Sabtu, 13 April 2013 , 07:55:00


PENAJAM - Pembangunan dalam suatu daerah tidak selalu dilaksanakan oleh pemerintah daerah, selain itu swasta dan swadaya masyarakat juga dapat membangun daerahnya sendiri.

Keberhasilan seperti itu akhirnya akan mendapat nilai lebih bagi daerah, malah memberi contoh daerah lain untuk mengembangkan daerahnya tanpa harus sepenuhnya bergantung kepada pemerintah daerah.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati (Wabup) Penajam Paser Utara (PPU) H Mustaqim MZ ketika berbincang dengan Balikpapan Pos di ruang kerjanya, baru-baru ini.

“Pembangunan yang dilaksanakan swadaya masyarakat cenderung memiliki hasil yang lebik baik. Pembangunan secara swadaya masyarakat umumnya dikerjakan dengan gotong royong.

Karena masyarakat tentu menginginkan pembangunan yang dikerjakan bagi daerahnya akan menghasilkan lebih baik,” papar Mustaqim.

Sebaliknya, lanjut dia, bila pengerjaan dilaksanakan oleh kontraktor, cenderung banyak yang asal-asalan, tapi itu tidak semuanya.

Karena itu, untuk meningkatkan efektifitas penanggulangan kemiskinan dan penciptaan lapangan kerja, maka pemerintah meluncurkan program yang namanya Program Nasional Pemberdayaan Masyakat-Mandiri Pedesaan (PNPM-MP).

“Melalui PNPM-MP ini upaya penanggulangan kemiskinan yang melibatkan unsur masyarakat, mulai tahap perencanaan, pelaksanaan hingga pemantauan serta evaluasi bisa berhasil,” jelas Mustaqim.

Dikatakannya lagi, PNPM juga bertujuan memunculkan semangat kegotongroyongan dan swadaya masyarakat dalam segala kegiatannya. Sebab dana bantuan langsung masyarakat yang diberikan oleh pemerintah melalui PNPM-MP ini merupakan dana stimulan.

Selama ini masyarakat hanya mengharapkan seluruh biaya hanya berasal dari pemerintah saja. Namun, dengan adanya dana stimulan itu, sangat diharapkan akan mendorong swadaya, prakarsa serta inovasi masyarakat dalam upaya penanggulangan kemiskinan itu sendiri. (pam)

 
OTHER NEWS
Sabtu, 26 Juli 2014 , 07:36:00

H-3 Idul Fitri, Harga Daging Sapi Melambung

PENAJAM - Memasuki H-3 lebaran Idul Fitri, sejumlah komuditas kebutuhan pokok di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) terjadi lonjakan harga. Bahan pokok yang mengalami ...

Sabtu, 26 Juli 2014 , 07:35:00

Polres Siapkan Layanan Gratis Penitipan Barang Berharga

PENAJAM - Memasuki arus mudik lebaran Idul Fitri, Polres Penajam Paser Utara (PPU) mempersiapkan posko layanan bagi pemudik yang hendak beristirahat maupun untuk mempe ...

Sabtu, 26 Juli 2014 , 07:33:00

Pengajuan Berkas Beasiswa Berakhir

PENAJAM - Pemkab Penajam Paser Utara (PPU) telah menutup pengajuan beasiswa untuk sekolah dasar dan mahasiswa. Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemkab PPU, H ...

Jum\'at, 25 Juli 2014 , 10:41:00

Dishub Lakukan Uji Petik

PENAJAM- Jelang Hari Raya Idul Fitri 1436 H, UPTD PKB (Pengujian Kendaraan Bermotor) Dinas Perhubungan, Kebudayaan, Pariwisata dan Kominfo (Dishubudpar-Kominfo) Penaja ...

Jum\'at, 25 Juli 2014 , 10:39:00

Tambah Libur, Siap-siap Kena Sanksi

PENAJAM- Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) mengancam akan menjatuhkan sanksi kepada pegawai negeri sipil (PNS) dan tenaga honorer kalau menambah hari libu ...

 
SUPER LIGA
Wajib Latihan 1 Agustus
BALIKPAPAN- Libur Lebaran Idul Fitri 1435 Hijriah sudah diberikan manajemen tim Persiba Balikpapa ...
Other
 
Kaltim
H-3 Idul Fitri, Harga Daging Sapi Melambung
PENAJAM - Memasuki H-3 lebaran Idul Fitri, sejumlah komuditas kebutuhan pokok di Kabupaten Penaja ...
Other
 
Metropolis
BERKUALITAS
BALIKPAPAN: SMP Patra Dharma (PD) yang terletak di Jalan Sekolah Perapatan ini, bisa bersaing den ...
Other
 
Kecamatan
Waspada, DBD Masih Mengancam
BALIKPAPAN - Hingga saat ini, penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) masih mengancam. Untuk menekan ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1