Jum'at, 09 November 2012 , 09:24:00


BALIKPAPAN-Berdasarkan data dari Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman (DKPP) Balikpapan, volume sampah yang dihasilkan seluruh masyarakat mencapai 300 ton per hari. Jumlah ini diperkirakan meningkat tanpa adanya kepedulian dari masyarakat.

Oleh karena itu, pemkot mengajak masyarakat memilah sampah rumah tangga sebelum dibuang ke Tempat Pembuangan Sampah (TPS). “Kebiasaan tersebut akan berdampak pada pengurangan sampah di TPA (Tempat Pembuangan Akhir, Red),” kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Sekdakot Balikpapan, Drs Sudirman Djayaleksana MM.

Menurutnya, mengolah sampah melalui pemilahan sampah dapat mengurangi volume sampah secara signifikan. Memilah sampah, lanjutnya, terus disosialisasikan kepada masyarakat luas.

“Budaya warga Balikpapan dalam menjaga kebersihan sudah dapat dibuktikan dengan kebersihan kota yang selalu terjaga selama ini, tinggal pemilahan sampah lagi yang kita dorong,” ujarnya.

Apalagi, Balikpapan telah mendapatkan penghargaan Adipura untuk kebersihan sudah lebih dari 10 kali. Tentu, tradisi ini tidak ingin dilewatkan begitu saja. Berkaitan dengan Adipura, tim verifikasi Adipura rencananya akan melakukan penilaian pada 16 November mendatang.

Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait, seperti DKPP, Dinas Tata Kota dan Perumahan (DTKP), Dinas Pasar, Badan Lingkungan Hidup (BLH) dan lainnya diminta untuk meningkatkan kerja sama. “Seperti DKPP soal pengangkutan sampah, kebersihan pemukiman dan pasar bekerjasama antara DTKP dan Dinas Pasar,” tuturnya.

Harapannya, tahun 2013 mendatang, target Balikpapan meraih Adipura Kencana tahun ini dapat terealisasi. “Yang menjadi salah satu persyaratan memperoleh Adipura Kencana pemilahan sampah harus sudah dapat dilakukan.

"Memilah sampah anorganik dan organik sebelum dibuang ke TPS mulai kini sudah harus dibudayakan oleh warga Balikpapan, karena hal ini juga mengacu pada Undang-undang nomer 18 tahun 2010 tentang Pengelolaan Sampah," tutup Sudirman.(bp-8)

 
OTHER NEWS
Jum\'at, 18 April 2014 , 13:39:00

RAMPUNG

BALIKPAPAN- Rapat pleno rekapitulasi penghitungan surat suara Pileg 2014 yang berakhir di PPK Balteng yang berlangsung di hotel Pacifik kemarin, serta 2 orang petugas ...

Jum\'at, 18 April 2014 , 13:37:00

GOLKAR REBUT 12 KURSI

BALIKPAPAN-Hasil rapat pleno rekapitulasi penghitungan surat suara pemilihan anggota legislatif (Pileg) 2014 oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di seluruh daerah p ...

Jum\'at, 18 April 2014 , 13:36:00

Kota Minyak Byarpet Lagi

BALIKPAPAN-Kendati Wali Kota HM Rizal Effendi telah meminta agar Manager Area PT PLN (Persero) Balikpapan Priyo Wurianto dicopot jabatannya karena Kota Minyak sering t ...

Jum\'at, 18 April 2014 , 13:35:00

Akui Keunggulan Ustdaz Rosyidi

BALIKPAPAN – Anggota DPRD Kota Balikpapan Muhammad,SH yang kembali menjadi calon anggota legislatif (caleg) mengakui bahwa suaranya dalam Pileg 9 April lalu masi ...

Jum\'at, 18 April 2014 , 13:34:00

Ustadz Rosyidi Melenggang ke Karang Paci

Nama Ahmad Rosyidi pada awalnya kurang diperhitungkan untuk ikut bersaing memperebutkan 7 kursi wakil rakyat di DPRD Provinsi dari Dapil Balikpapan. Namun belakangan p ...

 
SUPER LIGA
Finishing Belum Meyakinkan
BALIKPAPAN– Urusan finishing tampaknya masih menjadi kendala serius tim Persiba Balikpapan ...
Other
 
Kaltim
PPU Sempat Kekurangan Satu LJK
PENAJAM- Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) di Kabupeten Penajam Paser Utara (PPU) berjalan dengan l ...
Other
 
Metropolis
RAMPUNG
BALIKPAPAN- Rapat pleno rekapitulasi penghitungan surat suara Pileg 2014 yang berakhir di PPK Bal ...
Other
 
Kecamatan
Akses Jalan Makin Prihatin
BALIKPAPAN- Beberapa kawasan di Kota Balikpapan terbilang masih memprihatinkan. Cukup jauh dari h ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1