Jum'at, 13 Desember 2013 , 08:42:00


BALIKPAPAN-Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat Balikpapan dalam menyalurkan hak suaranya pada setiap pemilu,  Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Balikpapan akan melakukan perekrutan terhadap warga untuk menjadi Relawan Demokrasi.

Komisioner KPU Balikpapan, Ardi Rahayu mengatakan, perekrutan Relawan Demokrasi sersebut dilakukan karena adanya arahan KPU Pusat untuk membentuk Relawan Demokrasi. "Dari KPU pusat ada program relawan demokrasi, sehingga kami lanjut dengan melakukan perekrutan," ucap Ardi Rahayu, baru-baru ini.

Program tersebut, perempuan berkerudung ini merupakan gerakan sosial yang dimaksudkan meningkatkan partisipasi dan kualitas pemilih dalam menggunakan hak pilihnya. "Di Balikpapan sendiri, program ini sebenarnya sudah seperti agen sosialisasi. Di mana setiap agen berperan mensosialisasikan pentingnya menggunakan hak pilih," ucapnya.

Dalam program tersebut lanjut Ardi, turut melibatkan peran serta masyarakat yang dijadikan sebagai pelopor demokrasi bagi komunitasnya. Relawan demokrasi ini sendiri menjadi mitra KPU dalam agenda sosialisasi dan pendidikan pemilih di tingkat kabupaten maupun kota.

"Untuk rekrutmen, sesuai dengan petunjuk pusat ada 5 segmen. Kelompok wanita, pemilih pemula, penyandang cacat, kelompok keagamaan juga kelompok pinggiran," sebutnya.

Lebih lanjut ia memaparkan, di masing-masing kabupaten/kota, dicari sebanyak 25 orang relawan. Sedangkan dari agen sosialisasi sebelumnya, KPU sudah memiliki 15 kandidat. Hanya saja, nantinya para relawan demokrasi ini memiliki jenis-jenis kegiatan yang mengikuti petunjuk teknisnya.

"Mungkin nanti ada pengukuhannya, juga untuk meningkatkan kompetensi yang diperlukan dalam menjalankan tugasnya, relawan demokrasi akan diikutkan training," terang Ardi.

Dia menambahkan kegiatan para relawan demokrasi tersebut seperti mengidentifikasi kebutuhan varian kelompok sasaran, identifikasi materi dan metode sosialisasi yang akan dilakukan, menyusun jadwal kegiatan." Selain itu mereka juga harus berkoordinasi dengan relawan pemilu yang lain, melaksanakan kegiatan sesuai jadwal hingga menyusun dan melaporkan kegiatan kepada KPU kabupaten/kota,” tutupnya.(bp-14)

 
OTHER NEWS
Rabu, 23 April 2014 , 08:32:00

Balut Juara Umum MTQ Tingkat Kota

BALIKPAPAN- Peserta Kecamatan Balikpapan Utara (Balut) berhasil meraih juara umum lomba Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat Kota Balikpapan ke 44 yang digel ...

Rabu, 23 April 2014 , 08:31:00

Kasus DBD Meningkat, Pemkot Gelar Gentak

BALIKPAPAN - Kasus demam berdarah dengue (DBD) di Balikpapan hingga April ini, sudah mencapai angka 651 kasus dan sudah merenggut 6 nyawa warga Kota Minyak. Dengan kon ...

Rabu, 23 April 2014 , 08:30:00

Pasien Hipertensi di Prapatan Meningkat

BALIKPAPAN-Jumlah masyarakat yang berpotensi mengalami penyakit tak menular di Prapatan  meningkat tajam. Potensi itu muncul karena gaya hidup masyarakat. Padahal ...

Rabu, 23 April 2014 , 08:28:00

Kuota Penerimaan 400 Mahasiswa Baru

BALIKPAPAN-Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Madani Balikpapan sudah mulai membuka pendaftaran penerimaan mahasiswa baru (Maba) tahun akademik 2014/2015. Hingga Selas ...

Selasa, 22 April 2014 , 08:07:00

TUNTUTAN

BALIKPAPAN- Mahasiswa dari HMI Balikpapan, Senin (21/4) siang kemarin mendatangi kantor PLN Balikpapan, mereka menuntut pengelola PLN Balikpapan agar tidak lagi melaku ...

 
SUPER LIGA
Usung Formasi Menang
BALIKPAPAN- Menjamu Persela Lamongan dalam laga lanjutan kompetisi Indonesia Super League (ISL) 2 ...
Other
 
Kaltim
Di PPU Golkar Masih Memimpin
PENAJAM­- Perolehan suara partai peserta pemilihan umum untuk Dewan Perwakilan Rakyat Daerah ...
Other
 
Metropolis
KAYA ENERGI
BALIKPAPAN- Kilang milik PT Pertamina RU V sebagai tempat menyimpan minyak mentah untuk diolah gu ...
Other
 
Kecamatan
Semenisasi Diduga di Bawah Standar
BALIKPAPAN–Salah satu tanda pesatnya pembangunan suatu wilayah, ialah keberadaan  fasi ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1