Jum'at, 22 Maret 2013 , 09:12:00


BALIKPAPAN — Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 (MTsN 1) Balikpapan pada Kamis (21/3) kemarin menggelar serentak pelaksanaan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) hingga Sabtu (23/3) besok.

Berbeda dengan siswa SMP, siswa-siswi MTS baik negeri maupun swasta, harus mengikuti UAMBN yang materinya dibuat oleh Kementerian Agama, dan menjadi materi wajib dalam penentuan kelulusan mendatang, untuk lima mata pelajaran, yaitu Quran Hadist, Fiqih, SKI (Sejarah Kebudayaan Islam), Aqidah Akhlak, dan Bahasa Arab.

“Untuk hari pertama UAMBN ini mengujikan mata pelajaran  Quran Hadist, Fikih, sedangkan Jumat (22/3) SKI  dan Aqidah Akhlak, dan hari Sabtu yaitu Bahasa Arab, dengan materi soal 1 paket untuk seluruh mata ujian,” ujar Kepala MTsN 1, H Ismail MAg didampingi Ketua panitia UAMBN MTsN 1, Zairita Rahman MPd kepada Balikpapan Pos, kemarin.
 Menurutnya jumlah peserta UAMBN untuk rayon MTsN 1 sebanyak 342 siswa yang terdiri dari siswa MTSN 1 sebanyak 321 orang, MTS Raudatul Ulum 8 orang dan MTS Mardhatillah 15 orang.

“Alhamdulillah semua peserta hadir, dan pada pelaksanaan UAMBN ini, Kepala Kemenag, H Saifi juga turut memantau pelaksanaannya, dan seluruh pengawas merupakan pengawas silang dari sekolah yang ada dalam rayon MTSN 1,” tambah Zairita yang juga Waka Kurikulum ini.

Pelaksanaan UAMBN di rayon MTSN 1 seluruhnya ada 561 peserta, yang terbagi dalam beberapa tempat pelaksanaan seperti MTS Asy Syifa, Al Mutaqien, MTS Sabilal Muhtadin, dan MTS Ibnu Khaldun dengan jumlah total 32 ruang.

“Seluruh soal berasal dari Kemenag pusat, yang digandakan oleh Kemenag Balikpapan, dan untuk pemeriksaannya akan dilakukan di masing-masing rayon, sedangkan pengumuman hasil UAMBN akan dilakukan bersamaan dengan pengumuman hasil UN, yang dibuat dalam SKUAMBN yang dikeluarkan Kemenag,” paparnya.

Ismail berharap seluruh siswa-siswinya dapat mengerjakan seluruh soal yang ada, karena sebelumnya sudah dilakukan persiapan maksimal. “Kami juga mengharapkan pada tahun ini, lulus 100 persen  baik hasil UAMBN dan UN sendiri, serta nilai siswa kami dapat masuk peringkat terbaik MTS untuk tingkat provinsi seperti tahun lalu,” pungkas Ismail. (han)

 
OTHER NEWS
Senin, 22 September 2014 , 03:18:00

SMAN 1 Targetkan 85 Pelajar

BALIKPAPAN—Sebagai sekolah unggulan di Balikpapan, SMAN 1 Balikpapan berupaya keras agar para pelajarnya dapat masuk ke perguruan tinggi negeri (PTN) di tahun de ...

Senin, 22 September 2014 , 03:18:00

Perkembangan PAUD Butuh Peran CSR

BALIKPAPAN- Dari ribuan pengajar yang tersebar di 435 lembaga pendidikan usia dini (PAUD) di Kota Minyak, hanya 40 persen yang bergelar sarjana. Sedangkan sisanya masi ...

Minggu, 21 September 2014 , 08:02:00

Pembangunan Drainase RT 6 GSmB Hampir Rampung

BALIKPAPAN-Pembangunan drainase yang dilaksanakan di wilayah RT 6 kelurahan Gunung Samarinda Baru (GSmB) segera rampung, hal ini dilaksanakan karena selama ini masih b ...

Minggu, 21 September 2014 , 08:01:00

Jalan Satu GSm Siap Dikerjakan

BALIKPAPAN-Perbaikan jalan satu kelurahan Gunung Samarinda, Balikpapan Utara yang berada di lingkungan RT 14 dalam minggu ini siap dikerjakan oleh Dinas Pekerjaan Umum ...

Minggu, 21 September 2014 , 08:01:00

4 RT Mendapatkan Proyek Perbaikan

BALIKPAPAN-  Perbaikan berbagai infrastruktur termasuk pencegah banjir dikebut.  Saat ini pengerjaan drainase juga dilaksanakan di RT 26 Kelurahan Margasari. ...

 
SUPER LIGA
Penentuan Juara Grup
INCHEON- Timnas U-23 akan menjalani laga penentuan juara grup E melawan Thailand di Incheon Footb ...
Other
 
Kaltim
Saloloang Dijadikan Kampung Lidi
PENAJAM- Ratusan warga menghadiri launching kampung lidi Saloloang, yang diresmikan langsung oleh ...
Other
 
Metropolis
Wawali Heru Suguhkan “Sakit Gigi”
“LEBIH Baik sakit gigi, daripada sakit hati ini, biar tak mengapa.....Rela, rela, rela aku ...
Other
 
Kecamatan
Harapan Warga RT 5 Batam Terwujud
BALIKPAPAN-Keinginan warga RT 5 Batu Ampar, Balikpapan Utara memiliki fasilitas lingkungan berupa ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1