Selasa, 25 Desember 2012 , 11:24:00


BALIKPAPAN-Ini merupakan kabar gembira bagi pegawai yang masih berstatus honorer di lingkungan Pemkot Balikpapan. Sebanyak 85 tenaga honorer dipastikan akan diangkat menjadi Pegawai Negri Sipil (PNS) Kota Balikpapan sebelum tutup tahun 2012 ini.

Hal ini disampaikan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemkot Balikpapan, Drs Tatang Sudirja MSi. Menurtnya, 85 honorer yang bakal mendapat tambahan penghasilan setiap bulannya ini merupakan pengangkatan tenaga honorer kategori satu (K1).

“Pengangkatan honorer ini akan dilakukan akhir Desember ini. Sebanyak 85 orang honorer ini adalah K1, dengan masa kerja sejak tahun 2005 lalu. Artinya sudah mencapai 8 tahun masa pengabdian,” kata Tatang-akrabnya disapa.

Sekadar informasi, tenaga honorer K1 ini diangkat tanpa melalui tes dan mereka telah terdata sejak tahun 2005. Di Balikpapan sendiri, sebenarnya ada 98 orang tenaga honorer yang diusulkan ke Badan Kepegawaian Nasional (BKN) untuk menjadi PNS. Namun yang disetujui hanya 85 orang.

Sementara untuk pengangkatan tenaga honorer kategori dua (K2), pihaknya telah mengusulkan ke BKN sebanyak 374 orang. Bedanya, K2 proses pengangkatannya melalui mekanisme ujian, yang mayoritas merupakan tenaga pengajar, kesehatan dan pendidikan. Mereka saat ini harap-harap cemas menanti kabar pengangkatan. “Mereka (tenaga honorer, Red) berasal dari beberapa SKPD,” ungkap Tatang.

Mereka juga sudah menjalani ujian. Sekarang, Pemkot Balikpapan tinggal menunggu jawaban dari BKN berapa banyak yang akan diterima menjadi PNS. Selain itu, juga perlu persetujuan dari Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan dan RB).

“Hasil tesnya akan disampaikan tahun 2013 nanti. Tapi pastinya belum tahu kapan,” terang mantan Kepala Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman (DPKP) ini. Diakui Tatang, bahwa Pemkot Balikpapan masih membutuhkan pegawai. Jika dihitung-hitung, jumlahnya mencapai 3 ribu PNS lebih. Sebab, setiap tahun juga banyak pegawai yang pensiunan. Terutama di Bagian Umum Sekretariat Daerah Kota (Sekadkot) Balikpapan.

“Memang banyak pegawai yang diperlukan, sekitar 3 ribuan. Tetapi itu harus melalui persetujuan BKN dan BPKP serta Kementerian PAN. Usulan kita tahun 2013 mendatang tetap sekitar 3 ribu pegawai, karena banyak yang pensiunan juga ‘kan,” ungkap Tatang, sembari menyerahkan keputusan diterima atau tidaknya usulan tersebut.

MUTASI BERGULIR

Selain pengakatan 85 PNS. Rencananya, akhir Desember ini juga gerbong mutasi di lingkungan Pemkot Balikpapan kembali berjalan. Mereka yang bergeser dan mendapatkan jatah promosi merupakan pejabat eselon II, III dan eselon IV yang bertugas di sekretariat maupun sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

Tatang meyebut, lebih seratus pejabat yang dimutasi secara bersamaan. Di antaranya mengisi kekosongan sejumlah jabatan, seperti Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMP2KB). Termasuk sejumlah posisi yang kini telah bergeser untuk kebutuhan pegawai struktural dan tenaga pelaksana di kecamatan dan kelurahan pemekaran.

Kapan mutasi dilakukan? Ditanya begitu, Tatang tak berani memastikan. Dia berkilah, itu semua keputusan preogratif wali kota. “Saya juga tidak tahu, itu wewenang Pak Wali. Kapannya juga belum diberitahu, tetapi rencananya memang ada mutasi di kalangan dinas akhir Desember ini,” tutur Tatang.

Apakah ada pejabat yang mendapat jatah promosi? Ditanya lagi soal ini, dia menjawab diplomatis namun juga tidak menampik. Promosi, lanjutnya, diberikan kepada mereka yang memiliki kinerja kerja baik.

“Biasanya pegawai yang dipromosikan lantaran diperlukan karena kinerja yang baik dan juga mutasinya adalah naik golongan. Ada juga mutasi yang berdasarkan aturan, artinya pegawai dirolling sesuai peraturan,” pungkasnya.(bp8)

 
OTHER NEWS
Minggu, 27 Juli 2014 , 12:45:00

BERKUALITAS

BALIKPAPAN: SMP Patra Dharma (PD) yang terletak di Jalan Sekolah Perapatan ini, bisa bersaing dengan sejumlah sekolah negeri favorit di ‘Kota Minyak’. ...

Minggu, 27 Juli 2014 , 12:43:00

Antisipasi Siswa Titipan

BALIKPAPAN-Untuk menghindari adanya siswa titipan yang dilakukan anggota DPRD dan oknum tertentu  dalam setiap pendaftaran peserta didik baru (PPDB). Kuncinya ora ...

Minggu, 27 Juli 2014 , 12:42:00

Jangan Sepelekan Peran Sekolah Swasta

BALIKPAPAN-Agar kualitas sekolah swasta dan negeri di Kota Minyak menjadi merata, perlu sinergi atau kerjasama antara kedua sekolah sehingga saat Penerimaan Peserta Di ...

Minggu, 27 Juli 2014 , 12:41:00

Stakeholder Pendidikan Harus Bersinergi

BALIKPAPAN-Permasalahan pendaftaran peserta didik baru (PPDB) diperkirakan akan terus terjadi di ‘Kota Minyak’ tahun 2015 mendatang. Pemkot diharapkan dapa ...

Minggu, 27 Juli 2014 , 12:40:00

Kualitas Sekolah Swasta Tidak Kalah dengan Negeri

BALIKPAPAN-Sudah saatnya sekolah swasta melakukan pembenahan terhadap kualitas pendidikan yang ditawarkan dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB) setiap tahun. Hal ...

 
SUPER LIGA
Wajib Latihan 1 Agustus
BALIKPAPAN- Libur Lebaran Idul Fitri 1435 Hijriah sudah diberikan manajemen tim Persiba Balikpapa ...
Other
 
Kaltim
H-3 Idul Fitri, Harga Daging Sapi Melambung
PENAJAM - Memasuki H-3 lebaran Idul Fitri, sejumlah komuditas kebutuhan pokok di Kabupaten Penaja ...
Other
 
Metropolis
BERKUALITAS
BALIKPAPAN: SMP Patra Dharma (PD) yang terletak di Jalan Sekolah Perapatan ini, bisa bersaing den ...
Other
 
Kecamatan
Waspada, DBD Masih Mengancam
BALIKPAPAN - Hingga saat ini, penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) masih mengancam. Untuk menekan ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1