Rabu, 17 April 2013 , 08:33:00


BALIKPAPAN-Razia Yustisi untuk menindak warga yang tidak mengindahkan kebersihan kota, terus digelar.  Setelah menggelar operasi di wilayah Balikpapan Kota, Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman (DKPP) Kota Balikpapan di-back up TNI, polisi, Pol PP dan Dishub, menyisir wilayah Batu Ampar, Selasa (16/4) siang kemarin.

Sasarannya menangkap warga yang membuang sampah di tempat penampungan sementara (TPS) tidak pada jam yang ditentukan, yakni membuang sampah di siang hari. Hasilnya, 60 warga yang seenaknya membuang sampah di siang hari, ditangkap petugas gabungan, lalu disidang di halaman Denzipur Km 3 Jl Seokarno Hatta.

“Ya, beginilah kenyataannya. Masih ada warga yang tidak tertib membuang sampah di siang hari. Harus ditegaskan lagi, seluruh warga dilarang membuang sampah di siang hari. Membuang sampah jam 6 sore sampai jam 6 pagi. Kami sudah sering mengimbau, memberitahukan,  bahkan sampai mengambil tindakan tegas. Membuang sampah siang hari, mengesankan kota kotor karena di TPS masih ada sampah.

Aktifitas pengangkutan sampah dilakukan malam hari, sehingga kondisi TPS harus bersih saat pagi hingga sore,” tegas Kepala DKPP Robi Ruswanto melalui Kasi Wasdal Kurdian di sela operasi Yustisi, kemarin.  Petugas gabungan juga menindak 20 mobil yang tidak menyediakan bak sampah dalam mobil.  

Hakim yang mengadili, Gede Wayan SH menjatuhkan hukuman rata-rata Rp60 ribu. Hukuman tersebut tergolong masih ringan karena Perda nomor 10 tahun 2004 mengenai pengelolaan sampah, ancamannya hukuman penjara 3 bulan atau denda Rp5 juta. Meski hukuman ringan,  ada warga yang mengomel karena merasa menerima hukuman yang memberatkan.

“Lihat sendiri kan? Didenda Rp60 ribu masih ada yang keberatan. Ada yang tidak bawa uang,” ujar hakim. Hakim yang didampingi panitera muda Daniel SH   mengatakan, hukuman yang dijatuhkan pada dasarnya untuk memberikan pembelajaran kepada warga agar sadar mentaati aturan, dalam hal ini Perda nomor 10 tahun 2004.

“Menjaga kebersihan adalah kewajiban setiap individu. Kalau melanggar ada hukumannya, seperti yang anda lihat sekarang ini. Mereka warga yang tidak tertib melanggar aturan Perda nomor 10 tahun 2004, membuang sampah tidak sesuai aturan. Mereka akhirnya disidang dan kena hukuman denda,” ujar hakim.

Karena itulah, hakim Wayan mengajak semua warga Balikpapan menjaga kebersihan lingkungan, tertib membuang sampah sesuai jam yang ditentukan. “Aturannya sudah jelas, sering disosialisasikan.  Seharusnya tidak ada lagi pelanggaran, membuang sampah di siang hari. Kalau kota bersih, kita semua kan senang,” kata hakim.

Sementara itu, Kasi Wasdal Kurdian mengatakan, pagi ini razia yustisi digelar di wilayah Balikpapan Barat. “Razia dilanjutkan di wilayah Barat. Titik pantau di TPS diperbanyak. Warga yang melanggar, pasti kami tangkap untuk disidang,” tegasnya.(ono)

 
OTHER NEWS
Kamis, 24 Juli 2014 , 09:51:00

Banyak Ceceran Tanah, Bukti Pengawasan Lemah

BALIKPAPAN - Kota Balikpapan boleh bangga dengan langganan prestasi di bidang kebersihan lingkungan. Ya, piala Adipura Kencana dua kali beruntun direbut Kota Minyak. N ...

Kamis, 24 Juli 2014 , 09:50:00

Sambut Lebaran, RT 15-16 Wika Beri Santunan

BALIKPAPAN- Sebagai bentuk kepedulian dan kebersamaan di bulan Ramadan sekaligus jelang Hari Raya Idul Fitri 1435 H, keluarga besar RT 15 dan 16 Perumahan Wika, Kelura ...

Kamis, 24 Juli 2014 , 09:49:00

Jamaah Masjid Baitul Izza Bagikan Baju Gratis

BALIKPAPAN-Sebagai bentuk kepedulian kepada warga RT 14 yang kurang mampu dan lingkungan sekitarnya yang ada di wilayah Kelurahan  Gunung Samarinda (GSm) Balikpap ...

Kamis, 24 Juli 2014 , 09:46:00

Giatkan PHBS dengan Aktif KBM

BALIKPAPAN—Salah satu upaya yang dilakukan oleh warga untuk menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan menjaga kebersihan lingkungan. Salah satunya den ...

Kamis, 24 Juli 2014 , 09:45:00

Dapat Ilmu, Mahasiswa KKN Apresiasi SPS Kusuma II

BALIKPAPAN - Selama sebulan mahasiswa Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di 34 kelurahan di enam kecamatan. Pengabdian di teng ...

 
SUPER LIGA
Tambah Jam Terbang
TERNATE- Timnas U-19 akan menututp laga uji coba melawan tim Persiter Ternate U-21 di Stadion Gel ...
Other
 
Kaltim
Baznas PPU Target Rp 1,7 Miliar
PENAJAM- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Penajam Paser Utara (PPU) melakukan penghimpunan zaka ...
Other
 
Metropolis
LANGGAR PERWALI
BALIKPAPAN- Truk kontainer ini beroperasi disiang hari. Padahal sesuai Perwali Nomor 33 Tahun 200 ...
Other
 
Kecamatan
Banyak Ceceran Tanah, Bukti Pengawasan Lemah
BALIKPAPAN - Kota Balikpapan boleh bangga dengan langganan prestasi di bidang kebersihan lingkung ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1