Sabtu, 15 Desember 2012 , 10:13:00


BALIKPAPAN  -  Terkait maraknya kasus gendam akhir-akhir ini,  Kapolres Balikpapan AKBP Sabar Supriyono mengimbau kepada masyarakat untuk lebih waspada apabila naik angkutan umum.

“Kepada masyarakat kami mengimbau untuk waspada apabila naik angkutan umum terutama angkot yang akhir-akhir ini memang sering terjadi yang namanya penipuan atau istilahnya sekarang gendam ,” ungkap Kapolres Sabar, kemarin.

Dia berharap, masyarakat bisa lebih tanggap jika pada saat naik angkot diajak berdialog oleh orang yang tidak dikenal, biasanya gendam itu dilakukan oleh orang-orang yang tak dikenal dengan menawarkan hal-hal yang menggiurkan.

“Masyarakat jangan terpengaruh dengan orang yang tidak dikenal,” tegasnya. Untuk penertiban angkot sendiri seperti jalurnya, seragam, dan kelayakan jalan pihak Dinas Perhubungan (Dishub) yang akan menindaklanjuti. Pihak kepolisian terus akan melakukan penyelidikan terhadap pelaku kejahatan gendam ini.

Seperti diberitakan beberapa waktu lalu, diketahui dalam satu minggu terakhir ini dua kali kejadian gendam yang terjadi di atas angkot dengan total kerugian Rp20 juta dan Rp12 juta.

Kasus terbaru terjadi pada Kamis (6/12), korbannya adalah Kartini (57) warga jalan Yos Sudarso RT 09 No 05 Kelurahan Prapatan, Balikpapan Selatan. 

Kartini melapor gendam yang dialaminya ke Polsek Pelabuhan Semayang. Dia menceritakan, gendam terjadi sekira pukul 10.00 Wita saat naik angkot warna biru tua, nomor 6.

”Saya dari pasar (Klandasan, Red) mau pulang bawa belanjaan. Naik angkot No 6, nggak lama ada lagi penumpang naik laki-laki dua orang, posisi saya duduk di tengah,” kenang Kartini sembari berusaha mengingat-ingat peristiwa yang dialaminya.

Ia melanjutkan ceritanya, “Di sebelah saya ada penumpang laki-laki yang baru naik. Yang paling belakang juga penumpang laki-laki”.

Kata Kartini, penumpang yang di belakang cerita sama penumpang yang duduk di sebelahnya bahwa ia bekerja di kapal. Saat asyik bercerita itu, wanita berbaju kotak-kotak berkerudung ini teringat jika tujuannya naik angkot hendak ke pelabuhan Semayang. Anehnya, sopir angkot malah membawanya ke arah jalan Minyak. Setibanya di jalan Minyak, penumpang yang duduk paling belakang langsung menarik tas korban sambil mengancam, “Serahkan dompet mu,” kata Kartini menirukan ancaman si pelaku.

Setelah tarik-tarikan tas oleh pelaku, korban langsung terdiam, uang sekira Rp6,5 juta, handpone serta gelang 10 gram dan cicin 5 gram yang dikenakan korban raib diambil pelaku.

“Itu uang gaji suami saya, yang saya simpan di dompet, diambil pelaku, totalnya sama perhiasan saya sekitar Rp12 juta,” lanjutnya. (bp-9)

 
OTHER NEWS
Rabu, 03 September 2014 , 09:01:00

Disuruh Mengemis, Anjal Ditangkap

BALIKPAPAN - Jajaran Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) kembali melakukan razia, Selasa (2/9) siang kemarin. Razia gabungan dengan TNI dan Polri mengelilingi kota ...

Rabu, 03 September 2014 , 08:59:00

Tersangka Sabu 3 Orang

BALIKPAPAN – Pengembangan dari penangkapan pengedar sabu, Polsek Balikpapan Selatan meriangkus 3 tersangka. Pengungkapan tersebut bermula dari informasi masyarak ...

Rabu, 03 September 2014 , 08:58:00

Bekas Napi Curanmor Curi Helm

BALIKPAPAN – Banyak penjahat yang dipenjara tidak kapok, kembali melakukan perbuatan jahatnya. Salah satunya bernama Deri (23). Pengangguran ini pernah dipenjara ...

Rabu, 03 September 2014 , 08:57:00

Besok, Demo Penutupan Delta

BALIKPAPAN - Tuntutan menutup tempat hiburan malam (THM) Delta Karaoke dan Club kembali bergulir. Penegasan itu disampaikan oleh para pengurus KNPI bersama Organisasi ...

Rabu, 03 September 2014 , 08:55:00

Geram, Pelaku yang Tertangkap Akan Dihajar

BALIKPAPAN - Warga lingkungan RT 15 kelurahan Graha Indah tepatnya di wilayah perumahan PDAM resah karena ulah maling yang kerap membobol rumah mereka.  Dalam seb ...

 
SUPER LIGA
Bukan Pembalasan Dendam
DUSSELDORF -  Kurang dari dua bulan setelah kemenangan di grand final Piala Dunia, Jerman ak ...
Other
 
Kaltim
Humas Pemkab Berkunjung ke Redaksi Balpos
PENAJAM - Hari Jadi ke-13 Surat Kabar Harian (SKH) Balikpapan Pos yang diperingati setiap tahun 1 ...
Other
 
Metropolis
JALAN ALTERNATIF
Pemkot akhirnya memperbaiki  jalan Beler  yang terletak di antara Kecamatan Balikpapan ...
Other
 
Kecamatan
Rumah Luki Minta Dikosongkan
BALIKPAPAN  - Lurah Gunung Sari Ilir (GSI), Suparli, mengkwatirkan kondisi rumah longsor mil ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1