Jum'at, 09 November 2012 , 09:24:00


BALIKPAPAN-Berdasarkan data dari Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman (DKPP) Balikpapan, volume sampah yang dihasilkan seluruh masyarakat mencapai 300 ton per hari. Jumlah ini diperkirakan meningkat tanpa adanya kepedulian dari masyarakat.

Oleh karena itu, pemkot mengajak masyarakat memilah sampah rumah tangga sebelum dibuang ke Tempat Pembuangan Sampah (TPS). “Kebiasaan tersebut akan berdampak pada pengurangan sampah di TPA (Tempat Pembuangan Akhir, Red),” kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Sekdakot Balikpapan, Drs Sudirman Djayaleksana MM.

Menurutnya, mengolah sampah melalui pemilahan sampah dapat mengurangi volume sampah secara signifikan. Memilah sampah, lanjutnya, terus disosialisasikan kepada masyarakat luas.

“Budaya warga Balikpapan dalam menjaga kebersihan sudah dapat dibuktikan dengan kebersihan kota yang selalu terjaga selama ini, tinggal pemilahan sampah lagi yang kita dorong,” ujarnya.

Apalagi, Balikpapan telah mendapatkan penghargaan Adipura untuk kebersihan sudah lebih dari 10 kali. Tentu, tradisi ini tidak ingin dilewatkan begitu saja. Berkaitan dengan Adipura, tim verifikasi Adipura rencananya akan melakukan penilaian pada 16 November mendatang.

Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait, seperti DKPP, Dinas Tata Kota dan Perumahan (DTKP), Dinas Pasar, Badan Lingkungan Hidup (BLH) dan lainnya diminta untuk meningkatkan kerja sama. “Seperti DKPP soal pengangkutan sampah, kebersihan pemukiman dan pasar bekerjasama antara DTKP dan Dinas Pasar,” tuturnya.

Harapannya, tahun 2013 mendatang, target Balikpapan meraih Adipura Kencana tahun ini dapat terealisasi. “Yang menjadi salah satu persyaratan memperoleh Adipura Kencana pemilahan sampah harus sudah dapat dilakukan.

"Memilah sampah anorganik dan organik sebelum dibuang ke TPS mulai kini sudah harus dibudayakan oleh warga Balikpapan, karena hal ini juga mengacu pada Undang-undang nomer 18 tahun 2010 tentang Pengelolaan Sampah," tutup Sudirman.(bp-8)

 
OTHER NEWS
Rabu, 27 Agustus 2014 , 10:06:00

Hapus Aset, Gedung Nasional Dibongkar

BALIKPAPAN - Akhirnya tahapan pembangunan gedung parkir di lahan yang kini digunakan sebagai fasilitas Gedung Nasional dan eks Bioskop Gelora Klandasan memasuki pekerj ...

Rabu, 27 Agustus 2014 , 10:04:00

Balikpapan Tak Terpengaruh Krisis BBM

BALIKPAPAN - Kelangkaan bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis premium yang terus terjadi di sejumlah daerah khususnya di Pulau Jawa, dipastikan tidak akan terjadi ...

Rabu, 27 Agustus 2014 , 10:04:00

Dukungan Jeriko Terus Mengalir

BALIKPAPAN-Dukungan untuk Jeriko Noldi Undap maju calon Wakil  Wali Kota melalui jalur indipenden dalam Pilkada Balikpapan 2014,  kembali mengalir.  Kal ...

Rabu, 27 Agustus 2014 , 10:03:00

Yakin, Pemprov Kaltim Raih WTP Lagi

SAMARINDA- Rapat Paripurna Istimewa DPRD Kaltim  dengan agenda Penyampaian Laporan Badan Pengawas Keuangan Republik Indonesia (BPK-RI) Perwakilan Kalimantan Timur ...

Selasa, 26 Agustus 2014 , 10:16:00

JANGAN LUPA JANJI

BALIKPAPAN- Para anggota dewan yang baru ini telah mengucapkan sumpah dan janji kepada Tuhan Yang Maha Esa untuk menjalankan tugas-tugasnya dengan sebaik-baiknya dan s ...

 
SUPER LIGA
Maksimalkan Crossing buat Striker
BALIKPAPAN-  Persiba Balikpapan tak ingin berandai-andai menghadapi laga kandang pamungkasny ...
Other
 
Kaltim
WabupSerahkan Bantuan Korban Kebakaran
PENAJAM-Musibah kebakaran yang terjadi di Kelurahan Sotek, Kecamatan Penajam, Kabuapten Penajam P ...
Other
 
Metropolis
Hapus Aset, Gedung Nasional Dibongkar
BALIKPAPAN - Akhirnya tahapan pembangunan gedung parkir di lahan yang kini digunakan sebagai fasi ...
Other
 
Kecamatan
Abdul Mungin Jadi Ketua RT 4
BALIKPAPAN- Lurah Telaga Sari, Sahdan melakukan pengukuhan Ketua RT 04 Abdul Mungin. Berpusat di ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1