Jum'at, 13 Desember 2013 , 08:42:00


BALIKPAPAN-Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Balikpapan dalam menyalurkan hak suaranya pada setiap pemilu,  Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Balikpapan akan melakukan perekrutan terhadap warga untuk menjadi Relawan Demokrasi.

Komisioner KPU Balikpapan, Ardi Rahayu mengatakan, perekrutan Relawan Demokrasi sersebut dilakukan karena adanya arahan KPU Pusat untuk membentuk Relawan Demokrasi. "Dari KPU pusat ada program relawan demokrasi, sehingga kami lanjut dengan melakukan perekrutan," ucap Ardi Rahayu, baru-baru ini.

Program tersebut, perempuan berkerudung ini merupakan gerakan sosial yang dimaksudkan meningkatkan partisipasi dan kualitas pemilih dalam menggunakan hak pilihnya. "Di Balikpapan sendiri, program ini sebenarnya sudah seperti agen sosialisasi. Di mana setiap agen berperan mensosialisasikan pentingnya menggunakan hak pilih," ucapnya.

Dalam program tersebut lanjut Ardi, turut melibatkan peran serta masyarakat yang dijadikan sebagai pelopor demokrasi bagi komunitasnya. Relawan demokrasi ini sendiri menjadi mitra KPU dalam agenda sosialisasi dan pendidikan pemilih di tingkat kabupaten maupun kota.

"Untuk rekrutmen, sesuai dengan petunjuk pusat ada 5 segmen. Kelompok wanita, pemilih pemula, penyandang cacat, kelompok keagamaan juga kelompok pinggiran," sebutnya.

Lebih lanjut ia memaparkan, di masing-masing kabupaten/kota, dicari sebanyak 25 orang relawan. Sedangkan dari agen sosialisasi sebelumnya, KPU sudah memiliki 15 kandidat. Hanya saja, nantinya para relawan demokrasi ini memiliki jenis-jenis kegiatan yang mengikuti petunjuk teknisnya.

"Mungkin nanti ada pengukuhannya, juga untuk meningkatkan kompetensi yang diperlukan dalam menjalankan tugasnya, relawan demokrasi akan diikutkan training," terang Ardi.

Dia menambahkan kegiatan para relawan demokrasi tersebut seperti mengidentifikasi kebutuhan varian kelompok sasaran, identifikasi materi dan metode sosialisasi yang akan dilakukan, menyusun jadwal kegiatan." Selain itu mereka juga harus berkoordinasi dengan relawan pemilu yang lain, melaksanakan kegiatan sesuai jadwal hingga menyusun dan melaporkan kegiatan kepada KPU kabupaten/kota,” tutupnya.(bp-14)

 
OTHER NEWS
Minggu, 27 Juli 2014 , 12:34:00

Regina, Sukses Menimba Ilmu di Sekolah Swasta

Menimba ilmu di sekolah negeri tidak menjamin siswa itu menjadi sukses. Bahkan ada sejumlah tamatan sekolah swasta bisa sukses sebagai pengusaha, birokrasi maupun prof ...

Sabtu, 26 Juli 2014 , 08:06:00

Posko Lebaran Siap Tampung Laporan Warga

BALIKPAPAN — Pemkot Balikpapan meminta Kelurahan se-Balikpapan untuk membentuk posko keamanan lebaran. Seperti di Kelurahan Kalandasan Ilir, posko tersebut sudah ...

Sabtu, 26 Juli 2014 , 08:05:00

Rizal: Kuncinya Partisipasi Masyarakat

BALIKPAPAN — Cuaca Balikpapan yang tidak mengenal musim membuat kewaspadaan terhadap bencana harus terus ditingkatkan. Potensi bencana banjir dan tanah longsor, ...

Sabtu, 26 Juli 2014 , 08:03:00

Lolos Jadi Finalis Duta Wisata

Bagi pegawai di Kelurahan Klandasan Ulu nama Triana Rury sudah tidak asing lagi. Triana merupakan salah seorang staf di Kelurahan Klansdasan Ulu. Ia mengaku, meras ...

Sabtu, 26 Juli 2014 , 08:01:00

Warga Tetap Waspada

BALIKPAPAN — Warga di kelurahan Prapatan hingga saat ini terus meningkatkan keamanan di lingkungan rumahnya masing-masing. Pasalnya, sejak beberapa  hari ya ...

 
SUPER LIGA
Wajib Latihan 1 Agustus
BALIKPAPAN- Libur Lebaran Idul Fitri 1435 Hijriah sudah diberikan manajemen tim Persiba Balikpapa ...
Other
 
Kaltim
H-3 Idul Fitri, Harga Daging Sapi Melambung
PENAJAM - Memasuki H-3 lebaran Idul Fitri, sejumlah komuditas kebutuhan pokok di Kabupaten Penaja ...
Other
 
Metropolis
BERKUALITAS
BALIKPAPAN: SMP Patra Dharma (PD) yang terletak di Jalan Sekolah Perapatan ini, bisa bersaing den ...
Other
 
Kecamatan
Waspada, DBD Masih Mengancam
BALIKPAPAN - Hingga saat ini, penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) masih mengancam. Untuk menekan ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1