya oleh  Kantor Perwakilan Bank Indo ...

Selasa, 23 September 2014 , 04:19:00

Medan Menggiurkan, Goweser Wajib Datang

BALIKPAPAN- Siapkan diri Anda menjadi bagian serunya event Jambore Sepeda Nasional Le Grandeur-Kaltim Post, Ahad (12/10) mendatang. Rute ekstrem yang memacu adrenalin ...

Senin, 22 September 2014 , 02:40:00

Semarak Jalan Santai Balikpapan Kota

BALIKPAPAN—Event jalan santai akbar Minggu (21/9) pagi kemarin mengundang sekitar 20 ribu peserta. Artinya, peserta cukup membeludak pasalnya panitia kali ini me ...

Senin, 22 September 2014 , 02:39:00

Pertamina Diminta Segera Cari Solusi

  BALIKPAPAN-Hingga saat ini sampah berserakan di sekitar Perumahan Pertamina Kelurahan Prapatan khusunya di jalan Dowell dibiarkan tanpa dicarikan solusinya ...

 
SUPER LIGA
Bakal Lebih Menyerang
SIDOARJO- Jelang uji coba kontra Kamboja, tim pelatih timnas senior Indonesia Alfred Riedl sudah ...
Other
 
Kaltim
Wabup Ancam Beri Sanksi
PENAJAM- Wakil Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Mustaqim MZ geram atas sikap sejumlah oknum Pegaw ...
Other
 
Metropolis
PKL Lapangan Merdeka Protes SK Wali Kota
BALIKPAPAN- Ratusan pedagang kaki lima (PKL) melakukan aksi unjuk rasa di kantor balaikota Senin ...
Other
 
Kecamatan
Jembatan RT 9 Baru Tengah Disemen
BALIKPAPAN- Perbaikan infrastruktur lingkungan RT kembali dilakukan di Kelurahan Baru Tengah Bali ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1