Jum'at, 13 Desember 2013 , 08:42:00


BALIKPAPAN-Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Balikpapan dalam menyalurkan hak suaranya pada setiap pemilu,  Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Balikpapan akan melakukan perekrutan terhadap warga untuk menjadi Relawan Demokrasi.

Komisioner KPU Balikpapan, Ardi Rahayu mengatakan, perekrutan Relawan Demokrasi sersebut dilakukan karena adanya arahan KPU Pusat untuk membentuk Relawan Demokrasi. "Dari KPU pusat ada program relawan demokrasi, sehingga kami lanjut dengan melakukan perekrutan," ucap Ardi Rahayu, baru-baru ini.

Program tersebut, perempuan berkerudung ini merupakan gerakan sosial yang dimaksudkan meningkatkan partisipasi dan kualitas pemilih dalam menggunakan hak pilihnya. "Di Balikpapan sendiri, program ini sebenarnya sudah seperti agen sosialisasi. Di mana setiap agen berperan mensosialisasikan pentingnya menggunakan hak pilih," ucapnya.

Dalam program tersebut lanjut Ardi, turut melibatkan peran serta masyarakat yang dijadikan sebagai pelopor demokrasi bagi komunitasnya. Relawan demokrasi ini sendiri menjadi mitra KPU dalam agenda sosialisasi dan pendidikan pemilih di tingkat kabupaten maupun kota.

"Untuk rekrutmen, sesuai dengan petunjuk pusat ada 5 segmen. Kelompok wanita, pemilih pemula, penyandang cacat, kelompok keagamaan juga kelompok pinggiran," sebutnya.

Lebih lanjut ia memaparkan, di masing-masing kabupaten/kota, dicari sebanyak 25 orang relawan. Sedangkan dari agen sosialisasi sebelumnya, KPU sudah memiliki 15 kandidat. Hanya saja, nantinya para relawan demokrasi ini memiliki jenis-jenis kegiatan yang mengikuti petunjuk teknisnya.

"Mungkin nanti ada pengukuhannya, juga untuk meningkatkan kompetensi yang diperlukan dalam menjalankan tugasnya, relawan demokrasi akan diikutkan training," terang Ardi.

Dia menambahkan kegiatan para relawan demokrasi tersebut seperti mengidentifikasi kebutuhan varian kelompok sasaran, identifikasi materi dan metode sosialisasi yang akan dilakukan, menyusun jadwal kegiatan." Selain itu mereka juga harus berkoordinasi dengan relawan pemilu yang lain, melaksanakan kegiatan sesuai jadwal hingga menyusun dan melaporkan kegiatan kepada KPU kabupaten/kota,” tutupnya.(bp-14)

 
OTHER NEWS
Selasa, 16 September 2014 , 00:04:00

Rayakan Hari Jadi, Balkot Gelar Donor Darah

BALIKPAPAN-Salah satu rangkaian kegiatan perayaan  HUT ke-69 Republik Indonesia, sekaligus bertepatan dengan hari jadi Kecamatan Balikpapan Kota (Balkot) yang ke- ...

Selasa, 16 September 2014 , 00:02:00

BI Jadikan Balikpapan Tanaman Cabai

BALIKPAPAN—Bank Indonesia (BI) Cabang Balikpapan terus berupaya untuk mengendalikan laju inflasi dengan memanfaatkan tanaman cabai yang sudah tersebar di 12 Kelu ...

Selasa, 16 September 2014 , 00:01:00

Ketua RT Terus Aktif Ingatkan Warga

BALIKPAPAN--Dalam rangka menciptakan kedisiplinan wargan Ketua RT di beberapa wilayah terus aktif mengingatkan warganya untuk membayar iuran wajib. Salah satunya, memb ...

Selasa, 16 September 2014 , 00:00:00

Tingkatkan PHBS Guna Menjaga Kesehatan Lingkungan

BALIKPAPAN--Lingkungan RT 34 Prapatan harus tampak selalu bersih dan sehat. Hal ini disebabkan karena kondisi cuaca yang tak stabil sehingga rawan penyebaran penyakit. ...

Senin, 15 September 2014 , 08:35:00

Pantai Manggar Kembali Tercemar Limbah Minyak

BALIKPAPAN-Pantai Balikpapan kembali tercemar limbah minyak (sludge oil) yang tersebar di sepanjang Pantai Manggar. Limbah ini diduga berasal dari buangan kapal yang h ...

 
SUPER LIGA
Pelampiasan Beruang Muda
BALIKPAPAN- Tim Persiba Balikpapan U-21 hampir dapat dipastikan gagal melaju ke babak semifinal k ...
Other
 
Kaltim
Pendaftaran CPNS Ditutup Kemarin
PENAJAM- Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) telah menutup pendaft ...
Other
 
Metropolis
SBY : Tuntaskan MP3EI
BALIKPAPAN-Flyover Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan menjadi saksi diresmikan 10 pro ...
Other
 
Kecamatan
Kurangi Kemacetan Depan SDN 002
BALIKPAPAN-Kemacetan yang kerap terjadi di depan SDN 01 dan SDN 02 Balikpapan Tengah (Balteng) Ke ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1