Rabu, 24 Oktober 2012 , 12:48:00


MINUMAN HARAM!: Vodka Mix dan bir hitam yang diperoleh tim Balpos dari dua minimarket di Kota Beriman.

BALIKPAPAN - Penjualan miras tak hanya sebatas di Karaoke Keluarga, tapi juga minimarket yang telah berulang kali terjaring razia. Hasil penelusuran Balikpapan Pos (Balpos), dua minimarket di Kota Beriman tetap menjual miras secara bebas. Padahal Perda nomor 16 tahun 2000 menegaskan jika miras hanya diperkenankan dijual ke hotel berbintang.

“Bir hitam dua botol mbak,” pinta tim investigasi Balpos.

Tanpa banyak tanya, pelayan minimarket di pusat kota tak jauh dari gedung Polres, DPRD dan kantor wali kota itu langsung melayani. Dua botol miras Guinness berkadar alkohol 4,9 persen langsung diberikan sembari menyodorkan struk penjulan.  

Dua botol bir hitam itu harganya Rp42 ribu.

Minimarket ini memang punya izin dari pusat sebagai distributor miras. Namun di Balikpapan, masih berlaku Perda nomor 16 tahun 2000 tentang Pelarangan, Pengawasan dan Peredaran Minuman Beralkohol. Penegakan Perda miras itu memang terbentur dengan izin dari pusat sehingga pengaturan distribusi miras hanya di hotel berbintang melalui Perda, praktis seperti “macan ompong!”.

Tim investigasi Balpos beralih ke minimarket kedua, di wilayah Jl Ery Suparjan tak jauh dari rumah jabatan wali kota.

Minimarket ini sudah berulang kali dirazia aparat, tapi tetap saja tak pernah jera untuk menjual miras secara bebas kepada masyarakat.

“Nggak bakal jeras mas. Omzet jualan miras masih berlebih dibandingkan barang yang disita saat razia. Kecuali kalau izinnya dicabut, nah lain lagi ceritanya, tapi mana mungkin Pemkot berani,” kata seorang warga.

Di minimarket itu, Balpos membeli dua botol vodka mix cocktail dan exotic blue berkadar alkohol 4,8 persen. Minimarket yang juga membuka kafe ini sebelum kena razia tiap malam selalu dipadati pasangan remaja yang menikmati miras, kebanyakan jenis bir. Tapi sehabis dirazia, pengunjungnya sepi, namun bukan berarti penjualan miras berhenti.

Dua botol vodka yang dibeli Balpos itu dibandrol seharga Rp38 ribu. Lurah Klandasan Ulu Suliansyah saat dikonfirmasi soal minimarket yang tak jera kendati sudah berulang kali dirazia miras, mengakui jika pihaknya belum memantau kembali kondisi yang ada.  

“Begini mas memang saya belum memantau lagi minimarket itu, sebenarnya untuk penindakan penertiban dapat ditindaklanjuti oleh Satpol PP,” kata Suliansyah.

Lurah Suliansyah mengatakan, dirinya merasa gerah dengan bandelnya pengelola minimarket penjual miras yang sudah berulang kali dirazia tapi masih tidak jera. “Beritakan saja mas, kami mendukung. Jangan sampai miras-miras itu nantinya malah jatuh ke kalangan pelajar apalagi masih di bawah umur,” tuturnya. (tim)

 
OTHER NEWS
Kamis, 24 April 2014 , 08:14:00

Lidik Penganiayaan, Tangkap Sabu

BALIKPAPAN- Dibekuk satu, tumbuh seribu. Fenomena peredaran narkoba di Kota Beriman tak pernah kenal kata berhenti. Baru saja jajaran Satuan Reserse Narkoba (Satreskob ...

Kamis, 24 April 2014 , 08:13:00

Polisi Proses Gaji Tak Sesuai UMK

BALKPAPAN-Reskrim Polres Balikpapan masih melakukan penyidikan terhadap pelanggaran bayar upah kerja di bawah Upak Minimum Kota (UMK) Kota Balikpapan yang dilakukan ol ...

Kamis, 24 April 2014 , 08:11:00

Panitia Lelang e-Proc LPSE Kukar Disoal

TENGGARONG- Kegiatan lelang belanja bahan material bangunan bedah rumah untuk wilayah ulu Kutai Kartanegara (Kukar), kini disoal salah satu kontraktor. Pasalnya proyek ...

Kamis, 24 April 2014 , 08:11:00

Saling Lapor, Kakak-Adik Dipenjara

KAKAK beradik, warga Kilometer 39, Kelurahan Sungai Merdeka, Kecamatan Samboja, Kutai Kartanegara (Kukar) Sadriansyah (34) dan Ardiansyah (36), mendekam di tahanan Pol ...

Kamis, 24 April 2014 , 08:10:00

Pangdam: Tingkatkan Kualitas dan Kemampuan

BALIKPAPAN-Diusianyayang kianmatang, Persit Kartika Chandra Kirana (KCK) Daerah VI/Mulawarman wajib terusmeningkatkan kualitas diri dan mengembangkan wawasan serta sel ...

 
SUPER LIGA
Misi Keluar Zona Merah
BALIKPAPAN– Bayang-bayang degradasi semakin menghantui Persiba Balikpapan. Hanya mengoleksi ...
Other
 
Kaltim
RPJMD Jadi Landasan Hukum, Minta Segera Disahkan
PENAJAM– Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) ...
Other
 
Metropolis
Sepinggan Raya Tercemar Limbah Berbahaya
BALIKPAPAN- Sejumlah warga mengeluhkan limbah bekas pelumas kendaraan yang dibuang di drainase ka ...
Other
 
Kecamatan
Jalan Projakal Km 5 Rusak Parah
BALIKPAPAN-Kondisi jalan Projakal KM 5 Kelurahan Graha Indah semakin parah sehingga dikeluhkan wa ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1