Rabu, 27 Maret 2013 , 12:48:00


TERSANGKA : Karyawan toko Nuansa Elektronik yang bersekongkol mencuri, (kiri ke kanan) Hendrik, Deddy Setiawan, Herman dan Heri Siswandi.

BALIKPAPAN-Unit Kejahatan dan Kekerasan (Jahtanras) Satreskrim Polres Balikpapan pada Senin malam (25/3), menggelandang empat orang karyawan toko Nuansa Elektronik lantaran diduga mencuri sejumlah barang elektronik dari gudang toko tersebut.

Mereka adalah Dedi Setiawan, Hendrik Eko Sujarwo, Herman, dan Heri Siswandi. Sebelum digelandang, mereka dijemput polisi dari rumah masing-masing. Bersamaan dengan penangkapan itu, polisi mendapati barang bukti berupa 4 unit TV LED 32 inch, 2 unit TV LED 42 inch, 1 unit Home Theater serta uang sebanyak Rp12 juta hasil kejahatan.

Barang bukti tersebut didapati polisi saat melakukan penggeledahan di rumah tersangka Hendrik, di kawasan Gunung Empat, Margomulyo Balikpapan Barat. Modus yang digunakan para tersangka untuk mencuri barang elektronik bernilai jual Rp 2 juta hingga Rp4 juta itu dengan cara menyisipkan beberapa barang saat toko melakukan Drop Out atau pengantaran barang kepada pemesan.

Para tersangka ini mengaku tidak terlalu sulit untuk menggondol barang-barang tersebut. Tersangka Deddy Setiawan yang merupakan Supervisor toko mengaku, hanya mengandalkan kelengahan Supervisor gudang untuk menyisipkan barang di mobil pengantar pesanan. Apalagi, Heri Siswandi sehari-hari bekerja sebagai sopir gudang. Sementara dua lainnya Hendrik dan Herman yang juga karyawan bagian gudang, bertugas mengambil barang tersebut.

Sedangkan Deddy berperan untuk memastikan aksi itu tidak terawasi oleh supervisor dan karyawan lain selain juga catatan barang keluar dengan aman. "Kami memanfaatkan kesempatan, saat supervisor meninggalkan gudang, baru tanggal 23 (Maret, Red) yang lalu kami mencuri ini," aku Deddy di hadapan penyidik. Oleh para tersangka, barang elektronik yang disisipkan itu kemudian ditampung sementara di rumah Hendrik.

Kemudian, barang itu ditawarkan kepada penadahnya Irfan untuk dijual kembali dengan kisaran harga setengah dari harga jual toko. Oleh Irfan, barang tersebut sempat dijual kepada tiga orang lainnya. Namun, belum sempat keempat karyawan itu menikmati hasil kejahatannya, polisi lebih dahulu membongkar persekongkolan itu.

Manajer cabang Nuansa Elektronik Balikpapan, Ronny mengungkapkan, pihaknya masih melakukan audit internal guna mengetahui pasti banyaknya kerugian. Untuk sementara, barang bukti yang didapati polisi dapat dipastikan milik toko. "Sementara barang-barang ini dipastikan milik kami, untuk keseluruhannya kami belum tahu. Kemungkinan masih ada lagi," kata Ronny di Polres Balikpapan, kemarin.

Atas kasus ini, polisi mengamankan 8 orang yang diduga terlibat sebagai pelaku maupun penadah. Selain 4 karyawan, 4 orang lainnya diduga sebagai penadah. "Pelaku pencurian kita jerat dengan pasal 363 kuhp tentang pencurian, sisanya kita kenakan 480 KUHP," tutup Kanit Jahtanras Polres Balikpapan, Ipda Nursapto.(bp-15)

 
OTHER NEWS
Sabtu, 26 Juli 2014 , 09:11:00

Mau Lebaran Gadis Gantung Diri

BALIKPAPAN  -  Kejadian menghebohkan sekaligus memilukan terjadi di penghujung bulan suci Ramadan menjelang Idul Fitri 1435 H. Jumat (26/7) malam tadi sekita ...

Sabtu, 26 Juli 2014 , 09:10:00

Baru Berulang Tahun ke-22

SOSOK Mushlihah Nurul terbilang gadis ceria, berpendidikan dan  berwawasan luas.  Hal tersebut tergambar dari akun facebook miliknya. Bahasa status dan komen ...

Sabtu, 26 Juli 2014 , 09:09:00

Idul Fitri, Waspada Kejahatan

BALIKPAPAN – Mendekati hari raya Idul Fitri 1435 H, arus mudik semakin ramai, banyak rumah-rumah yang ditinggal kosong oleh penghuninya untuk mudik. Biasanya kon ...

Sabtu, 26 Juli 2014 , 09:06:00

Kapolda Pantau Arus Mudik Lebaran

BALIKPAPAN - Untuk memastikan kesiapan personel Polri dalam melaksanakan operasi Ketupat 2014, Kapolda Kaltim Irjen Pol Dicky Atotoy melakukan kunjungan sejumlah posko ...

Jum\'at, 25 Juli 2014 , 13:08:00

Satpol PP Tangkap Pasangan Mesum

BALIKPAPAN- Di penghujung Ramadan, ada saja masyarakat yang berbuat mesum. Pasangan mesum itu terjaring saat aparat Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) merazia seju ...

 
SUPER LIGA
Drogba Milik Chelsea Lagi
LONDON - Ambisi manajemen Chelsea untuk membawa pulang kembali mantan striker mereka Didier Drogb ...
Other
 
Kaltim
H-3 Idul Fitri, Harga Daging Sapi Melambung
PENAJAM - Memasuki H-3 lebaran Idul Fitri, sejumlah komuditas kebutuhan pokok di Kabupaten Penaja ...
Other
 
Metropolis
Bandara Sepinggan Belum Bebas Calo
BALIKPAPAN - Mewah dan megah belum menjamin Bandara Internasional Sepinggan bebas dari calo. Bukt ...
Other
 
Kecamatan
Waspada, DBD Masih Mengancam
BALIKPAPAN - Hingga saat ini, penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) masih mengancam. Untuk menekan ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1