Rabu, 27 Maret 2013 , 12:48:00


TERSANGKA : Karyawan toko Nuansa Elektronik yang bersekongkol mencuri, (kiri ke kanan) Hendrik, Deddy Setiawan, Herman dan Heri Siswandi.

BALIKPAPAN-Unit Kejahatan dan Kekerasan (Jahtanras) Satreskrim Polres Balikpapan pada Senin malam (25/3), menggelandang empat orang karyawan toko Nuansa Elektronik lantaran diduga mencuri sejumlah barang elektronik dari gudang toko tersebut.

Mereka adalah Dedi Setiawan, Hendrik Eko Sujarwo, Herman, dan Heri Siswandi. Sebelum digelandang, mereka dijemput polisi dari rumah masing-masing. Bersamaan dengan penangkapan itu, polisi mendapati barang bukti berupa 4 unit TV LED 32 inch, 2 unit TV LED 42 inch, 1 unit Home Theater serta uang sebanyak Rp12 juta hasil kejahatan.

Barang bukti tersebut didapati polisi saat melakukan penggeledahan di rumah tersangka Hendrik, di kawasan Gunung Empat, Margomulyo Balikpapan Barat. Modus yang digunakan para tersangka untuk mencuri barang elektronik bernilai jual Rp 2 juta hingga Rp4 juta itu dengan cara menyisipkan beberapa barang saat toko melakukan Drop Out atau pengantaran barang kepada pemesan.

Para tersangka ini mengaku tidak terlalu sulit untuk menggondol barang-barang tersebut. Tersangka Deddy Setiawan yang merupakan Supervisor toko mengaku, hanya mengandalkan kelengahan Supervisor gudang untuk menyisipkan barang di mobil pengantar pesanan. Apalagi, Heri Siswandi sehari-hari bekerja sebagai sopir gudang. Sementara dua lainnya Hendrik dan Herman yang juga karyawan bagian gudang, bertugas mengambil barang tersebut.

Sedangkan Deddy berperan untuk memastikan aksi itu tidak terawasi oleh supervisor dan karyawan lain selain juga catatan barang keluar dengan aman. "Kami memanfaatkan kesempatan, saat supervisor meninggalkan gudang, baru tanggal 23 (Maret, Red) yang lalu kami mencuri ini," aku Deddy di hadapan penyidik. Oleh para tersangka, barang elektronik yang disisipkan itu kemudian ditampung sementara di rumah Hendrik.

Kemudian, barang itu ditawarkan kepada penadahnya Irfan untuk dijual kembali dengan kisaran harga setengah dari harga jual toko. Oleh Irfan, barang tersebut sempat dijual kepada tiga orang lainnya. Namun, belum sempat keempat karyawan itu menikmati hasil kejahatannya, polisi lebih dahulu membongkar persekongkolan itu.

Manajer cabang Nuansa Elektronik Balikpapan, Ronny mengungkapkan, pihaknya masih melakukan audit internal guna mengetahui pasti banyaknya kerugian. Untuk sementara, barang bukti yang didapati polisi dapat dipastikan milik toko. "Sementara barang-barang ini dipastikan milik kami, untuk keseluruhannya kami belum tahu. Kemungkinan masih ada lagi," kata Ronny di Polres Balikpapan, kemarin.

Atas kasus ini, polisi mengamankan 8 orang yang diduga terlibat sebagai pelaku maupun penadah. Selain 4 karyawan, 4 orang lainnya diduga sebagai penadah. "Pelaku pencurian kita jerat dengan pasal 363 kuhp tentang pencurian, sisanya kita kenakan 480 KUHP," tutup Kanit Jahtanras Polres Balikpapan, Ipda Nursapto.(bp-15)

 
OTHER NEWS
Senin, 21 April 2014 , 10:53:00

Terancam Bom, Paskah Ditunda

BALIKPAPAN- Warga Jalan Syarifuddin Yoes, RT 39 Kelurahan Sepinggan Baru, Balikpapan Selatan, tepatnya di sekitar Gereja Injil Nusantara Jemaat Kasih digegerkan dengan ...

Senin, 21 April 2014 , 10:52:00

Ayah Perkosa Anak Kandung

PENAJAM-Pelecehan seksual terhadap anak di bawah umur kembali terjadi. Mirisnya lagi, kali ini pelaku tak lain orang terdekat korban. Entah setan apa yang merasuki Sud ...

Senin, 21 April 2014 , 10:50:00

Digerebek, Sembunyi Dalam Drum

BALIKPAPAN–Berakhir sudah masa pelarian pria yang sebelumnya diberitakan dengan inisial Rw, pelaku curanmor yang meresahkan di Kota Minyak. Tim Opsnal Polsek Bal ...

Senin, 21 April 2014 , 10:48:00

Murid SD Dicabuli Penjual Sayur

BONTANG- Malang benar nasib Mawar, bukan nama sebenarnya. Gadis 11 tahun yang masih kelas V SD itu kehilangan kehormatannya setelah dicabuli seorang penjual sayur keli ...

Senin, 21 April 2014 , 10:47:00

Perompak Kabur Tewas Tenggelam?

BALIKPAPAN- Nasib satu dari tiga tersangka perompak Kapal Tanker MV Jag Leela masih gelap. Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Balikpapan belum bisa memastikan, apakah ...

 
SUPER LIGA
Awas! Badai Cedera
BALIKPAPAN- Tim Persiba Balikpapan tampaknya belum juga dijauhi terpaan badai cedera beberapa pem ...
Other
 
Kaltim
Rapat Pleno KPU Diwarnai Interupsi
2 FOTO PENAJAM- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) telah melakuk ...
Other
 
Metropolis
Puluhan “Kartini” modern
BALIKPAPAN- pada Minggu (20/4) kemarin berlenggak-lenggok di atas catwalk. Mereka mengikuti lomba ...
Other
 
Kecamatan
Dewan Tidak Bisa Menjamin Langsung Dikerjakan
BALIKPAPAN –Para wakil rakyat di DPRD Balikpapan, menjelang akhir jabatan, menggelar reses ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1