Senin, 10 Desember 2012 , 08:57:00


KALTIM - DPRD Kaltim dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim sepakat proyek pembangunan sisi darat Bandara Samarinda Baru (BSB) di Sungai Siring, Samarinda Utara tuntas akhir 2013. Bantuan dana dari APBN diharapkan mengucur untuk pembangunan sisi udara, namun kalau pun tidak ada dana dari pusat, Dewan dan Pemprov berkomitmen menuntaskan proyek strategis itu hingga dapat digunakan untuk melayani rakyat.

“Apa pun rintangannya, BSB ini harus tuntas. Sehingga bisa digunakan untuk melayani rakyat,” tegas Wakil Ketua Komisi III DPRD Kaltim, H Andi Harun.

Dalam Lokakarya Komisi III bertemakan “Pembangunan Bandar Udara Samarinda Baru Berorientasi pada Pelayanan Komersial Terpadu” yang dibuka secara resmi Ketua DPRD Kaltim, HM Mukmin Faisyal HP beberapa waktu lalu menampilkan tiga orang nara sumber.

Yakni Kepala Sub Direktorat Penyelenggaraan Bandar Udara Direktorat Jendral (dirjen) Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Budi Prasetyo, Kepala Dinas Perhubungan Kaltim, Zairin Zain dan Kepala Bandara Temindung Samarinda, Rajokki Aritonang, serta dua orang pembahas yaitu, anggota Komisi III, HM Darlis Pattalongi dan Tenaga Ahli Komisi II DPRD Kaltim, Ardiansyah.  

“Jangan memikirkan kita mendapatkan apa dari BSB, yang penting kita tuntaskan dulu pembangunannya. Saya yakin BSB memberi manfaat besar bagi kesejahteraan rakyat Kaltim,” kata Andi Harun.

Sedangkan Ketua Komisi I DPRD Kaltim, Sudarno, yang sebelumnya tiga tahun menjadi anggota Komisi III mengatakan semestinya DPRD Kaltim bukan hanya menyetujui proyek pola kontrak tahun jamak (MYC) untuk pembangunan sisi darat BSB.

“Mestinya sisi udara juga kita MYC kan, soalnya menunggu dana APBN sampai sekarang belum jelas. Padahal sudah berapa banyak warga Kaltim meninggal kecelakaan di jalan poros Samarinda-Balikpapan akibat mengejar pesawat di Bandara Sepinggan,” kata Sudarno.

Sementara anggota Komisi III DPRD Kaltim, HM Darlis Pattalongi mengingatkan BSB baru menghasilkan multiplier effect bagi perekonomian Kaltim apabila didukung oleh infrastruktur yang memadai, seperti jalan akses menuju bandara yang layak.

Selain itu, pemerintah harus pula mempersiapkan SDM yang andal untuk bekerja di bandara, juga memberdayakan pengusaha mikro kecil dan menengah agar mereka mampu memanfaatkan keberadaan bandara untuk memasarkan produk.

“Kalau tidak kita persiapkan maksimal, maka faktor keselamatan, keamanan dan pelayanan BSB untuk menghasilkan multiplier effect bagi perekonomian Kaltim akan sulit kita capai,” kata Darlis Pattalongi.

Kepala Dinas Perhubungan Kaltim, Zairin Zain menjelaskan kemajuan pembangunan sisi darat BSB sekarang sudah mencapai 45 persen. Bila dana dari pusat belum juga turun untuk membangun sisi udara, maka Dinas Perhubungan Kaltim berencana menggunakan dana APBD Provinsi untuk mengerjakannya.

“Pada sisi udara, kita akan mulai dengan membangun apron terlebih dulu. Kalau dana APBN tidak juga turun, landasan juga akan kita bangun dengan APBD Kaltim, agar BSB ini dapat segera beroperasi. Bukan menjadi bandara Abunawas, ada terminal tapi tidak ada landasan,” kata Zairin Zain. (lia/mir/iwan)

 
OTHER NEWS
Rabu, 23 Juli 2014 , 12:24:00

Lahan Waduk Teritip Diklaim Warga

BALIKPAPAN- Pemerintah Kota Balikpapan melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) bersama tim akan membahas lebih cepat proses penyelesaian lahan di Waduk ...

Rabu, 23 Juli 2014 , 12:23:00

Pakar Prediksi Kekacauan Pilpres Tidak Terjadi

BALIKPAPAN- Sejumlah pakar dan akademisi Tanah Air memprediksikan, kekacauan pemilihan presiden (Pilpres) pasca hasil pengumuman pleno rekapitulasi Komisi Pemilihan Um ...

Rabu, 23 Juli 2014 , 12:22:00

PBHI Ajak Warga Pawai Takbir Keliling

BALIKPAPAN- Dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Fitri 1435 H, Panitia Hari Besar Islam (PBHI) Kota Balikpapan bekerjasama dengan Pemerintah Kota dan Lembaga Dakwah m ...

Rabu, 23 Juli 2014 , 12:17:00

Tak Ada Tambahan Proyek

SAMARINDA- Defisitnya Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kaltim 2014 dan sumber pendapatan di 2015, membuat seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) har ...

Selasa, 22 Juli 2014 , 12:19:00

Disnakersos Kerahkan Pengawas Naker Usut Laka Kerja Karyawan Terjepit Garbarata (SUB) BALIKPAPAN–Kecelakaan kerja yang menimpa Diyas Rachman, karyawan PT ...

 
SUPER LIGA
Tambah Jam Terbang
TERNATE- Timnas U-19 akan menututp laga uji coba melawan tim Persiter Ternate U-21 di Stadion Gel ...
Other
 
Kaltim
Barang Bukti Narkoba Dimusnahkan
PENAJAM- Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) melakukan upacara memperin ...
Other
 
Metropolis
Lahan Waduk Teritip Diklaim Warga
BALIKPAPAN- Pemerintah Kota Balikpapan melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) ber ...
Other
 
Kecamatan
Jalan Km 1,5 “Direbonding”
BALIKPAPAN-Pengguna kendaraan bermotor tidak perlu lagi khawatir saat melintas di jalan keriting ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1