Jum'at, 09 November 2012 , 09:24:00


BALIKPAPAN-Berdasarkan data dari Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman (DKPP) Balikpapan, volume sampah yang dihasilkan seluruh masyarakat mencapai 300 ton per hari. Jumlah ini diperkirakan meningkat tanpa adanya kepedulian dari masyarakat.

Oleh karena itu, pemkot mengajak masyarakat memilah sampah rumah tangga sebelum dibuang ke Tempat Pembuangan Sampah (TPS). “Kebiasaan tersebut akan berdampak pada pengurangan sampah di TPA (Tempat Pembuangan Akhir, Red),” kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Sekdakot Balikpapan, Drs Sudirman Djayaleksana MM.

Menurutnya, mengolah sampah melalui pemilahan sampah dapat mengurangi volume sampah secara signifikan. Memilah sampah, lanjutnya, terus disosialisasikan kepada masyarakat luas.

“Budaya warga Balikpapan dalam menjaga kebersihan sudah dapat dibuktikan dengan kebersihan kota yang selalu terjaga selama ini, tinggal pemilahan sampah lagi yang kita dorong,” ujarnya.

Apalagi, Balikpapan telah mendapatkan penghargaan Adipura untuk kebersihan sudah lebih dari 10 kali. Tentu, tradisi ini tidak ingin dilewatkan begitu saja. Berkaitan dengan Adipura, tim verifikasi Adipura rencananya akan melakukan penilaian pada 16 November mendatang.

Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait, seperti DKPP, Dinas Tata Kota dan Perumahan (DTKP), Dinas Pasar, Badan Lingkungan Hidup (BLH) dan lainnya diminta untuk meningkatkan kerja sama. “Seperti DKPP soal pengangkutan sampah, kebersihan pemukiman dan pasar bekerjasama antara DTKP dan Dinas Pasar,” tuturnya.

Harapannya, tahun 2013 mendatang, target Balikpapan meraih Adipura Kencana tahun ini dapat terealisasi. “Yang menjadi salah satu persyaratan memperoleh Adipura Kencana pemilahan sampah harus sudah dapat dilakukan.

"Memilah sampah anorganik dan organik sebelum dibuang ke TPS mulai kini sudah harus dibudayakan oleh warga Balikpapan, karena hal ini juga mengacu pada Undang-undang nomer 18 tahun 2010 tentang Pengelolaan Sampah," tutup Sudirman.(bp-8)

 
OTHER NEWS
Kamis, 24 Juli 2014 , 10:28:00

LANGGAR PERWALI

BALIKPAPAN- Truk kontainer ini beroperasi disiang hari. Padahal sesuai Perwali Nomor 33 Tahun 2009 yang mengatur jam operasional kendaraan angkutan alat berat/peti kem ...

Kamis, 24 Juli 2014 , 10:26:00

Gawat, Balikpapan Mendekati KLB DBD

BALIKPAPAN- Penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di ‘Kota Minyak’ semakin mengkhawatirkan. Penyakit yang disebabkan nyamuk aedes aigepty ini tel ...

Kamis, 24 Juli 2014 , 10:24:00

Silakan Lapor ke Pengawas Tenaga Kerja

KEPALA Dinas Tenaga Kerja dan Sosial (Disnakersos), Fachruddin Harami mengimbau agar seluruh perusahaan di Kota Minyak mematuhi ketentuan wajib membayar tunjangan hari ...

Kamis, 24 Juli 2014 , 10:22:00

PNS Dilarang Mudik Pakai Mobil Dinas

BALIKPAPAN-Ribuan pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Pemkot kembali akan menjalani libur panjang selama 7 hari  jelang hari raya Idul Fitri 1435 Hijriyah, y ...

Kamis, 24 Juli 2014 , 10:21:00

Pilpres Berlangsung Aman

BALIKPAPAN-Pasangan Jokowi-JK telah diumumkan KPU sebagi Presiden RI Selasa (22/7) lalu. Meski diwarnai aksi penolakan hasil pemilu oleh pasangan Prabowo-Hatta namun k ...

 
SUPER LIGA
Tambah Jam Terbang
TERNATE- Timnas U-19 akan menututp laga uji coba melawan tim Persiter Ternate U-21 di Stadion Gel ...
Other
 
Kaltim
Baznas PPU Target Rp 1,7 Miliar
PENAJAM- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Penajam Paser Utara (PPU) melakukan penghimpunan zaka ...
Other
 
Metropolis
LANGGAR PERWALI
BALIKPAPAN- Truk kontainer ini beroperasi disiang hari. Padahal sesuai Perwali Nomor 33 Tahun 200 ...
Other
 
Kecamatan
Banyak Ceceran Tanah, Bukti Pengawasan Lemah
BALIKPAPAN - Kota Balikpapan boleh bangga dengan langganan prestasi di bidang kebersihan lingkung ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1