Senin, 08 April 2013 , 15:10:00


BALIKPAPAN- Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) No 13 Tahun 2013 Tentang Pencalonan Anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota bersifat final bagi anggota DPRD yang pindah partai dalam pencalonan anggota legislatif Pemilu 2014 harus mengundurkan diri dari kenggotaan di dewan. “Peraturan KPU ini bersifat final jadi bagi anggota DPRD yang partainya tidak lolos verifikasi faktual KPU harus mengundurkan diri dari anggota legislatif,”kata anggota KPU Balikpapan Muhammad Ramli kepada Balikpapan Pos seusai mengikuti Jalan Santai KPU bersama Parpol peserta Pemilu 2014 kemarin.

Bahkan menurut Ramli, bukan hanya anggota DPRD yang pindah partai dalam pencalonan anggota legislatif Pemilu 2014 harus mengundurkan diri dari aggota dewan.Tetapi pengurus dan kader partai yang mencalonkan diri sebagai anggota legislatif harus mengundurkan diri jika pindah partai. “Keharusan mengundurkan diri itu bukan hanya berlaku pada bacaleg (bakal calon legislatif,red) yang pindah partai tetapi juga bagi pengurus dan kader partai dari partai politik yang tidak lolos verifikasi faktual KPU harus mengundurkan diri jika ingin menjadi bacaleg dalam pemilu 2014 mendatang,”tutur Ramli.

Ramli menambahkan pendaftaran bacaleg ini akan dimulai 9 -22 April 2013 di Kantor KPU Jl Jenderal Sudirman depan Pantai Melawai. Dari pendaftaran ini akan diketahui bacaleg dari anggota DPRD, pengurus dan kader parpol yang telah pindah partai. “Yang pindah partai akan ketahuan karena daftar calon sementara KPU akan sampaikan secara terbuka kepada masyarakat,”kata Ramli.

Sebelumnya Ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Balikpapan Syafrudin menyarankan kepada anggota DPRD yang partainya tidak lolos verfikasi faktual KPU namun telah pindah partai untuk segera mengundurkan diri sesuai dengan PKPU No 13 Tahun 2013 yang menyebutkan anggota DPRD yang pindah partai dalam pencalonan anggota legislatif Pemilu 2014 harus mengundurkan diri dari kenggotaan di dewan. Pasalnya, anggota DPRD yang pindah partai ini akan ketahuan setelah pengumuman Daftar Calon Legislatif Sementara (DCS) tanggal 9-22 April 2013.

Penetapan DCS ini diatur dalam Undang-Undang No 08 Tahun 2012 tentang Pemilu anggota DPR, DPD dan DPRD. “Kalau saya sich hanya menyarankan lebih baik mengundurkan diri sekarang lebih terhormat daripada ketahuan masyarakat sudah pindah partai saat penetapan DCS,”kata Syafrudin Menurutnya, selaku Ketua BK dirinya hanya sebatas menyarankan sedangkan keputusan semuanya dikembalikan kepada anggota dewan yang pindah partai. “Kalau saya sebagai Ketua BK hanya sebatas menyarankan karena keputusan tergantung pada anggota dewan yang pindah partai itu,”terang politisi Partai Bulan Bintang (PBB) ini.(vie)

 
OTHER NEWS
Sabtu, 30 Agustus 2014 , 10:23:00

Pengusaha Burung Walet tak Lagi Untung Besar

BALIKPAPAN—Salah satu keunggulan dalam menjalankan usaha adalah mendapatkan keuntungan. Jenis usaha yang mampu menuai untung yang cukup besar adalah usaha sarang ...

Sabtu, 30 Agustus 2014 , 10:23:00

Anggota DPRD yang Baru Diminta Pro Kesejahteraan Rakyat

BALIKPAPAN-Anggota DPRD Balikpapan yang baru, diminta memberikan pembelaan penuh kepada rakyat dalam menjalankan tugasnya. Khususnya membela kesejahteraan para Ketua R ...

Sabtu, 30 Agustus 2014 , 10:22:00

Warga Masih Menanti Razia Gepeng dan Anjal

BALIKPAPAN—Warga  Balikpapan khususnya di wilayah kecamatan Balikpapan Kota, hingga saat ini masih menunggu adanya tindakan dari pihak kecamatan dan Satpol ...

Sabtu, 30 Agustus 2014 , 10:20:00

LPM dan Kelurahan Kerjasama Benahi Lingkungan

BALIKPAPAN—Untuk meningkatkan hubungan silaturahim di antara warga Klandasan Ilir, maka digelar sebuah kegiatan Halal Bihalal dan silaturahim habis Lebaran yang ...

Jum\'at, 29 Agustus 2014 , 07:26:00

BAK SAMPAH

Kelurahan Damai mendapatkan bantuan bak sampah dari Kecamamatan Balikpapan Kota. Bantuan itu merupakan program Kecamatan dalam memelihara kebersihan lingkungan.

 
SUPER LIGA
Tuntaskan Sekarang!
BALIKPAPAN- Menang! Pilihan yang harus bisa dituntaskan tim Persiba Balikpapan jika ingin mengunc ...
Other
 
Kaltim
DKPP Launching Bank Sampah
PENAJAM-Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman (DKPP) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) mela ...
Other
 
Metropolis
PARKIRAN SEMPIT
BALIKPAPAN- Kendaraan milik anggota DPRD ini terpaksa harus diparkir di bahu jalan, akibat tempat ...
Other
 
Kecamatan
Pemkot Kurang Maksimal Memelihara Fasum
BALIKPAPAN-Sejumlah warga mengeluhkan jam dinding yang berada di tugu simpangan Gunung Sari menuj ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1