Sabtu, 13 April 2013 , 07:55:00


PENAJAM - Pembangunan dalam suatu daerah tidak selalu dilaksanakan oleh pemerintah daerah, selain itu swasta dan swadaya masyarakat juga dapat membangun daerahnya sendiri.

Keberhasilan seperti itu akhirnya akan mendapat nilai lebih bagi daerah, malah memberi contoh daerah lain untuk mengembangkan daerahnya tanpa harus sepenuhnya bergantung kepada pemerintah daerah.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati (Wabup) Penajam Paser Utara (PPU) H Mustaqim MZ ketika berbincang dengan Balikpapan Pos di ruang kerjanya, baru-baru ini.

“Pembangunan yang dilaksanakan swadaya masyarakat cenderung memiliki hasil yang lebik baik. Pembangunan secara swadaya masyarakat umumnya dikerjakan dengan gotong royong.

Karena masyarakat tentu menginginkan pembangunan yang dikerjakan bagi daerahnya akan menghasilkan lebih baik,” papar Mustaqim.

Sebaliknya, lanjut dia, bila pengerjaan dilaksanakan oleh kontraktor, cenderung banyak yang asal-asalan, tapi itu tidak semuanya.

Karena itu, untuk meningkatkan efektifitas penanggulangan kemiskinan dan penciptaan lapangan kerja, maka pemerintah meluncurkan program yang namanya Program Nasional Pemberdayaan Masyakat-Mandiri Pedesaan (PNPM-MP).

“Melalui PNPM-MP ini upaya penanggulangan kemiskinan yang melibatkan unsur masyarakat, mulai tahap perencanaan, pelaksanaan hingga pemantauan serta evaluasi bisa berhasil,” jelas Mustaqim.

Dikatakannya lagi, PNPM juga bertujuan memunculkan semangat kegotongroyongan dan swadaya masyarakat dalam segala kegiatannya. Sebab dana bantuan langsung masyarakat yang diberikan oleh pemerintah melalui PNPM-MP ini merupakan dana stimulan.

Selama ini masyarakat hanya mengharapkan seluruh biaya hanya berasal dari pemerintah saja. Namun, dengan adanya dana stimulan itu, sangat diharapkan akan mendorong swadaya, prakarsa serta inovasi masyarakat dalam upaya penanggulangan kemiskinan itu sendiri. (pam)

 
OTHER NEWS
Kamis, 24 April 2014 , 07:43:00

RPJMD Jadi Landasan Hukum, Minta Segera Disahkan

PENAJAM– Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) masih punya pekerjaan menumpuk yang harus segera dituntaskan, salah sa ...

Kamis, 24 April 2014 , 07:42:00

Penderita HIV AIDS Bertambah Lagi

PENAJAM– Penderita HIV/AIDS  di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) pada bulan April ini bertambah lagi satu orang penderita. Sehingga temuan penderita pada ...

Kamis, 24 April 2014 , 07:41:00

Kepala Kejari PPU Mutasi ke Madiun

PENAJAM- Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dalam waktu dekat ini akan diganti dan dimutasi ke Madiun, Jawa Timur. Andi Sundari  membenar ...

Rabu, 23 April 2014 , 08:14:00

Di PPU Golkar Masih Memimpin

PENAJAM­- Perolehan suara partai peserta pemilihan umum untuk Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Penajam Paser Utara, sesuai dengan hasil pleno rekapi ...

Rabu, 23 April 2014 , 08:13:00

Bupati Siapkan Pengganti Kepala Bappeda

PENAJAM- Penahanan dua pejabat pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara atas kasus korupsi pembebasan lahan perumahan murah dengan luas lahan 10 hektar di jalan Provin ...

 
SUPER LIGA
Misi Keluar Zona Merah
BALIKPAPAN– Bayang-bayang degradasi semakin menghantui Persiba Balikpapan. Hanya mengoleksi ...
Other
 
Kaltim
RPJMD Jadi Landasan Hukum, Minta Segera Disahkan
PENAJAM– Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) ...
Other
 
Metropolis
Sepinggan Raya Tercemar Limbah Berbahaya
BALIKPAPAN- Sejumlah warga mengeluhkan limbah bekas pelumas kendaraan yang dibuang di drainase ka ...
Other
 
Kecamatan
Jalan Projakal Km 5 Rusak Parah
BALIKPAPAN-Kondisi jalan Projakal KM 5 Kelurahan Graha Indah semakin parah sehingga dikeluhkan wa ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1