Senin, 07 Oktober 2013 , 07:13:00


TANA PASER - Isu kecurangan pada penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) memang kerap muncul jelang ujian. Meski kerap didengungkan, namun tak jarang, isu tersebut lenyap begitu saja, tanpa ada kejelasan.

Pun demikian juga dengan di Paser, proses transparansi dan jujur disuarakan Lembaga Swadaya Masyarakat Lumbung Informasi Rakyat (Lira). Lira menilai, rekruitmen CPNS tahun ini belum memuaskan. Sebabnya, masyarakat masih kesulitan untuk mengakses informasi tentang CPNS dari wilayah Paser.

“Kami mendapat keluhan bahwa CPNS tahun ini masih sarat kepentingan. Ini terbukti dari terbatasnya informasi, terutama untuk formasi yang dibutuhkan,” kata Ketua Lira Paser Subhan Arafat,  pada media ini kemarin.

Menurut Arafat, yang paling mencolok, adalahnya menyusutnya kuota CPNS yang terjadi. Dari kuota 130 kursi menjadi 111 kursi. “Harusnya pihak terkait menjelaskan secara gamblang. Karena hingga sejauh ini formasi seperti apa yang  dibutuhkan oleh daerah, tidak tersosialisasi dengan baik. Jangan sampai tes CPNS nantinya hanya menjadi formalitas,” bebernya.

“Kami khawatir masyarakat akan menilai bahwa tes CPNS tahun ini hanya sekedar formalitas dan jauh dari prinsip kompetensi tes itu sendiri. Ini kan ironis,” tambahnya.

Arafat menyayangkan, BKD Paser tak memanfaatkan media untuk menyosialisasikan rekruitmen lewat media massa. “Media kan banyak, baik cetak maupun elektronik. Masa tak dimanfaatkan secara maksimal,” bebernya.

Dikatakannya, saat ini BKD belum secara gamblang memebrikan informasi CPNS secara menyeluruh. “Banyak diantara pelamar harus bersusah payah mencari informasi. Mulai dari pengambilan kartu hingga soal kapan dilaksanakannya tes. Ini kan lucu,” tuntasnya.

Persoalan CPNS formasi umum 2013 di Paser memang tak kali ini saja di soal. Sebelumnya, Ikatan Jurnalis dan Penulis Paser (IJPP) juga meminta agar BKD dan dinas terkait jujur dan serius dalam penyelenggaraan CPNS. Termasuk soal pertanyaan menyusutnya jumlah kuota dari 130 menjadi 111. (nan/ind) 

 
OTHER NEWS
Sabtu, 26 Juli 2014 , 07:36:00

H-3 Idul Fitri, Harga Daging Sapi Melambung

PENAJAM - Memasuki H-3 lebaran Idul Fitri, sejumlah komuditas kebutuhan pokok di Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) terjadi lonjakan harga. Bahan pokok yang mengalami ...

Sabtu, 26 Juli 2014 , 07:35:00

Polres Siapkan Layanan Gratis Penitipan Barang Berharga

PENAJAM - Memasuki arus mudik lebaran Idul Fitri, Polres Penajam Paser Utara (PPU) mempersiapkan posko layanan bagi pemudik yang hendak beristirahat maupun untuk mempe ...

Sabtu, 26 Juli 2014 , 07:33:00

Pengajuan Berkas Beasiswa Berakhir

PENAJAM - Pemkab Penajam Paser Utara (PPU) telah menutup pengajuan beasiswa untuk sekolah dasar dan mahasiswa. Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Pemkab PPU, H ...

Jum\'at, 25 Juli 2014 , 10:41:00

Dishub Lakukan Uji Petik

PENAJAM- Jelang Hari Raya Idul Fitri 1436 H, UPTD PKB (Pengujian Kendaraan Bermotor) Dinas Perhubungan, Kebudayaan, Pariwisata dan Kominfo (Dishubudpar-Kominfo) Penaja ...

Jum\'at, 25 Juli 2014 , 10:39:00

Tambah Libur, Siap-siap Kena Sanksi

PENAJAM- Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) mengancam akan menjatuhkan sanksi kepada pegawai negeri sipil (PNS) dan tenaga honorer kalau menambah hari libu ...

 
SUPER LIGA
Wajib Latihan 1 Agustus
BALIKPAPAN- Libur Lebaran Idul Fitri 1435 Hijriah sudah diberikan manajemen tim Persiba Balikpapa ...
Other
 
Kaltim
H-3 Idul Fitri, Harga Daging Sapi Melambung
PENAJAM - Memasuki H-3 lebaran Idul Fitri, sejumlah komuditas kebutuhan pokok di Kabupaten Penaja ...
Other
 
Metropolis
BERKUALITAS
BALIKPAPAN: SMP Patra Dharma (PD) yang terletak di Jalan Sekolah Perapatan ini, bisa bersaing den ...
Other
 
Kecamatan
Waspada, DBD Masih Mengancam
BALIKPAPAN - Hingga saat ini, penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) masih mengancam. Untuk menekan ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1