Sabtu, 15 Desember 2012 , 10:13:00


BALIKPAPAN  -  Terkait maraknya kasus gendam akhir-akhir ini,  Kapolres Balikpapan AKBP Sabar Supriyono mengimbau kepada masyarakat untuk lebih waspada apabila naik angkutan umum.

“Kepada masyarakat kami mengimbau untuk waspada apabila naik angkutan umum terutama angkot yang akhir-akhir ini memang sering terjadi yang namanya penipuan atau istilahnya sekarang gendam ,” ungkap Kapolres Sabar, kemarin.

Dia berharap, masyarakat bisa lebih tanggap jika pada saat naik angkot diajak berdialog oleh orang yang tidak dikenal, biasanya gendam itu dilakukan oleh orang-orang yang tak dikenal dengan menawarkan hal-hal yang menggiurkan.

“Masyarakat jangan terpengaruh dengan orang yang tidak dikenal,” tegasnya. Untuk penertiban angkot sendiri seperti jalurnya, seragam, dan kelayakan jalan pihak Dinas Perhubungan (Dishub) yang akan menindaklanjuti. Pihak kepolisian terus akan melakukan penyelidikan terhadap pelaku kejahatan gendam ini.

Seperti diberitakan beberapa waktu lalu, diketahui dalam satu minggu terakhir ini dua kali kejadian gendam yang terjadi di atas angkot dengan total kerugian Rp20 juta dan Rp12 juta.

Kasus terbaru terjadi pada Kamis (6/12), korbannya adalah Kartini (57) warga jalan Yos Sudarso RT 09 No 05 Kelurahan Prapatan, Balikpapan Selatan. 

Kartini melapor gendam yang dialaminya ke Polsek Pelabuhan Semayang. Dia menceritakan, gendam terjadi sekira pukul 10.00 Wita saat naik angkot warna biru tua, nomor 6.

”Saya dari pasar (Klandasan, Red) mau pulang bawa belanjaan. Naik angkot No 6, nggak lama ada lagi penumpang naik laki-laki dua orang, posisi saya duduk di tengah,” kenang Kartini sembari berusaha mengingat-ingat peristiwa yang dialaminya.

Ia melanjutkan ceritanya, “Di sebelah saya ada penumpang laki-laki yang baru naik. Yang paling belakang juga penumpang laki-laki”.

Kata Kartini, penumpang yang di belakang cerita sama penumpang yang duduk di sebelahnya bahwa ia bekerja di kapal. Saat asyik bercerita itu, wanita berbaju kotak-kotak berkerudung ini teringat jika tujuannya naik angkot hendak ke pelabuhan Semayang. Anehnya, sopir angkot malah membawanya ke arah jalan Minyak. Setibanya di jalan Minyak, penumpang yang duduk paling belakang langsung menarik tas korban sambil mengancam, “Serahkan dompet mu,” kata Kartini menirukan ancaman si pelaku.

Setelah tarik-tarikan tas oleh pelaku, korban langsung terdiam, uang sekira Rp6,5 juta, handpone serta gelang 10 gram dan cicin 5 gram yang dikenakan korban raib diambil pelaku.

“Itu uang gaji suami saya, yang saya simpan di dompet, diambil pelaku, totalnya sama perhiasan saya sekitar Rp12 juta,” lanjutnya. (bp-9)

 
OTHER NEWS
Minggu, 20 April 2014 , 15:30:00

Tiga Perompak Diringkus TNI AL

BALIKPAPAN- Perairan Kaltim tercoreng, sejumlah perompak kembali menjalankan aksinya terhadap kapal asing saat lego jangkar di tengah laut. Kali ini pelaku menyasar ta ...

Minggu, 20 April 2014 , 15:28:00

Heboh, Maling Dikepung Warga

BALIKPAPAN–Warga seputaran Jalan Parikesit, Karang Anyar, Sabtu (20/4) kemarin pagi dihebohkan dengan peristiwa pencurian di rumah dinas milik Pertamina. Keheboh ...

Minggu, 20 April 2014 , 15:26:00

Kombes Subnedih Resmi Jabat Kasat Brimob

BALIKPAPAN- Setelah empat tahun lima bulan, akhirnya tongkat komando pimpinan di kesatuan Brimob Polda Kaltim bergeser. Kombes Pol Drs Leo Bona Lubis resmi menyerahkan ...

Minggu, 20 April 2014 , 15:24:00

Punya Bisnis Manajer, Perang Tarif Premium dan Bawah

Praktik prostitusi terselubung semakin menggila. Di Kota Minyak, selain layanan prostitusi berkedok jasa pijat, anak baru gede yang menjual keperawanannya, kini muncul ...

Sabtu, 19 April 2014 , 09:03:00

IBU HAMIL 8 BULAN NYABU

BALIKPAPAN - Wanita yang satu ini benar-benar keterlaluan. Sudah tahu dalam kondisi berbadan dua, masih juga mengonsumsi dan menyimpan sabu. Ia adalah Retno Sefi (24) ...

 
SUPER LIGA
Awas! Badai Cedera
BALIKPAPAN- Tim Persiba Balikpapan tampaknya belum juga dijauhi terpaan badai cedera beberapa pem ...
Other
 
Kaltim
Mencapai 234 Peserta
PENAJAM -  Minus satu hari sebelum berakhirnya pendaftaran Bintara Dalmas dan Polwan nampak ...
Other
 
Metropolis
RAPAT PLENO PILEG
BALIKPAPAN- Pelaksanaan rapat pleno penghitungan surat suara Pileg 2014 yang berlangsung di tingk ...
Other
 
Kecamatan
Masyarakat Antusias Buka Usaha
BALIKPAPAN – Sepertinya banyak masyarakat yang sudah bosan menjadi pekerja atau karyawan. L ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1