Jum'at, 15 Maret 2013 , 10:47:00


BALIKPAPAN—Siswa – siswa SMPN 1 Balikpapan berhasil meraih gelar juara pertama dalam ajang lomba cerdas cermat Pendidikan Agama Islam (PAI) tingkat SLTP yang digelar oleh Dinas Pendidikan (Disdik).

Siswa-siswi tersebut antara lain atas nama Avicenna Muhammad Andiya kelas CIBI (akselerasi),Juwan Sanderson kelas VII-2dan Stalasvina OktafiantikelasVIII-4. Ketika ditemui Balikpapan Pos kemarin,  mereka nampak didampingi oleh guru Agama Islam, Mat Soleh SAg.

Avicenna yang mewakili kedua temannya bercerita, mereka harus berjuang keras untuk meraih gelar juara pertama tersebut. Pasalnya, mereka harus menyisihkan peserta lainnya yang berasal dari 18 sekolah yang memang kerap menjadi peserta di ajang lomba Cerdas Cermat setiap tahunnya.

“Kami masuk tiga besar peringkat setelah dalam babak penyisihan memperoleh nilai tertinggi. Kemudian pada babak final, kami berhasil menang walau dengan perbedaan angka yang sangattipis. Yakni hanya beda 200 angka,” jelas siswa kelas IX-CIBI ini.

Selanjutnya, pada babak final tim SMPN 1 Balikpapan akhirnya berhasil meraih memimpin di kategori berebut. Mereka berhasil menjawab pertanyaan terkait 8 golongan penerima zakat
“Alhamdulillah kami dapat menjawab lengkap fakir, miskin, Ghorib, hamba sahaya, ibnu sabil, mualaf, fii sabilillah dan amil. Akhirnya kami berhasil meraih juara pertama,” kata Avicenna.

Diketahui, Avicenna juga pernah meraih juara pertama lomba pelajaran IPS tingkat kota yang digelar SMAN 1 beberapa waktu lalu. Atas keberhasilannya ini, dirinya berhak masuk SMAN 1 Balikpapan  tahun ajaran 2013/2014 tanpa tes.

Sedangkan persiapan lomba sendiri, Mat Sholeh mengungkapkan, pihaknya sebelumnya juga harus melakukan seleksi kepada 10 siswa SMPN 1 Balikpapan. Dari kesepuluh siswa yang ada, diambil tiga terbaik dalam pemahaman mata pelajaran pendidikan Agama Islam ini.

Disebutkan, selain prestasi tiga siswa ini, untuk bidang Agama Islam, siswa SMPN 1 Balikpapan  juga meraih juara 1 dan 2 untuk puitisasi AlQuran. Prestasi tersebudiraih oleh Dilla Ananda Putri,  danAnafatun. Selain itu, pada acara Muharram Fair lalu, Tiara kelas VII-4 berhasil merebut juara dua kaligafi.

Lebih jauh Mat Sholehmenambahkan, siswa-siswi SMPN 1 Balikpapan ke depannya harus ditingkatkan lagi. “Karenasemakin tahun semakin ketatpersaingan dalam lomba ini. Makanya untuk peserta lomba bidang keagamaan ini seleksiakan diperbanyak lagi, dan tentunya selain itu nilai tertinggiharus didukung oleh  implementasi dalam kesehariannya,” ujar Mat Sholeh didampingi Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Zaidil GhofarSPd.

Ditempat yang sama, Kepala Sekolah SMPN 1 Balikpapan, H Ishak SPd MM menyebutkan bahwa pengetahuan  keagamaan harus pula didukung oleh penerapan dalam kegiatan sehari-hari di sekolah. “Oleh karena itu, para siswa kami tekankan pula untuk mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Artinya, kami meminta pengamalan juga harus dilakukan, karena pengetahun agama inilah yang menjadi bekal mereka di dalam masa mendatang, baik itu akhlak, hingga perwujudan seperti baca Alquran, hingga sholat, pada diri mereka, lingkungan dan masyarakat,” harap Ishak.(han)

 
OTHER NEWS
Sabtu, 23 Agustus 2014 , 01:56:00

Desak Jam Belajar Agama Ditambah

BANJAR – Forum Masyarakat Peduli Pendidikan (FMPP) Kota Banjar ikut menanggapi beredarnya video bugil yang diperankan seorang pelajar SMKN di Kota Banjar. An ...

Sabtu, 23 Agustus 2014 , 01:55:00

Latih 40 Ribu Guru, Habiskan Rp50 Miliar

TANGERANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang melalui Dinas Pendidikan (Disdik) telah menghabiskan dana sebesar Rp 50 miliar untuk membiayai pendidikan dan pelat ...

Sabtu, 23 Agustus 2014 , 01:54:00

Oktober, Tunjangan Profesi Guru Madrasah Cair

JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) masih menanggung hutang pembayaran tunjangan profesi guru (TPG). Tidak tanggung-tanggung, nominalnya mencapai Rp 1,9 triliun. Ren ...

Sabtu, 23 Agustus 2014 , 01:53:00

Pelajari Kesetaraan Gender Hingga Peranan Media

MUHAMMAD Ami, remaja yang kini tercatat sebagai Mahasiswa Universitas Balikpapan ini tak asing lagi bagi sebagian warga Kota Minyak. Tak hanya di kalangan sebaya, di m ...

Jum\'at, 22 Agustus 2014 , 10:02:00

Balikpapan Kebagian 3.165 Kursi

BALIKPAPAN- Gubernur Kaltim, Awang Faroek Ishak meminta kepada seluruh masyarakat Kaltim agar memanfaatkan seoptimal mungkin program Beasiswa Kaltim Cemerlang yang tel ...

 
SUPER LIGA
Ujian Pertama The Gunners
LIVERPOOL -  Pelatih Arsenal Arsene Wenger merasa anak buahnya belum mendapat tantangan bera ...
Other
 
Kaltim
RTH Telan Anggaran Rp 1,7 Miliar
PENAJAM - Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman (DKPP) Kabupaten Penajam Paser Utara sementar ...
Other
 
Metropolis
APBD-P 2014 Ditetapkan Rp3,1 T
BALIKPAPAN – Anggota DPRD Balikpapan periode 2009-2014 mengakhiri tugasnya dengan menetapka ...
Other
 
Kecamatan
Penataan Lahan Terus Dipantau
BALIKPAPAN - Adanya pengupasan lahan yang berdampak kerusakan lingkungan di wilayah Kecamatan Bal ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1