Jum'at, 22 Maret 2013 , 09:12:00


BALIKPAPAN — Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 (MTsN 1) Balikpapan pada Kamis (21/3) kemarin menggelar serentak pelaksanaan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) hingga Sabtu (23/3) besok.

Berbeda dengan siswa SMP, siswa-siswi MTS baik negeri maupun swasta, harus mengikuti UAMBN yang materinya dibuat oleh Kementerian Agama, dan menjadi materi wajib dalam penentuan kelulusan mendatang, untuk lima mata pelajaran, yaitu Quran Hadist, Fiqih, SKI (Sejarah Kebudayaan Islam), Aqidah Akhlak, dan Bahasa Arab.

“Untuk hari pertama UAMBN ini mengujikan mata pelajaran  Quran Hadist, Fikih, sedangkan Jumat (22/3) SKI  dan Aqidah Akhlak, dan hari Sabtu yaitu Bahasa Arab, dengan materi soal 1 paket untuk seluruh mata ujian,” ujar Kepala MTsN 1, H Ismail MAg didampingi Ketua panitia UAMBN MTsN 1, Zairita Rahman MPd kepada Balikpapan Pos, kemarin.
 Menurutnya jumlah peserta UAMBN untuk rayon MTsN 1 sebanyak 342 siswa yang terdiri dari siswa MTSN 1 sebanyak 321 orang, MTS Raudatul Ulum 8 orang dan MTS Mardhatillah 15 orang.

“Alhamdulillah semua peserta hadir, dan pada pelaksanaan UAMBN ini, Kepala Kemenag, H Saifi juga turut memantau pelaksanaannya, dan seluruh pengawas merupakan pengawas silang dari sekolah yang ada dalam rayon MTSN 1,” tambah Zairita yang juga Waka Kurikulum ini.

Pelaksanaan UAMBN di rayon MTSN 1 seluruhnya ada 561 peserta, yang terbagi dalam beberapa tempat pelaksanaan seperti MTS Asy Syifa, Al Mutaqien, MTS Sabilal Muhtadin, dan MTS Ibnu Khaldun dengan jumlah total 32 ruang.

“Seluruh soal berasal dari Kemenag pusat, yang digandakan oleh Kemenag Balikpapan, dan untuk pemeriksaannya akan dilakukan di masing-masing rayon, sedangkan pengumuman hasil UAMBN akan dilakukan bersamaan dengan pengumuman hasil UN, yang dibuat dalam SKUAMBN yang dikeluarkan Kemenag,” paparnya.

Ismail berharap seluruh siswa-siswinya dapat mengerjakan seluruh soal yang ada, karena sebelumnya sudah dilakukan persiapan maksimal. “Kami juga mengharapkan pada tahun ini, lulus 100 persen  baik hasil UAMBN dan UN sendiri, serta nilai siswa kami dapat masuk peringkat terbaik MTS untuk tingkat provinsi seperti tahun lalu,” pungkas Ismail. (han)

 
OTHER NEWS
Minggu, 27 Juli 2014 , 12:31:00

Presiden Terpilih Harus Merakyat

BALIKPAPAN-  Pemilihan Presiden dan wakilnya sudah selesai dan KPU pusat menetapkan pasangan Joko Widodo dan  Jusuf Kalla sebagai pemenang. Berbagai tanggapa ...

Minggu, 27 Juli 2014 , 12:30:00

Siapapun yang Menang, Kita Harus Mendukung Penuh

UNGKAPAN yang keluar dari mulut Ketua Forum Kemitraan Polisi Masyarakat (FKPM) Batu Ampar Kasmadi saat ditanya soal hasil pemilihan presiden yang telah selesai dan tel ...

Minggu, 27 Juli 2014 , 12:29:00

Mantan Anggota DPRD Pilih Nomor Dua

BALIKPAPAN – Mantan anggota DPRD Kota Balikpapan H Sappe turut memberikan dukungannya kepada capres-cawapres nomor urut 2 Jokowi-JK. “Menurut saya Jokowi d ...

Minggu, 27 Juli 2014 , 12:27:00

Garuda Merah Tetap Semangat

PEROLEHAN suara kemenangan capres dan cawapres telah resmi diumumkan oleh KPU pusat belum lama ini, pasangan capres cawapres Jokowi dan Jusuf Kalla pemenangnya. Walau ...

Minggu, 27 Juli 2014 , 12:25:00

Touring Menantang Alam dan Aktif Sosial

BAGI pecinta adrenalin tinggi, berbagai cara yang menantang akan selalu dilakukan, salah satunya dengan menantang di aktivitas otomotif. Hal ini yang tegah dicoba, kom ...

 
SUPER LIGA
Wajib Latihan 1 Agustus
BALIKPAPAN- Libur Lebaran Idul Fitri 1435 Hijriah sudah diberikan manajemen tim Persiba Balikpapa ...
Other
 
Kaltim
H-3 Idul Fitri, Harga Daging Sapi Melambung
PENAJAM - Memasuki H-3 lebaran Idul Fitri, sejumlah komuditas kebutuhan pokok di Kabupaten Penaja ...
Other
 
Metropolis
BERKUALITAS
BALIKPAPAN: SMP Patra Dharma (PD) yang terletak di Jalan Sekolah Perapatan ini, bisa bersaing den ...
Other
 
Kecamatan
Waspada, DBD Masih Mengancam
BALIKPAPAN - Hingga saat ini, penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) masih mengancam. Untuk menekan ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1