Jum'at, 25 Januari 2013 , 09:14:00


TERANCAM : Kondisi hutan bakau yang ada di Balikpapan terancam kelestariannya karena diperkirakan sekira 70 persen telah mengalami kerusakan.

BALIKPAPAN- Kelestarian hutan bakau (mangrove) pada sejumlah wilayah pantai di Balikpapan mulai mengkhawatirkan pasalnya sekira 14 ribu hektar hutan bakau yang terdapat di Balikpapan Barat dan Balikpapan Utara telah mengalami kerusakan akibat pembangunan pemukiman penduduk dan aktivitas industri begitu juga di Balikpapan Timur sekira 6 ribu hektar hutan bakau telah mengalami kerusakan.

“Kelestarian hutan mangrove di Balikpapan dan sekitarnya semakin terancam. Data yang kami miliki kalau tidak salah sekira 70 persen hutan bakau ini telah mengalami kerusakan,”kata Direktur Eksekutif Sentra Program Pemberdayaan dan Kemitraan Lingkungan (Stabil) Jufriansyah kepada Balikpapan Pos kemarin.

Menurutnya, kasus pengrusakan hutan bakau di wilayah Balikpapan dan sekitarnya setiap tahun terus mengalami peningkatan tetapi tidak ada sikap tegas dari pemerintah kota untuk memberikan sanksi kepada para pelaku sesuai dengan Undang-Undang No 32 Tahun 2009 Tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup dengan ancaman 12 tahun penjara serta denda Rp3 miliar.

“Banyak aktivitas penebangan mangrove seperti di Somber yang sudah jelas-jelas pelakunya namun tidak ada tindakan dari instansi terkait. Padahal aksi penebangan ini telah melanggar undang-undang lingkungan hidup,”terangnya. Selaku aktivitis lingkungan, kata Jufri sapaan akrab Jufriansyah, dirinya menyesali karena tidak ada upaya-upaya nyata dari instansi terkait untuk memberikan sanksi tegas guna menghentikan aktivitas penebangan hutan bakau ini.

“Sampai saat ini tidak pernah ada kasus perusakan lingkungan termasuk pelaku penebangan hutan mangrove ini masuk ke pengadilan untuk disidangkan padahal sudah jelas-jelas melanggar undang-undang lingkungan hidup,”terangnya. Untuk memulihkan hutan bakau yang mengalami kerusakan ini kata Jufri membutuhkan waktu sekira 5 sampai 6 tahun. “Sebenarnya mangrove ini bisa tumbuh sendiri asalkan tidak direklamasi atau ditimbun,”tuturnya.

Adanya kerusakan hutan bakau tersebut diakui Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Fachrudin Harami. Menurutnya, kerusakan tersebut telah berdampak pada kelestarian terumbu karang yang ada di perairan teluk Balikpapan. “Iya betul hutan mangrove sudah ada yang rusak. Tapi untuk data kerusakan kami sedang melakukan pendataan,”kata Fachrudin.

Dengan adanya kerusakan hutan bakau tersebut kata Fahrudin maka pihaknya segera melakukan upaya-upaya perbaikan lingkungan khususnya hutan bakau supaya kerusakannya tidak semakin parah. Upaya perbaikan akan dilakukan bersama perusahaan yang berada disekitar hutan bakau tersebut. “Upaya-upaya perbaikan lingkungan ini kami akan lakukan dengan perusahaan disekitar mangrove,”ujar Dia.

Selain itu, kata Fahrudin, pihaknya akan memperketat pemberian izin analisa mengenai dampak lingkungan (Amdal) di wilayah pesisir pantai. “Kami hanya memberi izin jika perusahaan tersebut memiliki komitmen yang kuat untuk menjaga lingkungan hidup seperti merawat hutan bakau dan terumbu karang yang ada pada wilayah operasional perusahaan itu,”pungkasnya.(vie)

 
OTHER NEWS
Rabu, 17 September 2014 , 05:10:00

Warga Segel Lahan Stadion

BALIKPAPAN-Sejumlah warga menyegel Stadion Balikpapan di wilayah Batakan, Kelurahan Manggar, Balikpapan Timur sejak Senin (15/9). Penyegelan ini karena Pemkot belum me ...

Rabu, 17 September 2014 , 05:07:00

Pengerjaan Proyek SPGRM di Prapatan Dimulai

BALIKPAPAN—Sejumlah RT yang ada di Prapatan memulai pekerjaan proyek Stimulan Partisipasi Gotong Royong Masyarakat (SPGRM) yang diusulkan RT di Kelurahan Prapata ...

Rabu, 17 September 2014 , 05:05:00

Polres Balikpapan Beri Penyuluhan pada Pelajar

BALIKPAPAN-Satbinmas Polres Balikpapan memberikan menyuluhan tentang bahaya seks bebas terhadap siswa SMK Panca Dharma Balikpapan, berlangsung di aula SMK tersebut Sab ...

Selasa, 16 September 2014 , 00:04:00

Rayakan Hari Jadi, Balkot Gelar Donor Darah

BALIKPAPAN-Salah satu rangkaian kegiatan perayaan  HUT ke-69 Republik Indonesia, sekaligus bertepatan dengan hari jadi Kecamatan Balikpapan Kota (Balkot) yang ke- ...

Selasa, 16 September 2014 , 00:02:00

BI Jadikan Balikpapan Tanaman Cabai

BALIKPAPAN—Bank Indonesia (BI) Cabang Balikpapan terus berupaya untuk mengendalikan laju inflasi dengan memanfaatkan tanaman cabai yang sudah tersebar di 12 Kelu ...

 
SUPER LIGA
Kalah, Beruang Muda Juru Kunci
BALIKPAPAN-  Setelah sebelumnya dipastikan gagal melaju ke babak semifinal kompetisi Indones ...
Other
 
Kaltim
SMA Muhammadiyah Tanah Grogot Juara Umum
TANA PASER–Setelah melalui perolehan angka yang sangat ketat akhirnya SMA Muhammadiyah Tana ...
Other
 
Metropolis
Dahlan Takjub, Peserta Hafal Gerakan Senam
MENTERI BUMN, Dahlan Iskan mengaku takjub dengan antusias masyarakat yang mengikuti senam pagi di ...
Other
 
Kecamatan
Renovasi Kelurahan Batam Capai 60 Persen
BALIKPAPAN-Renovasi Kantor Kelurahan Batu Ampar, Kecamatan Balikpapan Utara terus dikebut, sekara ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1