Sabtu, 09 Februari 2013 , 08:54:00


BALIKPAPAN – Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2012 tentang Pembentukan Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) oleh Sekretariat Negara (Setneg) telah disahkan DPR RI melalui rapat paripurna yang digelar 25 Oktober 2011. Dilanjutkan pada pertengahan November 2011, UU tersebut diteken oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Setelah landasan hukum itu rampung, mulai bermunculan nama siapa yang layak menjadi Penjabat (Pj) Gubernur Kaltara.

Saat dikonfirmasi mengenai siapa calon, Pj yang memimpin provinsi ke-34 di Indonesia tersebut, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi mengatakan,  nama-nama calon sudah masuk ke pusat. “Untuk keputusan siapa Pj gubernur Kaltara merupakan wewenang presiden. Saat ini, usulan nama-nama ada dari pusat dan usulan dari daerah,” ujar Gamawan Fauzi menjawab Balikpapan Pos, di hotel Gran Senyiur, Jumat (8/2) kemarin.

Ia menekankan, bagi pejabat yang ingin menjadi gubernur Kaltara jangan mencalonkan diri atau mengusulkan menjadi Pj gubernur. “Penjabat (Pj) fungsinya mempersiapkan pemilihan gubernur. Semuanya harus dikoordinasikan hingga sampai definitif,” lanjut Gamawan.
Dikonfirmasi terpisah, Gubernur Awang Farouk Ishak mengaku menerima siapa yang ditunjuk Presiden sebagai Pj gubernur Kaltara. “Terserah presiden saja. Yang jelas, keputusan presiden pasti yang terbaik dan kebetulan wewenang memang di tangan presiden,” kata Awang Farouk.

Ditanya mengenai usulan dari daerah dengan sodoran H Irianto Lambrie, Awang mengaku memang benar. Ia menerangkan, Irianto Lambrie memang mengetahui kondisi Kaltara.

“Kalau dari Kaltim, pejabatnya tidak perlu belajar lagi karena pasti mengetahui tentang Kaltara, termasuk Irianto. Dia  memenuhi syarat, mulai dari pangkat tertinggi 4E hingga pernah menduduki jabatan eselon 1B,” beber Awang.

Terealisasinya provinsi Kaltara banyak memberikan dampak di berbagai aspek. Kendali pemerintahan, pemerataan pembangunan, pengelolaan sumber daya alam (SDA), sumber daya manusia (SDM) terntunya akan menjadi semakin baik. Khusus untuk bentuk demokrasi juga terwujud.

“Dengan pembentukan provinsi Kaltara, Kaltim akan melakukan bagi hasil, terutama untuk APBD murni yang mencapai 370 sampai 554 miliar,” terangnya.
Selain Kaltara, pemekaran wilayah juga terjadi di wilayah Kaltim namun untuk skup kabupaten yakni Mahakam Ulu. (rus)

 
OTHER NEWS
Sabtu, 23 Agustus 2014 , 01:33:00

APBD-P 2014 Ditetapkan Rp3,1 T

BALIKPAPAN – Anggota DPRD Balikpapan periode 2009-2014 mengakhiri tugasnya dengan menetapkan Peraturan Daerah (Perda) tentang APBD Perubahan (APBD-P) 2014.Peneta ...

Sabtu, 23 Agustus 2014 , 01:05:00

ABS Berharap Dewan Baru Tidak Terjerat Hukum

Suasana rapat paripurna penetapan Raperda APBD-P 2014 menjadi Perda bagi anggota legislative periode 2009-2014, begitu emosional. Rapat yang berlangsung kemarin, sekir ...

Sabtu, 23 Agustus 2014 , 01:01:00

Didukung Maju Wali Kota

SETELAH  Jumat (22/8) kemarin muncul nama baru untuk bursa kandidat calon Wali Kota Balikpapan, yakni Thohari Azizi yang diinginkan para simpatisan dan pendukungn ...

Sabtu, 23 Agustus 2014 , 01:00:00

‘Antibody’ dan Staf Ahli

Dominasi wajah baru dalam lembaga legislatif lima tahun ke depan harus memberi harapan perbaikan kinerja untuk rakyat tapi ada pula yang khawatir jangan-jangan kinerja ...

Sabtu, 23 Agustus 2014 , 00:59:00

Kompleks TNI AU Juga Ikut Lomba

BALIKPAPAN - Menjelang hari terakhir penilaian clean, green and healthy (CGH) tahun 2014, perumahan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) di kawasan Sepin ...

 
SUPER LIGA
Ujian Pertama The Gunners
LIVERPOOL -  Pelatih Arsenal Arsene Wenger merasa anak buahnya belum mendapat tantangan bera ...
Other
 
Kaltim
RTH Telan Anggaran Rp 1,7 Miliar
PENAJAM - Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman (DKPP) Kabupaten Penajam Paser Utara sementar ...
Other
 
Metropolis
APBD-P 2014 Ditetapkan Rp3,1 T
BALIKPAPAN – Anggota DPRD Balikpapan periode 2009-2014 mengakhiri tugasnya dengan menetapka ...
Other
 
Kecamatan
Penataan Lahan Terus Dipantau
BALIKPAPAN - Adanya pengupasan lahan yang berdampak kerusakan lingkungan di wilayah Kecamatan Bal ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1