Jum'at, 09 November 2012 , 09:24:00


BALIKPAPAN-Berdasarkan data dari Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman (DKPP) Balikpapan, volume sampah yang dihasilkan seluruh masyarakat mencapai 300 ton per hari. Jumlah ini diperkirakan meningkat tanpa adanya kepedulian dari masyarakat.

Oleh karena itu, pemkot mengajak masyarakat memilah sampah rumah tangga sebelum dibuang ke Tempat Pembuangan Sampah (TPS). “Kebiasaan tersebut akan berdampak pada pengurangan sampah di TPA (Tempat Pembuangan Akhir, Red),” kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Sekdakot Balikpapan, Drs Sudirman Djayaleksana MM.

Menurutnya, mengolah sampah melalui pemilahan sampah dapat mengurangi volume sampah secara signifikan. Memilah sampah, lanjutnya, terus disosialisasikan kepada masyarakat luas.

“Budaya warga Balikpapan dalam menjaga kebersihan sudah dapat dibuktikan dengan kebersihan kota yang selalu terjaga selama ini, tinggal pemilahan sampah lagi yang kita dorong,” ujarnya.

Apalagi, Balikpapan telah mendapatkan penghargaan Adipura untuk kebersihan sudah lebih dari 10 kali. Tentu, tradisi ini tidak ingin dilewatkan begitu saja. Berkaitan dengan Adipura, tim verifikasi Adipura rencananya akan melakukan penilaian pada 16 November mendatang.

Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait, seperti DKPP, Dinas Tata Kota dan Perumahan (DTKP), Dinas Pasar, Badan Lingkungan Hidup (BLH) dan lainnya diminta untuk meningkatkan kerja sama. “Seperti DKPP soal pengangkutan sampah, kebersihan pemukiman dan pasar bekerjasama antara DTKP dan Dinas Pasar,” tuturnya.

Harapannya, tahun 2013 mendatang, target Balikpapan meraih Adipura Kencana tahun ini dapat terealisasi. “Yang menjadi salah satu persyaratan memperoleh Adipura Kencana pemilahan sampah harus sudah dapat dilakukan.

"Memilah sampah anorganik dan organik sebelum dibuang ke TPS mulai kini sudah harus dibudayakan oleh warga Balikpapan, karena hal ini juga mengacu pada Undang-undang nomer 18 tahun 2010 tentang Pengelolaan Sampah," tutup Sudirman.(bp-8)

 
OTHER NEWS
Sabtu, 20 September 2014 , 01:38:00

DTKP-Satpol PP Turunkan Reklame Liar

BALIKPAPAN - Penertiban baliho tidak berizin terus digencarkan oleh pihak Dinas Tata Kota dan Perumahan (DTKP) bersama Satpol PP kota  Balikpapan. Selama pertenga ...

Sabtu, 20 September 2014 , 01:36:00

BKD Cari Alternatif Lokasi Tes

BALIKPAPAN - Hingga hari terakhir waktu penyerahan berkas lamaran CPNS di Badan Kepegawaian Daerah Balikpapan tercatat 6.535 pelamar. Dari jumlah itu sebanyak 3.342 be ...

Sabtu, 20 September 2014 , 01:33:00

Golkar Yakin RUU Pilkada Disahkan

BALIKPAPAN - Sekjen Partai Golkar M Idrus Marham  yakin bahwa yakin RUU Pilkada yang di dalamnya mengembalikan pemilihan gubernur dan walikota/bupati ke DPRD, ber ...

Sabtu, 20 September 2014 , 01:30:00

Anggota Dewan Harus Rajin Membaca

BALIKPAPAN - Seluruh anggota DPRD kota/kabupaten dan provinsi dari Partai Golkar, selama 3 hari digembleng di Hotel Gran Senyiur Balikpapan, mulai Kamis (18/9) lalu. & ...

Sabtu, 20 September 2014 , 01:28:00

Sekwan Tunggu Kepastian SK Gubernur

BALIKPAPAN - Sekretaris DPRD Kota Balikpapan telah menjadwalkan pelaksanaan rapat Paripurna Istimewa Pelantikan Pimpinan DPRD Kota pada, Selasa (23/9) mendatang. Saat ...

 
SUPER LIGA
Batlle Fippo Allegri
MILAN - Filippo Inzaghi dan Massimiliano Allegri sama-sama punya hubungan historis yang kuat deng ...
Other
 
Kaltim
Hari ini, Pemasukan Berkas CPNS Ditutup
PENAJAM - Panitia penyelenggara penerimaan calon pegawai negeri sipil (PNS) Badan Kepegawaian Dae ...
Other
 
Metropolis
DTKP-Satpol PP Turunkan Reklame Liar
BALIKPAPAN - Penertiban baliho tidak berizin terus digencarkan oleh pihak Dinas Tata Kota dan Per ...
Other
 
Kecamatan
Untung Kecil, Sewa Tempat Mahal
BALIKPAPAN  -   Seolah tak kapok, meski sudah sering ditertibkan beberapa Pedagang ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1