Selasa, 12 Februari 2013 , 09:30:00


PENAJAM-Bupati Penajam Paser Utara (PPU) H Andi Harahap membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Tertib Administrasi Pengelola Keuangan dan Penatausahaan Aset Daerah untuk meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) di Hotel Oasis Amir, Jakarta Timur, Jum’at(8/2) lalu.

Acara yang diselenggarakan oleh Lembaga Pengembangan Manajemen Pemerintah (LPMP) Jakarta ini berlangsung selama 3 hari, 8-10 Februari 2013, dengan menggunakan anggaran masing-masing SKPD.

Jumlah peserta yang hadir sekitar 200 orang mewakili masing-masing SKPD, di antaranya 3 asisten, kepala Dinas, Badan, Kantor, Inspektorat, kepala Bagian Sekretariat Kabupaten, para Lurah dan Kades se-Kabupaten PPU. 

Dalam arahannya, Bupati Andi Harahap mengatakan, dua tahun terakhir ini terjadi peningkatan opini Laporan Hasil Pemeriksaan Keuangan (LHPK) BPK RI Perwakilan Kaltim dari tidak wajar 2011 menjadi wajar dengan pengecualian (WDP) 2012.

“Peningkatan opini itu merupakan buah dari usaha dan kerja keras kita selama ini dalam mengelola keuangan dan aset daerah yang tertib administrasi, tertib hukum,  tertib pelaporan, transparan dan akuntabel.

Untuk itu, saya selaku kepala pemerintah mengucapkan terima kasih atas kerjasamanya,” papar Bupati Andi Harahap. Namun demikian, lanjut dia, jangan berpuas diri atas keberhasilan dalam meningkatkan opini itu, tetapi harus bekerja lebih keras lagi dalam mengelola keuangan dan aset daerah agar dapat meraih opini WTP dari BPK.

Karenanya, bupati menyambut baik kegiatan bimtek ini. “Bimtek ini merupakan salah satu bentuk komitmen pemerintah daerah memperbaiki tata kelola keuangan dan aset daerah serta menambah kompetensi SDM pengelola keuangan dan aset di masing-masing SKPD,” jelasnya.

Bupati menambahkan, tujuan utamanya adalah dalam rangka tertib administrasi untuk mencapai pengelolaan keuangan dan aset daerah yang tertib, transparan dan akuntabel. Disamping itu juga mengantisipasi jika nanti ada  perubahan perundang-undangan baru tentang pengelolaan keuangan nantinya.

Sehingga tahun berikutnya diharapkan ada peningkatan opini atas laporan keuangan daerah pada Pemkab PPU. Asisten Administrasi dan Aparatur, Setkab PPU, Pahlawan Syahrani menambahkan, salah satu dasar kegiatan ini adalah peraturan perundang-undangan yang sering berubah-ubah.

Karena seperti di Pemkab PPU ada penambahan beberapa SKPD, juga UPT-UPT yang sudah barang tentu perlu adanya pengelola keuangan, perlu orang yang mengerti mengelola berkas asset, sehingga perlu diadakannya acara ini.

Pahlawan menyebutkan, hasil evaluasi beberapa waktu lalu laporan keuangan di Kabupaten PPU sudah mulai membaik, tak ada lagi yang berani baik itu PA maupun KPA mau bermain-main secara administrasi.

“Maka semuanya aman, aman dalam artian secara program kita juga aman, dalam pelaksanaanya juga kita aman, termasuk dalam pertanggung jawabannya semuanya harus  aman agar semua program bupati kita akan dapat kita jalankan  dengan aman,” papar Pahlawan.

Sementara itu, dalam laporan Sekretaris LPMP Muhammad Syukur, peserta yang mengikuti bimtek ini lebih kurang 190 orang terdiri Pengguna Anggaran (PA), Kuasa Pengguna Anggaran (KPA), PPK, PPTK, bendahara, pengelola barang, pengelola dan pelaksana administrasi keuangan dan staf terkait di masing-masing SKPD di lingkup Pemkab PPU.

Bimtek ini diisi narasumber dari Direktorat Jendral Keuangan Daerah, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Otang yang menyampaikan materi Implikasi Hukum dan Rekomendasi Hasil Temuan BPK terhadap pengelolaan keuangan daerah.

Sementara pantauan wartawan harian ini yang turut diundang dalam kegiatan bimtek ini, di sela-sela kegiatan yang mayoritas dihadiri kalangan PNS dan pejabat birokrat terlihat kental dengan nuansa politis menjelang pemilukada. Sehingga menjadi perguncingan politik terhangat di antara sesama peserta.(pam)

 
OTHER NEWS
Kamis, 24 Juli 2014 , 09:30:00

Baznas PPU Target Rp 1,7 Miliar

PENAJAM- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Penajam Paser Utara (PPU) melakukan penghimpunan zakat fitrah, infaq dan sedekah bagi perusahaan dan pejabat yang ada di Pe ...

Kamis, 24 Juli 2014 , 09:29:00

Dishubbupar Catat 91 Titik Jalan Rusak

PENAJAM- Dinas Perhubungan Kebudayaan dan Pariwisata (Dishubbupar) Penajam Paser Utara (PPU) mencatat ada 91 titik terhitung di Jalan Silkar Kilometer nol sampai di Ki ...

Kamis, 24 Juli 2014 , 09:28:00

Wabup Akhiri Safari Ramadan di Kediamannya

PENAJAM-Wakil Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Mustaqim MZ mengadakan Safari Ramadan yang terakhir diselenggarakan di kediamannya Jalan Provinsi Kilometer 16 Desa Giri ...

Kamis, 24 Juli 2014 , 09:25:00

Hipmi PPU Buka Puasa Bersama Anak Panti Asuhan

PENAJAM- Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) melaksanakan buka puasa bersama dengan sejumlah anak yatim Panti Asuhan Uswatun ...

Rabu, 23 Juli 2014 , 11:38:00

Barang Bukti Narkoba Dimusnahkan

PENAJAM- Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) melakukan upacara memperingati Hari Bakti Adhyaksa ke-54 yang dipimpin langsung oleh Kepala Keja ...

 
SUPER LIGA
Tambah Jam Terbang
TERNATE- Timnas U-19 akan menututp laga uji coba melawan tim Persiter Ternate U-21 di Stadion Gel ...
Other
 
Kaltim
Baznas PPU Target Rp 1,7 Miliar
PENAJAM- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Penajam Paser Utara (PPU) melakukan penghimpunan zaka ...
Other
 
Metropolis
LANGGAR PERWALI
BALIKPAPAN- Truk kontainer ini beroperasi disiang hari. Padahal sesuai Perwali Nomor 33 Tahun 200 ...
Other
 
Kecamatan
Banyak Ceceran Tanah, Bukti Pengawasan Lemah
BALIKPAPAN - Kota Balikpapan boleh bangga dengan langganan prestasi di bidang kebersihan lingkung ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1