Jum'at, 13 Desember 2013 , 08:42:00


BALIKPAPAN-Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Balikpapan dalam menyalurkan hak suaranya pada setiap pemilu,  Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Balikpapan akan melakukan perekrutan terhadap warga untuk menjadi Relawan Demokrasi.

Komisioner KPU Balikpapan, Ardi Rahayu mengatakan, perekrutan Relawan Demokrasi sersebut dilakukan karena adanya arahan KPU Pusat untuk membentuk Relawan Demokrasi. "Dari KPU pusat ada program relawan demokrasi, sehingga kami lanjut dengan melakukan perekrutan," ucap Ardi Rahayu, baru-baru ini.

Program tersebut, perempuan berkerudung ini merupakan gerakan sosial yang dimaksudkan meningkatkan partisipasi dan kualitas pemilih dalam menggunakan hak pilihnya. "Di Balikpapan sendiri, program ini sebenarnya sudah seperti agen sosialisasi. Di mana setiap agen berperan mensosialisasikan pentingnya menggunakan hak pilih," ucapnya.

Dalam program tersebut lanjut Ardi, turut melibatkan peran serta masyarakat yang dijadikan sebagai pelopor demokrasi bagi komunitasnya. Relawan demokrasi ini sendiri menjadi mitra KPU dalam agenda sosialisasi dan pendidikan pemilih di tingkat kabupaten maupun kota.

"Untuk rekrutmen, sesuai dengan petunjuk pusat ada 5 segmen. Kelompok wanita, pemilih pemula, penyandang cacat, kelompok keagamaan juga kelompok pinggiran," sebutnya.

Lebih lanjut ia memaparkan, di masing-masing kabupaten/kota, dicari sebanyak 25 orang relawan. Sedangkan dari agen sosialisasi sebelumnya, KPU sudah memiliki 15 kandidat. Hanya saja, nantinya para relawan demokrasi ini memiliki jenis-jenis kegiatan yang mengikuti petunjuk teknisnya.

"Mungkin nanti ada pengukuhannya, juga untuk meningkatkan kompetensi yang diperlukan dalam menjalankan tugasnya, relawan demokrasi akan diikutkan training," terang Ardi.

Dia menambahkan kegiatan para relawan demokrasi tersebut seperti mengidentifikasi kebutuhan varian kelompok sasaran, identifikasi materi dan metode sosialisasi yang akan dilakukan, menyusun jadwal kegiatan." Selain itu mereka juga harus berkoordinasi dengan relawan pemilu yang lain, melaksanakan kegiatan sesuai jadwal hingga menyusun dan melaporkan kegiatan kepada KPU kabupaten/kota,” tutupnya.(bp-14)

 
OTHER NEWS
Kamis, 17 April 2014 , 10:44:00

Digelontorkan Dana Rp3 Miliar

BALIKPAPAN-Pihak Dinas Pekerjaan Umum (DPU) akan menambah fasilitas Gedung Kesenian Balikpapan (GKB). Rencananya akan dibangun teater terbuka di luar areal gedung yang ...

Kamis, 17 April 2014 , 10:43:00

Banyak Jajanan Mengandung Bahan Berbahaya

BALIKPAPAN-Puskesmas Telagasari melaksanakan kegiatan penyuluhan makanan berbahaya ke sekolah SMP dan SMA di wilayah Telagasari, Senin (14/4). Hal tersebut dilaksanaka ...

Kamis, 17 April 2014 , 10:42:00

Sidang Pleno PPK Balkot Berjalan Lancar

BALIKPAPAN-Rekapitulasi penghitungan kertas suara dan Rapat Pleno Pileg 2014 yang dilakukan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Balikpapan Kota (Balkot), di hotel Mega L ...

Kamis, 17 April 2014 , 10:41:00

RT 11 Telagasari Usulkan Bantuan SPGRM

BALIKPAPAN-Warga RT 11 Kelurahan Telagasari mengajukan bantuan melalui program Stimulan Partisipasi Gotong Royong Masyarakat (SPGRM) untuk perbaikan lingkungan. Perbai ...

Rabu, 16 April 2014 , 07:45:00

Pembayaran PBB Bisa di Kecamatan

BALIKPAPAN-Ini adalah kabar gembira bagi warga Kecamatan Balikpapan Kota (Balkot) yang ingin membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), tidak perlu jauh-jauh atau menungg ...

 
SUPER LIGA
Mantapkan Penyelesaian Akhir
BALIKPAPAN – Jelang laga melawan Persela Lamongan (24/4), Persiba Balikpapan memantapkan ke ...
Other
 
Kaltim
Rapat Bersama Membahas UPT Dinas PU
PENAJAM- Bupati Penajam Paser Utara H Yusran Aspar bersama Wakil Bupati Mustaqim rapat bersama se ...
Other
 
Metropolis
PERBAIKAN JALAN
BALIKPAPAN- Dinas Pekerjaan Umum (DPU) sedang melakukan pelebaran Jl Ruhui Rahayu menuju rumah ja ...
Other
 
Kecamatan
Rapat Pleno PPK Balbar Dijaga Ketat
BALIKPAPAN- Setelah pleno PPS di kelurahan, maka untuk memastikan jumlah suara yang diperoleh set ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1