Sabtu, 03 November 2012 , 13:05:00


BALIKPAPAN - Pihak SMPN 2 Balikpapan mengaku telah siap untuk melaksanakan penerimaan siswa baru (PSB) secara online pada tahun 2013 mendatang.

“Untuk tahun depan (2013,red) Kami telah siap melaksanakan PSB secara online,”kata Wakil Kepala Sekolah SMPN 2 Kaseman kepada Balikpapan Pos belum lama ini.

Ia mengaku, pihaknya telah mempersiapkan infrastruktur pelaksanaan PSB Online ini seperti internet, komputer serta sumberdaya manusia (SDM) yang ada disekolah.

“Infrastruktur kami sedang persiapkan sehingga pada saat pelaksanaan PSB tidak ada kendala,”katanya.

Diakuinya apabila persiapan telah maksimal maka  kemungkinan proses pendaftaran akan berjalan mulus dan tida ada protes dari orang tua murid ataupun pelajar yang berminat untuk masuk di SMPN 2.

“Saya yakin kalau infrastruktur dan  operatornya baik Insya Allah PSB Onlinenya tidak ada masalah,”terangnya.

Menurutnya PSB Online ini  prosesnya tidak terlalu repot seperti penerimaan siswa yang berlangsung secara manual dalam beberapa tahap disetiap sekolah. “Tapi kalau PSB Online ini berlangsung simple dan transparan karena secara otomatis siswa yang memenuhi syarat dan  jumlah kuota langsung terlihat di internet,”terangnya

Sebelumnya Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Kota (Kadisdik) Balikpapan Ir Sri Wahyuningsih mengatakan PSB Online di Balikpapan 2013 mendatang  telah memiliki situs resmi yakni www.balikpapan.siap-ppdb.com. Situs ini telah diperkenalkan dihadapan wali kota Balikpapan H Rizal Effendi,SE dan sejumlah kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD. Situs ini menggunakan Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan (SIAP) www.siap-online.com milik PT Telkom yang telah dipercaya 20 dinas pendidikan untuk melayani lebih dari 1500 sekolah di Indonesia dan lebih dari 350 ribu siswa setiap tahunnya.

“Sistem aplikasinya bekerjasama dengan PT Telkom,”kata Yuyun sapaan akrab Ir Sri Wahyuningsih.

Menurut Yuyun, dalam situs tersebut terdapat beberapa fitur yang bisa diakses oleh pendaftar diantaranya informasi penerimaan siswa baru (PSB), hasil seleksi, data pendaftaran serta media komunikasi dengan masyarakat.

“Didalam situs ini juga terdapat beberapa beranda penting seperti aturan dan prosedur, jadwal pelaksanaan, alur pendaftaran, pendaftaran secara online, info sekolah, daya tamping, data pendaftar, hasil seleksi serta beranda penting lainya,”terang Yuyun.

Yuyun menjelaskan, PPDB Online Kota Balikpapan 2013 ini sekolah peserta terdiri dari 22 sekolah SMP, 9 sekolah SMA serta 6 sekolah SMK. Sedangkan jalur penerimaan yakni RSBI, keluarga miskin (gakin), kelas olahraga, bina lingkungan (BL) serta regular.

“Pokoknya  syarat-syarat  peserta semua tercantum dalam situs tersebut sehingga walaupun warga Balikpapan berada di luar daerah bisa mengakses untuk melakukan pendaftaran sesuai jenjang sekolah dengan syarat nilai seperti rapor, UN, nilai tes potensi akademik dan syarat lainya,”pungkasnya (vie)

 
OTHER NEWS
Selasa, 23 September 2014 , 04:55:00

Sehari Rp1.000, Sebulan Rp16 Juta

PURWAKARTA-Siswa di SMPN (Sekolah Menengah Pertama  Negeri) 1 Plered sehari dipungut Rp1.000. Pungutan  tersebut berkedok untuk kebutuhan alat kebersihan dar ...

Selasa, 23 September 2014 , 04:51:00

LKS Diusulkan Dibuat Guru

SUBANG-Keberadaan buku Lembar Kerja Siswa (LKS) dinilai membuat para guru kurang kreatif. Muncul usulan agar buku LKS dibuat dan disusun oleh guru. Hal itu disampaikan ...

Senin, 22 September 2014 , 03:18:00

SMAN 1 Targetkan 85 Pelajar

BALIKPAPAN—Sebagai sekolah unggulan di Balikpapan, SMAN 1 Balikpapan berupaya keras agar para pelajarnya dapat masuk ke perguruan tinggi negeri (PTN) di tahun de ...

Senin, 22 September 2014 , 03:18:00

Perkembangan PAUD Butuh Peran CSR

BALIKPAPAN- Dari ribuan pengajar yang tersebar di 435 lembaga pendidikan usia dini (PAUD) di Kota Minyak, hanya 40 persen yang bergelar sarjana. Sedangkan sisanya masi ...

Minggu, 21 September 2014 , 08:02:00

Pembangunan Drainase RT 6 GSmB Hampir Rampung

BALIKPAPAN-Pembangunan drainase yang dilaksanakan di wilayah RT 6 kelurahan Gunung Samarinda Baru (GSmB) segera rampung, hal ini dilaksanakan karena selama ini masih b ...

 
SUPER LIGA
Bakal Lebih Menyerang
SIDOARJO- Jelang uji coba kontra Kamboja, tim pelatih timnas senior Indonesia Alfred Riedl sudah ...
Other
 
Kaltim
Wabup Ancam Beri Sanksi
PENAJAM- Wakil Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Mustaqim MZ geram atas sikap sejumlah oknum Pegaw ...
Other
 
Metropolis
PKL Lapangan Merdeka Protes SK Wali Kota
BALIKPAPAN- Ratusan pedagang kaki lima (PKL) melakukan aksi unjuk rasa di kantor balaikota Senin ...
Other
 
Kecamatan
Jembatan RT 9 Baru Tengah Disemen
BALIKPAPAN- Perbaikan infrastruktur lingkungan RT kembali dilakukan di Kelurahan Baru Tengah Bali ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1