Senin, 10 Desember 2012 , 08:57:00


KALTIM - DPRD Kaltim dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim sepakat proyek pembangunan sisi darat Bandara Samarinda Baru (BSB) di Sungai Siring, Samarinda Utara tuntas akhir 2013. Bantuan dana dari APBN diharapkan mengucur untuk pembangunan sisi udara, namun kalau pun tidak ada dana dari pusat, Dewan dan Pemprov berkomitmen menuntaskan proyek strategis itu hingga dapat digunakan untuk melayani rakyat.

“Apa pun rintangannya, BSB ini harus tuntas. Sehingga bisa digunakan untuk melayani rakyat,” tegas Wakil Ketua Komisi III DPRD Kaltim, H Andi Harun.

Dalam Lokakarya Komisi III bertemakan “Pembangunan Bandar Udara Samarinda Baru Berorientasi pada Pelayanan Komersial Terpadu” yang dibuka secara resmi Ketua DPRD Kaltim, HM Mukmin Faisyal HP beberapa waktu lalu menampilkan tiga orang nara sumber.

Yakni Kepala Sub Direktorat Penyelenggaraan Bandar Udara Direktorat Jendral (dirjen) Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Budi Prasetyo, Kepala Dinas Perhubungan Kaltim, Zairin Zain dan Kepala Bandara Temindung Samarinda, Rajokki Aritonang, serta dua orang pembahas yaitu, anggota Komisi III, HM Darlis Pattalongi dan Tenaga Ahli Komisi II DPRD Kaltim, Ardiansyah.  

“Jangan memikirkan kita mendapatkan apa dari BSB, yang penting kita tuntaskan dulu pembangunannya. Saya yakin BSB memberi manfaat besar bagi kesejahteraan rakyat Kaltim,” kata Andi Harun.

Sedangkan Ketua Komisi I DPRD Kaltim, Sudarno, yang sebelumnya tiga tahun menjadi anggota Komisi III mengatakan semestinya DPRD Kaltim bukan hanya menyetujui proyek pola kontrak tahun jamak (MYC) untuk pembangunan sisi darat BSB.

“Mestinya sisi udara juga kita MYC kan, soalnya menunggu dana APBN sampai sekarang belum jelas. Padahal sudah berapa banyak warga Kaltim meninggal kecelakaan di jalan poros Samarinda-Balikpapan akibat mengejar pesawat di Bandara Sepinggan,” kata Sudarno.

Sementara anggota Komisi III DPRD Kaltim, HM Darlis Pattalongi mengingatkan BSB baru menghasilkan multiplier effect bagi perekonomian Kaltim apabila didukung oleh infrastruktur yang memadai, seperti jalan akses menuju bandara yang layak.

Selain itu, pemerintah harus pula mempersiapkan SDM yang andal untuk bekerja di bandara, juga memberdayakan pengusaha mikro kecil dan menengah agar mereka mampu memanfaatkan keberadaan bandara untuk memasarkan produk.

“Kalau tidak kita persiapkan maksimal, maka faktor keselamatan, keamanan dan pelayanan BSB untuk menghasilkan multiplier effect bagi perekonomian Kaltim akan sulit kita capai,” kata Darlis Pattalongi.

Kepala Dinas Perhubungan Kaltim, Zairin Zain menjelaskan kemajuan pembangunan sisi darat BSB sekarang sudah mencapai 45 persen. Bila dana dari pusat belum juga turun untuk membangun sisi udara, maka Dinas Perhubungan Kaltim berencana menggunakan dana APBD Provinsi untuk mengerjakannya.

“Pada sisi udara, kita akan mulai dengan membangun apron terlebih dulu. Kalau dana APBN tidak juga turun, landasan juga akan kita bangun dengan APBD Kaltim, agar BSB ini dapat segera beroperasi. Bukan menjadi bandara Abunawas, ada terminal tapi tidak ada landasan,” kata Zairin Zain. (lia/mir/iwan)

 
OTHER NEWS
Selasa, 02 September 2014 , 09:35:00

Tanpa Izin, Lima Pohon DKPP Ditebang

BALIKPAPAN - Masyarakat tampak bertanya-tanya ketika melintas kawasan Gunung Bakaran, Kelurahan Sungainangka, Balikpapan Selatan. Pasalnya, di saat pemerintah kota dan ...

Selasa, 02 September 2014 , 09:34:00

15 September, SBY Resmikan Bandara

BALIKPAPAN - Sempat beberapa kali tertunda, akhirnya Bandara Internasional Sepinggan diresmikan juga. Jika tidak ada aral melintang, peresmian dilakukan oleh Presiden ...

Selasa, 02 September 2014 , 09:33:00

Media Jadi Rel Anggota Dewan

BALIKPAPAN - 1 September, surat kabar harian Balikpapan Pos genap berusia 13 tahun. Sebagai media terdepan dan inovatif di Kota Minyak, banyak hal yang sudah disajikan ...

Selasa, 02 September 2014 , 09:31:00

Syahrun Jadi Ketua DPRD Kaltim Sementara

SAMARINDA- Usai dilantik menjadi Anggota DPRD Kaltim periode 2014-2019 dalam Rapat Paripurna Istimewa, Senin (1/9), M Syahrun resmi ditetapkan menjadi pimpinan DPRD Ka ...

Selasa, 02 September 2014 , 09:31:00

Pertemuan Setiap Bulan, Diskusi dan Salurkan Hobi

BALIKPAPAN-Muhaimin MT selaku Ketua Karang Taruna Kota Balikpapan punya ambisi mengangkat kembali nama besar Karang Taruna, organisasi berbasis sosial kemasyarakatan. ...

 
SUPER LIGA
Drama Lolos Degradasi
SAMARINDA– Putra Samarinda (Pusam) masih akan tercantum sebagai kontestan Indonesia Super L ...
Other
 
Kaltim
Bupati Rencana Bangun TPI
PENAJAM- Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Yusran Aspar melakukan kunjungan ke wilayah-wilayah yan ...
Other
 
Metropolis
Tanpa Izin, Lima Pohon DKPP Ditebang
BALIKPAPAN - Masyarakat tampak bertanya-tanya ketika melintas kawasan Gunung Bakaran, Kelurahan S ...
Other
 
Kecamatan
Kecamatan Kendalikan Fungsi Trotoar
BALIKPAPAN-Setelah beberapa hari yang lalu menggelar razia gabungan di tempat kos-kosan di wilaya ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1