Sabtu, 03 November 2012 , 13:05:00


BALIKPAPAN - Pihak SMPN 2 Balikpapan mengaku telah siap untuk melaksanakan penerimaan siswa baru (PSB) secara online pada tahun 2013 mendatang.

“Untuk tahun depan (2013,red) Kami telah siap melaksanakan PSB secara online,”kata Wakil Kepala Sekolah SMPN 2 Kaseman kepada Balikpapan Pos belum lama ini.

Ia mengaku, pihaknya telah mempersiapkan infrastruktur pelaksanaan PSB Online ini seperti internet, komputer serta sumberdaya manusia (SDM) yang ada disekolah.

“Infrastruktur kami sedang persiapkan sehingga pada saat pelaksanaan PSB tidak ada kendala,”katanya.

Diakuinya apabila persiapan telah maksimal maka  kemungkinan proses pendaftaran akan berjalan mulus dan tida ada protes dari orang tua murid ataupun pelajar yang berminat untuk masuk di SMPN 2.

“Saya yakin kalau infrastruktur dan  operatornya baik Insya Allah PSB Onlinenya tidak ada masalah,”terangnya.

Menurutnya PSB Online ini  prosesnya tidak terlalu repot seperti penerimaan siswa yang berlangsung secara manual dalam beberapa tahap disetiap sekolah. “Tapi kalau PSB Online ini berlangsung simple dan transparan karena secara otomatis siswa yang memenuhi syarat dan  jumlah kuota langsung terlihat di internet,”terangnya

Sebelumnya Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Kota (Kadisdik) Balikpapan Ir Sri Wahyuningsih mengatakan PSB Online di Balikpapan 2013 mendatang  telah memiliki situs resmi yakni www.balikpapan.siap-ppdb.com. Situs ini telah diperkenalkan dihadapan wali kota Balikpapan H Rizal Effendi,SE dan sejumlah kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD. Situs ini menggunakan Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan (SIAP) www.siap-online.com milik PT Telkom yang telah dipercaya 20 dinas pendidikan untuk melayani lebih dari 1500 sekolah di Indonesia dan lebih dari 350 ribu siswa setiap tahunnya.

“Sistem aplikasinya bekerjasama dengan PT Telkom,”kata Yuyun sapaan akrab Ir Sri Wahyuningsih.

Menurut Yuyun, dalam situs tersebut terdapat beberapa fitur yang bisa diakses oleh pendaftar diantaranya informasi penerimaan siswa baru (PSB), hasil seleksi, data pendaftaran serta media komunikasi dengan masyarakat.

“Didalam situs ini juga terdapat beberapa beranda penting seperti aturan dan prosedur, jadwal pelaksanaan, alur pendaftaran, pendaftaran secara online, info sekolah, daya tamping, data pendaftar, hasil seleksi serta beranda penting lainya,”terang Yuyun.

Yuyun menjelaskan, PPDB Online Kota Balikpapan 2013 ini sekolah peserta terdiri dari 22 sekolah SMP, 9 sekolah SMA serta 6 sekolah SMK. Sedangkan jalur penerimaan yakni RSBI, keluarga miskin (gakin), kelas olahraga, bina lingkungan (BL) serta regular.

“Pokoknya  syarat-syarat  peserta semua tercantum dalam situs tersebut sehingga walaupun warga Balikpapan berada di luar daerah bisa mengakses untuk melakukan pendaftaran sesuai jenjang sekolah dengan syarat nilai seperti rapor, UN, nilai tes potensi akademik dan syarat lainya,”pungkasnya (vie)

 
OTHER NEWS
Selasa, 22 Juli 2014 , 11:45:00

Buku Belum Tiba, Sekolah Siap Cetak Sendiri

BALIKPAPAN—Pengiriman buku pelajaran Kurikulum 2013 hingga saat ini belum juga tiba di kota Balikpapan. Akibatnya, banyak sekolah-sekolah di Balikpapan yang terp ...

Selasa, 22 Juli 2014 , 11:43:00

Datangkan Pelatih Handal dari Jakarta

BALIKPAPAN­—Sekolah tentunya berharap kepada sleuruh siswanya agar bisa mendulang prestasi baik di bidang akademik ataupun non akademik. Dalam hal ini, juga ...

Senin, 21 Juli 2014 , 11:36:00

Siswa “Dibebaskan” 3 Bulan ke Depan

BALIKPAPAN—Tahun Ajaran Baru 2014/2015 yang bertepatan dengan bulan Ramadan, tentu harus diantisipasi dengan cermat oleh orangtua peserta didik baru. Guna meneka ...

Senin, 21 Juli 2014 , 11:34:00

Fokus Peningkatan Mutu Pendidikan

BALIKPAPAN—Banyaknya pemasalahan yang dihadapi oleh sekolah swasta karena dampak dari sekolah negeri yang menerima siswa baru lewat jalur belakang, akhirnya meng ...

Senin, 21 Juli 2014 , 11:26:00

Bukber Anak Panti Korpri

BALIKPAPAN- Untuk kesekian kalinya, Asmi Airlangga Balikpapan menggelar buka puasa bersama anak yatim. Di momen Ramadan 1434 H ini, sebanyak 30 anak dari Panti Asuhan ...

 
SUPER LIGA
Tambah Jam Terbang
TERNATE- Timnas U-19 akan menututp laga uji coba melawan tim Persiter Ternate U-21 di Stadion Gel ...
Other
 
Kaltim
Pantau Tapal Batas Tahura
PENAJAM- Rombongan Komisi IV DPR RI mengunjungi Kecamatan Sepaku, lahan Taman Hutan Raya (Tahura) ...
Other
 
Metropolis
Disnakersos Kerahkan Pengawas Naker Usut Laka Kerja Karyawan Terjepit Garbarata (SUB) BAL ...
Other
 
Kecamatan
Berharap THR Tetap Cair
BALIKPAPAN- Kisruh tentang tidak menerimanya tunjangan hari raya (THR) bagi para penyapu jalanan ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1