Jum'at, 22 Maret 2013 , 09:12:00


BALIKPAPAN — Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 (MTsN 1) Balikpapan pada Kamis (21/3) kemarin menggelar serentak pelaksanaan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) hingga Sabtu (23/3) besok.

Berbeda dengan siswa SMP, siswa-siswi MTS baik negeri maupun swasta, harus mengikuti UAMBN yang materinya dibuat oleh Kementerian Agama, dan menjadi materi wajib dalam penentuan kelulusan mendatang, untuk lima mata pelajaran, yaitu Quran Hadist, Fiqih, SKI (Sejarah Kebudayaan Islam), Aqidah Akhlak, dan Bahasa Arab.

“Untuk hari pertama UAMBN ini mengujikan mata pelajaran  Quran Hadist, Fikih, sedangkan Jumat (22/3) SKI  dan Aqidah Akhlak, dan hari Sabtu yaitu Bahasa Arab, dengan materi soal 1 paket untuk seluruh mata ujian,” ujar Kepala MTsN 1, H Ismail MAg didampingi Ketua panitia UAMBN MTsN 1, Zairita Rahman MPd kepada Balikpapan Pos, kemarin.
 Menurutnya jumlah peserta UAMBN untuk rayon MTsN 1 sebanyak 342 siswa yang terdiri dari siswa MTSN 1 sebanyak 321 orang, MTS Raudatul Ulum 8 orang dan MTS Mardhatillah 15 orang.

“Alhamdulillah semua peserta hadir, dan pada pelaksanaan UAMBN ini, Kepala Kemenag, H Saifi juga turut memantau pelaksanaannya, dan seluruh pengawas merupakan pengawas silang dari sekolah yang ada dalam rayon MTSN 1,” tambah Zairita yang juga Waka Kurikulum ini.

Pelaksanaan UAMBN di rayon MTSN 1 seluruhnya ada 561 peserta, yang terbagi dalam beberapa tempat pelaksanaan seperti MTS Asy Syifa, Al Mutaqien, MTS Sabilal Muhtadin, dan MTS Ibnu Khaldun dengan jumlah total 32 ruang.

“Seluruh soal berasal dari Kemenag pusat, yang digandakan oleh Kemenag Balikpapan, dan untuk pemeriksaannya akan dilakukan di masing-masing rayon, sedangkan pengumuman hasil UAMBN akan dilakukan bersamaan dengan pengumuman hasil UN, yang dibuat dalam SKUAMBN yang dikeluarkan Kemenag,” paparnya.

Ismail berharap seluruh siswa-siswinya dapat mengerjakan seluruh soal yang ada, karena sebelumnya sudah dilakukan persiapan maksimal. “Kami juga mengharapkan pada tahun ini, lulus 100 persen  baik hasil UAMBN dan UN sendiri, serta nilai siswa kami dapat masuk peringkat terbaik MTS untuk tingkat provinsi seperti tahun lalu,” pungkas Ismail. (han)

 
OTHER NEWS
Rabu, 27 Agustus 2014 , 11:29:00

Sekolah Diminta Lunasi Pembayaran Buku Kurikulum

BALIKPAPAN—Dirjen Pendidikan Dasar Hamid Muhammad mengingatkan kepada sekolah-sekolah di seluruh daerah di Indonesia untuk segera melunasi pembayaran buku kuriku ...

Rabu, 27 Agustus 2014 , 11:27:00

Bunda PAUD Tanamkan Karakter Anak

BALIKPAPAN - Penilaian Bunda PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Terbaik tingkat Kaltim kembali masuk tahapan. Setelah tim penilaian datang langsung ke Balikpapan mengint ...

Rabu, 27 Agustus 2014 , 11:26:00

Taman Perpusda Tarim Minat Pelajar

BALIKPAPAN- Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah (Perpusda) memang laik dijadikan ‘tongkrongan’ kalangan pelajar. Selain kondisi gedung yang nyaman, di lua ...

Rabu, 27 Agustus 2014 , 11:24:00

18 Ribu Penerima Bidikmisi Bakal Lulus Tahun ini

BALIKPAPAN—Di sepanjang tahun 2014 ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) mencatat bakal ada sebanyak 18  ribu mahasiswa penerima beasiswa B ...

Selasa, 26 Agustus 2014 , 10:25:00

Balikpapan Boyong 3 Penghargaan

BALIKPAPAN- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) kembali mengadakan Lomba Sekolah Sehat (LSS) tingkat nasional 2014. LSS yang diadakan setiap tahunnya ter ...

 
SUPER LIGA
Berkat Tuah Nomor 17
LONDON -  Fans Arsenal harusnya berterima kasih kepada Alexis Sanchez. Satu gol pemain berno ...
Other
 
Kaltim
3 Kelurahan Segera Dialiri Listrik
PENAJAM - Tiga wilayahdi Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) patut berbahagia, pasalnya Bupati PP ...
Other
 
Metropolis
MACET TAMBAH PARAH
Kondisi Jl MT Haryono mulai dari Jembatan PDAM hingga traffick light (TL) simpangan Balikpapan Pe ...
Other
 
Kecamatan
Balteng Gelar Razia Gabungan
BALIKPAPAN - Untuk menerapkan tertib administri kependudukan di wilayah Balikpapan Tengah, pihak ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1