Rabu, 03 April 2013 , 08:48:00


BALIKPAPAN-Hujan deras yang mengguyur kota Balikpapan, mengakibatkan terjadinya longsor di lingkungan RT 35 Kelurahan Baru Ulu Balikpapan Barat. Akibat dari longsor tersebut ada tiga buah rumah warga yang mengalami kerusakan.

Lurah Baru Ulu Asrif Hamsah mengatakan, longsor terjadi di Jalan Sultan Hasanuddin RT 35, akibat hujan deras dan tidak ada korban jiwa dalam hal kejadian tersebut. Namun satu rumah mengalami kerusakan parah dan yang keduanya hanya rusak ringan.

“Kejadiannya berlangsung pada malam hari dan lokasi tersebut berada di dataran tinggi sehingga rumah yang di bawahnya kena, selain rumah tanah di sekitar masjid pun ikut runtuh akan tetapi masjidnya tidak apa-apa,” katanya.

Dirinya menambahkan, ada 4 kepala keluarga yang terkena longsor dan 15 jiwa di antaranya Sariyanshah, Antong, Baharuddin, Mustari. Keempat KK tersebut sudah mengungsi dirumah tetangga yang ada di sekitar wilayah itu.

Asrif Hamsah mengakui, lokasi bangunan yang terkena longsor akibat hujan itu memiliki pondasi yang tidak kuat, ditambah lagi posisi bangunan berada di jurang sehingga apabila datang bencana alam rumah tersebut cepat terkena imbasnya.

“Posisi bangunan rumah berada dijurang, dan pondasi bangunannya tidak kuat asal jadi sehingga tidak menutup kemungkinan hujan semalam saja bisa hancur, ditambah lagi darinase yang ada di sekitar perumahan itu keadaanya rusak,” imbuh Asrif.

Menurutnya, mengenai bantuan yang diperuntukkan bagi korban tanah longsor tersebut hingga siang kemarin belum ada, hanya saja dari pihak DPU untuk bantuan pembenahan masjid sudah ada, karena kondisi tanah arealnya mengalami keruntuhan.

Akan tetapi bantuan dalam bentuk lain dari donatur hingga saat ini belum, Karena kondisi lokasi tanah longsor banyak yang runtuh sehingga dipasangi tanda larangan agar warga yang menjadi korban tidak menempati rumahnya untuk sementara mengingat cuaca masih ekstrem.

“Untuk sementara para korban disuruh mengungsi, takutnya hujan bertambah parah dan kondisi rumah malah bertambah hancur sehingga demi keselamatannya mereka harus tinggalkan rumahnya untuk sementara menunggu adanya perbaikan serta bantuan dari pemerintah dan para donatur,” tutur lurah baru tersebut.

Asrif Hamsah mengimbau kepada semua masyarakat yang berada di dataran tinggi agar berhati-hati mengingat cuaca ekstrem, itu semua untuk menjaga kemungkinan sesuatu yang tidak diharapkan dan demi keselamatan warga setempat.

Dirinya mengakui, cuaca seperti ytang terjadi sekarang ini tidak bisa diprediksikan sehingga warga harus menjaga diri dan keluarga serta berhati-hati terutama di wilayah rawan longsor seperti yang terjadi Jl Sultan Hasanudin.

“Sebagai lurah yang peduli terhadap masyarakatnya saya mengimbau kepada seluruhnya agar berhati-hati dengan cuaca ekstrem seperti yang terjadi saat ini terutama bagi warga yang berada di dataran tinggi, ini semua demi keselamatan masing-masing pihak,” tutup Asrif.

Selain itu dirinya berharap kepada pemerintah dan para donatur agar memberikan bantuan seadanya kepada para korban tanah longsor tersebut mengingat kondisi mereka sangat memprihatinkan terutama bagi rumah yang mengalami kerusakan parah.(***/bp-13)

 
OTHER NEWS
Rabu, 23 Juli 2014 , 12:07:00

Jalan Km 1,5 “Direbonding”

BALIKPAPAN-Pengguna kendaraan bermotor tidak perlu lagi khawatir saat melintas di jalan keriting Km 1,5 hingga depan kantor Kelurahan Muara Rapak. Mulai Selasa (22/7) ...

Rabu, 23 Juli 2014 , 12:03:00

Harga Sejumlah Komoditas Naik

BALIKPAPAN-Menjelang tibanya Idul Fitri, sejumlah harga komoditas di pasar tradisional Muara Rapak mulai naik. Telur misalkan, kenaikannya mencapai Rp3000 dibandingkan ...

Rabu, 23 Juli 2014 , 12:01:00

Rehab Taman Melawai II Rampung

BALIKPAPAN - Ruang terbuka hijau (RTH) wilayah kecamatan Balikpapan Selatan semakin banyak saja. Setelah ada Taman Tiga Generasi di Sepinggan Baru dan Taman Lalu Linta ...

Rabu, 23 Juli 2014 , 12:00:00

Demi Kamtibmas, Rutin Pantau Poskamling

BALIKPAPAN - Bukan demi hanya menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) pasca pemilihan presiden (pilpres) 2014, Kasi Trantib dan Lingkungan Hidup Sepingg ...

Rabu, 23 Juli 2014 , 11:59:00

Showroom Motor Bekas Sepi Pembeli

BALIKPAPAN–Agar dapat tetap bersilaturahim dengan keluarga dan kerabat memasuki masa liburan Hari Raya Idul Fitri 1435 hijriah, sebagian warga Balikpapan mencari ...

 
SUPER LIGA
Tambah Jam Terbang
TERNATE- Timnas U-19 akan menututp laga uji coba melawan tim Persiter Ternate U-21 di Stadion Gel ...
Other
 
Kaltim
Barang Bukti Narkoba Dimusnahkan
PENAJAM- Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) melakukan upacara memperin ...
Other
 
Metropolis
SEMRAWUT
BALIKPAPAN- Byarpet atau pemadaman listrik di Kota Balikpapan kerap terjadi. Hal ini tentunya ...
Other
 
Kecamatan
Jalan Km 1,5 “Direbonding”
BALIKPAPAN-Pengguna kendaraan bermotor tidak perlu lagi khawatir saat melintas di jalan keriting ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1