Senin, 10 Desember 2012 , 08:57:00


KALTIM - DPRD Kaltim dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim sepakat proyek pembangunan sisi darat Bandara Samarinda Baru (BSB) di Sungai Siring, Samarinda Utara tuntas akhir 2013. Bantuan dana dari APBN diharapkan mengucur untuk pembangunan sisi udara, namun kalau pun tidak ada dana dari pusat, Dewan dan Pemprov berkomitmen menuntaskan proyek strategis itu hingga dapat digunakan untuk melayani rakyat.

“Apa pun rintangannya, BSB ini harus tuntas. Sehingga bisa digunakan untuk melayani rakyat,” tegas Wakil Ketua Komisi III DPRD Kaltim, H Andi Harun.

Dalam Lokakarya Komisi III bertemakan “Pembangunan Bandar Udara Samarinda Baru Berorientasi pada Pelayanan Komersial Terpadu” yang dibuka secara resmi Ketua DPRD Kaltim, HM Mukmin Faisyal HP beberapa waktu lalu menampilkan tiga orang nara sumber.

Yakni Kepala Sub Direktorat Penyelenggaraan Bandar Udara Direktorat Jendral (dirjen) Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Budi Prasetyo, Kepala Dinas Perhubungan Kaltim, Zairin Zain dan Kepala Bandara Temindung Samarinda, Rajokki Aritonang, serta dua orang pembahas yaitu, anggota Komisi III, HM Darlis Pattalongi dan Tenaga Ahli Komisi II DPRD Kaltim, Ardiansyah.  

“Jangan memikirkan kita mendapatkan apa dari BSB, yang penting kita tuntaskan dulu pembangunannya. Saya yakin BSB memberi manfaat besar bagi kesejahteraan rakyat Kaltim,” kata Andi Harun.

Sedangkan Ketua Komisi I DPRD Kaltim, Sudarno, yang sebelumnya tiga tahun menjadi anggota Komisi III mengatakan semestinya DPRD Kaltim bukan hanya menyetujui proyek pola kontrak tahun jamak (MYC) untuk pembangunan sisi darat BSB.

“Mestinya sisi udara juga kita MYC kan, soalnya menunggu dana APBN sampai sekarang belum jelas. Padahal sudah berapa banyak warga Kaltim meninggal kecelakaan di jalan poros Samarinda-Balikpapan akibat mengejar pesawat di Bandara Sepinggan,” kata Sudarno.

Sementara anggota Komisi III DPRD Kaltim, HM Darlis Pattalongi mengingatkan BSB baru menghasilkan multiplier effect bagi perekonomian Kaltim apabila didukung oleh infrastruktur yang memadai, seperti jalan akses menuju bandara yang layak.

Selain itu, pemerintah harus pula mempersiapkan SDM yang andal untuk bekerja di bandara, juga memberdayakan pengusaha mikro kecil dan menengah agar mereka mampu memanfaatkan keberadaan bandara untuk memasarkan produk.

“Kalau tidak kita persiapkan maksimal, maka faktor keselamatan, keamanan dan pelayanan BSB untuk menghasilkan multiplier effect bagi perekonomian Kaltim akan sulit kita capai,” kata Darlis Pattalongi.

Kepala Dinas Perhubungan Kaltim, Zairin Zain menjelaskan kemajuan pembangunan sisi darat BSB sekarang sudah mencapai 45 persen. Bila dana dari pusat belum juga turun untuk membangun sisi udara, maka Dinas Perhubungan Kaltim berencana menggunakan dana APBD Provinsi untuk mengerjakannya.

“Pada sisi udara, kita akan mulai dengan membangun apron terlebih dulu. Kalau dana APBN tidak juga turun, landasan juga akan kita bangun dengan APBD Kaltim, agar BSB ini dapat segera beroperasi. Bukan menjadi bandara Abunawas, ada terminal tapi tidak ada landasan,” kata Zairin Zain. (lia/mir/iwan)

 
OTHER NEWS
Jum\'at, 01 Agustus 2014 , 08:03:00

MENIKMATI LIBURAN LEBARAN

Memasuki H+3 perayaan lebaran Kamis (31/7) kemarin. Sejumlah objek wisata di ‘Kota Minyak’ masih dipadati para pengunjung,  seperti di Pantai Kemala B ...

Jum\'at, 01 Agustus 2014 , 08:02:00

BMPS Beberkan Data Kasus Siswa Titipan

BALIKPAPAN — Badan Musyawarah Perguruan Swasta (BMPS) siap berangkat ke ibukota Jakarta untuk melaporkan dan menyerahkan data-data terkait kasus siswa titipan ya ...

Jum\'at, 01 Agustus 2014 , 08:00:00

Lebaran Jauh dari Orangtua

Memberikan pelayanan maksimal bagi konsumen, menjadi prioritas utama  Ika Fitri Meinarwati,  Customer Service PT Angkasa Pura Support. Ya, resikonya Ika haru ...

Jum\'at, 01 Agustus 2014 , 07:59:00

KLB DBD, Pemprov Siap Bantu Balikpapan

BALIKPAPAN - Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kota Minyak ini memang cukup mengkhawatirkan. Kabarnya Pemprov Kaltim akan memberikan bantuan kepada Pemkot untuk mem ...

Jum\'at, 01 Agustus 2014 , 07:58:00

KPU Diminta Siapkan Formulir C7 dan A5

BALIKPAPAN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) sedang mempersiapkan formulir C7 dan A5 yang digunakan pada 1.360 tempat pemungutan suara (TPS) saat pemilihan presiden (Pilpr ...

 
SUPER LIGA
The Reds Selangkah Lagi
NEW YORK - Liverpool selangkah lagi akan melesat maju ke final Guinness International Champions C ...
Other
 
Kaltim
Sejumlah Kios Masih Tutup
PENAJAM - Memasuki hari keempat libur Lebaran Idul Fitri 1435 H, suasana jual-beli di pasar tradi ...
Other
 
Metropolis
MENIKMATI LIBURAN LEBARAN
Memasuki H+3 perayaan lebaran Kamis (31/7) kemarin. Sejumlah objek wisata di ‘Kota Minyak&r ...
Other
 
Kecamatan
Puncak Lonjakan Pengunjung Diprediksi Sabtu dan Minggu
BALIKPAPAN – Puncak lonjakan pengunjung Pantai Segara Sari Manggar diperkirakan terjadi Sab ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1