Jum'at, 22 Maret 2013 , 09:12:00


BALIKPAPAN — Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 (MTsN 1) Balikpapan pada Kamis (21/3) kemarin menggelar serentak pelaksanaan Ujian Akhir Madrasah Berstandar Nasional (UAMBN) hingga Sabtu (23/3) besok.

Berbeda dengan siswa SMP, siswa-siswi MTS baik negeri maupun swasta, harus mengikuti UAMBN yang materinya dibuat oleh Kementerian Agama, dan menjadi materi wajib dalam penentuan kelulusan mendatang, untuk lima mata pelajaran, yaitu Quran Hadist, Fiqih, SKI (Sejarah Kebudayaan Islam), Aqidah Akhlak, dan Bahasa Arab.

“Untuk hari pertama UAMBN ini mengujikan mata pelajaran  Quran Hadist, Fikih, sedangkan Jumat (22/3) SKI  dan Aqidah Akhlak, dan hari Sabtu yaitu Bahasa Arab, dengan materi soal 1 paket untuk seluruh mata ujian,” ujar Kepala MTsN 1, H Ismail MAg didampingi Ketua panitia UAMBN MTsN 1, Zairita Rahman MPd kepada Balikpapan Pos, kemarin.
 Menurutnya jumlah peserta UAMBN untuk rayon MTsN 1 sebanyak 342 siswa yang terdiri dari siswa MTSN 1 sebanyak 321 orang, MTS Raudatul Ulum 8 orang dan MTS Mardhatillah 15 orang.

“Alhamdulillah semua peserta hadir, dan pada pelaksanaan UAMBN ini, Kepala Kemenag, H Saifi juga turut memantau pelaksanaannya, dan seluruh pengawas merupakan pengawas silang dari sekolah yang ada dalam rayon MTSN 1,” tambah Zairita yang juga Waka Kurikulum ini.

Pelaksanaan UAMBN di rayon MTSN 1 seluruhnya ada 561 peserta, yang terbagi dalam beberapa tempat pelaksanaan seperti MTS Asy Syifa, Al Mutaqien, MTS Sabilal Muhtadin, dan MTS Ibnu Khaldun dengan jumlah total 32 ruang.

“Seluruh soal berasal dari Kemenag pusat, yang digandakan oleh Kemenag Balikpapan, dan untuk pemeriksaannya akan dilakukan di masing-masing rayon, sedangkan pengumuman hasil UAMBN akan dilakukan bersamaan dengan pengumuman hasil UN, yang dibuat dalam SKUAMBN yang dikeluarkan Kemenag,” paparnya.

Ismail berharap seluruh siswa-siswinya dapat mengerjakan seluruh soal yang ada, karena sebelumnya sudah dilakukan persiapan maksimal. “Kami juga mengharapkan pada tahun ini, lulus 100 persen  baik hasil UAMBN dan UN sendiri, serta nilai siswa kami dapat masuk peringkat terbaik MTS untuk tingkat provinsi seperti tahun lalu,” pungkas Ismail. (han)

 
OTHER NEWS
Minggu, 31 Agustus 2014 , 18:10:00

Dewan Harus Tepati Janji

BALIKPAPAN- Pelantikan anggota legislatif sudah selesai. Ekspektasi publik pada para anggota dewan terpilih cukup tinggi. Mereka diharapkan mampu membawa daerah dan ba ...

Minggu, 31 Agustus 2014 , 18:09:00

Harus Rajin ke Masyarakat

BALIKPAPAN-Harapan warga kepada anggota DPRD periode 2014-2019 yang baru saja dilantik sangat besar. Mereka berharap anggota DPRD terpilih ini dapat memenuhi janjinya ...

Minggu, 31 Agustus 2014 , 18:09:00

Forum LPM Kecewa

BALIKPAPAN–Baru saja dilantik, anggota legislatif periode 2014-2019 sudah mendapat ketidakpercayaan dari masyarakat. Seperti yang dilontarkan Ketua Forum LPM Ham ...

Minggu, 31 Agustus 2014 , 18:08:00

Lucurkan Roket Air dari Botol Bersoda

PELAJAR SMPN 1 Balikpapan melakukan uji coba roket air di Lapangan Merdeka, sekira pukul 10.00 Wita, kemarin. Uji coba dikoordinatori Zaidil Ghofar, guru fisika yang j ...

Sabtu, 30 Agustus 2014 , 10:40:00

Guru SPS Belajar Pengelolaan Perpustakaan

BALIKPAPAN - Guru pendidik Satuan PAUD Sejenis (SPS) belum mau berhenti meningkatkan kualitasnya. Bukan hanya dalam memberikan pembelajaran dalam kegiatan belajar meng ...

 
SUPER LIGA
Permainan Kasar, Aman dari Zona Degradasi
BALIKPAPAN- Plong! Itulah perasaan  para penggawa tim Persiba Balikpapan dan segenap pecinta ...
Other
 
Kaltim
Diikuti 80 Peserta
PENAJAM- Ribuan warga memadati sepanjang garis pantai Nipahnipah untuk menyaksikan Festival Layan ...
Other
 
Metropolis
ANGGUN DAN MENAWAN
BALIKPAPAN- Acara nonton bareng (Nobar) moto GP yang berlangsung di halaman parkir e-Walk Balikpa ...
Other
 
Kecamatan
Wawali Beri Semangat Jalan Santai
BALIKPAPAN-Puncak peringatan HUT Kemerdekaan   RI ke-69 yang digekar di RT 53 Perumahan ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1