Sabtu, 15 Desember 2012 , 10:13:00


BALIKPAPAN  -  Terkait maraknya kasus gendam akhir-akhir ini,  Kapolres Balikpapan AKBP Sabar Supriyono mengimbau kepada masyarakat untuk lebih waspada apabila naik angkutan umum.

“Kepada masyarakat kami mengimbau untuk waspada apabila naik angkutan umum terutama angkot yang akhir-akhir ini memang sering terjadi yang namanya penipuan atau istilahnya sekarang gendam ,” ungkap Kapolres Sabar, kemarin.

Dia berharap, masyarakat bisa lebih tanggap jika pada saat naik angkot diajak berdialog oleh orang yang tidak dikenal, biasanya gendam itu dilakukan oleh orang-orang yang tak dikenal dengan menawarkan hal-hal yang menggiurkan.

“Masyarakat jangan terpengaruh dengan orang yang tidak dikenal,” tegasnya. Untuk penertiban angkot sendiri seperti jalurnya, seragam, dan kelayakan jalan pihak Dinas Perhubungan (Dishub) yang akan menindaklanjuti. Pihak kepolisian terus akan melakukan penyelidikan terhadap pelaku kejahatan gendam ini.

Seperti diberitakan beberapa waktu lalu, diketahui dalam satu minggu terakhir ini dua kali kejadian gendam yang terjadi di atas angkot dengan total kerugian Rp20 juta dan Rp12 juta.

Kasus terbaru terjadi pada Kamis (6/12), korbannya adalah Kartini (57) warga jalan Yos Sudarso RT 09 No 05 Kelurahan Prapatan, Balikpapan Selatan. 

Kartini melapor gendam yang dialaminya ke Polsek Pelabuhan Semayang. Dia menceritakan, gendam terjadi sekira pukul 10.00 Wita saat naik angkot warna biru tua, nomor 6.

”Saya dari pasar (Klandasan, Red) mau pulang bawa belanjaan. Naik angkot No 6, nggak lama ada lagi penumpang naik laki-laki dua orang, posisi saya duduk di tengah,” kenang Kartini sembari berusaha mengingat-ingat peristiwa yang dialaminya.

Ia melanjutkan ceritanya, “Di sebelah saya ada penumpang laki-laki yang baru naik. Yang paling belakang juga penumpang laki-laki”.

Kata Kartini, penumpang yang di belakang cerita sama penumpang yang duduk di sebelahnya bahwa ia bekerja di kapal. Saat asyik bercerita itu, wanita berbaju kotak-kotak berkerudung ini teringat jika tujuannya naik angkot hendak ke pelabuhan Semayang. Anehnya, sopir angkot malah membawanya ke arah jalan Minyak. Setibanya di jalan Minyak, penumpang yang duduk paling belakang langsung menarik tas korban sambil mengancam, “Serahkan dompet mu,” kata Kartini menirukan ancaman si pelaku.

Setelah tarik-tarikan tas oleh pelaku, korban langsung terdiam, uang sekira Rp6,5 juta, handpone serta gelang 10 gram dan cicin 5 gram yang dikenakan korban raib diambil pelaku.

“Itu uang gaji suami saya, yang saya simpan di dompet, diambil pelaku, totalnya sama perhiasan saya sekitar Rp12 juta,” lanjutnya. (bp-9)

 
OTHER NEWS
Jum\'at, 01 Agustus 2014 , 08:51:00

Bocah Asal Tapin “Dibuang” ke Panti

BALIKPAPAN  - Sungguh memilukan nasib bocah laki-laki berusia 4 tahun ini. Di usianya yang memerlukan kasih sayang orangtua dan pendidikan yang layak, dia malah t ...

Jum\'at, 01 Agustus 2014 , 08:49:00

Dua Pengendara Motor Tewas

PENAJAM - Dalam suasana lebaran Idul Fitri 1435 H,  Satuan Lalu Lintas (Sat Lantas) Polres Penajam Paser Utara (PPU) mencatat dua tabrakan maut yang melibatkan se ...

Jum\'at, 01 Agustus 2014 , 08:49:00

Selama Operasi Ketupat Kecelakaan Menurun

BALIKPAPAN - Semakin banyaknya masyarakat yang tertib berlalu lintas serta peran aktif anggota Satlantas Polres Balikpapan memberikan imbauan tertib berlalu lintas, be ...

Jum\'at, 01 Agustus 2014 , 08:42:00

Antisipasi Masuknya Barang Terlarang

BALIKPAPAN - Dalam upaya mengantisipasi pengunjung bandara Sepinggan membawa barang-barang terlarang, pihak Kepolisian Kawasan Bandara Sepinggan bersama Angkasa Pura, ...

Jum\'at, 01 Agustus 2014 , 08:41:00

Knalpot Racing Dicopot, Langsung Dirusak

BALIKPAPAN – Posko polisi Rayon E – Walk BSB yang terletak di Jl Jendral Sudirman melakukan penindakan tegas terhadap pengendara motor  yang menggunak ...

 
SUPER LIGA
The Reds Selangkah Lagi
NEW YORK - Liverpool selangkah lagi akan melesat maju ke final Guinness International Champions C ...
Other
 
Kaltim
Sampah Berserakan di Pantai Tanjung Jumlai
PENAJAM- Memasuki hari kelima libur lebaran, Pantai Tanjung Jumlai yang berada di Kelurahan Tanju ...
Other
 
Metropolis
DPK Minta Di-Cooling Down
BALIKPAPAN - Ketua Dewan Pendidikan Kota (DPK) Balikpapan Subiyanto MT meminta seluruh stakeholde ...
Other
 
Kecamatan
Sopir Kontainer “Lecehkan” Perwali
BALIKPAPAN-Peraturan wali kota (Perwali) yang mengatur jam beroperasi mobil-mobil besar di jalur ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1