Rabu, 27 Maret 2013 , 12:48:00


TERSANGKA : Karyawan toko Nuansa Elektronik yang bersekongkol mencuri, (kiri ke kanan) Hendrik, Deddy Setiawan, Herman dan Heri Siswandi.

BALIKPAPAN-Unit Kejahatan dan Kekerasan (Jahtanras) Satreskrim Polres Balikpapan pada Senin malam (25/3), menggelandang empat orang karyawan toko Nuansa Elektronik lantaran diduga mencuri sejumlah barang elektronik dari gudang toko tersebut.

Mereka adalah Dedi Setiawan, Hendrik Eko Sujarwo, Herman, dan Heri Siswandi. Sebelum digelandang, mereka dijemput polisi dari rumah masing-masing. Bersamaan dengan penangkapan itu, polisi mendapati barang bukti berupa 4 unit TV LED 32 inch, 2 unit TV LED 42 inch, 1 unit Home Theater serta uang sebanyak Rp12 juta hasil kejahatan.

Barang bukti tersebut didapati polisi saat melakukan penggeledahan di rumah tersangka Hendrik, di kawasan Gunung Empat, Margomulyo Balikpapan Barat. Modus yang digunakan para tersangka untuk mencuri barang elektronik bernilai jual Rp 2 juta hingga Rp4 juta itu dengan cara menyisipkan beberapa barang saat toko melakukan Drop Out atau pengantaran barang kepada pemesan.

Para tersangka ini mengaku tidak terlalu sulit untuk menggondol barang-barang tersebut. Tersangka Deddy Setiawan yang merupakan Supervisor toko mengaku, hanya mengandalkan kelengahan Supervisor gudang untuk menyisipkan barang di mobil pengantar pesanan. Apalagi, Heri Siswandi sehari-hari bekerja sebagai sopir gudang. Sementara dua lainnya Hendrik dan Herman yang juga karyawan bagian gudang, bertugas mengambil barang tersebut.

Sedangkan Deddy berperan untuk memastikan aksi itu tidak terawasi oleh supervisor dan karyawan lain selain juga catatan barang keluar dengan aman. "Kami memanfaatkan kesempatan, saat supervisor meninggalkan gudang, baru tanggal 23 (Maret, Red) yang lalu kami mencuri ini," aku Deddy di hadapan penyidik. Oleh para tersangka, barang elektronik yang disisipkan itu kemudian ditampung sementara di rumah Hendrik.

Kemudian, barang itu ditawarkan kepada penadahnya Irfan untuk dijual kembali dengan kisaran harga setengah dari harga jual toko. Oleh Irfan, barang tersebut sempat dijual kepada tiga orang lainnya. Namun, belum sempat keempat karyawan itu menikmati hasil kejahatannya, polisi lebih dahulu membongkar persekongkolan itu.

Manajer cabang Nuansa Elektronik Balikpapan, Ronny mengungkapkan, pihaknya masih melakukan audit internal guna mengetahui pasti banyaknya kerugian. Untuk sementara, barang bukti yang didapati polisi dapat dipastikan milik toko. "Sementara barang-barang ini dipastikan milik kami, untuk keseluruhannya kami belum tahu. Kemungkinan masih ada lagi," kata Ronny di Polres Balikpapan, kemarin.

Atas kasus ini, polisi mengamankan 8 orang yang diduga terlibat sebagai pelaku maupun penadah. Selain 4 karyawan, 4 orang lainnya diduga sebagai penadah. "Pelaku pencurian kita jerat dengan pasal 363 kuhp tentang pencurian, sisanya kita kenakan 480 KUHP," tutup Kanit Jahtanras Polres Balikpapan, Ipda Nursapto.(bp-15)

 
OTHER NEWS
Jum\'at, 01 Agustus 2014 , 08:51:00

Bocah Asal Tapin “Dibuang” ke Panti

BALIKPAPAN  - Sungguh memilukan nasib bocah laki-laki berusia 4 tahun ini. Di usianya yang memerlukan kasih sayang orangtua dan pendidikan yang layak, dia malah t ...

Jum\'at, 01 Agustus 2014 , 08:49:00

Dua Pengendara Motor Tewas

PENAJAM - Dalam suasana lebaran Idul Fitri 1435 H,  Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polres Penajam Paser Utara (PPU) mencatat dua tabrakan maut yang melibatkan se ...

Jum\'at, 01 Agustus 2014 , 08:49:00

Selama Operasi Ketupat Kecelakaan Menurun

BALIKPAPAN - Semakin banyaknya masyarakat yang tertib berlalu lintas serta peran aktif anggota Satlantas Polres Balikpapan memberikan imbauan tertib berlalu lintas, be ...

Jum\'at, 01 Agustus 2014 , 08:42:00

Antisipasi Masuknya Barang Terlarang

BALIKPAPAN - Dalam upaya mengantisipasi pengunjung bandara Sepinggan membawa barang-barang terlarang, pihak Kepolisian Kawasan Bandara Sepinggan bersama Angkasa Pura, ...

Jum\'at, 01 Agustus 2014 , 08:41:00

Knalpot Racing Dicopot, Langsung Dirusak

BALIKPAPAN – Posko polisi Rayon E – Walk BSB yang terletak di Jl Jendral Sudirman melakukan penindakan tegas terhadap pengendara motor  yang menggunak ...

 
SUPER LIGA
The Reds Selangkah Lagi
NEW YORK - Liverpool selangkah lagi akan melesat maju ke final Guinness International Champions C ...
Other
 
Kaltim
Sejumlah Kios Masih Tutup
PENAJAM - Memasuki hari keempat libur Lebaran Idul Fitri 1435 H, suasana jual-beli di pasar tradi ...
Other
 
Metropolis
MENIKMATI LIBURAN LEBARAN
Memasuki H+3 perayaan lebaran Kamis (31/7) kemarin. Sejumlah objek wisata di ‘Kota Minyak&r ...
Other
 
Kecamatan
Puncak Lonjakan Pengunjung Diprediksi Sabtu dan Minggu
BALIKPAPAN – Puncak lonjakan pengunjung Pantai Segara Sari Manggar diperkirakan terjadi Sab ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1