Minggu, 17 Februari 2013 , 15:54:00


BALIKPAPAN-Maraknya kasus pembuangan orok sungguh sangat memprihatinkan. Seorang psikolog Patria Rahmawaty PSi mengatakan, maraknya kasus pembuangan bayi ini karena bentuk perilaku yang tidak bertanggung jawab dari orangtua orok ataupun bayi. Hal tersebut dilakukan bukan hanya kemauan ibu pengandung janin, tetapi biasanya ada tekanan dari oknum tertentu yang tidak juga menginginkan kelahiran sang bayi.

“Sebenarnya orok atau bayi yang dibuang maupun digugurkan tidak ada yang salah, yang salah hanyalah perilaku dari orangtua dari orok atau bayi yang dibuang tersebut,” ujar Rahmawaty-akrab Patria Rahmawaty disapa-kepada Balikpapan Pos, Sabtu (16/2) kemarin.

Selain itu, ia menambahkan,adanya faktor untuk menutupi aib, sehingga nekat melakukan aborsi dan membuang orok dijadikan jalan pintas untuk menghapus rasa malu kepada masyarakat. Gaya hidup yang salah menjadi faktor utama hingga terjadinya aborsi dan pembuangan orok. Selain itu, lanjutnya lagi, karena apa yang mereka lakukan melanggar perilaku sosial, melakukannya juga di luar dari norma-norma agama.

“Kemampuan emosional, bertanggung jawab, dan kemampuan diri untuk penyelesaian masalah menjadi faktor utama untuk satu pasangan tidak melakukan hal seperti itu,” lanjutnya.

Dikatakan Rahmawaty, faktor keharmonisan keluarga juga tak bisa menjadi jaminan para remaja untuk tidak melakukan hal-hal seperti seks bebas. Semua itu tergantung dari pergaulan remaja tersebut.

“Semua itu kembali kepada mereka sendiri, walaupun mereka mengerti agama, berjilbab sekalipun, jika pergaulannya salah, iman mereka tidak kuat tidak menutup kemungkinan bisa terjerumus juga,” papar dosen Uniba tersebut.

Untuk saat ini, tandasnya, perilaku menyimpang seperti itu banyak dilakukan pelajar di kalangan SMP, SMA bahkan hingga mahasiswa, dari perilaku seks bebas, ketidaksiapan mental, minimnya tanggung jawab, dan untuk menutupi aib karena belum sanggup menerima kenyataan akhirnya melakukan aborsi dan membuang orok.

Kepada orang tua, psikolog murah senyum ini mengimbau agar dapat lebih mengawasi pergaulan anak-anaknya. Lebih memantau kondisi dan tingkah laku anak saat berada di rumah maupun di luar. Kepada guru-guru agama di sekolah, diharapkan lebih memberikan pendalaman dan pemahaman tentang agama. “Selain itu pihak yang terkait harus lebih sering melakukan sosialisasi kesekolah-sekolah agar perilaku seks bebas dapat berkurang,” pungkas dia.(pri)

 
OTHER NEWS
Kamis, 21 Agustus 2014 , 10:10:00

Gagal Menjambret, Remas Payudara

BALIKPAPAN –Dua jambret baru saja ditangkap, ternyata masih ada jambret lain yang beraksi di jalanan mengincar kaum wanita. Korbannya perempuan berparas manis be ...

Kamis, 21 Agustus 2014 , 10:07:00

Polisi Selidiki Asal Ekstasi di Delta

BALIKPAPAN- Penyelidikan tiga tersangka pemilik narkotika jenis ekstasi sebanyak 3 butir dalam kasus pesta narkoba di Delta Karaoke and Pub, terus dilakukan Polres Bal ...

Kamis, 21 Agustus 2014 , 10:06:00

Riry: Rehabilitasi Harus Melalui Penetapan Hakim

KETUA Lembaga Bantuan Hukum Pemuda Pancasila (LBH PP) Kota Balikpapan Riri Azwari Lubis SH mengaku salut atas keberhasilan Polres Balikpapan menggerebek pesta ekstasi ...

Kamis, 21 Agustus 2014 , 10:03:00

Rumah Dinas Lurah Akan Dibongkar

BALIKPAPAN – Pembangunan proyek supermal City Center di atas lahan eks Puskib diwarnai banyak masalah. Selain menimbulkan rumah warga retak-retak, rumah dinas Lu ...

Kamis, 21 Agustus 2014 , 10:03:00

Istri Curiga Layaknya Pasangan Kekasih

BALIKPAPAN–Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Polres Balikpapan masih menyidik kasus inses (hubungan seksual sedarah) yang dilakukan MN (42) dengan anak ...

 
SUPER LIGA
Nzekou Cedera Ringan
BALIKPAPAN- Hujan deras yang mengguyur Balikpapan tak menyurutkan Persiba untuk memantapkan persi ...
Other
 
Kaltim
Pusat Sambut Baik Buluminung Jadi Kawasan Industri
PENAJAM- Pemerintah Kabupaten Penajam (Pemkab) Paser Utara (PPU) terus membangun berbagai sektor ...
Other
 
Metropolis
Tahun Depan, Fisik Jalan Tol Dimulai
BALIKPAPAN - Pelan tapi pasti, tahapan pembangunan jalan tol Balikpapan menuju Samarinda sepanjan ...
Other
 
Kecamatan
Sampah Masih Jadi Masalah
BALIKPAPAN- Meskipun Kota Beriman baru saja membawa pulang penghargaan Adipura Kencana dalam kate ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1