Sabtu, 09 Februari 2013 , 08:54:00


BALIKPAPAN – Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2012 tentang Pembentukan Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) oleh Sekretariat Negara (Setneg) telah disahkan DPR RI melalui rapat paripurna yang digelar 25 Oktober 2011. Dilanjutkan pada pertengahan November 2011, UU tersebut diteken oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Setelah landasan hukum itu rampung, mulai bermunculan nama siapa yang layak menjadi Penjabat (Pj) Gubernur Kaltara.

Saat dikonfirmasi mengenai siapa calon, Pj yang memimpin provinsi ke-34 di Indonesia tersebut, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi mengatakan,  nama-nama calon sudah masuk ke pusat. “Untuk keputusan siapa Pj gubernur Kaltara merupakan wewenang presiden. Saat ini, usulan nama-nama ada dari pusat dan usulan dari daerah,” ujar Gamawan Fauzi menjawab Balikpapan Pos, di hotel Gran Senyiur, Jumat (8/2) kemarin.

Ia menekankan, bagi pejabat yang ingin menjadi gubernur Kaltara jangan mencalonkan diri atau mengusulkan menjadi Pj gubernur. “Penjabat (Pj) fungsinya mempersiapkan pemilihan gubernur. Semuanya harus dikoordinasikan hingga sampai definitif,” lanjut Gamawan.
Dikonfirmasi terpisah, Gubernur Awang Farouk Ishak mengaku menerima siapa yang ditunjuk Presiden sebagai Pj gubernur Kaltara. “Terserah presiden saja. Yang jelas, keputusan presiden pasti yang terbaik dan kebetulan wewenang memang di tangan presiden,” kata Awang Farouk.

Ditanya mengenai usulan dari daerah dengan sodoran H Irianto Lambrie, Awang mengaku memang benar. Ia menerangkan, Irianto Lambrie memang mengetahui kondisi Kaltara.

“Kalau dari Kaltim, pejabatnya tidak perlu belajar lagi karena pasti mengetahui tentang Kaltara, termasuk Irianto. Dia  memenuhi syarat, mulai dari pangkat tertinggi 4E hingga pernah menduduki jabatan eselon 1B,” beber Awang.

Terealisasinya provinsi Kaltara banyak memberikan dampak di berbagai aspek. Kendali pemerintahan, pemerataan pembangunan, pengelolaan sumber daya alam (SDA), sumber daya manusia (SDM) terntunya akan menjadi semakin baik. Khusus untuk bentuk demokrasi juga terwujud.

“Dengan pembentukan provinsi Kaltara, Kaltim akan melakukan bagi hasil, terutama untuk APBD murni yang mencapai 370 sampai 554 miliar,” terangnya.
Selain Kaltara, pemekaran wilayah juga terjadi di wilayah Kaltim namun untuk skup kabupaten yakni Mahakam Ulu. (rus)

 
OTHER NEWS
Rabu, 16 April 2014 , 07:56:00

TELITI DAN CAPEK

BALIKPAPAN- Penghitungan surat suara dalam rapat pleno di Dapil Balikpapan Selatan (Balsel) dihitung secara teliti menggunakan kaca pembesar. Tampak para saksi Par ...

Rabu, 16 April 2014 , 07:53:00

GOLKAR UNGGUL DI BALSEL

BALIKPAPAN- Hasil penghitungan suara sementara pemilihan anggota legislatif (Pileg) 2014 yang dihimpun Balikpapan Pos dari sejumlah panitia pemungutan suara (PPS) kemb ...

Rabu, 16 April 2014 , 07:52:00

UN, Siswa Kelas 1 dan 2 Padati Perpustakaan

BALIKPAPAN- Pelaksanaan ujian nasional (UN) SMA/SMK sederajat yang berlangsung secara serentak selama tiga hari membuat jumlah siswa yang mengunjungi Kantor Arsip dan ...

Rabu, 16 April 2014 , 07:51:00

Status Jumiati Non-Aktif

BALIKPAPAN- Pihak Badan Kehormatan (BK) DPRD mengaku tidak akan memberikan sanksi lagi kepada terpidana kasus ijazah palsu Jumiati yang ditangkap aparat kejaksaan saat ...

Rabu, 16 April 2014 , 07:50:00

Warga Baltim Berharap Dibangun Rumah Sakit

BALIKPAPAN–Masyarakat yang berada di wilayah Balikpapan Timur berharap Pemkot membangun rumah sakit di wilayahnya. Hal ini disampaikan sejumlah masyarakat saat r ...

 
SUPER LIGA
Agresif di Kandang
BALIKPAPAN- Pelatih kepala tim Persiba Balikpapan, Jaya Hartono terpaksa mengubah strategi timnya ...
Other
 
Kaltim
UN Paket C Diikuti 179 Peserta
PENAJAM– Pelaksanaan Ujian Nasional yang diselenggarakan tanggal 14-16 april 2014 tidak han ...
Other
 
Metropolis
TELITI DAN CAPEK
BALIKPAPAN- Penghitungan surat suara dalam rapat pleno di Dapil Balikpapan Selatan (Balsel) dihit ...
Other
 
Kecamatan
Bank Sampah Karang Rejo Dapat Motor
BALIKPAPAN – Program bank sampah yang tengah berjalan di wilayah Kelurahan Karang Rejo, men ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1