Rabu, 22 Mei 2013 , 08:48:00


PENAJAM-Pasangan calon bupati (cabup)-calon wakil bupati (cawabup) nomor urut 3 Hj Sandra Puspa Dewi-H Harimuddin Rasyid (SPDU) yang kalah jauh perolehan suaranya dalam Pemilukada Penajam Paser Utara (PPU), 25 April 2013 lalu mencabut gugatannya di Mahkamah Konstitusi (MK), yang baru memasuki sidang permulaan, di Jakarta, Selasa (21/5).

Melalui Ketua Tim Sukses (Timses) SPDU, H Ihwan Datu Adam, pihaknya secara resmi mengajukan gugatan pemilukada melawan KPU Kabupaten PPU ke MK, karena   ada beberapa bukti yang menurut temuan Timses SPDU di lapangan dapat dijadikan dasar hukum menggugat KPU PPU ke MK.

Ihwan Datu Adam, suami Sandra Puspa Dewi (SPD) ini menyebutkan, banyak suara dukungan dari SPDU yang hilang, tak menerimanya surat undangan calon pemilih yang diyakini mendukung SPDU serta tekanan politik.

Ketiga dasar itulah, lalu Timses SPDU menyerahkan kepada pengacaranya mengajukan gugatan ke MK saat diberikan masa sanggah oleh KPU PPU pasca rapat pleno lalu. Hanya saja, sengketa pemilukada saat baru permulaan digelar di MK kemarin, Ketua Timses SPDU, Ihwan mencabut gugatannya.

“Ya, kami secara resmi mencabut gugatan ke MK. Setelah kami bermusyawarah dengan pasangan calon dan pengacara, maka kami putuskan membatalkan gugatan,” jelas Ihwan saat dihubungi Balikpapan Pos, Selasa (21/5).

Pembatalan gugatan ke MK, menurut Ihwan, ada tiga faktor, pertama pihaknya ingin agar Kabupaten PPU tetap kondusif, kedua perolehan suara SPDU dalam pemilukada tak signifikan, hanya dapat 5.363 surat suara atau 6,6 persen, dan ketiga tiga, Ihwan mengaku terus terang tak memiliki banyak biaya untuk urusan sidang di MK.

“Tiga faktor itu membuat kami mencabut gugatan. Kalau kami teruskan, jelas kami kesulitan soal dana. Dari mana biaya kami bisa mendatangkan saksi-saksi di persidangan. Apalagi, perolehan suara SPDU jauh sekali,” cetus Ihwan.

Ditanya adakah deal-deal politik di balik pencabutannya itu, Ihwan dengan tegas menapik tudingan itu. “Kami tegaskan tak ada deal-deal politik, kami ikhlas, kami legowo. Kami terima keputusan pleno KPU PPU.

Jadi, tiga faktor itu kenapa kami mencabut gugatan ke MK,” tegas Ihwan. Dengan mencabut gugatannya ini, Ihwan mengatakan menerima keputusan pleno KPU Kabupaten PPU, 2 Mei lalu, sekaligus mengucapkan selamat kepada pasangan nomor urut 1 Yusran-Mustaqim (YAQIN) sebagai pemenangnya.

Dengan begitu, saat ini yang sedang ditunggu lagi yaitu sidang gugatan Timses AMAN (Andi Harahap-Sutiman) pasangan nomor urut 2.

“Tinggal gugatan Timses AMAN di MK besok dimulai jam 10.00,” pungkas Ihwan. Komisioner KPU PPU, H M Hatta membenarkan Timses SPDU mencabut gugatannya di MK. Hatta kepada harian media ini menerima pemberitahuan lewat SMS dari Ketua Timses SPDU Ihwan terkait pencabutan tersebut.(pam)

 
OTHER NEWS
Kamis, 24 Juli 2014 , 09:30:00

Baznas PPU Target Rp 1,7 Miliar

PENAJAM- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Penajam Paser Utara (PPU) melakukan penghimpunan zakat fitrah, infaq dan sedekah bagi perusahaan dan pejabat yang ada di Pe ...

Kamis, 24 Juli 2014 , 09:29:00

Dishubbupar Catat 91 Titik Jalan Rusak

PENAJAM- Dinas Perhubungan Kebudayaan dan Pariwisata (Dishubbupar) Penajam Paser Utara (PPU) mencatat ada 91 titik terhitung di Jalan Silkar Kilometer nol sampai di Ki ...

Kamis, 24 Juli 2014 , 09:28:00

Wabup Akhiri Safari Ramadan di Kediamannya

PENAJAM-Wakil Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Mustaqim MZ mengadakan Safari Ramadan yang terakhir diselenggarakan di kediamannya Jalan Provinsi Kilometer 16 Desa Giri ...

Kamis, 24 Juli 2014 , 09:25:00

Hipmi PPU Buka Puasa Bersama Anak Panti Asuhan

PENAJAM- Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) melaksanakan buka puasa bersama dengan sejumlah anak yatim Panti Asuhan Uswatun ...

Rabu, 23 Juli 2014 , 11:38:00

Barang Bukti Narkoba Dimusnahkan

PENAJAM- Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) melakukan upacara memperingati Hari Bakti Adhyaksa ke-54 yang dipimpin langsung oleh Kepala Keja ...

 
SUPER LIGA
Tambah Jam Terbang
TERNATE- Timnas U-19 akan menututp laga uji coba melawan tim Persiter Ternate U-21 di Stadion Gel ...
Other
 
Kaltim
Baznas PPU Target Rp 1,7 Miliar
PENAJAM- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Penajam Paser Utara (PPU) melakukan penghimpunan zaka ...
Other
 
Metropolis
LANGGAR PERWALI
BALIKPAPAN- Truk kontainer ini beroperasi disiang hari. Padahal sesuai Perwali Nomor 33 Tahun 200 ...
Other
 
Kecamatan
Banyak Ceceran Tanah, Bukti Pengawasan Lemah
BALIKPAPAN - Kota Balikpapan boleh bangga dengan langganan prestasi di bidang kebersihan lingkung ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1