Sabtu, 03 November 2012 , 13:05:00


BALIKPAPAN - Pihak SMPN 2 Balikpapan mengaku telah siap untuk melaksanakan penerimaan siswa baru (PSB) secara online pada tahun 2013 mendatang.

“Untuk tahun depan (2013,red) Kami telah siap melaksanakan PSB secara online,”kata Wakil Kepala Sekolah SMPN 2 Kaseman kepada Balikpapan Pos belum lama ini.

Ia mengaku, pihaknya telah mempersiapkan infrastruktur pelaksanaan PSB Online ini seperti internet, komputer serta sumberdaya manusia (SDM) yang ada disekolah.

“Infrastruktur kami sedang persiapkan sehingga pada saat pelaksanaan PSB tidak ada kendala,”katanya.

Diakuinya apabila persiapan telah maksimal maka  kemungkinan proses pendaftaran akan berjalan mulus dan tida ada protes dari orang tua murid ataupun pelajar yang berminat untuk masuk di SMPN 2.

“Saya yakin kalau infrastruktur dan  operatornya baik Insya Allah PSB Onlinenya tidak ada masalah,”terangnya.

Menurutnya PSB Online ini  prosesnya tidak terlalu repot seperti penerimaan siswa yang berlangsung secara manual dalam beberapa tahap disetiap sekolah. “Tapi kalau PSB Online ini berlangsung simple dan transparan karena secara otomatis siswa yang memenuhi syarat dan  jumlah kuota langsung terlihat di internet,”terangnya

Sebelumnya Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Kota (Kadisdik) Balikpapan Ir Sri Wahyuningsih mengatakan PSB Online di Balikpapan 2013 mendatang  telah memiliki situs resmi yakni www.balikpapan.siap-ppdb.com. Situs ini telah diperkenalkan dihadapan wali kota Balikpapan H Rizal Effendi,SE dan sejumlah kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD. Situs ini menggunakan Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan (SIAP) www.siap-online.com milik PT Telkom yang telah dipercaya 20 dinas pendidikan untuk melayani lebih dari 1500 sekolah di Indonesia dan lebih dari 350 ribu siswa setiap tahunnya.

“Sistem aplikasinya bekerjasama dengan PT Telkom,”kata Yuyun sapaan akrab Ir Sri Wahyuningsih.

Menurut Yuyun, dalam situs tersebut terdapat beberapa fitur yang bisa diakses oleh pendaftar diantaranya informasi penerimaan siswa baru (PSB), hasil seleksi, data pendaftaran serta media komunikasi dengan masyarakat.

“Didalam situs ini juga terdapat beberapa beranda penting seperti aturan dan prosedur, jadwal pelaksanaan, alur pendaftaran, pendaftaran secara online, info sekolah, daya tamping, data pendaftar, hasil seleksi serta beranda penting lainya,”terang Yuyun.

Yuyun menjelaskan, PPDB Online Kota Balikpapan 2013 ini sekolah peserta terdiri dari 22 sekolah SMP, 9 sekolah SMA serta 6 sekolah SMK. Sedangkan jalur penerimaan yakni RSBI, keluarga miskin (gakin), kelas olahraga, bina lingkungan (BL) serta regular.

“Pokoknya  syarat-syarat  peserta semua tercantum dalam situs tersebut sehingga walaupun warga Balikpapan berada di luar daerah bisa mengakses untuk melakukan pendaftaran sesuai jenjang sekolah dengan syarat nilai seperti rapor, UN, nilai tes potensi akademik dan syarat lainya,”pungkasnya (vie)

 
OTHER NEWS
Kamis, 17 April 2014 , 11:00:00

ORI Soroti Masalah Pengawasan

BALIKPAPAN- Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) di Kota Minyak dianggap berjalan ‘lengang’. Dalam hal ini, Koordinator Pelaksanaan UN dari Ombudsman Republik I ...

Kamis, 17 April 2014 , 11:00:00

Siswa SLBN Juga Siap Ikut SBMPTN

BALIKPAPAN—Ajang Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) yang pendaftarannya akan dimulai pada bulan Mei 2014 mendatang, ternyata tak hanya ditung ...

Kamis, 17 April 2014 , 10:59:00

UN 2014 Ukur Kompetensi Siswa dengan Standar Internasional

JAKARTA—Salah satu tujuan dilaksanakannya Ujian Nasional (UN) adalah untuk melakukan pemetaan terhadap kualitas pendidikan. Hasil UN dijadikan sebagai standar na ...

Rabu, 16 April 2014 , 08:17:00

Soal UN Dibuat Sebelum Jokowi Nyapres

BALIKPAPAN- Kemunculan soal yang mengutip biografi Jokowi dalam bidang studi Bahasa Indonesia dalam Ujian Nasional 2014 cukup menuai protes dari berbagai pihak. Mengin ...

Rabu, 16 April 2014 , 08:16:00

Syarat Nilai Rata-rata Kelulusan SLB Disamakan

BALIKPAPAN—Sebanyak tujuh siswa Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN)  Kota Balikpapan sejak Senin (14/4) lalu mengikuti Ujian Nasional. Wakil Kepala SLBN Kota B ...

 
SUPER LIGA
Mantapkan Penyelesaian Akhir
BALIKPAPAN – Jelang laga melawan Persela Lamongan (24/4), Persiba Balikpapan memantapkan ke ...
Other
 
Kaltim
Rapat Bersama Membahas UPT Dinas PU
PENAJAM- Bupati Penajam Paser Utara H Yusran Aspar bersama Wakil Bupati Mustaqim rapat bersama se ...
Other
 
Metropolis
PERBAIKAN JALAN
BALIKPAPAN- Dinas Pekerjaan Umum (DPU) sedang melakukan pelebaran Jl Ruhui Rahayu menuju rumah ja ...
Other
 
Kecamatan
Rapat Pleno PPK Balbar Dijaga Ketat
BALIKPAPAN- Setelah pleno PPS di kelurahan, maka untuk memastikan jumlah suara yang diperoleh set ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1