Senin, 18 Februari 2013 , 12:01:00


TES LANGSUNG : Para peserta Duta Wisata Manuntung Balikpapan 2013 yang mengikuti seleksi tulis dan wawancara di aula Pemkot kemarin, dites langsung 3 juri.

BALIKPAPAN-Sejak dibukanya pendaftaran ajang pemilihan calon putra- putri Duta Wisata “Manuntung” Balikpapan, pihak panitia banyak menerima pendaftaran untuk nantinya bertanding beradu kecerdasan, kreatifitas serta penuh semangat sebagai ujung tombak dalam mempromosikan kepariwisataan Indonesia secara nasional maupun internasional.

Nah, tahun ini, ajang pemilihan Duta Wisata “Manuntung” masih menjadi salah satu perhelatan yang paling dinanti, khususnya bagi kalangan remaja, baik yang masih berstatus pelajar maupun telah lulus. Minggu (17/2) kemarin, sebanyak 113 peserta yang mendaftar ulang di Aula Balaikota langsung dan kemudian mengikuti pengecekan tinggi serta berat badan.

Saat itu pula, peserta langsung mengikuti seleksi. Di antaranya tes tulis berupa soal bahasa Inggris dan pengetahuan umum pariwisata sejak pukul 07.00 Wita hingga 09.30 Wita.

Ketua Forum Duta Wisata Balikpapan, Rully Subliansyah menuturkan, dalam ajang pemilihan kali ini akan cukup menyulitkan tim panitia. Pasalnya, dari semua peserta dinilai memiliki spesifikasi persyaratan yang cemerlang.

“Mulai dari prestasi akademiknya. Kemudian tampang dan kemampuan bahasa Inggris peserta, sebagian besar malah memiliki pengalaman serta berkualitas baik. Saya rasa tahun ini persaingan semakin ketat,” ucap Uly-akrabnya disapa.

Di tahun ini juga, ada perubahan nama yang dulunya hanya Duta Wisata Balikpapan kini menjadi Duta Wisata Manuntung Balikpapan. Alasannya, supaya tidak ingin menghilangkan kesan Manuntung di Kota Minyak.

“Sebelumnya dulu pernah pakai kata Manuntung juga, tapi dihilangkan dan kini kembali menggunakan Manuntung agar aksen asli Balikpapan tidak hilang,” jelas jebolan Duta Wisata tahun 2005 silam tersebut.

Setelah mengikuti tes tertulis tersebut, para peserta juga langsung tes wawancara oleh tiga juri. Yakni dari dua orang dari Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) dan dari LP3I sebagai penguji kemampuan bahasa Inggris.

Usai seleksi, kemarin petang tim juri langsung mengumumkan 12 pasang atau 24 peserta yang lolos sebagai finalis. Rencananya, semua finalis akan dikarantina di Hotel Pasific mulai Kamis (21/2) hingga Sabtu (23/2) mendatang.

Di situ, mereka akan ditempa untuk meningkatkan peforma sebagai finalis dari segala aspek. Di Sabtu malam itu, akan digelar grand final yang dipusatkan di salah satu mal di Balikpapan. Nantinya, di event puncak tersebut akan diundang beberapa duta wisata berbagai daerah tetangga serta Duta Wisata Indoensia.

“Nantinya selama tiga hari dikarantina itu ada pembekalan-pembekalan terkait masalah narkoba, pendidikan, umum, masalah sosial dan banyak lainnya,” tandas Rully Subliansyah.(rem)

 
OTHER NEWS
Selasa, 30 September 2014 , 04:25:00

Petugas Satpol PP Kecolongan

Ternyata masih ada pengunjung yang memarkir kendaraannya di lantai dua kantor balaikota yang terletak di Jl Jenderal Sudirman. Pada Senin (29/9) kemarin, tampak sejuml ...

Selasa, 30 September 2014 , 04:23:00

Muhammadiyah Sediakan 7 Tempat

BALIKPAPAN-Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Balikpapan telah menyiapkan 7 lokasi untuk pelaksanaan salat Idhul Adha 1435 H. Yakni di halaman Masjid Tarbiyah Gun ...

Selasa, 30 September 2014 , 04:21:00

Ternyata 55 Penerima Raskin Pemprov Bukan Gakin

BALIKPAPAN-Sebanyak 226 kepala keluarga (KK) di Kelurahan Klandasan Ilir penerima beras murah atau beras miskin (raskin) dari pemerintah kota (Pemkot) Balikpapan dan p ...

Selasa, 30 September 2014 , 04:20:00

Kodam Gandeng Kalangan Mahasiswa

BALIKPAPAN- Memudarnya semangat nasionalisme dan kecintaan pada negara, salah satu indikatornya di kalangan pemuda telah mengalami penurunan kesadaran akan pentingnya ...

Senin, 29 September 2014 , 03:38:00

PKL Akan Dialihkan ke Tepi Pantai

BALIKPAPAN-Setelah dikeluarkannya SK Walikota tentang penataan Pedagang Kali Lima (KPL) di Lapangan Merdeka, maka Pemkot saling bersinergi dengan pihak Petamina untuk ...

 
SUPER LIGA
Saatnya Hancurkan Al Qadsia
JAYAPURA- 90 menit untuk mencetak sejarah baru sudah ada di dalam benak anak-anak Persipura, Boaz ...
Other
 
Kaltim
Pemprov Alokasikan Dana Rp300 M
PENAJAM-Jalan Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) di Kecamatan Sepaku,  Kabupaten Penajam Pas ...
Other
 
Metropolis
SALAM HORMAT JENDERAL
BALIKPAPAN- Seorang pengendara sepeda Ontel mengenakan pakaian mirip Presiden RI Soekarno sambil ...
Other
 
Kecamatan
Pasca Kebakaran Masih Ada Titik Api
BALIKPAPAN- Pasca kebakaran hutan seluas dua hektar yang terletak di pemukiman warga Palm Hills ( ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1