Rabu, 03 April 2013 , 08:48:00


BALIKPAPAN-Hujan deras yang mengguyur kota Balikpapan, mengakibatkan terjadinya longsor di lingkungan RT 35 Kelurahan Baru Ulu Balikpapan Barat. Akibat dari longsor tersebut ada tiga buah rumah warga yang mengalami kerusakan.

Lurah Baru Ulu Asrif Hamsah mengatakan, longsor terjadi di Jalan Sultan Hasanuddin RT 35, akibat hujan deras dan tidak ada korban jiwa dalam hal kejadian tersebut. Namun satu rumah mengalami kerusakan parah dan yang keduanya hanya rusak ringan.

“Kejadiannya berlangsung pada malam hari dan lokasi tersebut berada di dataran tinggi sehingga rumah yang di bawahnya kena, selain rumah tanah di sekitar masjid pun ikut runtuh akan tetapi masjidnya tidak apa-apa,” katanya.

Dirinya menambahkan, ada 4 kepala keluarga yang terkena longsor dan 15 jiwa di antaranya Sariyanshah, Antong, Baharuddin, Mustari. Keempat KK tersebut sudah mengungsi dirumah tetangga yang ada di sekitar wilayah itu.

Asrif Hamsah mengakui, lokasi bangunan yang terkena longsor akibat hujan itu memiliki pondasi yang tidak kuat, ditambah lagi posisi bangunan berada di jurang sehingga apabila datang bencana alam rumah tersebut cepat terkena imbasnya.

“Posisi bangunan rumah berada dijurang, dan pondasi bangunannya tidak kuat asal jadi sehingga tidak menutup kemungkinan hujan semalam saja bisa hancur, ditambah lagi darinase yang ada di sekitar perumahan itu keadaanya rusak,” imbuh Asrif.

Menurutnya, mengenai bantuan yang diperuntukkan bagi korban tanah longsor tersebut hingga siang kemarin belum ada, hanya saja dari pihak DPU untuk bantuan pembenahan masjid sudah ada, karena kondisi tanah arealnya mengalami keruntuhan.

Akan tetapi bantuan dalam bentuk lain dari donatur hingga saat ini belum, Karena kondisi lokasi tanah longsor banyak yang runtuh sehingga dipasangi tanda larangan agar warga yang menjadi korban tidak menempati rumahnya untuk sementara mengingat cuaca masih ekstrem.

“Untuk sementara para korban disuruh mengungsi, takutnya hujan bertambah parah dan kondisi rumah malah bertambah hancur sehingga demi keselamatannya mereka harus tinggalkan rumahnya untuk sementara menunggu adanya perbaikan serta bantuan dari pemerintah dan para donatur,” tutur lurah baru tersebut.

Asrif Hamsah mengimbau kepada semua masyarakat yang berada di dataran tinggi agar berhati-hati mengingat cuaca ekstrem, itu semua untuk menjaga kemungkinan sesuatu yang tidak diharapkan dan demi keselamatan warga setempat.

Dirinya mengakui, cuaca seperti ytang terjadi sekarang ini tidak bisa diprediksikan sehingga warga harus menjaga diri dan keluarga serta berhati-hati terutama di wilayah rawan longsor seperti yang terjadi Jl Sultan Hasanudin.

“Sebagai lurah yang peduli terhadap masyarakatnya saya mengimbau kepada seluruhnya agar berhati-hati dengan cuaca ekstrem seperti yang terjadi saat ini terutama bagi warga yang berada di dataran tinggi, ini semua demi keselamatan masing-masing pihak,” tutup Asrif.

Selain itu dirinya berharap kepada pemerintah dan para donatur agar memberikan bantuan seadanya kepada para korban tanah longsor tersebut mengingat kondisi mereka sangat memprihatinkan terutama bagi rumah yang mengalami kerusakan parah.(***/bp-13)

 
OTHER NEWS
Kamis, 24 April 2014 , 07:57:00

Jalan Projakal Km 5 Rusak Parah

BALIKPAPAN-Kondisi jalan Projakal KM 5 Kelurahan Graha Indah semakin parah sehingga dikeluhkan warga sekitar serta  pengguna jalan yang kerap melintasi di kawasan ...

Kamis, 24 April 2014 , 07:56:00

Warga Perumahan Wika Aktif Senam Bersama

BALIKPAPAN-Warga Perumahan Wika di RT 15 KelurahanGunung Samarinda Baru (GSmB) aktif melakukan senam bersama setiap minggu guna membiasakan pola hidup sehat. Kegiatan ...

Kamis, 24 April 2014 , 07:55:00

Puskesmas Karang Joang Siap Melayani 24 Jam

BALIKPAPAN- PihakPuskesmas Kelurahan Karang Joang selalu setia melayani masyarakat dengan memberikan pelayanan kesehatan selama 24 jam. “Kami disini selalu setia ...

Kamis, 24 April 2014 , 07:54:00

PKK Sungainangka Gelar Lomba Kebaya dan Menu Sehat

BALIKPAPAN - Momen peringatan Hari Kartini yang jatuh setiap tanggal 21 April tidak mau dilewatkan begitu saja oleh Tim Penggerak PKK Kelurahan Sungainangka, Balikpapa ...

Kamis, 24 April 2014 , 07:54:00

Sepinggan Baru Tuntaskan Verifikasi Lapangan

BALIKPAPAN - Tahun ini, Pemkot kembali menyalurkan anggaran Rp11 miliar untuk pemerataan pembangunan di lingkungan RT melalui program bantuan Stimulan Partisipasi Goto ...

 
SUPER LIGA
Misi Keluar Zona Merah
BALIKPAPAN– Bayang-bayang degradasi semakin menghantui Persiba Balikpapan. Hanya mengoleksi ...
Other
 
Kaltim
RPJMD Jadi Landasan Hukum, Minta Segera Disahkan
PENAJAM– Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) ...
Other
 
Metropolis
Sepinggan Raya Tercemar Limbah Berbahaya
BALIKPAPAN- Sejumlah warga mengeluhkan limbah bekas pelumas kendaraan yang dibuang di drainase ka ...
Other
 
Kecamatan
Jalan Projakal Km 5 Rusak Parah
BALIKPAPAN-Kondisi jalan Projakal KM 5 Kelurahan Graha Indah semakin parah sehingga dikeluhkan wa ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1