Senin, 20 Januari 2014 , 09:19:00


BALIKPAPAN – Pihak Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan mengaku pelayanan terhadap peserta Jaminan Kesehatan Nasional (Jamkesnas) melalui program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) masih minim belum maksimal karena rumah sakit yang melayani program ini masih minim sehingga sering menyebabkan antrean.

“Rumah sakit yang bekerjasama melayani program BPJS ini hanya lima sehingga sering terjadi antrean,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Balikpapan drg Dyah Muryani kepada Balikpapan Pos, Kamis (16/1). Dyah menjelaskan, kelima rumah sakit yang bekerjasama dalam program BPJS ini yakni Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kanudjoso Djatiwibowo, Rumah Sakit Bhayangkara, Rumah Sakit TNI AU, Rumah Sakit Tentara Dr Hardjanto serta Rumah Sakit Sayang Ibu.

“Pasien yang ditangani rumah sakit ini berasal dari Balikpapan, Paser dan Penajam Paser Utara,” terangnya. Untuk memaksimalkan pelayanan BPJS ini kata Dyah, pihaknya sedang menjajaki kerjasama dengan sejumlah rumah sakit swasta di Balikpapan untuk melayani pasien program BPJS ini. “Sudah ada sih rumah sakit swasta yang sudah menyatakan kesediaanya melayani pasien BPJS ini,” ujar wanita berjilbab ini.

Menurut Dyah, beberapa rumah sakit swasta di Balikpapan masih enggan menjalin kerjasama melayani pasien BPJS ini karena sistim asuransinya belum familiar dengan rumah sakit swasta. “Saat ini jumlah peserta BPJS di Kota Balikpapan telah mencapai 150 ribu terdiri dari PNS, TNI, Polri maupun kelurga miskin,”ujarnya.

Dyah mengaku, tidak semua gakin menjadi peserta BPJS, karena dari 18 ribu jumlah gakin di Balikpapan baru sekitar 10 ribu yang menjadi peserta. “Tapi gakin akan tetap menjadi prioritas program BPJS ini. Karena dalam APBD Kota Balikpapan 2014 telah dianggarkan sebesar Rp 3 miliar,”tuturnya.

Dyah menjelaskan, para peserta BPJS ini mendapat pelayanan perawatan di rumah sakit berjenjang khusus untuk penerima bantuan iuran mendapat layanan kelas tiga, sedangkan Askes layanan kelas satu khususnya PNS yang golong IV dan golongan III mendapat pelayanan kelas dua. “Sebanyak 30 dokter yang akan melayani program BPJS ini dengan jumlah penyakit sebanyak 155 jenis mulai dari pelayanan dokter praktek, klinik puskesmas hingga rawat jalan,” pungkasnya.(vie)

 
OTHER NEWS
Jum\'at, 29 Agustus 2014 , 07:26:00

BAK SAMPAH

Kelurahan Damai mendapatkan bantuan bak sampah dari Kecamamatan Balikpapan Kota. Bantuan itu merupakan program Kecamatan dalam memelihara kebersihan lingkungan.

Jum\'at, 29 Agustus 2014 , 07:24:00

Tak Ada Anggaran, Proyek Longsor Bakal Mangkrak

BALIKPAPAN - Melihat kondisi geografis lokasi pemukiman di wilayah Kecamatan Balikpapan (Balkot), banyak pemukiman yang berada di wilayah perbukitan. Artinya, tentunya ...

Jum\'at, 29 Agustus 2014 , 07:23:00

Lurah Prapatan Minta Warga Tingkatkan Kesadaran Membuang Sampah

BALIKPAPAN - Lurah Prapatan, Slamet Djunaidi, berharap kesadaran warganya untuk senantiasa menjaga kebersihan lingkungannya di musih hujan ini. “Karena jika musi ...

Jum\'at, 29 Agustus 2014 , 07:23:00

Pelayanan Akte Kelahiran Mendominasi

BALIKPAPAN — Sebagai warga yang tertib administrasi kependudukan, tentunya peduli terhadap pemenuhan segala persyaratan kependudukan. Salah satunya, pemenuhan me ...

Kamis, 28 Agustus 2014 , 10:34:00

Ke Imigrasi Cukup Dua Kali, Bayar Tinggal Gesek

Imigrasi menjadi salah satu lembaga yang banyak disorot, bukan hanya soal pelayanan tapi juga praktik percaloan. Tapi sekarang masyarakat tak perlu khawatir, hadirnya ...

 
SUPER LIGA
Berkat Tuah Nomor 17
LONDON -  Fans Arsenal harusnya berterima kasih kepada Alexis Sanchez. Satu gol pemain berno ...
Other
 
Kaltim
3 Kelurahan Segera Dialiri Listrik
PENAJAM - Tiga wilayahdi Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) patut berbahagia, pasalnya Bupati PP ...
Other
 
Metropolis
MACET TAMBAH PARAH
Kondisi Jl MT Haryono mulai dari Jembatan PDAM hingga traffick light (TL) simpangan Balikpapan Pe ...
Other
 
Kecamatan
Balteng Gelar Razia Gabungan
BALIKPAPAN - Untuk menerapkan tertib administri kependudukan di wilayah Balikpapan Tengah, pihak ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1