Jum'at, 22 Maret 2013 , 09:12:00


BALIKPAPAN — Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 (MTsN 1) Balikpapan pada Kamis (21/3) kemarin menggelar serentak pelaksanaan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) hingga Sabtu (23/3) besok.

Berbeda dengan siswa SMP, siswa-siswi MTS baik negeri maupun swasta, harus mengikuti UAMBN yang materinya dibuat oleh Kementerian Agama, dan menjadi materi wajib dalam penentuan kelulusan mendatang, untuk lima mata pelajaran, yaitu Quran Hadist, Fiqih, SKI (Sejarah Kebudayaan Islam), Aqidah Akhlak, dan Bahasa Arab.

“Untuk hari pertama UAMBN ini mengujikan mata pelajaran  Quran Hadist, Fikih, sedangkan Jumat (22/3) SKI  dan Aqidah Akhlak, dan hari Sabtu yaitu Bahasa Arab, dengan materi soal 1 paket untuk seluruh mata ujian,” ujar Kepala MTsN 1, H Ismail MAg didampingi Ketua panitia UAMBN MTsN 1, Zairita Rahman MPd kepada Balikpapan Pos, kemarin.
 Menurutnya jumlah peserta UAMBN untuk rayon MTsN 1 sebanyak 342 siswa yang terdiri dari siswa MTSN 1 sebanyak 321 orang, MTS Raudatul Ulum 8 orang dan MTS Mardhatillah 15 orang.

“Alhamdulillah semua peserta hadir, dan pada pelaksanaan UAMBN ini, Kepala Kemenag, H Saifi juga turut memantau pelaksanaannya, dan seluruh pengawas merupakan pengawas silang dari sekolah yang ada dalam rayon MTSN 1,” tambah Zairita yang juga Waka Kurikulum ini.

Pelaksanaan UAMBN di rayon MTSN 1 seluruhnya ada 561 peserta, yang terbagi dalam beberapa tempat pelaksanaan seperti MTS Asy Syifa, Al Mutaqien, MTS Sabilal Muhtadin, dan MTS Ibnu Khaldun dengan jumlah total 32 ruang.

“Seluruh soal berasal dari Kemenag pusat, yang digandakan oleh Kemenag Balikpapan, dan untuk pemeriksaannya akan dilakukan di masing-masing rayon, sedangkan pengumuman hasil UAMBN akan dilakukan bersamaan dengan pengumuman hasil UN, yang dibuat dalam SKUAMBN yang dikeluarkan Kemenag,” paparnya.

Ismail berharap seluruh siswa-siswinya dapat mengerjakan seluruh soal yang ada, karena sebelumnya sudah dilakukan persiapan maksimal. “Kami juga mengharapkan pada tahun ini, lulus 100 persen  baik hasil UAMBN dan UN sendiri, serta nilai siswa kami dapat masuk peringkat terbaik MTS untuk tingkat provinsi seperti tahun lalu,” pungkas Ismail. (han)

 
OTHER NEWS
Kamis, 24 Juli 2014 , 10:46:00

Pemkot Diimbau Bentuk Tim Independen

BALIKPAPAN—Praktisi Pendidikan dari Universitas Balikpapan (Uniba), Wawan Sanjaya SH mengimbau kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan untuk dapat membentuk t ...

Kamis, 24 Juli 2014 , 10:45:00

Buku Kurikulum 2013 Diklaim Murah

BALIKPAPAN-- Ketua Tim Kelompok Kerja e-Katalog Buku Kurikulum 2013, Yulianto Prihandoyo menegaskan bahwa buku Kurikulum 2013 merupakan buku pegangan belajar yang terb ...

Kamis, 24 Juli 2014 , 10:44:00

Jumlah Siswa Meningkat

BALIKPAPAN—Tahun ajaran 2014/2015 sudah dimulai sejak 14 Juli 2014 lalu. Seluruh siswa bersemangat menjalani pendidikan di tahun ajaran baru dan dengan sistem Ku ...

Kamis, 24 Juli 2014 , 10:43:00

Pelajar Balikpapan Raih Penghargaan TMPI

BALIKPAPAN- Hari Anak Nasional yang jatuh pada hari Rabu (23/7) kemarin turut menjadi kebanggaan bagi warga Kota Balikpapan. Sebab, dalam peringatan tersebut, Kementer ...

Kamis, 24 Juli 2014 , 10:42:00

Wajar 12 Tahun dan Beasiswa

BALIKPAPAN—Melihat besarnya potensi ekonomi di Provinsi Kalimantan Timur, menjadi salah satu asset guna mendukung perkembangan pendidikan daerah. Termasuk di Bal ...

 
SUPER LIGA
Tambah Jam Terbang
TERNATE- Timnas U-19 akan menututp laga uji coba melawan tim Persiter Ternate U-21 di Stadion Gel ...
Other
 
Kaltim
Baznas PPU Target Rp 1,7 Miliar
PENAJAM- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Penajam Paser Utara (PPU) melakukan penghimpunan zaka ...
Other
 
Metropolis
LANGGAR PERWALI
BALIKPAPAN- Truk kontainer ini beroperasi disiang hari. Padahal sesuai Perwali Nomor 33 Tahun 200 ...
Other
 
Kecamatan
Banyak Ceceran Tanah, Bukti Pengawasan Lemah
BALIKPAPAN - Kota Balikpapan boleh bangga dengan langganan prestasi di bidang kebersihan lingkung ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1