Rabu, 17 April 2013 , 08:33:00


BALIKPAPAN-Razia Yustisi untuk menindak warga yang tidak mengindahkan kebersihan kota, terus digelar.  Setelah menggelar operasi di wilayah Balikpapan Kota, Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman (DKPP) Kota Balikpapan di-back up TNI, polisi, Pol PP dan Dishub, menyisir wilayah Batu Ampar, Selasa (16/4) siang kemarin.

Sasarannya menangkap warga yang membuang sampah di tempat penampungan sementara (TPS) tidak pada jam yang ditentukan, yakni membuang sampah di siang hari. Hasilnya, 60 warga yang seenaknya membuang sampah di siang hari, ditangkap petugas gabungan, lalu disidang di halaman Denzipur Km 3 Jl Seokarno Hatta.

“Ya, beginilah kenyataannya. Masih ada warga yang tidak tertib membuang sampah di siang hari. Harus ditegaskan lagi, seluruh warga dilarang membuang sampah di siang hari. Membuang sampah jam 6 sore sampai jam 6 pagi. Kami sudah sering mengimbau, memberitahukan,  bahkan sampai mengambil tindakan tegas. Membuang sampah siang hari, mengesankan kota kotor karena di TPS masih ada sampah.

Aktifitas pengangkutan sampah dilakukan malam hari, sehingga kondisi TPS harus bersih saat pagi hingga sore,” tegas Kepala DKPP Robi Ruswanto melalui Kasi Wasdal Kurdian di sela operasi Yustisi, kemarin.  Petugas gabungan juga menindak 20 mobil yang tidak menyediakan bak sampah dalam mobil.  

Hakim yang mengadili, Gede Wayan SH menjatuhkan hukuman rata-rata Rp60 ribu. Hukuman tersebut tergolong masih ringan karena Perda nomor 10 tahun 2004 mengenai pengelolaan sampah, ancamannya hukuman penjara 3 bulan atau denda Rp5 juta. Meski hukuman ringan,  ada warga yang mengomel karena merasa menerima hukuman yang memberatkan.

“Lihat sendiri kan? Didenda Rp60 ribu masih ada yang keberatan. Ada yang tidak bawa uang,” ujar hakim. Hakim yang didampingi panitera muda Daniel SH   mengatakan, hukuman yang dijatuhkan pada dasarnya untuk memberikan pembelajaran kepada warga agar sadar mentaati aturan, dalam hal ini Perda nomor 10 tahun 2004.

“Menjaga kebersihan adalah kewajiban setiap individu. Kalau melanggar ada hukumannya, seperti yang anda lihat sekarang ini. Mereka warga yang tidak tertib melanggar aturan Perda nomor 10 tahun 2004, membuang sampah tidak sesuai aturan. Mereka akhirnya disidang dan kena hukuman denda,” ujar hakim.

Karena itulah, hakim Wayan mengajak semua warga Balikpapan menjaga kebersihan lingkungan, tertib membuang sampah sesuai jam yang ditentukan. “Aturannya sudah jelas, sering disosialisasikan.  Seharusnya tidak ada lagi pelanggaran, membuang sampah di siang hari. Kalau kota bersih, kita semua kan senang,” kata hakim.

Sementara itu, Kasi Wasdal Kurdian mengatakan, pagi ini razia yustisi digelar di wilayah Balikpapan Barat. “Razia dilanjutkan di wilayah Barat. Titik pantau di TPS diperbanyak. Warga yang melanggar, pasti kami tangkap untuk disidang,” tegasnya.(ono)

 
OTHER NEWS
Kamis, 24 April 2014 , 07:57:00

Jalan Projakal Km 5 Rusak Parah

BALIKPAPAN-Kondisi jalan Projakal KM 5 Kelurahan Graha Indah semakin parah sehingga dikeluhkan warga sekitar serta  pengguna jalan yang kerap melintasi di kawasan ...

Kamis, 24 April 2014 , 07:56:00

Warga Perumahan Wika Aktif Senam Bersama

BALIKPAPAN-Warga Perumahan Wika di RT 15 KelurahanGunung Samarinda Baru (GSmB) aktif melakukan senam bersama setiap minggu guna membiasakan pola hidup sehat. Kegiatan ...

Kamis, 24 April 2014 , 07:55:00

Puskesmas Karang Joang Siap Melayani 24 Jam

BALIKPAPAN- PihakPuskesmas Kelurahan Karang Joang selalu setia melayani masyarakat dengan memberikan pelayanan kesehatan selama 24 jam. “Kami disini selalu setia ...

Kamis, 24 April 2014 , 07:54:00

PKK Sungainangka Gelar Lomba Kebaya dan Menu Sehat

BALIKPAPAN - Momen peringatan Hari Kartini yang jatuh setiap tanggal 21 April tidak mau dilewatkan begitu saja oleh Tim Penggerak PKK Kelurahan Sungainangka, Balikpapa ...

Kamis, 24 April 2014 , 07:54:00

Sepinggan Baru Tuntaskan Verifikasi Lapangan

BALIKPAPAN - Tahun ini, Pemkot kembali menyalurkan anggaran Rp11 miliar untuk pemerataan pembangunan di lingkungan RT melalui program bantuan Stimulan Partisipasi Goto ...

 
SUPER LIGA
Misi Keluar Zona Merah
BALIKPAPAN– Bayang-bayang degradasi semakin menghantui Persiba Balikpapan. Hanya mengoleksi ...
Other
 
Kaltim
RPJMD Jadi Landasan Hukum, Minta Segera Disahkan
PENAJAM– Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) ...
Other
 
Metropolis
Sepinggan Raya Tercemar Limbah Berbahaya
BALIKPAPAN- Sejumlah warga mengeluhkan limbah bekas pelumas kendaraan yang dibuang di drainase ka ...
Other
 
Kecamatan
Jalan Projakal Km 5 Rusak Parah
BALIKPAPAN-Kondisi jalan Projakal KM 5 Kelurahan Graha Indah semakin parah sehingga dikeluhkan wa ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1