Rabu, 17 April 2013 , 08:33:00


BALIKPAPAN-Razia Yustisi untuk menindak warga yang tidak mengindahkan kebersihan kota, terus digelar.  Setelah menggelar operasi di wilayah Balikpapan Kota, Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman (DKPP) Kota Balikpapan di-back up TNI, polisi, Pol PP dan Dishub, menyisir wilayah Batu Ampar, Selasa (16/4) siang kemarin.

Sasarannya menangkap warga yang membuang sampah di tempat penampungan sementara (TPS) tidak pada jam yang ditentukan, yakni membuang sampah di siang hari. Hasilnya, 60 warga yang seenaknya membuang sampah di siang hari, ditangkap petugas gabungan, lalu disidang di halaman Denzipur Km 3 Jl Seokarno Hatta.

“Ya, beginilah kenyataannya. Masih ada warga yang tidak tertib membuang sampah di siang hari. Harus ditegaskan lagi, seluruh warga dilarang membuang sampah di siang hari. Membuang sampah jam 6 sore sampai jam 6 pagi. Kami sudah sering mengimbau, memberitahukan,  bahkan sampai mengambil tindakan tegas. Membuang sampah siang hari, mengesankan kota kotor karena di TPS masih ada sampah.

Aktifitas pengangkutan sampah dilakukan malam hari, sehingga kondisi TPS harus bersih saat pagi hingga sore,” tegas Kepala DKPP Robi Ruswanto melalui Kasi Wasdal Kurdian di sela operasi Yustisi, kemarin.  Petugas gabungan juga menindak 20 mobil yang tidak menyediakan bak sampah dalam mobil.  

Hakim yang mengadili, Gede Wayan SH menjatuhkan hukuman rata-rata Rp60 ribu. Hukuman tersebut tergolong masih ringan karena Perda nomor 10 tahun 2004 mengenai pengelolaan sampah, ancamannya hukuman penjara 3 bulan atau denda Rp5 juta. Meski hukuman ringan,  ada warga yang mengomel karena merasa menerima hukuman yang memberatkan.

“Lihat sendiri kan? Didenda Rp60 ribu masih ada yang keberatan. Ada yang tidak bawa uang,” ujar hakim. Hakim yang didampingi panitera muda Daniel SH   mengatakan, hukuman yang dijatuhkan pada dasarnya untuk memberikan pembelajaran kepada warga agar sadar mentaati aturan, dalam hal ini Perda nomor 10 tahun 2004.

“Menjaga kebersihan adalah kewajiban setiap individu. Kalau melanggar ada hukumannya, seperti yang anda lihat sekarang ini. Mereka warga yang tidak tertib melanggar aturan Perda nomor 10 tahun 2004, membuang sampah tidak sesuai aturan. Mereka akhirnya disidang dan kena hukuman denda,” ujar hakim.

Karena itulah, hakim Wayan mengajak semua warga Balikpapan menjaga kebersihan lingkungan, tertib membuang sampah sesuai jam yang ditentukan. “Aturannya sudah jelas, sering disosialisasikan.  Seharusnya tidak ada lagi pelanggaran, membuang sampah di siang hari. Kalau kota bersih, kita semua kan senang,” kata hakim.

Sementara itu, Kasi Wasdal Kurdian mengatakan, pagi ini razia yustisi digelar di wilayah Balikpapan Barat. “Razia dilanjutkan di wilayah Barat. Titik pantau di TPS diperbanyak. Warga yang melanggar, pasti kami tangkap untuk disidang,” tegasnya.(ono)

 
OTHER NEWS
Rabu, 01 Oktober 2014 , 04:47:00

Kompak, Koordinasi Camat Balteng Dan Lurah

BALIKPAPAN—Camat Balikpapan Tengah Boedi Liliono menindaklanjuti setiap informasi yang masuk ke mejanya untuk ditangani dengan serius. Bahkan setiap ada permasal ...

Rabu, 01 Oktober 2014 , 04:46:00

Babinkamtibmas Sumber Rejo Ikut Atur Lalin

BALIKPAPAN—Kondisi kemacetan kerap terjadi di persimpangan jalan Pangeran Antasari yang berlokasi di antara dua wilayah kelurahan yang saling berbatasan antara K ...

Rabu, 01 Oktober 2014 , 04:45:00

Warga Diimbau Waspada Jambret dan Curanmor

BALIKPAPAN-Untuk mengurangi kasus pencurian kendaraan bermotor dan aksi jambret di wilayah Balikpapan Utara Kanit Reskrim Polsek Balikpapan Utara Ipda Hadi Purwanto SH ...

Rabu, 01 Oktober 2014 , 04:44:00

Bahaya, Indrakila Tanpa Trotoar

BALIKPAPAN- Menjadi salah satu pusat kegiatan belajar mengajar dari TK, SD , SLTP hingga SLTA serta keberadaan puskesmas, Jalan Indrakila atau yang lebih dikenal denga ...

Rabu, 01 Oktober 2014 , 04:44:00

SPGRM di Baru Ulu Melalui Lelang

BALIKPAPAN-  Pembangunan infrastruktur untuk wilayah Kelurahan Baru Ulu saat ini dalam tahap pengerjaan, sebanyak  16 RT yang mendapatkan program perbaikan S ...

 
SUPER LIGA
Saatnya Hancurkan Al Qadsia
JAYAPURA- 90 menit untuk mencetak sejarah baru sudah ada di dalam benak anak-anak Persipura, Boaz ...
Other
 
Kaltim
Kebakaran Hutan dan Lahan Meningkat
PENAJAM- Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) mencatat, ...
Other
 
Metropolis
Dimasukan dalam Pelanggan Bisnis
BALIKPAPAN -Para pedagang tradisional yang berjualan di lantai dasar Rapak Plaza mengeluhkan tari ...
Other
 
Kecamatan
Kompak, Koordinasi Camat Balteng Dan Lurah
BALIKPAPAN—Camat Balikpapan Tengah Boedi Liliono menindaklanjuti setiap informasi yang masu ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1