Sabtu, 13 April 2013 , 07:55:00


PENAJAM - Pembangunan dalam suatu daerah tidak selalu dilaksanakan oleh pemerintah daerah, selain itu swasta dan swadaya masyarakat juga dapat membangun daerahnya sendiri.

Keberhasilan seperti itu akhirnya akan mendapat nilai lebih bagi daerah, malah memberi contoh daerah lain untuk mengembangkan daerahnya tanpa harus sepenuhnya bergantung kepada pemerintah daerah.

Hal itu disampaikan Wakil Bupati (Wabup) Penajam Paser Utara (PPU) H Mustaqim MZ ketika berbincang dengan Balikpapan Pos di ruang kerjanya, baru-baru ini.

“Pembangunan yang dilaksanakan swadaya masyarakat cenderung memiliki hasil yang lebik baik. Pembangunan secara swadaya masyarakat umumnya dikerjakan dengan gotong royong.

Karena masyarakat tentu menginginkan pembangunan yang dikerjakan bagi daerahnya akan menghasilkan lebih baik,” papar Mustaqim.

Sebaliknya, lanjut dia, bila pengerjaan dilaksanakan oleh kontraktor, cenderung banyak yang asal-asalan, tapi itu tidak semuanya.

Karena itu, untuk meningkatkan efektifitas penanggulangan kemiskinan dan penciptaan lapangan kerja, maka pemerintah meluncurkan program yang namanya Program Nasional Pemberdayaan Masyakat-Mandiri Pedesaan (PNPM-MP).

“Melalui PNPM-MP ini upaya penanggulangan kemiskinan yang melibatkan unsur masyarakat, mulai tahap perencanaan, pelaksanaan hingga pemantauan serta evaluasi bisa berhasil,” jelas Mustaqim.

Dikatakannya lagi, PNPM juga bertujuan memunculkan semangat kegotongroyongan dan swadaya masyarakat dalam segala kegiatannya. Sebab dana bantuan langsung masyarakat yang diberikan oleh pemerintah melalui PNPM-MP ini merupakan dana stimulan.

Selama ini masyarakat hanya mengharapkan seluruh biaya hanya berasal dari pemerintah saja. Namun, dengan adanya dana stimulan itu, sangat diharapkan akan mendorong swadaya, prakarsa serta inovasi masyarakat dalam upaya penanggulangan kemiskinan itu sendiri. (pam)

 
OTHER NEWS
Sabtu, 19 April 2014 , 07:08:00

Mencapai 234 Peserta

PENAJAM -  Minus satu hari sebelum berakhirnya pendaftaran Bintara Dalmas dan Polwan nampak para pemuda dan pemudi mendatangi Polres Penajam Paser Utara (PPU) unt ...

Sabtu, 19 April 2014 , 07:06:00

Penderita HIV AIDS di PPU Bertambah 4 Orang

PENAJAM - Penderita HIV/AIDS  di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) saat ini tercatat sekira 20 orang penderita. Dan pada bulan April 2014 bertambah empat orang ...

Jum\'at, 18 April 2014 , 12:56:00

PPU Sempat Kekurangan Satu LJK

PENAJAM- Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) di Kabupeten Penajam Paser Utara (PPU) berjalan dengan lancar sejak dimulai pada tanggal 14 hingga 16 April. Dalam pelaksanaan ...

Jum\'at, 18 April 2014 , 12:54:00

KPU Siap Menghadapi Segala Bentuk Protes

PENAJAM- Rapat pleno penetapan hasil rekapitulasi pemungutan suara segera dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).  Kare ...

Jum\'at, 18 April 2014 , 12:54:00

Membuat Kacau, Siap-siap Ditangkap

PENAJAM- Pihak Kepolisian Resort Penajam Paser Utara (Polres PPU) telah siaga satu minus tiga hari menjelang  rapat pleno penetapan perolehan suara.Pihak kepolisi ...

 
SUPER LIGA
Pantang Terpeleset
LONDON - Empat laga terakhir di Premier League tak ubahnya laga final bagi Chelsea. Ketinggalan d ...
Other
 
Kaltim
Mencapai 234 Peserta
PENAJAM -  Minus satu hari sebelum berakhirnya pendaftaran Bintara Dalmas dan Polwan nampak ...
Other
 
Metropolis
Peresmian Terminal Baru Bandara Tak Jelas
BALIKPAPAN – Terminal baru bandara Sepinggan yang telah beroperasi 22 Maret lalu, namun sam ...
Other
 
Kecamatan
Masyarakat Antusias Buka Usaha
BALIKPAPAN – Sepertinya banyak masyarakat yang sudah bosan menjadi pekerja atau karyawan. L ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1