Jum'at, 09 November 2012 , 09:24:00


BALIKPAPAN-Berdasarkan data dari Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman (DKPP) Balikpapan, volume sampah yang dihasilkan seluruh masyarakat mencapai 300 ton per hari. Jumlah ini diperkirakan meningkat tanpa adanya kepedulian dari masyarakat.

Oleh karena itu, pemkot mengajak masyarakat memilah sampah rumah tangga sebelum dibuang ke Tempat Pembuangan Sampah (TPS). “Kebiasaan tersebut akan berdampak pada pengurangan sampah di TPA (Tempat Pembuangan Akhir, Red),” kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Sekdakot Balikpapan, Drs Sudirman Djayaleksana MM.

Menurutnya, mengolah sampah melalui pemilahan sampah dapat mengurangi volume sampah secara signifikan. Memilah sampah, lanjutnya, terus disosialisasikan kepada masyarakat luas.

“Budaya warga Balikpapan dalam menjaga kebersihan sudah dapat dibuktikan dengan kebersihan kota yang selalu terjaga selama ini, tinggal pemilahan sampah lagi yang kita dorong,” ujarnya.

Apalagi, Balikpapan telah mendapatkan penghargaan Adipura untuk kebersihan sudah lebih dari 10 kali. Tentu, tradisi ini tidak ingin dilewatkan begitu saja. Berkaitan dengan Adipura, tim verifikasi Adipura rencananya akan melakukan penilaian pada 16 November mendatang.

Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait, seperti DKPP, Dinas Tata Kota dan Perumahan (DTKP), Dinas Pasar, Badan Lingkungan Hidup (BLH) dan lainnya diminta untuk meningkatkan kerja sama. “Seperti DKPP soal pengangkutan sampah, kebersihan pemukiman dan pasar bekerjasama antara DTKP dan Dinas Pasar,” tuturnya.

Harapannya, tahun 2013 mendatang, target Balikpapan meraih Adipura Kencana tahun ini dapat terealisasi. “Yang menjadi salah satu persyaratan memperoleh Adipura Kencana pemilahan sampah harus sudah dapat dilakukan.

"Memilah sampah anorganik dan organik sebelum dibuang ke TPS mulai kini sudah harus dibudayakan oleh warga Balikpapan, karena hal ini juga mengacu pada Undang-undang nomer 18 tahun 2010 tentang Pengelolaan Sampah," tutup Sudirman.(bp-8)

 
OTHER NEWS
Selasa, 30 September 2014 , 04:39:00

SALAM HORMAT JENDERAL

BALIKPAPAN- Seorang pengendara sepeda Ontel mengenakan pakaian mirip Presiden RI Soekarno sambil membawa bendera merah putih dan lambang Burung Garuda memberikan salam ...

Selasa, 30 September 2014 , 04:36:00

Pemkot Bentuk Tim Pengawas

BALIKPAPAN-Pemkot telah membentuk tim pengawas ketersediaan air bersih di Balikpapan. Tim ini untuk mengantisipasi krisis air bersih bagi masyarakat Balikpapan akibat ...

Selasa, 30 September 2014 , 04:36:00

Parkiran Motor di Bandara Kembali Dikeluhkan

BALIKPAPAN-Sejumlah masyarakat mendesak PT Angkasa Pura sebagai pengelola pelayanan Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan untuk segera merelokasi p ...

Selasa, 30 September 2014 , 04:35:00

Segera Fungsikan Sumur Dalam

BALIKPAPAN-Menanggapi ancaman krisis air bersih di Kota Minyak ini, pihak DPRD menilai sudah seharusnya Pemkot memiliki perencanaan jangka menengah dan jangka panjang ...

Selasa, 30 September 2014 , 04:33:00

Balikpapan Pos Kembali Gelar Futsal Junior

BALIKPAPAN - Turnamen Futsal Junior Competition 2014 kembali digelar, Harian Balikpapan Pos 10-12 September di halaman parkir Rapak Plaza, Jl Soekarno Hatta. Turnamen ...

 
SUPER LIGA
Saatnya Hancurkan Al Qadsia
JAYAPURA- 90 menit untuk mencetak sejarah baru sudah ada di dalam benak anak-anak Persipura, Boaz ...
Other
 
Kaltim
Pemprov Alokasikan Dana Rp300 M
PENAJAM-Jalan Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) di Kecamatan Sepaku,  Kabupaten Penajam Pas ...
Other
 
Metropolis
SALAM HORMAT JENDERAL
BALIKPAPAN- Seorang pengendara sepeda Ontel mengenakan pakaian mirip Presiden RI Soekarno sambil ...
Other
 
Kecamatan
Pasca Kebakaran Masih Ada Titik Api
BALIKPAPAN- Pasca kebakaran hutan seluas dua hektar yang terletak di pemukiman warga Palm Hills ( ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1