Jum'at, 05 April 2013 , 08:28:00


DEMOKRASI : Ketiga pasangan calon memperlihatkan wajah ceriah saat foto bersama dengan anggota KPUD usai pengundian nomor urut lalu. Dalam demokrasi politik, pemilukada pasti ada yang kalah dan menang.

PENAJAM- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dalam waktu dekat ini mendatangi Kantor KPU Pusat di Jakarta. Kedatangan anggota KPU Kabupaten PPU ini masalah keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) tentang penggunaan kartu tanda penduduk (KTP) dan kartu keluarga (KK) dalam Pemilukada PPU 25 April mendatang.

Ketua KPU Kabupaten PPU Andi Arfin mengatakan, tujuannya untuk mengetahui batas penerbitan KTP dan KK yang bisa digunakan saat pemungutan suara. Pasalnya, dalam putusan MK bernomor 85/PUU-8/2012 tertanggal 13 Maret 2013 tentang Penggunaan Hak Pilih setiap warga negara yang bisa menggunakan KTP dan KK saat pemungutan suara.

Hal ini disampaikan Andi Arfin saat sosialisasi putusan MK kepada tim sukses (timses) ketiga pasangan Cabup dan Cawabup nomor urut 1 Yusran Aspar-Mustaqim MZ (YAQIN), nomor urut 2 Andi Harahap-Sutiman (AMAN) dan nomor urut 3 Sandra Puspa Dewi-Harimuddin Rasyid (SPDU).

Humas Timses YAQIN, H Taufik, meminta ketegasan kepada KPU PPU mengenai putusan MK itu. Alasannya, mereka khawatir ada eksodus warga yang datang memberikan hak suara dalam pemilukada mendatang. "Supaya tak ada kecurigaan eksodus menggunakan hak pilih, ya kami minta ketegasan KPUD mengenai putusan MK ini," jelas Taufik.

Taufik mengatakan, ketegasan memberikan batas waktu atau batas penerbitan KTP dan KK yang bisa memberikan hak suara dalam pemilukada mendatang. Misalnya saja KTP dan KK yang terbit 2013 ini tidak lagi diberikan kesempatan untuk memberikan hak suara.

Karena menurutnya, keputusan MK ini tidak mutlak untuk dilaksanakan. Jangan sampai nanti setelah terbitnya putusan MK ini warga berlomba-lomba membuat KTP dan KK. "Kita lihat setiap hari kan banyak warga yang datang ke Kantor Disdukcapil.

Makanya kami minta agar KPUD ini bersikap tegas memberikan pembatasan penerbitan KTP yang bisa digunakan saat pencoblosan pemilukada 25 April mendatang," jelas Taufik.

Andi Arfin kembali menjelaskan, terbitnya surat keputusan MK tentang penggunaan KTP dan KK saat pemungutan suara harus dilaksanakan. Karena pihaknya diberikan kewenangan secara teknis melaksanakan penggunaan KTP dan KK.

"Bagi pemilik KTP dan KK, tapi tidak masuk DPT diberikan kesempatan menyalurkan hak suaranya. Tapi, syaratnya dilakukan satu jam sebelum berakhir waktu pencoblosan, atau dari pukul 12.00-13.00 WITA," tegas Arfin.

Selain itu, pihaknya juga diberikan kewenangan melakukan sosialisasi tentang keputusan MK kepada PPK, PPS sampai KPPS. KPU PPU juga meminta kepada mereka mendata warga yang tidak masuk DPT di wilayah mereka tapi memiliki KTP dan KK.

Sosialisasi ini dihadiri Kepala Disdukcapil Tur Wahyu, Desk Pilkada Yahya, anggota Panwaslu, Kabag Hukum Setkab PPU Heni Susanto, lalu diputuskan rencana konsultasi mengenai pembatasan terbit KTP dan KK ini ke KPU Pusat.(pam)

 
OTHER NEWS
Jum\'at, 19 September 2014 , 06:56:00

Limbah Pabrik PT Agro Indomas Cemari Udara

PENAJAM- Warga Kelurahan Pemaluan, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) mengeluhkan adanya pencemaran udara dari limbah pabrik kelapa sawit milik PT A ...

Jum\'at, 19 September 2014 , 06:55:00

Nanang Ali dan Sudirman Bakal Tetap Pimpin DPRD

PENAJAM- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) ke depannya akan terlihat lebih dinamis, karena  memiliki 6 fraksi. Jika sebelu ...

Jum\'at, 19 September 2014 , 06:55:00

THL Perhubungan Dipecat

PENAJAM- Banyaknya Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Tenaga Harian Lepas (THL) yang terjaring razia oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Penajam Paser Ut ...

Jum\'at, 19 September 2014 , 06:53:00

Hutan Kota Dilalap Api

PENAJAM- Hutan Kota milik Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) mengalami kebakaran. Peristiwa itu terjadi Kamis (18/9) sekira pukul 14.30 Wita. Kabid Kehutan ...

Kamis, 18 September 2014 , 02:29:00

66 PNS dan THL Terjaring Razia

PENAJAM- Tak kenal jera, kata itu layak dilayangkan kepada sejumlah Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Tenaga Harian Lepas (THL) yang berulang kali terjaring razia yang di ...

 
SUPER LIGA
Misi Hapus Aib Kandang
BALIKPAPAN- Laga pamungkas Babak 12 Besar Indonesia Super League (ISL) U-21 akan dimainkan serent ...
Other
 
Kaltim
Limbah Pabrik PT Agro Indomas Cemari Udara
PENAJAM- Warga Kelurahan Pemaluan, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) mengeluh ...
Other
 
Metropolis
Satpol PP Bongkar 5 Bangunan Liar
BALIKPAPAN- Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dibantu sekuriti PT Pertamina dan aparat TNI A ...
Other
 
Kecamatan
Pol PP Gelar Penyuluhan Keamanan Lingkungan
BALIKPAPAN-Untuk meningkatkan pengendalian lingkungan di Kota Balikpapan, Satpol PP Kota Balikpap ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1