Jum'at, 15 Maret 2013 , 10:47:00


BALIKPAPAN—Siswa – siswa SMPN 1 Balikpapan berhasil meraih gelar juara pertama dalam ajang lomba cerdas cermat Pendidikan Agama Islam (PAI) tingkat SLTP yang digelar oleh Dinas Pendidikan (Disdik).

Siswa-siswi tersebut antara lain atas nama Avicenna Muhammad Andiya kelas CIBI (akselerasi),Juwan Sanderson kelas VII-2dan Stalasvina OktafiantikelasVIII-4. Ketika ditemui Balikpapan Pos kemarin,  mereka nampak didampingi oleh guru Agama Islam, Mat Soleh SAg.

Avicenna yang mewakili kedua temannya bercerita, mereka harus berjuang keras untuk meraih gelar juara pertama tersebut. Pasalnya, mereka harus menyisihkan peserta lainnya yang berasal dari 18 sekolah yang memang kerap menjadi peserta di ajang lomba Cerdas Cermat setiap tahunnya.

“Kami masuk tiga besar peringkat setelah dalam babak penyisihan memperoleh nilai tertinggi. Kemudian pada babak final, kami berhasil menang walau dengan perbedaan angka yang sangattipis. Yakni hanya beda 200 angka,” jelas siswa kelas IX-CIBI ini.

Selanjutnya, pada babak final tim SMPN 1 Balikpapan akhirnya berhasil meraih memimpin di kategori berebut. Mereka berhasil menjawab pertanyaan terkait 8 golongan penerima zakat
“Alhamdulillah kami dapat menjawab lengkap fakir, miskin, Ghorib, hamba sahaya, ibnu sabil, mualaf, fii sabilillah dan amil. Akhirnya kami berhasil meraih juara pertama,” kata Avicenna.

Diketahui, Avicenna juga pernah meraih juara pertama lomba pelajaran IPS tingkat kota yang digelar SMAN 1 beberapa waktu lalu. Atas keberhasilannya ini, dirinya berhak masuk SMAN 1 Balikpapan  tahun ajaran 2013/2014 tanpa tes.

Sedangkan persiapan lomba sendiri, Mat Sholeh mengungkapkan, pihaknya sebelumnya juga harus melakukan seleksi kepada 10 siswa SMPN 1 Balikpapan. Dari kesepuluh siswa yang ada, diambil tiga terbaik dalam pemahaman mata pelajaran pendidikan Agama Islam ini.

Disebutkan, selain prestasi tiga siswa ini, untuk bidang Agama Islam, siswa SMPN 1 Balikpapan  juga meraih juara 1 dan 2 untuk puitisasi AlQuran. Prestasi tersebudiraih oleh Dilla Ananda Putri,  danAnafatun. Selain itu, pada acara Muharram Fair lalu, Tiara kelas VII-4 berhasil merebut juara dua kaligafi.

Lebih jauh Mat Sholehmenambahkan, siswa-siswi SMPN 1 Balikpapan ke depannya harus ditingkatkan lagi. “Karenasemakin tahun semakin ketatpersaingan dalam lomba ini. Makanya untuk peserta lomba bidang keagamaan ini seleksiakan diperbanyak lagi, dan tentunya selain itu nilai tertinggiharus didukung oleh  implementasi dalam kesehariannya,” ujar Mat Sholeh didampingi Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Zaidil GhofarSPd.

Ditempat yang sama, Kepala Sekolah SMPN 1 Balikpapan, H Ishak SPd MM menyebutkan bahwa pengetahuan  keagamaan harus pula didukung oleh penerapan dalam kegiatan sehari-hari di sekolah. “Oleh karena itu, para siswa kami tekankan pula untuk mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Artinya, kami meminta pengamalan juga harus dilakukan, karena pengetahun agama inilah yang menjadi bekal mereka di dalam masa mendatang, baik itu akhlak, hingga perwujudan seperti baca Alquran, hingga sholat, pada diri mereka, lingkungan dan masyarakat,” harap Ishak.(han)

 
OTHER NEWS
Kamis, 24 April 2014 , 08:25:00

Jadikan Mangrove Sebagai Ikon

BALIKPAPAN- Berdiri di kawasan konservasi mangrove, SDN 004 Balikpapan Barat ‘beralih’ ikon. Setelah sebelumnya gencar dengan budidaya ikan lele, kini seko ...

Kamis, 24 April 2014 , 08:23:00

Menuju Sekolah Adiwiyata Kaltim

BALIKPAPAN—Adiwiyata merupakan program pengembangan pendidikan lingkungan hidup, sejak 2006 Kementrian Lingkungan Hidup dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ...

Kamis, 24 April 2014 , 08:23:00

Perizinan Sekolah Internasional Tak Bisa Ditawar

BALIKPAPAN—Dengan adanya kasus pelecehan seksual yang terjdai di Jakarta International School (JIS), nampaknya kini menjadi perhatian dan perbincangan masyarakat ...

Kamis, 24 April 2014 , 08:21:00

Guru di JIS Tak Bisa Lepas Tangan

JAKARTA - Pakar pendidikan Arief Rahman menilai kasus kejahatan seksual terhadap murid di Jakarta International School (JSI) tidak bisa dilepaskan dari tanggung jawab ...

Kamis, 24 April 2014 , 08:21:00

Tularkan Informasi Bahaya Miras dan Narkoba

BALIKPAPAN- Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Kalimantan Timur mencatat ada lebih dari 15 ribu korban minuman keras (miras) dan narkoba se-Tanah ...

 
SUPER LIGA
Misi Keluar Zona Merah
BALIKPAPAN– Bayang-bayang degradasi semakin menghantui Persiba Balikpapan. Hanya mengoleksi ...
Other
 
Kaltim
RPJMD Jadi Landasan Hukum, Minta Segera Disahkan
PENAJAM– Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) ...
Other
 
Metropolis
Sepinggan Raya Tercemar Limbah Berbahaya
BALIKPAPAN- Sejumlah warga mengeluhkan limbah bekas pelumas kendaraan yang dibuang di drainase ka ...
Other
 
Kecamatan
Jalan Projakal Km 5 Rusak Parah
BALIKPAPAN-Kondisi jalan Projakal KM 5 Kelurahan Graha Indah semakin parah sehingga dikeluhkan wa ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1