Jum'at, 09 November 2012 , 09:24:00


BALIKPAPAN-Berdasarkan data dari Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman (DKPP) Balikpapan, volume sampah yang dihasilkan seluruh masyarakat mencapai 300 ton per hari. Jumlah ini diperkirakan meningkat tanpa adanya kepedulian dari masyarakat.

Oleh karena itu, pemkot mengajak masyarakat memilah sampah rumah tangga sebelum dibuang ke Tempat Pembuangan Sampah (TPS). “Kebiasaan tersebut akan berdampak pada pengurangan sampah di TPA (Tempat Pembuangan Akhir, Red),” kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Sekdakot Balikpapan, Drs Sudirman Djayaleksana MM.

Menurutnya, mengolah sampah melalui pemilahan sampah dapat mengurangi volume sampah secara signifikan. Memilah sampah, lanjutnya, terus disosialisasikan kepada masyarakat luas.

“Budaya warga Balikpapan dalam menjaga kebersihan sudah dapat dibuktikan dengan kebersihan kota yang selalu terjaga selama ini, tinggal pemilahan sampah lagi yang kita dorong,” ujarnya.

Apalagi, Balikpapan telah mendapatkan penghargaan Adipura untuk kebersihan sudah lebih dari 10 kali. Tentu, tradisi ini tidak ingin dilewatkan begitu saja. Berkaitan dengan Adipura, tim verifikasi Adipura rencananya akan melakukan penilaian pada 16 November mendatang.

Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait, seperti DKPP, Dinas Tata Kota dan Perumahan (DTKP), Dinas Pasar, Badan Lingkungan Hidup (BLH) dan lainnya diminta untuk meningkatkan kerja sama. “Seperti DKPP soal pengangkutan sampah, kebersihan pemukiman dan pasar bekerjasama antara DTKP dan Dinas Pasar,” tuturnya.

Harapannya, tahun 2013 mendatang, target Balikpapan meraih Adipura Kencana tahun ini dapat terealisasi. “Yang menjadi salah satu persyaratan memperoleh Adipura Kencana pemilahan sampah harus sudah dapat dilakukan.

"Memilah sampah anorganik dan organik sebelum dibuang ke TPS mulai kini sudah harus dibudayakan oleh warga Balikpapan, karena hal ini juga mengacu pada Undang-undang nomer 18 tahun 2010 tentang Pengelolaan Sampah," tutup Sudirman.(bp-8)

 
OTHER NEWS
Selasa, 02 September 2014 , 09:35:00

Tanpa Izin, Lima Pohon DKPP Ditebang

BALIKPAPAN - Masyarakat tampak bertanya-tanya ketika melintas kawasan Gunung Bakaran, Kelurahan Sungainangka, Balikpapan Selatan. Pasalnya, di saat pemerintah kota dan ...

Selasa, 02 September 2014 , 09:34:00

15 September, SBY Resmikan Bandara

BALIKPAPAN - Sempat beberapa kali tertunda, akhirnya Bandara Internasional Sepinggan diresmikan juga. Jika tidak ada aral melintang, peresmian dilakukan oleh Presiden ...

Selasa, 02 September 2014 , 09:33:00

Media Jadi Rel Anggota Dewan

BALIKPAPAN - 1 September, surat kabar harian Balikpapan Pos genap berusia 13 tahun. Sebagai media terdepan dan inovatif di Kota Minyak, banyak hal yang sudah disajikan ...

Selasa, 02 September 2014 , 09:31:00

Syahrun Jadi Ketua DPRD Kaltim Sementara

SAMARINDA- Usai dilantik menjadi Anggota DPRD Kaltim periode 2014-2019 dalam Rapat Paripurna Istimewa, Senin (1/9), M Syahrun resmi ditetapkan menjadi pimpinan DPRD Ka ...

Selasa, 02 September 2014 , 09:31:00

Pertemuan Setiap Bulan, Diskusi dan Salurkan Hobi

BALIKPAPAN-Muhaimin MT selaku Ketua Karang Taruna Kota Balikpapan punya ambisi mengangkat kembali nama besar Karang Taruna, organisasi berbasis sosial kemasyarakatan. ...

 
SUPER LIGA
Drama Lolos Degradasi
SAMARINDA– Putra Samarinda (Pusam) masih akan tercantum sebagai kontestan Indonesia Super L ...
Other
 
Kaltim
Bupati Rencana Bangun TPI
PENAJAM- Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Yusran Aspar melakukan kunjungan ke wilayah-wilayah yan ...
Other
 
Metropolis
Tanpa Izin, Lima Pohon DKPP Ditebang
BALIKPAPAN - Masyarakat tampak bertanya-tanya ketika melintas kawasan Gunung Bakaran, Kelurahan S ...
Other
 
Kecamatan
Kecamatan Kendalikan Fungsi Trotoar
BALIKPAPAN-Setelah beberapa hari yang lalu menggelar razia gabungan di tempat kos-kosan di wilaya ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1