Sabtu, 15 Desember 2012 , 10:13:00


BALIKPAPAN  -  Terkait maraknya kasus gendam akhir-akhir ini,  Kapolres Balikpapan AKBP Sabar Supriyono mengimbau kepada masyarakat untuk lebih waspada apabila naik angkutan umum.

“Kepada masyarakat kami mengimbau untuk waspada apabila naik angkutan umum terutama angkot yang akhir-akhir ini memang sering terjadi yang namanya penipuan atau istilahnya sekarang gendam ,” ungkap Kapolres Sabar, kemarin.

Dia berharap, masyarakat bisa lebih tanggap jika pada saat naik angkot diajak berdialog oleh orang yang tidak dikenal, biasanya gendam itu dilakukan oleh orang-orang yang tak dikenal dengan menawarkan hal-hal yang menggiurkan.

“Masyarakat jangan terpengaruh dengan orang yang tidak dikenal,” tegasnya. Untuk penertiban angkot sendiri seperti jalurnya, seragam, dan kelayakan jalan pihak Dinas Perhubungan (Dishub) yang akan menindaklanjuti. Pihak kepolisian terus akan melakukan penyelidikan terhadap pelaku kejahatan gendam ini.

Seperti diberitakan beberapa waktu lalu, diketahui dalam satu minggu terakhir ini dua kali kejadian gendam yang terjadi di atas angkot dengan total kerugian Rp20 juta dan Rp12 juta.

Kasus terbaru terjadi pada Kamis (6/12), korbannya adalah Kartini (57) warga jalan Yos Sudarso RT 09 No 05 Kelurahan Prapatan, Balikpapan Selatan. 

Kartini melapor gendam yang dialaminya ke Polsek Pelabuhan Semayang. Dia menceritakan, gendam terjadi sekira pukul 10.00 Wita saat naik angkot warna biru tua, nomor 6.

”Saya dari pasar (Klandasan, Red) mau pulang bawa belanjaan. Naik angkot No 6, nggak lama ada lagi penumpang naik laki-laki dua orang, posisi saya duduk di tengah,” kenang Kartini sembari berusaha mengingat-ingat peristiwa yang dialaminya.

Ia melanjutkan ceritanya, “Di sebelah saya ada penumpang laki-laki yang baru naik. Yang paling belakang juga penumpang laki-laki”.

Kata Kartini, penumpang yang di belakang cerita sama penumpang yang duduk di sebelahnya bahwa ia bekerja di kapal. Saat asyik bercerita itu, wanita berbaju kotak-kotak berkerudung ini teringat jika tujuannya naik angkot hendak ke pelabuhan Semayang. Anehnya, sopir angkot malah membawanya ke arah jalan Minyak. Setibanya di jalan Minyak, penumpang yang duduk paling belakang langsung menarik tas korban sambil mengancam, “Serahkan dompet mu,” kata Kartini menirukan ancaman si pelaku.

Setelah tarik-tarikan tas oleh pelaku, korban langsung terdiam, uang sekira Rp6,5 juta, handpone serta gelang 10 gram dan cicin 5 gram yang dikenakan korban raib diambil pelaku.

“Itu uang gaji suami saya, yang saya simpan di dompet, diambil pelaku, totalnya sama perhiasan saya sekitar Rp12 juta,” lanjutnya. (bp-9)

 
OTHER NEWS
Kamis, 24 Juli 2014 , 11:27:00

Posko Pemadam Dijadikan Arena Judi

BALIKPAPAN-Posko pemadam kebakaran yang seharusnya digunakan sebagai tempat siaga jika sewaktu-waktu terjadinya musibah, eh malah dipakai untuk bermain judi. Perjudian ...

Kamis, 24 Juli 2014 , 11:26:00

Pelanggaran Berat, Sanksinya Dipecat

BALIKPAPAN-Pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) terpukul dengan ulah oknum pegawainya yang memanfaatkan posko pemadam kebakaran Kebun Sayur sebagai tempat ...

Kamis, 24 Juli 2014 , 11:21:00

Sindikat Curanmor Tertangkap Tangan

BALIKPAPAN-Banyaknya kasus pencurian kendaraan bermotor (curanmor) yang terungkap, tetap tak membuat gentar pelaku curanmor dalam melancarkan aksinya. Baik pelaku yang ...

Kamis, 24 Juli 2014 , 11:16:00

Sebulan Koma, Kasmin Akhirnya Meninggal

BALIKPAPAN-Setelah sempat meregang nyawa satu bulan lamanya, Kasmin-korban pengeroyokan kakak beradik pada 19 Juni silam, akhirnya menghembuskan napas terakhir. Bu ...

Kamis, 24 Juli 2014 , 11:14:00

Kajari Balik Tantang BMPS

BALIKPAPAN-Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Balikpapan, Yohanes Lakburlawal SH menyambut baik langkah Badan Musyawarah Perguruan Swasta (BMPS) yang akan menyeret oknum ...

 
SUPER LIGA
Tambah Jam Terbang
TERNATE- Timnas U-19 akan menututp laga uji coba melawan tim Persiter Ternate U-21 di Stadion Gel ...
Other
 
Kaltim
Baznas PPU Target Rp 1,7 Miliar
PENAJAM- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Penajam Paser Utara (PPU) melakukan penghimpunan zaka ...
Other
 
Metropolis
LANGGAR PERWALI
BALIKPAPAN- Truk kontainer ini beroperasi disiang hari. Padahal sesuai Perwali Nomor 33 Tahun 200 ...
Other
 
Kecamatan
Banyak Ceceran Tanah, Bukti Pengawasan Lemah
BALIKPAPAN - Kota Balikpapan boleh bangga dengan langganan prestasi di bidang kebersihan lingkung ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1