Senin, 20 Mei 2013 , 09:24:00


JUMPA PERS : Rukhi Santoso bersama sejumlah kuasa hukum memberikan keterangan pers di Hotel Pacifik, Sabtu (18/5) malam terkait permintaan pembatalan SK Wali Kota tentang penutupan Lokalisasi LHB Km 17.

BALIKPAPAN- Surat Keputusan (SK) Wali Kota Balikpapan No.188.45/2013  tentang penutupan lokasi prostitusi Lembah Harapan Baru (LHB) Km 17 Jl Soekarno- Hatta Kelurahan Karang Joang, Balikpapan Utara,  ditolak warga dan penghuni lokalisasi Km 17.  Mereka menilai isi dalam SK tersebut tidak jelas dan tidak spesifik menyebutkan objek penutupan sehingga SK itu harus di batalkan.

“Di lokalisasi Km 17 ada penduduk, pedagang serta aktivitas masyarakat lainnya. Jadi bukan hanya WTS (Wanita Tuna Susila,red). Untuk itu kami minta dalam SK itu harus jelas objek yang ditutup,” kata  Juru bicara sekaligus kuasa hukum warga penghuni Km 17,  Rukhi Santoso SH dalam keterangan pers di Hotel Pacifik,  Sabtu (19/5).  

Menurut Rukhi, seharusnya dalam SK itu lebih spesifik menyebutkan penghentian aktivitas prostitusi. Karena di Km 17 ini ada kegiatan warga selain aktivitas para WTS. “Kalau hanya disebutkan penutupan Km 17.  Bagaimana dengan 450 kepala keluarga (KK) yang tidak terlibat kegiatan prostitusi apakah aktivitas mereka juga harus dihentikan. Jadi kami minta batasan penutupannya harus jelas,”tandas pengacara senior di Balikpapan ini.

Selain itu, kata Rukhi, di dalam SK Wali Kota itu tidak ada upaya-upaya pemberdayaan terhadap para WTS ini setelah lokalisasi ini ditutup. “Jangan hanya ditelantarkan. Setidaknya sebelum lokalisasi ini ditutup para WTS sudah disiapkan lapangan kerja baru.  Karena risiko sosial baru bakal terjadi setelah lokalisasi Km 17 ditutup. Ya, bisa saja  para WTS ini akan menyebar diperkotaan dan tempat lain di Balikpapan,”tutur Rukhi yang didampingi 7 pengacara.

Saat ini terang Rukhi, untuk membatalkan SK Wali Kota ini pihaknya telah mendaftarkan di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Samarinda Kamis, 16 Mei lalu untuk segera disidangkan dengan nomor registrasi No 14/G/2013/PTUN/SMD.

“Minggu ini segera disidangkan. Jadi SK penutupan Km 17 ini belum bisa dilaksanakan apabila belum ada keputusan tetap dari pihak pengadilan,”terangnya.  Rukhi berharap, jika SK ini dibatalkan maka pemerintah kota melakukan revisi terhadap SK ini dengan keputusan-keputusan yang bijak sehingga tidak merugikan warga Km 17.

“Lahan bekas prostitusi inikan bisa dijadikan objek wisata yang bisa menyumbangkan PAD (pendapatan asli daerah) bagi pemerintah kota atau pembangunan lainya yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar,”tandasnya.

Sementara itu, Wali Kota Balikpapan HM Rizal Effendi SE yang dihubungi Balikpapan Pos lewat ponselnya Minggu (19/5) enggan berkomentar banyak terkait aspirasi yang disampaikan warga tersebut, dirinya selaku wali kota hanya mengatakan, dirinya sangat menghargai aspirasi  yang  telah disampaikan itu. “Intinya, Saya sangat menghargai aspirasi yang telah disampaikan warga,”ujarnya singkat.

Sebelumnya, warga Km lokalisasi Km 17 Karang Joang melakukan perlawanan atas pemancangan plang pengumuman mengenai penutupan lokalisasi. Aparat Pol PP yang hendak memasang plang di jalan masuk lokalisasi, dihalang-halangi warga bersama pengacara. Akhirnya plang penutupan dibatalkan.(vie)

 
OTHER NEWS
Rabu, 03 September 2014 , 09:01:00

Disuruh Mengemis, Anjal Ditangkap

BALIKPAPAN - Jajaran Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) kembali melakukan razia, Selasa (2/9) siang kemarin. Razia gabungan dengan TNI dan Polri mengelilingi kota ...

Rabu, 03 September 2014 , 08:59:00

Tersangka Sabu 3 Orang

BALIKPAPAN – Pengembangan dari penangkapan pengedar sabu, Polsek Balikpapan Selatan meriangkus 3 tersangka. Pengungkapan tersebut bermula dari informasi masyarak ...

Rabu, 03 September 2014 , 08:58:00

Bekas Napi Curanmor Curi Helm

BALIKPAPAN – Banyak penjahat yang dipenjara tidak kapok, kembali melakukan perbuatan jahatnya. Salah satunya bernama Deri (23). Pengangguran ini pernah dipenjara ...

Rabu, 03 September 2014 , 08:57:00

Besok, Demo Penutupan Delta

BALIKPAPAN - Tuntutan menutup tempat hiburan malam (THM) Delta Karaoke dan Club kembali bergulir. Penegasan itu disampaikan oleh para pengurus KNPI bersama Organisasi ...

Rabu, 03 September 2014 , 08:55:00

Geram, Pelaku yang Tertangkap Akan Dihajar

BALIKPAPAN - Warga lingkungan RT 15 kelurahan Graha Indah tepatnya di wilayah perumahan PDAM resah karena ulah maling yang kerap membobol rumah mereka.  Dalam seb ...

 
SUPER LIGA
Bukan Pembalasan Dendam
DUSSELDORF -  Kurang dari dua bulan setelah kemenangan di grand final Piala Dunia, Jerman ak ...
Other
 
Kaltim
Humas Pemkab Berkunjung ke Redaksi Balpos
PENAJAM - Hari Jadi ke-13 Surat Kabar Harian (SKH) Balikpapan Pos yang diperingati setiap tahun 1 ...
Other
 
Metropolis
JALAN ALTERNATIF
Pemkot akhirnya memperbaiki  jalan Beler  yang terletak di antara Kecamatan Balikpapan ...
Other
 
Kecamatan
Rumah Luki Minta Dikosongkan
BALIKPAPAN  - Lurah Gunung Sari Ilir (GSI), Suparli, mengkwatirkan kondisi rumah longsor mil ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1