Rabu, 27 Maret 2013 , 12:48:00


TERSANGKA : Karyawan toko Nuansa Elektronik yang bersekongkol mencuri, (kiri ke kanan) Hendrik, Deddy Setiawan, Herman dan Heri Siswandi.

BALIKPAPAN-Unit Kejahatan dan Kekerasan (Jahtanras) Satreskrim Polres Balikpapan pada Senin malam (25/3), menggelandang empat orang karyawan toko Nuansa Elektronik lantaran diduga mencuri sejumlah barang elektronik dari gudang toko tersebut.

Mereka adalah Dedi Setiawan, Hendrik Eko Sujarwo, Herman, dan Heri Siswandi. Sebelum digelandang, mereka dijemput polisi dari rumah masing-masing. Bersamaan dengan penangkapan itu, polisi mendapati barang bukti berupa 4 unit TV LED 32 inch, 2 unit TV LED 42 inch, 1 unit Home Theater serta uang sebanyak Rp12 juta hasil kejahatan.

Barang bukti tersebut didapati polisi saat melakukan penggeledahan di rumah tersangka Hendrik, di kawasan Gunung Empat, Margomulyo Balikpapan Barat. Modus yang digunakan para tersangka untuk mencuri barang elektronik bernilai jual Rp 2 juta hingga Rp4 juta itu dengan cara menyisipkan beberapa barang saat toko melakukan Drop Out atau pengantaran barang kepada pemesan.

Para tersangka ini mengaku tidak terlalu sulit untuk menggondol barang-barang tersebut. Tersangka Deddy Setiawan yang merupakan Supervisor toko mengaku, hanya mengandalkan kelengahan Supervisor gudang untuk menyisipkan barang di mobil pengantar pesanan. Apalagi, Heri Siswandi sehari-hari bekerja sebagai sopir gudang. Sementara dua lainnya Hendrik dan Herman yang juga karyawan bagian gudang, bertugas mengambil barang tersebut.

Sedangkan Deddy berperan untuk memastikan aksi itu tidak terawasi oleh supervisor dan karyawan lain selain juga catatan barang keluar dengan aman. "Kami memanfaatkan kesempatan, saat supervisor meninggalkan gudang, baru tanggal 23 (Maret, Red) yang lalu kami mencuri ini," aku Deddy di hadapan penyidik. Oleh para tersangka, barang elektronik yang disisipkan itu kemudian ditampung sementara di rumah Hendrik.

Kemudian, barang itu ditawarkan kepada penadahnya Irfan untuk dijual kembali dengan kisaran harga setengah dari harga jual toko. Oleh Irfan, barang tersebut sempat dijual kepada tiga orang lainnya. Namun, belum sempat keempat karyawan itu menikmati hasil kejahatannya, polisi lebih dahulu membongkar persekongkolan itu.

Manajer cabang Nuansa Elektronik Balikpapan, Ronny mengungkapkan, pihaknya masih melakukan audit internal guna mengetahui pasti banyaknya kerugian. Untuk sementara, barang bukti yang didapati polisi dapat dipastikan milik toko. "Sementara barang-barang ini dipastikan milik kami, untuk keseluruhannya kami belum tahu. Kemungkinan masih ada lagi," kata Ronny di Polres Balikpapan, kemarin.

Atas kasus ini, polisi mengamankan 8 orang yang diduga terlibat sebagai pelaku maupun penadah. Selain 4 karyawan, 4 orang lainnya diduga sebagai penadah. "Pelaku pencurian kita jerat dengan pasal 363 kuhp tentang pencurian, sisanya kita kenakan 480 KUHP," tutup Kanit Jahtanras Polres Balikpapan, Ipda Nursapto.(bp-15)

 
OTHER NEWS
Selasa, 16 September 2014 , 00:50:00

Puluhan Siswi SMKN 3 Kesurupan

BALIKPAPAN– Puluhan pelajar SMKN 3 Balikpapan, tiba-tiba menjerit histeris. Usai melaksanakan upacara bendera pada Senin (15/9) sekira pukul 08.30 Wita, mereka s ...

Selasa, 16 September 2014 , 00:45:00

NAV KERAP LECEHKAN PERDA MIRAS

BALIKPAPAN-Izin operasional terhadap karaoke keluarga, NAV patut dipertimbangkan untuk dicabut. Itu sih kalau wali kota berani bersikap tegas? Soalnya, sudah berulang ...

Selasa, 16 September 2014 , 00:43:00

Buruh Proyek Teler, setelah Minum Ratusan Bungkus Obat Batuk

BALIKPAPAN-Ada-ada saja kelakuan para pendatang yang bekerja sebagai buruh proyek ini. Kebiasan buruk mereka dari kampung halaman yakni mabuk-mabukan, masih dibawa ke ...

Selasa, 16 September 2014 , 00:42:00

Bandar Sabu Diburu ke Samarinda

BALIKPAPAN–Kasus narkoba jenis sabu melibatkan oknum polisi di Polsek Balikpapan Timur berpangkat Brigadir berinisial SG dan Muslimin alias Cimeng (34), warga Mu ...

Selasa, 16 September 2014 , 00:42:00

Pagi ini, Dahlan Iskan Senam di Klenteng Pasar Baru

MENTERI Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan dijadwalkan hadir kembali di tengah-tengah masyarakat Kota Balikpapan. Pada Selasa (16/9) pagi ini, Menteri BUMN ...

 
SUPER LIGA
Pelampiasan Beruang Muda
BALIKPAPAN- Tim Persiba Balikpapan U-21 hampir dapat dipastikan gagal melaju ke babak semifinal k ...
Other
 
Kaltim
Pendaftaran CPNS Ditutup Kemarin
PENAJAM- Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) telah menutup pendaft ...
Other
 
Metropolis
SBY : Tuntaskan MP3EI
BALIKPAPAN-Flyover Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan menjadi saksi diresmikan 10 pro ...
Other
 
Kecamatan
Kurangi Kemacetan Depan SDN 002
BALIKPAPAN-Kemacetan yang kerap terjadi di depan SDN 01 dan SDN 02 Balikpapan Tengah (Balteng) Ke ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1