Jum'at, 19 April 2013 , 09:38:00


PENAJAM- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU)membolehkan warga masyarakat yang tidak masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) pada hari pencoblosan Pemilukada PPU Kamis 25 April 2013 mendatang dengan menggunakan KTP dan KK.

Ketua KPU Kabupaten PPU Andi Arfin dalam jumpa pers di ruang kerjanya, Kamis (18/4) pagi kemarin menyatakan hal itu berdasarkan keputusan KPU Pusat yang menyetujui penggunaan KTP dan KK.

Persetujuan ini juga diperkuat dengan hasil putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 85/PUU-X/2012 tanggal 13 Maret 2013 tentang Penggunaan KTP dan KK bagi warga yang tidak masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT).

Kemudian ditindaklanjuti surat edaran KPU Nomor 186/KPU/III/2013 perihal penjelasan tindak lanjut putusan MK nomor 85/PUU-X/2012 yang diteken Ketua KPU Husni Kamil Manik tertanggal 27 Maret 2013.

Andi Arfin menjelaskan, dalam surat edaran itu ditegaskan, sehubungan dengan putusan MK bernomor 85/PUU-X/2012 tanggal 13 Maret 2013 yang mengadili perkara pengujian UU Nomor 32/2004 tentang Pemerintahan Daerah dan terkait penyelenggaraan pemilukada, khususnya tahapan pemungutan dan perhitungan suara di TPS.

Maka dengan ini disampaikan, pemilih yang tidak terdaftar dalam DPT, DPS, DPSHP, DPSHP akhir dan DP4 dapat memberikan suaranya dengan ketentuan, menunjukan KTP dan KK yang masih berlaku atau sama sejenisnya.

"Jadi, penggunaan hak pilih itu hanya dapat dilakukan di TPS yang berada di RT/RW atau nama sejenisnya sesuai dengan alamat yang tertera di dalam KTPnya,” jelas Andi Arfin. Kemudian, lanjut Andi Arfin, sebelum menggunakan hak pilihnya, yang bersangkutan terlebih dahulu mendaftarkan diri pada KPPS setempat.

Selain itu, dalam memberikan suara dilakukan dalam waktu satu jam sebelum selesainya pemungutan suara di TPS. Bagi pemilih yang menggunakan hak pilih sebagaimana tersebut diatas, maka akan dicatat dalam formulir C1-KWK pada kolom pemilih dari TPS lain dan dicatat juga pada formulir C3.

“C3 ini mengenai pernyataan keberatan saksi dan kejadian khusus yang berhubungan dengan hasil pemungutan suara dan perhitungan suara pemilihan umum kepala daerah dan wakil kepala daerah di TPS,” katanya.

Arfin menjelaskan, dengan adanya surat edaran ini maka semakin memperkuat penggunaan KTP dan KK dalam pencoblosan calon bupati dan wakil bupati. "Surat edaran ini kami juga serahkan kepada timses ketiga pasangan calon. Kami tak perlu lagi menggelar pertemuan membahas masalah ini, karena sudah jelas dalam surat edaran KPU Pusat," tegas Arfin.

Pihaknya menambahkan, surat edaran ini juga diberikan kepada masing-masing PPK, PPS sampai KPPS agar dilakukan sosialisasi kepada masyarakat. Bagi warga yang ingin memberikan hak suara bisa menggunakan KTP dan KK.

Namun harus bisa menunjukkan asli dan menyerahkan foto copi masing-masing satu lembar kepada KPPS. “Kami selaku KPU PPU menegaskan tetap akan melaksanakan putusan MK dan diperkuat dengan surat edaran KPU Pusat,” pungkasnya.(pam)

 
OTHER NEWS
Selasa, 30 September 2014 , 04:03:00

Pemprov Alokasikan Dana Rp300 M

PENAJAM-Jalan Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) di Kecamatan Sepaku,  Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) sebagian besar masih mengalami kerusakan. Jalan yang me ...

Selasa, 30 September 2014 , 04:02:00

Kolam Limbah Beroperasi Tanpa Izin

PENAJAM-Pihak Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) belum bisa memastikan secara akurat bahaya yang ditimbulkan dari bau busuk limbah pabri ...

Selasa, 30 September 2014 , 04:02:00

Hari ini, Pengundian Nomor Kios

PENAJAM-Pada Selasa (30/9) hari ini, Dinas Koperasi UKM, Perindustrian dan Perdagangan (Diskukmkperindag) Penajam Paser Utara (PPU) akan melakukan pengundian nomor kio ...

Selasa, 30 September 2014 , 04:00:00

Tujuh Desa Belum Serap Alokasi Raskin 2014

TANA PASER- Sedikitnya tujuh desa di tiga kecamatan seperti Desa Muara Toyu, Pinang Jatus, Kecamatan Longkali, Desa Muara Andeh,Biu, Muser dan Luan, Kecamatan Muara Sa ...

Senin, 29 September 2014 , 03:23:00

Perbakin PPU Genjot Latihan

PENAJAM- Menjelang perhelatan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Kalimantan Timur (Kaltim),  November mendatang, Persatuan Menembak Indonesia (Perbakin) Kabupaten ...

 
SUPER LIGA
Saatnya Hancurkan Al Qadsia
JAYAPURA- 90 menit untuk mencetak sejarah baru sudah ada di dalam benak anak-anak Persipura, Boaz ...
Other
 
Kaltim
Pemprov Alokasikan Dana Rp300 M
PENAJAM-Jalan Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) di Kecamatan Sepaku,  Kabupaten Penajam Pas ...
Other
 
Metropolis
SALAM HORMAT JENDERAL
BALIKPAPAN- Seorang pengendara sepeda Ontel mengenakan pakaian mirip Presiden RI Soekarno sambil ...
Other
 
Kecamatan
Pasca Kebakaran Masih Ada Titik Api
BALIKPAPAN- Pasca kebakaran hutan seluas dua hektar yang terletak di pemukiman warga Palm Hills ( ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1