Rabu, 17 April 2013 , 08:33:00


BALIKPAPAN-Razia Yustisi untuk menindak warga yang tidak mengindahkan kebersihan kota, terus digelar.  Setelah menggelar operasi di wilayah Balikpapan Kota, Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman (DKPP) Kota Balikpapan di-back up TNI, polisi, Pol PP dan Dishub, menyisir wilayah Batu Ampar, Selasa (16/4) siang kemarin.

Sasarannya menangkap warga yang membuang sampah di tempat penampungan sementara (TPS) tidak pada jam yang ditentukan, yakni membuang sampah di siang hari. Hasilnya, 60 warga yang seenaknya membuang sampah di siang hari, ditangkap petugas gabungan, lalu disidang di halaman Denzipur Km 3 Jl Seokarno Hatta.

“Ya, beginilah kenyataannya. Masih ada warga yang tidak tertib membuang sampah di siang hari. Harus ditegaskan lagi, seluruh warga dilarang membuang sampah di siang hari. Membuang sampah jam 6 sore sampai jam 6 pagi. Kami sudah sering mengimbau, memberitahukan,  bahkan sampai mengambil tindakan tegas. Membuang sampah siang hari, mengesankan kota kotor karena di TPS masih ada sampah.

Aktifitas pengangkutan sampah dilakukan malam hari, sehingga kondisi TPS harus bersih saat pagi hingga sore,” tegas Kepala DKPP Robi Ruswanto melalui Kasi Wasdal Kurdian di sela operasi Yustisi, kemarin.  Petugas gabungan juga menindak 20 mobil yang tidak menyediakan bak sampah dalam mobil.  

Hakim yang mengadili, Gede Wayan SH menjatuhkan hukuman rata-rata Rp60 ribu. Hukuman tersebut tergolong masih ringan karena Perda nomor 10 tahun 2004 mengenai pengelolaan sampah, ancamannya hukuman penjara 3 bulan atau denda Rp5 juta. Meski hukuman ringan,  ada warga yang mengomel karena merasa menerima hukuman yang memberatkan.

“Lihat sendiri kan? Didenda Rp60 ribu masih ada yang keberatan. Ada yang tidak bawa uang,” ujar hakim. Hakim yang didampingi panitera muda Daniel SH   mengatakan, hukuman yang dijatuhkan pada dasarnya untuk memberikan pembelajaran kepada warga agar sadar mentaati aturan, dalam hal ini Perda nomor 10 tahun 2004.

“Menjaga kebersihan adalah kewajiban setiap individu. Kalau melanggar ada hukumannya, seperti yang anda lihat sekarang ini. Mereka warga yang tidak tertib melanggar aturan Perda nomor 10 tahun 2004, membuang sampah tidak sesuai aturan. Mereka akhirnya disidang dan kena hukuman denda,” ujar hakim.

Karena itulah, hakim Wayan mengajak semua warga Balikpapan menjaga kebersihan lingkungan, tertib membuang sampah sesuai jam yang ditentukan. “Aturannya sudah jelas, sering disosialisasikan.  Seharusnya tidak ada lagi pelanggaran, membuang sampah di siang hari. Kalau kota bersih, kita semua kan senang,” kata hakim.

Sementara itu, Kasi Wasdal Kurdian mengatakan, pagi ini razia yustisi digelar di wilayah Balikpapan Barat. “Razia dilanjutkan di wilayah Barat. Titik pantau di TPS diperbanyak. Warga yang melanggar, pasti kami tangkap untuk disidang,” tegasnya.(ono)

 
OTHER NEWS
Jum\'at, 18 April 2014 , 13:22:00

Akses Jalan Makin Prihatin

BALIKPAPAN- Beberapa kawasan di Kota Balikpapan terbilang masih memprihatinkan. Cukup jauh dari hiruk-pikuk perkotaan, Teluk Waru di Kelurahan Kariangau Balikpapan Bar ...

Jum\'at, 18 April 2014 , 13:10:00

Mei, SPGRM Batu Ampar Dikerjakan

BALIKPAPAN-Lurah Batu Ampar (Batam) Budi Setya Wirastama mengungkapkan bahwa penyaluran bantuan melalui program Stimulan Partisipasi Gotong Royong Masyarakat (SPGRM) a ...

Jum\'at, 18 April 2014 , 13:09:00

Antisipasi Penyebaran DBD

BALIKPAPAN- Untuk mengantisipasi penyebaran penyakit demam berdarah dengue (DBD) di Kelurahan Graha Indah, pihak kelurahan terus memaksimalkan kegiatan penyuluhan kepa ...

Jum\'at, 18 April 2014 , 13:09:00

Kasi Kessos Karang Joang Kosong

BALIKPAPAN- Selain menjabat sebagai Kasi pembangunan Kelurahan Karang Joang Syarifah Mayasari terpaksa merangkap dua jabatan sekaligus yakni sebagai Pjs Kasi Kessos. P ...

Jum\'at, 18 April 2014 , 13:06:00

Warga Balut Kembali Keluhkan Byar Pet PLN

BALIKPAPAN- Warga yang tinggal di Kecamatan Balikpapan Utara terutama di wilayah Kelurahan Muara Rapak, Gunung Samarinda Baru (GSmB), Gunung Samarinda (GSm), Batu Ampa ...

 
SUPER LIGA
Finishing Belum Meyakinkan
BALIKPAPAN– Urusan finishing tampaknya masih menjadi kendala serius tim Persiba Balikpapan ...
Other
 
Kaltim
PPU Sempat Kekurangan Satu LJK
PENAJAM- Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) di Kabupeten Penajam Paser Utara (PPU) berjalan dengan l ...
Other
 
Metropolis
RAMPUNG
BALIKPAPAN- Rapat pleno rekapitulasi penghitungan surat suara Pileg 2014 yang berakhir di PPK Bal ...
Other
 
Kecamatan
Akses Jalan Makin Prihatin
BALIKPAPAN- Beberapa kawasan di Kota Balikpapan terbilang masih memprihatinkan. Cukup jauh dari h ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1