Sabtu, 13 April 2013 , 07:55:00


PENAJAM - Pembangunan dalam suatu daerah tidak selalu dilaksanakan oleh pemerintah daerah, selain itu swasta dan swadaya masyarakat juga dapat membangun daerahnya sendiri.

Keberhasilan seperti itu akhirnya akan mendapat nilai lebih bagi daerah, malah memberi contoh daerah lain untuk mengembangkan daerahnya tanpa harus sepenuhnya bergantung kepada pemerintah daerah.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati (Wabup) Penajam Paser Utara (PPU) H Mustaqim MZ ketika berbincang dengan Balikpapan Pos di ruang kerjanya, baru-baru ini.

“Pembangunan yang dilaksanakan swadaya masyarakat cenderung memiliki hasil yang lebik baik. Pembangunan secara swadaya masyarakat umumnya dikerjakan dengan gotong royong.

Karena masyarakat tentu menginginkan pembangunan yang dikerjakan bagi daerahnya akan menghasilkan lebih baik,” papar Mustaqim.

Sebaliknya, lanjut dia, bila pengerjaan dilaksanakan oleh kontraktor, cenderung banyak yang asal-asalan, tapi itu tidak semuanya.

Karena itu, untuk meningkatkan efektifitas penanggulangan kemiskinan dan penciptaan lapangan kerja, maka pemerintah meluncurkan program yang namanya Program Nasional Pemberdayaan Masyakat-Mandiri Pedesaan (PNPM-MP).

“Melalui PNPM-MP ini upaya penanggulangan kemiskinan yang melibatkan unsur masyarakat, mulai tahap perencanaan, pelaksanaan hingga pemantauan serta evaluasi bisa berhasil,” jelas Mustaqim.

Dikatakannya lagi, PNPM juga bertujuan memunculkan semangat kegotongroyongan dan swadaya masyarakat dalam segala kegiatannya. Sebab dana bantuan langsung masyarakat yang diberikan oleh pemerintah melalui PNPM-MP ini merupakan dana stimulan.

Selama ini masyarakat hanya mengharapkan seluruh biaya hanya berasal dari pemerintah saja. Namun, dengan adanya dana stimulan itu, sangat diharapkan akan mendorong swadaya, prakarsa serta inovasi masyarakat dalam upaya penanggulangan kemiskinan itu sendiri. (pam)

 
OTHER NEWS
Senin, 15 September 2014 , 23:48:00

Pendaftaran CPNS Ditutup Kemarin

PENAJAM- Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) telah menutup pendaftaran calon pegawai negeri sipil (CPNS) secara online, Senin (15/9) kem ...

Senin, 15 September 2014 , 23:43:00

Nasib 68 Tenaga Honorer Belum Jelas

PENAJAM- Nasib 68 tenaga honorer kategori dua (K2) yang dinyatakan lulus seleksi pada akhir 2013 lalu, sampai saat ini belum jelas. Pasalnya, Bupati Penajam Paser Utar ...

Senin, 15 September 2014 , 23:42:00

Kontingen Formi Paser Raih Peringkat Pertama

TANA PASER–Penampilan memukau ditunjukkan oleh Kontingen Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) Kabupaten Tana Paser ketika berlangsung gelaran ...

Senin, 15 September 2014 , 23:41:00

UPT PU Kecamatan Penajam Lebihi Target

PENAJAM- Unit Pelaksana Tugas Pekerjaan Umum (UPT PU) Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), telah menyelesaikan pembukaan jalan tani serta jalan ling ...

Senin, 15 September 2014 , 02:05:00

Bupati Beri Kuliah Umum

PENAJAM- Wakil Bupati PPU H Mustaqim diberi tanda kehormatan alumni Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) Jatinangor - Bandung, dalam acara apel pagi di Kampus IPD ...

 
SUPER LIGA
Pelampiasan Beruang Muda
BALIKPAPAN- Tim Persiba Balikpapan U-21 hampir dapat dipastikan gagal melaju ke babak semifinal k ...
Other
 
Kaltim
Pendaftaran CPNS Ditutup Kemarin
PENAJAM- Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) telah menutup pendaft ...
Other
 
Metropolis
SBY : Tuntaskan MP3EI
BALIKPAPAN-Flyover Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan menjadi saksi diresmikan 10 pro ...
Other
 
Kecamatan
Kurangi Kemacetan Depan SDN 002
BALIKPAPAN-Kemacetan yang kerap terjadi di depan SDN 01 dan SDN 02 Balikpapan Tengah (Balteng) Ke ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1