Sabtu, 16 Maret 2013 , 09:33:00


BALIKPAPAN  -  Kabag Pembangunan Sekdakot Balikpapan, Agus Budi Prasetyo memastikan saat ini pembangunan Stadion Utama Balikpapan tidak terkendala lagi soal lahan. Budi-akrabnya disapa, menuturkan bahwa masalah lahan dengan warga pada dasarnya sudah tidak ada masalah.

Sekarang ini, katanya, pemkot masih melakukan negosiasi dengan Brimob Polda Kaltim. Sebab, ada lahan milik pasukan pemukul milik kepolisian di sekitar stadion. Pihaknya juga sudah mengajukan opsi tukar guling seperti warga lainnya. "Lahan di Stadion sebagian sudah selesai. Hanya lahan Brimob yang tengah diproses. Surat sudah kita lansir, jika mereka (Biromob, Red) bersedia langsung kita carikan lahan pengganti," terang Agus.

Bagaimana dengan tuntutan 60 warga lebih yang meminta kejelasan pemkot terkait lahan kavling penganti milik mereka? Soal ini,  mantan Kabid Sosial dan Budaya (Sosbud) Bappeda ini mengakui memang benar ada pola tukar guling pergantian lahan warga yang terkena proyek stadion. Bahkan, tahun 2012 lalu relokasinya sudah siap.

Namun, kata Agus, untuk teknis berapa luas lahan, letaknya dimana dan siapa saja warga yang mendapatkan penggantian lahan bukan di Bagian Pembangunan. Tetapi ada di Bagian Umum dan Perlengkapan Sekdakot Balikpapan. "Kalau masalah relokasi itu, teknisnya di Bagian Perlengkapan. Bagian Pembangunan hanya fokus mengawasi progres pembangunan, serapan anggaran hingga kendala pekerjaan yang perlu diperlu difasilitasi,"  ungkapnya menjawab Balikpapan Pos di Sekretariat DPRD Balikpapan, Jumat (15/3) kemarin.

Dia mengatakan, untuk relokasi lahan yang diketahuinya seluas 6,5 hektare dan lokasi berada tak jauh dari lahan Stadion Utama Balikpapan yang sudah dimatangkan untuk pembangunan. Nah, masalah lahan warga tersebut letak kavlingnya di mana, milik siapa, berapa luasannya semuanya teknis di Bagian Perlengkapan. "Nanti, di situ semua diketahui. Termasuk lahan yang dilepas warga berapa dan didapat berapa. Letaknya pun juga bisa diketahui jelas, milik A atau B," lanjut Agus.

Berkaitan dengan progres pembangunan Stadion Utama sendiri, Agus mengungkapkan bahwa progres secara presentase sudah mencapai 15 persen untuk tahap kedua. Proyek ini, katanya, merupakan proyek tahun jamak atau multiyears yang nantinya akan diselesaikan dalam waktu 3 tahun anggaran. Diperkirakan awal 2015 sudah selesai dan bisa digunakan.

“Untuk progres 15 persen itu pekerjaan pemancangan dan pembangunan beberapa tribun (tempat penonton, Red), teknis pembangunannya dilakukan oleh Dinas PU,” tandas Agus Budi Prasetyo.

Sebelumnya, sejumlah warga Manggar yang lahannya terkena pembebasan lahan stadion ngeluruk ke pemkot. Mereka managih janji lahan baru setelah ada kesepakatan pola tukar guling. Sebab, setahun lebih berlalu belum jelas surat-surat lahan pengganti dan lokasinya dimana.

“Kok aneh, tanah ini diporses sejak tahun 2004 kemudian dilanjutkan tahun 2009. Segel yang asli juga sudah kita berikan ke pemkot satu tahun lalu, dengan janji nanti diberikan surat kepemilikan tanah yang baru. Kita pikir suratnya sudah selesai, lah ini malah didata ulang, bingung ‘kan jadinya,” tandas Mahmudi, warga RT 23 Manggar ini didampingi beberapa warga lainnya.

Mengenai lahan ini, Mahmudi dan warga lainnya, pada dasarnya tidak mempersoalkan lahan miliknya digunakan untuk stadion. Asalkan, lahan pengganti yang dijanjikan segera direalisasikan. Surat tanah yang baru diterbitkan, dan lokasi tanah pengganti yang sebenarnya segera ditunjukkan. “Itu saja mintanya kita ini. Kasihan kita, soalnya ada yang mau bangun rumah bingung, mau dijual lagi tidak bisa. Karena tidak jelas surat-surat dan lokasi tanah penggantinya di mana,” aku Mahmudi. (rus)

 
OTHER NEWS
Jum\'at, 25 Juli 2014 , 11:16:00

SANGAT RAMAI

BALIKPAPAN- Memasuki  H-3 perayaan lebaran, pusat-pusat perbelanjaan mulai dipadati para pengunjung untuk berbelanja keperluan lebaran seperti baju, celana dan se ...

Jum\'at, 25 Juli 2014 , 11:15:00

Jelang Lebaran, Camat-Lurah Siaga DBD

BALIKPAPAN-Jelang lebaran, camat dan lurah serta elemen masyarakat lainya jangan sampai terlena dengan suasana perayaan lebaran. Saat ini, lurah dan camat diminta untu ...

Jum\'at, 25 Juli 2014 , 11:14:00

1.177 Pegawai Honor DKPP Terima ‘THR’

BALIKPAPAN-Sebanyak 1.177 pekerja non pegawai negeri sipil (non-PNS) di lingkungan DKPP akhirnya bisa bernafas lega. Para pegawai yang akrab disebut denag pasukan kuni ...

Jum\'at, 25 Juli 2014 , 11:14:00

Pengusaha Wajib Bayar THR

BALIKPAPAN-Pemberian tunjangan hari raya (THR) oleh perusahaan bagi setiap pekerja di Kaltim telah sesuai dengan  Undang-Undang (UU) Nomor  13 Tahun 2003 ten ...

Jum\'at, 25 Juli 2014 , 11:13:00

Lebaran, BPBD Siaga di Obyek Wisata

BALIKPAPAN–Sejumlah obyek wisata pantai di ‘Kota Minyak’ ini  rawan terjadi musibah. Seperti orang tenggelam dan perahu nelayan terbalik. Untuk ...

 
SUPER LIGA
Hanya Menang Tipis
BALIKPAPAN - Tim Persiba Balikpapan menutup rangkaian uji coba selama bulan Ramadan dengan hasil ...
Other
 
Kaltim
Dishub Lakukan Uji Petik
PENAJAM- Jelang Hari Raya Idul Fitri 1436 H, UPTD PKB (Pengujian Kendaraan Bermotor) Dinas Perhub ...
Other
 
Metropolis
SANGAT RAMAI
BALIKPAPAN- Memasuki  H-3 perayaan lebaran, pusat-pusat perbelanjaan mulai dipadati para pen ...
Other
 
Kecamatan
Bulan Puasa Pelayanan di Karang Rajo Normal
BALIKPAPAN–Kendati  para pegawai Kelurahan Karang Rejo tengah menjalankan ibadah puasa ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1