Sabtu, 13 April 2013 , 07:55:00


PENAJAM - Pembangunan dalam suatu daerah tidak selalu dilaksanakan oleh pemerintah daerah, selain itu swasta dan swadaya masyarakat juga dapat membangun daerahnya sendiri.

Keberhasilan seperti itu akhirnya akan mendapat nilai lebih bagi daerah, malah memberi contoh daerah lain untuk mengembangkan daerahnya tanpa harus sepenuhnya bergantung kepada pemerintah daerah.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati (Wabup) Penajam Paser Utara (PPU) H Mustaqim MZ ketika berbincang dengan Balikpapan Pos di ruang kerjanya, baru-baru ini.

“Pembangunan yang dilaksanakan swadaya masyarakat cenderung memiliki hasil yang lebik baik. Pembangunan secara swadaya masyarakat umumnya dikerjakan dengan gotong royong.

Karena masyarakat tentu menginginkan pembangunan yang dikerjakan bagi daerahnya akan menghasilkan lebih baik,” papar Mustaqim.

Sebaliknya, lanjut dia, bila pengerjaan dilaksanakan oleh kontraktor, cenderung banyak yang asal-asalan, tapi itu tidak semuanya.

Karena itu, untuk meningkatkan efektifitas penanggulangan kemiskinan dan penciptaan lapangan kerja, maka pemerintah meluncurkan program yang namanya Program Nasional Pemberdayaan Masyakat-Mandiri Pedesaan (PNPM-MP).

“Melalui PNPM-MP ini upaya penanggulangan kemiskinan yang melibatkan unsur masyarakat, mulai tahap perencanaan, pelaksanaan hingga pemantauan serta evaluasi bisa berhasil,” jelas Mustaqim.

Dikatakannya lagi, PNPM juga bertujuan memunculkan semangat kegotongroyongan dan swadaya masyarakat dalam segala kegiatannya. Sebab dana bantuan langsung masyarakat yang diberikan oleh pemerintah melalui PNPM-MP ini merupakan dana stimulan.

Selama ini masyarakat hanya mengharapkan seluruh biaya hanya berasal dari pemerintah saja. Namun, dengan adanya dana stimulan itu, sangat diharapkan akan mendorong swadaya, prakarsa serta inovasi masyarakat dalam upaya penanggulangan kemiskinan itu sendiri. (pam)

 
OTHER NEWS
Rabu, 01 Oktober 2014 , 03:35:00

Kebakaran Hutan dan Lahan Meningkat

PENAJAM- Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) mencatat, tahun ini terjadi peningkatan kebakaran hutan maupun lahan dari tahun ...

Rabu, 01 Oktober 2014 , 03:34:00

Pemerintah Jamin Kebutuhan Hewan Kurban

PENAJAM- Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) telah memastikan stok hewan kurban bakal terpenuhi. Pihak terkait telah mempersiapkan hewan ...

Rabu, 01 Oktober 2014 , 03:34:00

Warga Tetap Portal Lahan

TANA PASER- Untuk kesekian kalinya warga Dusun Seniur, Desa Lolo, kecamatan Kuaro kembali duduk bersama dengan manajemen PTPN 13 untuk menyelesaikan sengketa lahan di ...

Rabu, 01 Oktober 2014 , 03:33:00

Siap Ikut Tri Lomba Juang

TANA PASER– Kepala Subden 3 Detasemen A Brimob Pelopor Paser, Iptu Iwan Pamuji menyatakan kesiapan anggotanya untuk mengikuti Tri Lomba Juang yang digelar Sat Br ...

Rabu, 01 Oktober 2014 , 03:31:00

Sosialisasi TDL di PPU

PENAJAM- Listrik merupakan salah satu kebutuhan masyarakat yang tidak hanya berfungsi memberi penerangan, tapi banyak masyarakat yang menggunakannya untuk memenuhi keb ...

 
SUPER LIGA
Saatnya Hancurkan Al Qadsia
JAYAPURA- 90 menit untuk mencetak sejarah baru sudah ada di dalam benak anak-anak Persipura, Boaz ...
Other
 
Kaltim
Kebakaran Hutan dan Lahan Meningkat
PENAJAM- Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) mencatat, ...
Other
 
Metropolis
Dimasukan dalam Pelanggan Bisnis
BALIKPAPAN -Para pedagang tradisional yang berjualan di lantai dasar Rapak Plaza mengeluhkan tari ...
Other
 
Kecamatan
Kompak, Koordinasi Camat Balteng Dan Lurah
BALIKPAPAN—Camat Balikpapan Tengah Boedi Liliono menindaklanjuti setiap informasi yang masu ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1