Rabu, 27 Maret 2013 , 12:48:00


TERSANGKA : Karyawan toko Nuansa Elektronik yang bersekongkol mencuri, (kiri ke kanan) Hendrik, Deddy Setiawan, Herman dan Heri Siswandi.

BALIKPAPAN-Unit Kejahatan dan Kekerasan (Jahtanras) Satreskrim Polres Balikpapan pada Senin malam (25/3), menggelandang empat orang karyawan toko Nuansa Elektronik lantaran diduga mencuri sejumlah barang elektronik dari gudang toko tersebut.

Mereka adalah Dedi Setiawan, Hendrik Eko Sujarwo, Herman, dan Heri Siswandi. Sebelum digelandang, mereka dijemput polisi dari rumah masing-masing. Bersamaan dengan penangkapan itu, polisi mendapati barang bukti berupa 4 unit TV LED 32 inch, 2 unit TV LED 42 inch, 1 unit Home Theater serta uang sebanyak Rp12 juta hasil kejahatan.

Barang bukti tersebut didapati polisi saat melakukan penggeledahan di rumah tersangka Hendrik, di kawasan Gunung Empat, Margomulyo Balikpapan Barat. Modus yang digunakan para tersangka untuk mencuri barang elektronik bernilai jual Rp 2 juta hingga Rp4 juta itu dengan cara menyisipkan beberapa barang saat toko melakukan Drop Out atau pengantaran barang kepada pemesan.

Para tersangka ini mengaku tidak terlalu sulit untuk menggondol barang-barang tersebut. Tersangka Deddy Setiawan yang merupakan Supervisor toko mengaku, hanya mengandalkan kelengahan Supervisor gudang untuk menyisipkan barang di mobil pengantar pesanan. Apalagi, Heri Siswandi sehari-hari bekerja sebagai sopir gudang. Sementara dua lainnya Hendrik dan Herman yang juga karyawan bagian gudang, bertugas mengambil barang tersebut.

Sedangkan Deddy berperan untuk memastikan aksi itu tidak terawasi oleh supervisor dan karyawan lain selain juga catatan barang keluar dengan aman. "Kami memanfaatkan kesempatan, saat supervisor meninggalkan gudang, baru tanggal 23 (Maret, Red) yang lalu kami mencuri ini," aku Deddy di hadapan penyidik. Oleh para tersangka, barang elektronik yang disisipkan itu kemudian ditampung sementara di rumah Hendrik.

Kemudian, barang itu ditawarkan kepada penadahnya Irfan untuk dijual kembali dengan kisaran harga setengah dari harga jual toko. Oleh Irfan, barang tersebut sempat dijual kepada tiga orang lainnya. Namun, belum sempat keempat karyawan itu menikmati hasil kejahatannya, polisi lebih dahulu membongkar persekongkolan itu.

Manajer cabang Nuansa Elektronik Balikpapan, Ronny mengungkapkan, pihaknya masih melakukan audit internal guna mengetahui pasti banyaknya kerugian. Untuk sementara, barang bukti yang didapati polisi dapat dipastikan milik toko. "Sementara barang-barang ini dipastikan milik kami, untuk keseluruhannya kami belum tahu. Kemungkinan masih ada lagi," kata Ronny di Polres Balikpapan, kemarin.

Atas kasus ini, polisi mengamankan 8 orang yang diduga terlibat sebagai pelaku maupun penadah. Selain 4 karyawan, 4 orang lainnya diduga sebagai penadah. "Pelaku pencurian kita jerat dengan pasal 363 kuhp tentang pencurian, sisanya kita kenakan 480 KUHP," tutup Kanit Jahtanras Polres Balikpapan, Ipda Nursapto.(bp-15)

 
OTHER NEWS
Senin, 01 September 2014 , 12:59:00

Warga Penajam Curi Kotak Amal

BALIKPAPAN-Datang ke Kota Beriman menjadi penjahat maling kotak amal di masjid. Itulah yang dilakukan dua warga Penajam, Dony (20) dan Oky alias Pakki (20). Kedua pemu ...

Senin, 01 September 2014 , 12:56:00

Gakin Tak Punya BPJS

BALIKPAPAN-Nasib yang dialami keluarga miskin (gakin) atas nama  Maksum (72), sungguh memilukan.  Kakek warga RT 13 Mekar Sari ini menderita sakit, hanya ter ...

Senin, 01 September 2014 , 12:50:00

Pencuri Barang Bengkel Diamankan

BALIKPAPAN-Pihak Polsek Balikpapan Utara mengamankan Ilham (24) dan menetapkannya sebagai tersangka pelaku penggelapan barang-barang bengkel Borneo Jaya Sakti milik Ir ...

Senin, 01 September 2014 , 12:49:00

Pengamanan KRB, Kapolres ke Batam

BALIKPAPAN-Setelah dilakukan peresmian Kebun Raya Balikpapan (KRB) oleh Menteri Kehutanan (Menhut), Zulkifli Hasan dan Menteri Pekerjaan Umum (Men PU), Djoko Kirmanto, ...

Minggu, 31 Agustus 2014 , 18:31:00

Distributor Bir Bintang Lecehkan Perwali

BALIKPAPAN-Kendati mendapat julukan Kota Beriman, penjualan minuman keras (miras) masih saja marak. Buktinya saat razia personel gabungan di bawah komando pihak Kecama ...

 
SUPER LIGA
Permainan Kasar, Aman dari Zona Degradasi
BALIKPAPAN- Plong! Itulah perasaan  para penggawa tim Persiba Balikpapan dan segenap pecinta ...
Other
 
Kaltim
Diikuti 80 Peserta
PENAJAM- Ribuan warga memadati sepanjang garis pantai Nipahnipah untuk menyaksikan Festival Layan ...
Other
 
Metropolis
ANGGUN DAN MENAWAN
BALIKPAPAN- Acara nonton bareng (Nobar) moto GP yang berlangsung di halaman parkir e-Walk Balikpa ...
Other
 
Kecamatan
Wawali Beri Semangat Jalan Santai
BALIKPAPAN-Puncak peringatan HUT Kemerdekaan   RI ke-69 yang digekar di RT 53 Perumahan ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1