Rabu, 03 April 2013 , 08:48:00


BALIKPAPAN-Hujan deras yang mengguyur kota Balikpapan, mengakibatkan terjadinya longsor di lingkungan RT 35 Kelurahan Baru Ulu Balikpapan Barat. Akibat dari longsor tersebut ada tiga buah rumah warga yang mengalami kerusakan.

Lurah Baru Ulu Asrif Hamsah mengatakan, longsor terjadi di Jalan Sultan Hasanuddin RT 35, akibat hujan deras dan tidak ada korban jiwa dalam hal kejadian tersebut. Namun satu rumah mengalami kerusakan parah dan yang keduanya hanya rusak ringan.

“Kejadiannya berlangsung pada malam hari dan lokasi tersebut berada di dataran tinggi sehingga rumah yang di bawahnya kena, selain rumah tanah di sekitar masjid pun ikut runtuh akan tetapi masjidnya tidak apa-apa,” katanya.

Dirinya menambahkan, ada 4 kepala keluarga yang terkena longsor dan 15 jiwa di antaranya Sariyanshah, Antong, Baharuddin, Mustari. Keempat KK tersebut sudah mengungsi dirumah tetangga yang ada di sekitar wilayah itu.

Asrif Hamsah mengakui, lokasi bangunan yang terkena longsor akibat hujan itu memiliki pondasi yang tidak kuat, ditambah lagi posisi bangunan berada di jurang sehingga apabila datang bencana alam rumah tersebut cepat terkena imbasnya.

“Posisi bangunan rumah berada dijurang, dan pondasi bangunannya tidak kuat asal jadi sehingga tidak menutup kemungkinan hujan semalam saja bisa hancur, ditambah lagi darinase yang ada di sekitar perumahan itu keadaanya rusak,” imbuh Asrif.

Menurutnya, mengenai bantuan yang diperuntukkan bagi korban tanah longsor tersebut hingga siang kemarin belum ada, hanya saja dari pihak DPU untuk bantuan pembenahan masjid sudah ada, karena kondisi tanah arealnya mengalami keruntuhan.

Akan tetapi bantuan dalam bentuk lain dari donatur hingga saat ini belum, Karena kondisi lokasi tanah longsor banyak yang runtuh sehingga dipasangi tanda larangan agar warga yang menjadi korban tidak menempati rumahnya untuk sementara mengingat cuaca masih ekstrem.

“Untuk sementara para korban disuruh mengungsi, takutnya hujan bertambah parah dan kondisi rumah malah bertambah hancur sehingga demi keselamatannya mereka harus tinggalkan rumahnya untuk sementara menunggu adanya perbaikan serta bantuan dari pemerintah dan para donatur,” tutur lurah baru tersebut.

Asrif Hamsah mengimbau kepada semua masyarakat yang berada di dataran tinggi agar berhati-hati mengingat cuaca ekstrem, itu semua untuk menjaga kemungkinan sesuatu yang tidak diharapkan dan demi keselamatan warga setempat.

Dirinya mengakui, cuaca seperti ytang terjadi sekarang ini tidak bisa diprediksikan sehingga warga harus menjaga diri dan keluarga serta berhati-hati terutama di wilayah rawan longsor seperti yang terjadi Jl Sultan Hasanudin.

“Sebagai lurah yang peduli terhadap masyarakatnya saya mengimbau kepada seluruhnya agar berhati-hati dengan cuaca ekstrem seperti yang terjadi saat ini terutama bagi warga yang berada di dataran tinggi, ini semua demi keselamatan masing-masing pihak,” tutup Asrif.

Selain itu dirinya berharap kepada pemerintah dan para donatur agar memberikan bantuan seadanya kepada para korban tanah longsor tersebut mengingat kondisi mereka sangat memprihatinkan terutama bagi rumah yang mengalami kerusakan parah.(***/bp-13)

 
OTHER NEWS
Rabu, 03 September 2014 , 07:50:00

Rumah Luki Minta Dikosongkan

BALIKPAPAN  - Lurah Gunung Sari Ilir (GSI), Suparli, mengkwatirkan kondisi rumah longsor milik Luki Seheri warga RT 60 GSI. Pasalnya, posisi rumah longsor itu ber ...

Rabu, 03 September 2014 , 07:46:00

DTKP Minta Wika Dukung Pembangunan Masjid

BALIKPAPAN - PT  Wika Realty Balikpapan diminta serius dan mendukung upaya masyarakat Tamansari Bukit Mutiara (TBM) I untuk mewujudkan masyarakat muslim membangun ...

Rabu, 03 September 2014 , 07:43:00

Jalan Poros Perintis KM 4 Rusak

BALIKPAPAN - Jalan poros Perintis KM 3 RT 35 Kelurahan Batu Ampar Balikpapan Utara kondisinya rusak parah, apalagi di tanjakan dekat rumah salah seorang anggota DPRD P ...

Rabu, 03 September 2014 , 07:42:00

Sepanjang Jalan Lampu PJU Padam

BALIKPAPAN - Sepanjang Jalan raya di poros Hasanuddin Kariangau , banyak lampu penerangan jalan umum (PJU) yang mati. Hal itu menyebabkan, malam hari jalanan menjadi g ...

Rabu, 03 September 2014 , 07:41:00

Hiburan Masyarakat Berlanjut Setiap Tahun

BALIKPAPAN -  Perayaan HUT Kemerdekaan RI  ke-69 berlangsung semarak di kalangan RT. Kali ini RT 7 dan 8 Kelurahan Baru Ulu Balikpapan Barat menyelenggarakan ...

 
SUPER LIGA
Bukan Pembalasan Dendam
DUSSELDORF -  Kurang dari dua bulan setelah kemenangan di grand final Piala Dunia, Jerman ak ...
Other
 
Kaltim
Humas Pemkab Berkunjung ke Redaksi Balpos
PENAJAM - Hari Jadi ke-13 Surat Kabar Harian (SKH) Balikpapan Pos yang diperingati setiap tahun 1 ...
Other
 
Metropolis
JALAN ALTERNATIF
Pemkot akhirnya memperbaiki  jalan Beler  yang terletak di antara Kecamatan Balikpapan ...
Other
 
Kecamatan
Rumah Luki Minta Dikosongkan
BALIKPAPAN  - Lurah Gunung Sari Ilir (GSI), Suparli, mengkwatirkan kondisi rumah longsor mil ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1