Sabtu, 16 Maret 2013 , 09:33:00


BALIKPAPAN  -  Kabag Pembangunan Sekdakot Balikpapan, Agus Budi Prasetyo memastikan saat ini pembangunan Stadion Utama Balikpapan tidak terkendala lagi soal lahan. Budi-akrabnya disapa, menuturkan bahwa masalah lahan dengan warga pada dasarnya sudah tidak ada masalah.

Sekarang ini, katanya, pemkot masih melakukan negosiasi dengan Brimob Polda Kaltim. Sebab, ada lahan milik pasukan pemukul milik kepolisian di sekitar stadion. Pihaknya juga sudah mengajukan opsi tukar guling seperti warga lainnya. "Lahan di Stadion sebagian sudah selesai. Hanya lahan Brimob yang tengah diproses. Surat sudah kita lansir, jika mereka (Biromob, Red) bersedia langsung kita carikan lahan pengganti," terang Agus.

Bagaimana dengan tuntutan 60 warga lebih yang meminta kejelasan pemkot terkait lahan kavling penganti milik mereka? Soal ini,  mantan Kabid Sosial dan Budaya (Sosbud) Bappeda ini mengakui memang benar ada pola tukar guling pergantian lahan warga yang terkena proyek stadion. Bahkan, tahun 2012 lalu relokasinya sudah siap.

Namun, kata Agus, untuk teknis berapa luas lahan, letaknya dimana dan siapa saja warga yang mendapatkan penggantian lahan bukan di Bagian Pembangunan. Tetapi ada di Bagian Umum dan Perlengkapan Sekdakot Balikpapan. "Kalau masalah relokasi itu, teknisnya di Bagian Perlengkapan. Bagian Pembangunan hanya fokus mengawasi progres pembangunan, serapan anggaran hingga kendala pekerjaan yang perlu diperlu difasilitasi,"  ungkapnya menjawab Balikpapan Pos di Sekretariat DPRD Balikpapan, Jumat (15/3) kemarin.

Dia mengatakan, untuk relokasi lahan yang diketahuinya seluas 6,5 hektare dan lokasi berada tak jauh dari lahan Stadion Utama Balikpapan yang sudah dimatangkan untuk pembangunan. Nah, masalah lahan warga tersebut letak kavlingnya di mana, milik siapa, berapa luasannya semuanya teknis di Bagian Perlengkapan. "Nanti, di situ semua diketahui. Termasuk lahan yang dilepas warga berapa dan didapat berapa. Letaknya pun juga bisa diketahui jelas, milik A atau B," lanjut Agus.

Berkaitan dengan progres pembangunan Stadion Utama sendiri, Agus mengungkapkan bahwa progres secara presentase sudah mencapai 15 persen untuk tahap kedua. Proyek ini, katanya, merupakan proyek tahun jamak atau multiyears yang nantinya akan diselesaikan dalam waktu 3 tahun anggaran. Diperkirakan awal 2015 sudah selesai dan bisa digunakan.

“Untuk progres 15 persen itu pekerjaan pemancangan dan pembangunan beberapa tribun (tempat penonton, Red), teknis pembangunannya dilakukan oleh Dinas PU,” tandas Agus Budi Prasetyo.

Sebelumnya, sejumlah warga Manggar yang lahannya terkena pembebasan lahan stadion ngeluruk ke pemkot. Mereka managih janji lahan baru setelah ada kesepakatan pola tukar guling. Sebab, setahun lebih berlalu belum jelas surat-surat lahan pengganti dan lokasinya dimana.

“Kok aneh, tanah ini diporses sejak tahun 2004 kemudian dilanjutkan tahun 2009. Segel yang asli juga sudah kita berikan ke pemkot satu tahun lalu, dengan janji nanti diberikan surat kepemilikan tanah yang baru. Kita pikir suratnya sudah selesai, lah ini malah didata ulang, bingung ‘kan jadinya,” tandas Mahmudi, warga RT 23 Manggar ini didampingi beberapa warga lainnya.

Mengenai lahan ini, Mahmudi dan warga lainnya, pada dasarnya tidak mempersoalkan lahan miliknya digunakan untuk stadion. Asalkan, lahan pengganti yang dijanjikan segera direalisasikan. Surat tanah yang baru diterbitkan, dan lokasi tanah pengganti yang sebenarnya segera ditunjukkan. “Itu saja mintanya kita ini. Kasihan kita, soalnya ada yang mau bangun rumah bingung, mau dijual lagi tidak bisa. Karena tidak jelas surat-surat dan lokasi tanah penggantinya di mana,” aku Mahmudi. (rus)

 
OTHER NEWS
Kamis, 31 Juli 2014 , 09:18:00

Objek Wisata Baltim Diserbu Pengunjung

BALIKPAPAN - Wilayah Balikpapan Timur (Baltim) masih menjadi tempat favorit bagi para pengunjung untuk menikmati libur lebaran. Memasuki H+2 perayaan Idul Fitri 1435 H ...

Kamis, 31 Juli 2014 , 09:17:00

Kemdikbud Siap Turunkan Tim Investigasi

BALIKPAPAN — Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Haryono Umar menegaskan akan siap menurunkan tim investigasi ke Balikp ...

Kamis, 31 Juli 2014 , 09:16:00

ZIS Terkumpul Rp29,38 M

BALIKPAPAN - Kesadaran umat muslim di ‘Kota Minyak’ untuk membayar zakat setiap bulan Ramadan terus mengalami peningkatan seperti zakat fitrah, zakat h ...

Kamis, 31 Juli 2014 , 09:15:00

Rizal Minta PSN Digiatkan

BALIKPAPAN - Wali Kota HM Rizal Effendi,SE tidak henti-hentinya mengimbau kepada masyarakat agar mewaspadai bahaya penyakit demam berdarah dengue (DBD) yang disebabkan ...

Kamis, 31 Juli 2014 , 09:14:00

Sering Digoda Calon Penumpang

Melayani para penumpang pesawat yang ingin memperoleh pelayanan maksimal. Harus dihadapi dengan penuh kesabaran. Hal itu harus dilakukan Saptiani, Manager Accounting L ...

 
SUPER LIGA
Ajang Intip Kekuatan Rival
NEW YORK - Persaingan Premier League musim 2013-2014 berlangsung ketat hingga laga terakhir. Live ...
Other
 
Kaltim
Pelabuhan Klotok Dipadati Penumpang
PENAJAM - Memasuki hari libur ketiga libur lebaran, aktivitas penyeberangan di pelabuhan klotok P ...
Other
 
Metropolis
Objek Wisata Baltim Diserbu Pengunjung
BALIKPAPAN - Wilayah Balikpapan Timur (Baltim) masih menjadi tempat favorit bagi para pengunjung ...
Other
 
Kecamatan
Lebaran, Banyak Pasien Diare
BALIKPAPAN - Pada hari  ketiga lebaran Idul Fitri 1435 H, pelayanan di pusat kesahatan masya ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1