Jum'at, 19 April 2013 , 09:38:00


PENAJAM- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU)membolehkan warga masyarakat yang tidak masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) pada hari pencoblosan Pemilukada PPU Kamis 25 April 2013 mendatang dengan menggunakan KTP dan KK.

Ketua KPU Kabupaten PPU Andi Arfin dalam jumpa pers di ruang kerjanya, Kamis (18/4) pagi kemarin menyatakan hal itu berdasarkan keputusan KPU Pusat yang menyetujui penggunaan KTP dan KK.

Persetujuan ini juga diperkuat dengan hasil putusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 85/PUU-X/2012 tanggal 13 Maret 2013 tentang Penggunaan KTP dan KK bagi warga yang tidak masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT).

Kemudian ditindaklanjuti surat edaran KPU Nomor 186/KPU/III/2013 perihal penjelasan tindak lanjut putusan MK nomor 85/PUU-X/2012 yang diteken Ketua KPU Husni Kamil Manik tertanggal 27 Maret 2013.

Andi Arfin menjelaskan, dalam surat edaran itu ditegaskan, sehubungan dengan putusan MK bernomor 85/PUU-X/2012 tanggal 13 Maret 2013 yang mengadili perkara pengujian UU Nomor 32/2004 tentang Pemerintahan Daerah dan terkait penyelenggaraan pemilukada, khususnya tahapan pemungutan dan perhitungan suara di TPS.

Maka dengan ini disampaikan, pemilih yang tidak terdaftar dalam DPT, DPS, DPSHP, DPSHP akhir dan DP4 dapat memberikan suaranya dengan ketentuan, menunjukan KTP dan KK yang masih berlaku atau sama sejenisnya.

"Jadi, penggunaan hak pilih itu hanya dapat dilakukan di TPS yang berada di RT/RW atau nama sejenisnya sesuai dengan alamat yang tertera di dalam KTPnya,” jelas Andi Arfin. Kemudian, lanjut Andi Arfin, sebelum menggunakan hak pilihnya, yang bersangkutan terlebih dahulu mendaftarkan diri pada KPPS setempat.

Selain itu, dalam memberikan suara dilakukan dalam waktu satu jam sebelum selesainya pemungutan suara di TPS. Bagi pemilih yang menggunakan hak pilih sebagaimana tersebut diatas, maka akan dicatat dalam formulir C1-KWK pada kolom pemilih dari TPS lain dan dicatat juga pada formulir C3.

“C3 ini mengenai pernyataan keberatan saksi dan kejadian khusus yang berhubungan dengan hasil pemungutan suara dan perhitungan suara pemilihan umum kepala daerah dan wakil kepala daerah di TPS,” katanya.

Arfin menjelaskan, dengan adanya surat edaran ini maka semakin memperkuat penggunaan KTP dan KK dalam pencoblosan calon bupati dan wakil bupati. "Surat edaran ini kami juga serahkan kepada timses ketiga pasangan calon. Kami tak perlu lagi menggelar pertemuan membahas masalah ini, karena sudah jelas dalam surat edaran KPU Pusat," tegas Arfin.

Pihaknya menambahkan, surat edaran ini juga diberikan kepada masing-masing PPK, PPS sampai KPPS agar dilakukan sosialisasi kepada masyarakat. Bagi warga yang ingin memberikan hak suara bisa menggunakan KTP dan KK.

Namun harus bisa menunjukkan asli dan menyerahkan foto copi masing-masing satu lembar kepada KPPS. “Kami selaku KPU PPU menegaskan tetap akan melaksanakan putusan MK dan diperkuat dengan surat edaran KPU Pusat,” pungkasnya.(pam)

 
OTHER NEWS
Jum\'at, 18 April 2014 , 12:56:00

PPU Sempat Kekurangan Satu LJK

PENAJAM- Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) di Kabupeten Penajam Paser Utara (PPU) berjalan dengan lancar sejak dimulai pada tanggal 14 hingga 16 April. Dalam pelaksanaan ...

Jum\'at, 18 April 2014 , 12:54:00

KPU Siap Menghadapi Segala Bentuk Protes

PENAJAM- Rapat pleno penetapan hasil rekapitulasi pemungutan suara segera dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).  Kare ...

Jum\'at, 18 April 2014 , 12:54:00

Membuat Kacau, Siap-siap Ditangkap

PENAJAM- Pihak Kepolisian Resort Penajam Paser Utara (Polres PPU) telah siaga satu minus tiga hari menjelang  rapat pleno penetapan perolehan suara.Pihak kepolisi ...

Jum\'at, 18 April 2014 , 12:53:00

Pemprov Evaluasi Daerah Otonomi

SAMARINDA- Kendati belum dikaji mendalam, Kaltim masih memerlukan banyak kabupaten/kota baru. Ini untuk mendukung pelayanan publik hingga daerah terpencil. Isyarat ini ...

Jum\'at, 18 April 2014 , 12:52:00

Tahan Dua Tersangka Korupsi Masjid

TENGGARONG- Dugaan penyimpangan hibah pembangunan dan renovasi Masjid As Shabirin senilai Rp 1 miliar dari APBD Kukar 2012 mulai terkuak. Penyidik Unit Tindak Pidana K ...

 
SUPER LIGA
Finishing Belum Meyakinkan
BALIKPAPAN– Urusan finishing tampaknya masih menjadi kendala serius tim Persiba Balikpapan ...
Other
 
Kaltim
PPU Sempat Kekurangan Satu LJK
PENAJAM- Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) di Kabupeten Penajam Paser Utara (PPU) berjalan dengan l ...
Other
 
Metropolis
RAMPUNG
BALIKPAPAN- Rapat pleno rekapitulasi penghitungan surat suara Pileg 2014 yang berakhir di PPK Bal ...
Other
 
Kecamatan
Akses Jalan Makin Prihatin
BALIKPAPAN- Beberapa kawasan di Kota Balikpapan terbilang masih memprihatinkan. Cukup jauh dari h ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1