Kamis, 25 April 2013 , 09:48:00


TERHAMBAT LAHAN : Wali Kota Rizal Effendi didampingi sejumlah pejabat pemkot meninjau proyek pembangunan Stadion Utama Batakan, kemarin.

BALIKPAPAN- Pembangunan Stadion Utama Balikpapan di kawasan Batakan, Balikpapan Timur saat ini progresnya baru mencapai 17,8 persen. Informasi ini disampaikan Pimpinan Proyek PT Waskita Karya, Oka Anak Agung kepada Wali Kota HM Rizal Effendi beserta sejumlah pejabat lingkungan Pemkot Balikpapan yang melakukan peninjauan, Rabu (24/4) kemarin.

“Itu merupakan pencapaian sesuai dengan jadwal. Target sebenarnya kami secara internal harusnya sudah mencapai 25 persen jika semua lahan sudah tuntas,” kata Oka Anak Agung.

Dia menyebut, ada beberapa pengerjaan yang terganggu. Misalnya pembangunan power house, penimbunan dan pemancangan terlambat, area konstruksi sebagai akses kerja dan  lingkar stadion belum bisa dikerjakan. Selain dari sisi pengerjaan fisik, masalah kasil terkait lahan masih jadi hambatan.

Stadion Batakan yang pembebasan lahannya melalui sistem tukar guling sejak 2004 hingga sekarang belum tuntas juga. Dari kebutuhan total lahan seluas 16,7 hektare, baru 15,5 haktre terpenuhi. Sementara sisanya yang berkisar 1,2 hektare masih jadi PR pemerintah kota untuk dibebaskan.

Kendati begitu, di dalam lahan yang belum dibebaskan tersebut sebagian di antaranya boleh dilakukan pengerjaan proyek meski proses tukar guling belum dilakukan. Sementara lahan seluas 6.600 meter persegi lainnya tidak diperkenankan untuk digarap. Sebab, belum jelasnya lahan penggantinya. Berkaitan ini, Wali Kota Rizal mengatakan solusi untuk permasalahan tersebut sudah disiapkan.

“Pemkot sudah menyiapkan lahan untuk tukar gulang. Tapi nyatanya lahan yang disiapkan pemkot diklaim oleh orang lain dengan bermodal kwitansi jual beli tanah. Kalau memang tidak bisa diambil jalan tengahnya, kita akan tempuh lewat pengadilan. Karena kita mau kebutuhan masyarakat akan stadion ini segera terpenuhi,” terang Rizal.

Akibatnya, lahan yang seharusnya sudah dimiliki warga tersebut belum juga diserahterimakan lantaran dihalangi oleh masyarakat yang mengklaim berhak menguasai lahan tersebut. Imbasnya, pembangunan stadion menjadi terhambat.

 Sebagai informasi, pembangunan tahap pertama Stadion Batakan 2010 sampai Oktober 2011 telah menyedot anggaran Rp 72 miliar. Tahap II kontrak multiyears 2012-2013 diperlukan Rp423 miliar. Saat ini sudah dikucuran Rp229 miliar, sehingga masih kurang Rp194 miliar lagi yang tengah diupayakan anggarannya.

RSUD RAMPUNG JUNI

Selain meninjau pembangunan Stadion Utama Balikpapan di Batakan, Wali Kota Rizal beserta rombongan juga menyampatkan melihat pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) di kawasan Jl Mayjen Sutoyo, Gunung Malang. Melihat secara langsung progres pembangunan serta kendala didapati.

Dari peninjauan itu, dipaparkan bahwa progress pembangunan RSUD di Kelurahan Gunung Sari Ilir, Balikpapan Tengah ini sudah mencapai 87 persen. Dari capaian itu, kontraktor pelaksana optmistis pembangunan fisik rampung pada Juni nanti. Sehingga bias beroperasi normal awal tahun 2014, setelah dilakukan finishing gedung dan dilengkapi sarana maupun prasarana medis yang dibutuhkan rumah sakit tipe C ini.

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan, drg Hj Dyah Muryani mengatakan nantinya akan ada 248 tempat tidur di rumah sakit ini. “Ini sudah sesuai dengan kajian kebutuhan untuk masyarakat Balikpapan. Nantinya 70 persen dari jumlah tersebut digunakan untuk kelas III,” terang Dyah-akrabnya disapa.

Wanita berjilbab ini menuturkan, pembangunan diakui molor. Sebab sempat  terjadi longsor pada lereng di bagian belakang RSUD tersebut. Awalnya diterget rampung bulan April ini, namun mundur menjadi Juni. Terkait longsoran ini, Dyah memastikan sudah aman. Sebab, masalah tersebut juga sudah mendapat penanganan tim dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.

“Sudah dibentuk sumur-sumur air, di mana saat hujan air yang masuk ke sumur tersebut langsung dipompa ke luar. Sehingga tanah tidak jenuh oleh air dan tidak longsor lagi,” terang Dyah sembari menyebut dampak dari longsor tersebut semua ditanggung oleh konsultan pelaksana dan kontraktor pelaksana.

Selain itu, lereng di belakang RSUD akan dilandaikan dan di-bor pile untuk mencegah longsoran susulan. Drainase lahan juga jadi perhatian utama. Sementara terkait sebagian kecil lahan warga yang belum berhasil dibebaskan diharapkan juga lekas ada jalan keluar.

Dyah menambahkan, saat ini pihaknya sedang mempersiapkan alat-alat kesehatan (alkes) dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang nantinya bertugas di RSUD. Juga tengah menginventarisir kebutuhan properti rumah sakit. “Nanti diusulkan dalam anggaran perubahan APBD Kota 2013,” bebernya Dyah.

Sekadar informasi, pembangunan RSUD ini menelan anggaran Rp78 miliar. Berdiri di atas lahan seluas 1,2 hektare. Rincian pembangunannya, terdapat basemen seluas 258 meter persegi, lantai I seluas 3.730 meter persegi, lantai II seluas 3.169 meter persegi, lantai tiga seluas 3.250 meter persegi. Sehingga total luasan bangunan 15.149 meter persegi.(*/rsh/kpnn)

 
OTHER NEWS
Minggu, 27 Juli 2014 , 12:34:00

Regina, Sukses Menimba Ilmu di Sekolah Swasta

Menimba ilmu di sekolah negeri tidak menjamin siswa itu menjadi sukses. Bahkan ada sejumlah tamatan sekolah swasta bisa sukses sebagai pengusaha, birokrasi maupun prof ...

Sabtu, 26 Juli 2014 , 08:06:00

Posko Lebaran Siap Tampung Laporan Warga

BALIKPAPAN — Pemkot Balikpapan meminta Kelurahan se-Balikpapan untuk membentuk posko keamanan lebaran. Seperti di Kelurahan Kalandasan Ilir, posko tersebut sudah ...

Sabtu, 26 Juli 2014 , 08:05:00

Rizal: Kuncinya Partisipasi Masyarakat

BALIKPAPAN — Cuaca Balikpapan yang tidak mengenal musim membuat kewaspadaan terhadap bencana harus terus ditingkatkan. Potensi bencana banjir dan tanah longsor, ...

Sabtu, 26 Juli 2014 , 08:03:00

Lolos Jadi Finalis Duta Wisata

Bagi pegawai di Kelurahan Klandasan Ulu nama Triana Rury sudah tidak asing lagi. Triana merupakan salah seorang staf di Kelurahan Klansdasan Ulu. Ia mengaku, meras ...

Sabtu, 26 Juli 2014 , 08:01:00

Warga Tetap Waspada

BALIKPAPAN — Warga di kelurahan Prapatan hingga saat ini terus meningkatkan keamanan di lingkungan rumahnya masing-masing. Pasalnya, sejak beberapa  hari ya ...

 
SUPER LIGA
Wajib Latihan 1 Agustus
BALIKPAPAN- Libur Lebaran Idul Fitri 1435 Hijriah sudah diberikan manajemen tim Persiba Balikpapa ...
Other
 
Kaltim
H-3 Idul Fitri, Harga Daging Sapi Melambung
PENAJAM - Memasuki H-3 lebaran Idul Fitri, sejumlah komuditas kebutuhan pokok di Kabupaten Penaja ...
Other
 
Metropolis
BERKUALITAS
BALIKPAPAN: SMP Patra Dharma (PD) yang terletak di Jalan Sekolah Perapatan ini, bisa bersaing den ...
Other
 
Kecamatan
Waspada, DBD Masih Mengancam
BALIKPAPAN - Hingga saat ini, penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) masih mengancam. Untuk menekan ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1