Sabtu, 16 Maret 2013 , 09:33:00


BALIKPAPAN  -  Kabag Pembangunan Sekdakot Balikpapan, Agus Budi Prasetyo memastikan saat ini pembangunan Stadion Utama Balikpapan tidak terkendala lagi soal lahan. Budi-akrabnya disapa, menuturkan bahwa masalah lahan dengan warga pada dasarnya sudah tidak ada masalah.

Sekarang ini, katanya, pemkot masih melakukan negosiasi dengan Brimob Polda Kaltim. Sebab, ada lahan milik pasukan pemukul milik kepolisian di sekitar stadion. Pihaknya juga sudah mengajukan opsi tukar guling seperti warga lainnya. "Lahan di Stadion sebagian sudah selesai. Hanya lahan Brimob yang tengah diproses. Surat sudah kita lansir, jika mereka (Biromob, Red) bersedia langsung kita carikan lahan pengganti," terang Agus.

Bagaimana dengan tuntutan 60 warga lebih yang meminta kejelasan pemkot terkait lahan kavling penganti milik mereka? Soal ini,  mantan Kabid Sosial dan Budaya (Sosbud) Bappeda ini mengakui memang benar ada pola tukar guling pergantian lahan warga yang terkena proyek stadion. Bahkan, tahun 2012 lalu relokasinya sudah siap.

Namun, kata Agus, untuk teknis berapa luas lahan, letaknya dimana dan siapa saja warga yang mendapatkan penggantian lahan bukan di Bagian Pembangunan. Tetapi ada di Bagian Umum dan Perlengkapan Sekdakot Balikpapan. "Kalau masalah relokasi itu, teknisnya di Bagian Perlengkapan. Bagian Pembangunan hanya fokus mengawasi progres pembangunan, serapan anggaran hingga kendala pekerjaan yang perlu diperlu difasilitasi,"  ungkapnya menjawab Balikpapan Pos di Sekretariat DPRD Balikpapan, Jumat (15/3) kemarin.

Dia mengatakan, untuk relokasi lahan yang diketahuinya seluas 6,5 hektare dan lokasi berada tak jauh dari lahan Stadion Utama Balikpapan yang sudah dimatangkan untuk pembangunan. Nah, masalah lahan warga tersebut letak kavlingnya di mana, milik siapa, berapa luasannya semuanya teknis di Bagian Perlengkapan. "Nanti, di situ semua diketahui. Termasuk lahan yang dilepas warga berapa dan didapat berapa. Letaknya pun juga bisa diketahui jelas, milik A atau B," lanjut Agus.

Berkaitan dengan progres pembangunan Stadion Utama sendiri, Agus mengungkapkan bahwa progres secara presentase sudah mencapai 15 persen untuk tahap kedua. Proyek ini, katanya, merupakan proyek tahun jamak atau multiyears yang nantinya akan diselesaikan dalam waktu 3 tahun anggaran. Diperkirakan awal 2015 sudah selesai dan bisa digunakan.

“Untuk progres 15 persen itu pekerjaan pemancangan dan pembangunan beberapa tribun (tempat penonton, Red), teknis pembangunannya dilakukan oleh Dinas PU,” tandas Agus Budi Prasetyo.

Sebelumnya, sejumlah warga Manggar yang lahannya terkena pembebasan lahan stadion ngeluruk ke pemkot. Mereka managih janji lahan baru setelah ada kesepakatan pola tukar guling. Sebab, setahun lebih berlalu belum jelas surat-surat lahan pengganti dan lokasinya dimana.

“Kok aneh, tanah ini diporses sejak tahun 2004 kemudian dilanjutkan tahun 2009. Segel yang asli juga sudah kita berikan ke pemkot satu tahun lalu, dengan janji nanti diberikan surat kepemilikan tanah yang baru. Kita pikir suratnya sudah selesai, lah ini malah didata ulang, bingung ‘kan jadinya,” tandas Mahmudi, warga RT 23 Manggar ini didampingi beberapa warga lainnya.

Mengenai lahan ini, Mahmudi dan warga lainnya, pada dasarnya tidak mempersoalkan lahan miliknya digunakan untuk stadion. Asalkan, lahan pengganti yang dijanjikan segera direalisasikan. Surat tanah yang baru diterbitkan, dan lokasi tanah pengganti yang sebenarnya segera ditunjukkan. “Itu saja mintanya kita ini. Kasihan kita, soalnya ada yang mau bangun rumah bingung, mau dijual lagi tidak bisa. Karena tidak jelas surat-surat dan lokasi tanah penggantinya di mana,” aku Mahmudi. (rus)

 
OTHER NEWS
Kamis, 21 Agustus 2014 , 09:25:00

Tahun Depan, Fisik Jalan Tol Dimulai

BALIKPAPAN - Pelan tapi pasti, tahapan pembangunan jalan tol Balikpapan menuju Samarinda sepanjang 99,02 kilometer terus berlanjut. Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Provinsi ...

Kamis, 21 Agustus 2014 , 09:24:00

Pengurangan Sampah Ditarget 20 Persen

BALIKPAPAN- Sebanyak 15 kepala daerah tingkat kabupaten/kota se-Kalimantan, mendeklarasikan  komitmen Bebas Sampah 2020 di hadapan Menteri    Negar ...

Kamis, 21 Agustus 2014 , 09:22:00

Komunitas Salon Sukarela Kirim Dukungan Jeriko

POLING perolehan dukungan untuk figur dalam Pilkada Balikpapan 2015 mendatang terjadi perubahan yang signifikan. Figur yang disorong maju cawawali lewat jalur indipend ...

Kamis, 21 Agustus 2014 , 09:21:00

Mayjen Benny Pangdam Baru

BALIKPAPAN-Pucuk pimpinan di Komdan Daerah Militer (Kodam) VI/Mulawarman segera berganti. Peralihan tongkat estafet itu dipastikan berdasarkan Keputusan Panglima TNI N ...

Kamis, 21 Agustus 2014 , 09:20:00

Dewan Soroti Pelayanan RSU AWS dan Kanujoso

SAMARINDA- Anggota Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F-PKS) Gunawarman meminta Pemprov Kaltim memberi teguran kepada Manajemen Rumah Sakit Abdul Wahab Syahrani (AWS) S ...

 
SUPER LIGA
Nzekou Cedera Ringan
BALIKPAPAN- Hujan deras yang mengguyur Balikpapan tak menyurutkan Persiba untuk memantapkan persi ...
Other
 
Kaltim
Pusat Sambut Baik Buluminung Jadi Kawasan Industri
PENAJAM- Pemerintah Kabupaten Penajam (Pemkab) Paser Utara (PPU) terus membangun berbagai sektor ...
Other
 
Metropolis
Tahun Depan, Fisik Jalan Tol Dimulai
BALIKPAPAN - Pelan tapi pasti, tahapan pembangunan jalan tol Balikpapan menuju Samarinda sepanjan ...
Other
 
Kecamatan
Sampah Masih Jadi Masalah
BALIKPAPAN- Meskipun Kota Beriman baru saja membawa pulang penghargaan Adipura Kencana dalam kate ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1