Sabtu, 03 November 2012 , 13:05:00


BALIKPAPAN - Pihak SMPN 2 Balikpapan mengaku telah siap untuk melaksanakan penerimaan siswa baru (PSB) secara online pada tahun 2013 mendatang.

“Untuk tahun depan (2013,red) Kami telah siap melaksanakan PSB secara online,”kata Wakil Kepala Sekolah SMPN 2 Kaseman kepada Balikpapan Pos belum lama ini.

Ia mengaku, pihaknya telah mempersiapkan infrastruktur pelaksanaan PSB Online ini seperti internet, komputer serta sumberdaya manusia (SDM) yang ada disekolah.

“Infrastruktur kami sedang persiapkan sehingga pada saat pelaksanaan PSB tidak ada kendala,”katanya.

Diakuinya apabila persiapan telah maksimal maka  kemungkinan proses pendaftaran akan berjalan mulus dan tida ada protes dari orang tua murid ataupun pelajar yang berminat untuk masuk di SMPN 2.

“Saya yakin kalau infrastruktur dan  operatornya baik Insya Allah PSB Onlinenya tidak ada masalah,”terangnya.

Menurutnya PSB Online ini  prosesnya tidak terlalu repot seperti penerimaan siswa yang berlangsung secara manual dalam beberapa tahap disetiap sekolah. “Tapi kalau PSB Online ini berlangsung simple dan transparan karena secara otomatis siswa yang memenuhi syarat dan  jumlah kuota langsung terlihat di internet,”terangnya

Sebelumnya Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Kota (Kadisdik) Balikpapan Ir Sri Wahyuningsih mengatakan PSB Online di Balikpapan 2013 mendatang  telah memiliki situs resmi yakni www.balikpapan.siap-ppdb.com. Situs ini telah diperkenalkan dihadapan wali kota Balikpapan H Rizal Effendi,SE dan sejumlah kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD. Situs ini menggunakan Sistem Informasi Aplikasi Pendidikan (SIAP) www.siap-online.com milik PT Telkom yang telah dipercaya 20 dinas pendidikan untuk melayani lebih dari 1500 sekolah di Indonesia dan lebih dari 350 ribu siswa setiap tahunnya.

“Sistem aplikasinya bekerjasama dengan PT Telkom,”kata Yuyun sapaan akrab Ir Sri Wahyuningsih.

Menurut Yuyun, dalam situs tersebut terdapat beberapa fitur yang bisa diakses oleh pendaftar diantaranya informasi penerimaan siswa baru (PSB), hasil seleksi, data pendaftaran serta media komunikasi dengan masyarakat.

“Didalam situs ini juga terdapat beberapa beranda penting seperti aturan dan prosedur, jadwal pelaksanaan, alur pendaftaran, pendaftaran secara online, info sekolah, daya tamping, data pendaftar, hasil seleksi serta beranda penting lainya,”terang Yuyun.

Yuyun menjelaskan, PPDB Online Kota Balikpapan 2013 ini sekolah peserta terdiri dari 22 sekolah SMP, 9 sekolah SMA serta 6 sekolah SMK. Sedangkan jalur penerimaan yakni RSBI, keluarga miskin (gakin), kelas olahraga, bina lingkungan (BL) serta regular.

“Pokoknya  syarat-syarat  peserta semua tercantum dalam situs tersebut sehingga walaupun warga Balikpapan berada di luar daerah bisa mengakses untuk melakukan pendaftaran sesuai jenjang sekolah dengan syarat nilai seperti rapor, UN, nilai tes potensi akademik dan syarat lainya,”pungkasnya (vie)

 
OTHER NEWS
Rabu, 01 Oktober 2014 , 05:13:00

Paskhas SMPN 14 Bibit Paskibra Kota

BALIKPAPAN—Keberadaan kegiatan ekskul Pasukan Khas (Paskhas) SMPN 14 juga tidak ketinggalan dalam mengharumkan nama sekolah diajang tingkat kota hingga provinsi, ...

Rabu, 01 Oktober 2014 , 05:13:00

Diikuti 80 Pendidik PAUD

TANA PASER – Sebanyak 80 orang Pendidik PAUD se-Kabupaten Paser mengikuti Diklat berjenjang tingkat lanjutan garapan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Pas ...

Selasa, 30 September 2014 , 08:26:00

Disdik Akui Ada Kesalahan Internal

BALIKPAPAN—Meski sudah berjalan, berbagai kendala dalam penerapan Kurikulum 2013 masih berlanjut. Salah satunya terkait pengadaan buku pegangan. Di Balikpapan se ...

Selasa, 30 September 2014 , 08:25:00

62 Ribu Guru SMK Bakal Ikut Pendampingan

BALIKPAPAN—Direktur Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Mustaghfirin mengungkapkan, sekitar 62 ribu guru SMK seluru ...

Selasa, 30 September 2014 , 08:25:00

Cetak Prestasi, Pelajar SMPN 8 Manggar Turnamen Bulu Tangkis di Bali

BALIKPAPAN—Ternyataberbagai prestasi  yang didapatkan di wilayah Kelurahan Manggar tidak hanya dalam program lingkungan saja, akan tetapi di kalangan pelaja ...

 
SUPER LIGA
Saatnya Hancurkan Al Qadsia
JAYAPURA- 90 menit untuk mencetak sejarah baru sudah ada di dalam benak anak-anak Persipura, Boaz ...
Other
 
Kaltim
Kebakaran Hutan dan Lahan Meningkat
PENAJAM- Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) mencatat, ...
Other
 
Metropolis
Dimasukan dalam Pelanggan Bisnis
BALIKPAPAN -Para pedagang tradisional yang berjualan di lantai dasar Rapak Plaza mengeluhkan tari ...
Other
 
Kecamatan
Kompak, Koordinasi Camat Balteng Dan Lurah
BALIKPAPAN—Camat Balikpapan Tengah Boedi Liliono menindaklanjuti setiap informasi yang masu ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1