Sabtu, 13 April 2013 , 07:55:00


PENAJAM - Pembangunan dalam suatu daerah tidak selalu dilaksanakan oleh pemerintah daerah, selain itu swasta dan swadaya masyarakat juga dapat membangun daerahnya sendiri.

Keberhasilan seperti itu akhirnya akan mendapat nilai lebih bagi daerah, malah memberi contoh daerah lain untuk mengembangkan daerahnya tanpa harus sepenuhnya bergantung kepada pemerintah daerah.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati (Wabup) Penajam Paser Utara (PPU) H Mustaqim MZ ketika berbincang dengan Balikpapan Pos di ruang kerjanya, baru-baru ini.

“Pembangunan yang dilaksanakan swadaya masyarakat cenderung memiliki hasil yang lebik baik. Pembangunan secara swadaya masyarakat umumnya dikerjakan dengan gotong royong.

Karena masyarakat tentu menginginkan pembangunan yang dikerjakan bagi daerahnya akan menghasilkan lebih baik,” papar Mustaqim.

Sebaliknya, lanjut dia, bila pengerjaan dilaksanakan oleh kontraktor, cenderung banyak yang asal-asalan, tapi itu tidak semuanya.

Karena itu, untuk meningkatkan efektifitas penanggulangan kemiskinan dan penciptaan lapangan kerja, maka pemerintah meluncurkan program yang namanya Program Nasional Pemberdayaan Masyakat-Mandiri Pedesaan (PNPM-MP).

“Melalui PNPM-MP ini upaya penanggulangan kemiskinan yang melibatkan unsur masyarakat, mulai tahap perencanaan, pelaksanaan hingga pemantauan serta evaluasi bisa berhasil,” jelas Mustaqim.

Dikatakannya lagi, PNPM juga bertujuan memunculkan semangat kegotongroyongan dan swadaya masyarakat dalam segala kegiatannya. Sebab dana bantuan langsung masyarakat yang diberikan oleh pemerintah melalui PNPM-MP ini merupakan dana stimulan.

Selama ini masyarakat hanya mengharapkan seluruh biaya hanya berasal dari pemerintah saja. Namun, dengan adanya dana stimulan itu, sangat diharapkan akan mendorong swadaya, prakarsa serta inovasi masyarakat dalam upaya penanggulangan kemiskinan itu sendiri. (pam)

 
OTHER NEWS
Senin, 01 September 2014 , 09:42:00

Diikuti 80 Peserta

PENAJAM- Ribuan warga memadati sepanjang garis pantai Nipahnipah untuk menyaksikan Festival Layang-layang yang bertaraf nasional yang dilaksanakan oleh Dinas Perhubung ...

Senin, 01 September 2014 , 09:41:00

Prestasi Gadis Kembar

Gadis Kembar dari pasangan Kuswari dan Dariatik dinobatkan sebagai Putri Duta Wisata Penajam Paser Utara (PPU). Arida Mufidah dan Arida Nafisah meraih juara satu dan j ...

Sabtu, 30 Agustus 2014 , 10:03:00

DKPP Launching Bank Sampah

PENAJAM-Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman (DKPP) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) melakukan launching bank sampah di halaman Kantor DKPP PPU, Jum’at ( ...

Sabtu, 30 Agustus 2014 , 10:00:00

PPU Komitmen TuntaskanTapal Batas

PENAJAM-Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) merupakan pecahan dari Kabupaten Tana Paser sejak 2002 silam, ternyata masih memiliki masalah dengan batas wilayah yang dit ...

Jum\'at, 29 Agustus 2014 , 07:31:00

3 Kelurahan Segera Dialiri Listrik

PENAJAM - Tiga wilayahdi Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) patut berbahagia, pasalnya Bupati PPU H Yusran Aspar segera mewujudkan fasilitas listrik 24 jam dan pening ...

 
SUPER LIGA
Permainan Kasar, Aman dari Zona Degradasi
BALIKPAPAN- Plong! Itulah perasaan  para penggawa tim Persiba Balikpapan dan segenap pecinta ...
Other
 
Kaltim
Diikuti 80 Peserta
PENAJAM- Ribuan warga memadati sepanjang garis pantai Nipahnipah untuk menyaksikan Festival Layan ...
Other
 
Metropolis
ANGGUN DAN MENAWAN
BALIKPAPAN- Acara nonton bareng (Nobar) moto GP yang berlangsung di halaman parkir e-Walk Balikpa ...
Other
 
Kecamatan
Wawali Beri Semangat Jalan Santai
BALIKPAPAN-Puncak peringatan HUT Kemerdekaan   RI ke-69 yang digekar di RT 53 Perumahan ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1