Senin, 07 Oktober 2013 , 07:13:00


TANA PASER - Isu kecurangan pada penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) memang kerap muncul jelang ujian. Meski kerap didengungkan, namun tak jarang, isu tersebut lenyap begitu saja, tanpa ada kejelasan.

Pun demikian juga dengan di Paser, proses transparansi dan jujur disuarakan Lembaga Swadaya Masyarakat Lumbung Informasi Rakyat (Lira). Lira menilai, rekruitmen CPNS tahun ini belum memuaskan. Sebabnya, masyarakat masih kesulitan untuk mengakses informasi tentang CPNS dari wilayah Paser.

“Kami mendapat keluhan bahwa CPNS tahun ini masih sarat kepentingan. Ini terbukti dari terbatasnya informasi, terutama untuk formasi yang dibutuhkan,” kata Ketua Lira Paser Subhan Arafat,  pada media ini kemarin.

Menurut Arafat, yang paling mencolok, adalahnya menyusutnya kuota CPNS yang terjadi. Dari kuota 130 kursi menjadi 111 kursi. “Harusnya pihak terkait menjelaskan secara gamblang. Karena hingga sejauh ini formasi seperti apa yang  dibutuhkan oleh daerah, tidak tersosialisasi dengan baik. Jangan sampai tes CPNS nantinya hanya menjadi formalitas,” bebernya.

“Kami khawatir masyarakat akan menilai bahwa tes CPNS tahun ini hanya sekedar formalitas dan jauh dari prinsip kompetensi tes itu sendiri. Ini kan ironis,” tambahnya.

Arafat menyayangkan, BKD Paser tak memanfaatkan media untuk menyosialisasikan rekruitmen lewat media massa. “Media kan banyak, baik cetak maupun elektronik. Masa tak dimanfaatkan secara maksimal,” bebernya.

Dikatakannya, saat ini BKD belum secara gamblang memebrikan informasi CPNS secara menyeluruh. “Banyak diantara pelamar harus bersusah payah mencari informasi. Mulai dari pengambilan kartu hingga soal kapan dilaksanakannya tes. Ini kan lucu,” tuntasnya.

Persoalan CPNS formasi umum 2013 di Paser memang tak kali ini saja di soal. Sebelumnya, Ikatan Jurnalis dan Penulis Paser (IJPP) juga meminta agar BKD dan dinas terkait jujur dan serius dalam penyelenggaraan CPNS. Termasuk soal pertanyaan menyusutnya jumlah kuota dari 130 menjadi 111. (nan/ind) 

 
OTHER NEWS
Senin, 22 September 2014 , 02:33:00

Saloloang Dijadikan Kampung Lidi

PENAJAM- Ratusan warga menghadiri launching kampung lidi Saloloang, yang diresmikan langsung oleh Bupati Penajam Paser Utara (PPU) Yusran Aspar. Acara digelar di Panta ...

Senin, 22 September 2014 , 02:31:00

Bupati Minta PT Agro Indomas Taat Aturan

PENAJAM-  Terkait dengan pencemaran udara yang ditimbulkan limbah pabrik kelapa sawit milik PT Agro Indomas sangat meresahkan masyarakat Kelurahan Pemaluan, Kecam ...

Senin, 22 September 2014 , 02:30:00

Masih Ada Rumah Warga Belum Dialiri Listrik

PENAJAM- Terasa baru kemarin, seluruh rakyat Indonesia ini  merayakan HUT ke-69 Kemerdekaan Repubik Indonesia. Namun, pembangunan merata belum seutuhnya dirasakan ...

Sabtu, 20 September 2014 , 00:39:00

Hari ini, Pemasukan Berkas CPNS Ditutup

PENAJAM - Panitia penyelenggara penerimaan calon pegawai negeri sipil (PNS) Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) terus mengebut proses ve ...

Sabtu, 20 September 2014 , 00:38:00

Warga Damit Antusias Ikuti Giat KB Kes

TANA PASER –  Ratusan warga Desa Damit, Kecamatan Pasir Belengkong antusias mengikuti kegiatan TNI Manunggal Kesehatan (TMKK) yang dikemas dalam kegiatan Ke ...

 
SUPER LIGA
Penentuan Juara Grup
INCHEON- Timnas U-23 akan menjalani laga penentuan juara grup E melawan Thailand di Incheon Footb ...
Other
 
Kaltim
Saloloang Dijadikan Kampung Lidi
PENAJAM- Ratusan warga menghadiri launching kampung lidi Saloloang, yang diresmikan langsung oleh ...
Other
 
Metropolis
Wawali Heru Suguhkan “Sakit Gigi”
“LEBIH Baik sakit gigi, daripada sakit hati ini, biar tak mengapa.....Rela, rela, rela aku ...
Other
 
Kecamatan
Harapan Warga RT 5 Batam Terwujud
BALIKPAPAN-Keinginan warga RT 5 Batu Ampar, Balikpapan Utara memiliki fasilitas lingkungan berupa ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1