Jum'at, 13 Desember 2013 , 08:42:00


BALIKPAPAN-Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Balikpapan dalam menyalurkan hak suaranya pada setiap pemilu,  Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Balikpapan akan melakukan perekrutan terhadap warga untuk menjadi Relawan Demokrasi.

Komisioner KPU Balikpapan, Ardi Rahayu mengatakan, perekrutan Relawan Demokrasi sersebut dilakukan karena adanya arahan KPU Pusat untuk membentuk Relawan Demokrasi. "Dari KPU pusat ada program relawan demokrasi, sehingga kami lanjut dengan melakukan perekrutan," ucap Ardi Rahayu, baru-baru ini.

Program tersebut, perempuan berkerudung ini merupakan gerakan sosial yang dimaksudkan meningkatkan partisipasi dan kualitas pemilih dalam menggunakan hak pilihnya. "Di Balikpapan sendiri, program ini sebenarnya sudah seperti agen sosialisasi. Di mana setiap agen berperan mensosialisasikan pentingnya menggunakan hak pilih," ucapnya.

Dalam program tersebut lanjut Ardi, turut melibatkan peran serta masyarakat yang dijadikan sebagai pelopor demokrasi bagi komunitasnya. Relawan demokrasi ini sendiri menjadi mitra KPU dalam agenda sosialisasi dan pendidikan pemilih di tingkat kabupaten maupun kota.

"Untuk rekrutmen, sesuai dengan petunjuk pusat ada 5 segmen. Kelompok wanita, pemilih pemula, penyandang cacat, kelompok keagamaan juga kelompok pinggiran," sebutnya.

Lebih lanjut ia memaparkan, di masing-masing kabupaten/kota, dicari sebanyak 25 orang relawan. Sedangkan dari agen sosialisasi sebelumnya, KPU sudah memiliki 15 kandidat. Hanya saja, nantinya para relawan demokrasi ini memiliki jenis-jenis kegiatan yang mengikuti petunjuk teknisnya.

"Mungkin nanti ada pengukuhannya, juga untuk meningkatkan kompetensi yang diperlukan dalam menjalankan tugasnya, relawan demokrasi akan diikutkan training," terang Ardi.

Dia menambahkan kegiatan para relawan demokrasi tersebut seperti mengidentifikasi kebutuhan varian kelompok sasaran, identifikasi materi dan metode sosialisasi yang akan dilakukan, menyusun jadwal kegiatan." Selain itu mereka juga harus berkoordinasi dengan relawan pemilu yang lain, melaksanakan kegiatan sesuai jadwal hingga menyusun dan melaporkan kegiatan kepada KPU kabupaten/kota,” tutupnya.(bp-14)

 
OTHER NEWS
Selasa, 02 September 2014 , 09:27:00

Siap-siap, Balkot akan Gelar Razia Gabungan

BALIKPAPAN—Pihak Kecamatan Balikpapan Kota (Balkot) akan segera melakukan razia gabungan dalam rangka penegakan Perda ketertiban umum di wilayah Balkot. Kasi Tra ...

Selasa, 02 September 2014 , 09:27:00

Atraksi Paramotor Sedot Perhatian Warga Balikpapan

BALIKPAPAN—Atraksi paramotor yang beredar di langit Balikpapan khususnya tepat di atas Lapangan Merdeka dan Pantai Kilang menyedot perhatian warga Balikpapan. Ha ...

Selasa, 02 September 2014 , 09:26:00

RT 1 Klandasan Ilir Tagih Material SPGRM

BALIKPAPAN—Warga RT 1 Kelurahan Klandasan Ilir hingga saat ini belum menerima bahan material proyek SPGRM yang sudah diajukannya. “Kami mengajukan proyek S ...

Senin, 01 September 2014 , 10:04:00

Tingkatkan Keahlian Menaklukkan Api

BALIKPAPAN-Untuk memaksimalkan keterampilan memadamkan kobaran api, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Balikpapan menggelar lomba ketangkasan antar unit p ...

Senin, 01 September 2014 , 10:03:00

Siring Longsor RT 33 Prapatan Belum Diperbaiki

BALIKPAPAN-Kondisi siring longsor di RT 33 Prapatan Dalam, Kelurahan Prapatan, hingga saat ini belum ada tanda-tanda untuk diperbaiki oleh dinas terkait. Padahal, keja ...

 
SUPER LIGA
Drama Lolos Degradasi
SAMARINDA– Putra Samarinda (Pusam) masih akan tercantum sebagai kontestan Indonesia Super L ...
Other
 
Kaltim
Bupati Rencana Bangun TPI
PENAJAM- Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Yusran Aspar melakukan kunjungan ke wilayah-wilayah yan ...
Other
 
Metropolis
Tanpa Izin, Lima Pohon DKPP Ditebang
BALIKPAPAN - Masyarakat tampak bertanya-tanya ketika melintas kawasan Gunung Bakaran, Kelurahan S ...
Other
 
Kecamatan
Kecamatan Kendalikan Fungsi Trotoar
BALIKPAPAN-Setelah beberapa hari yang lalu menggelar razia gabungan di tempat kos-kosan di wilaya ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1