Senin, 07 Oktober 2013 , 07:13:00


TANA PASER - Isu kecurangan pada penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) memang kerap muncul jelang ujian. Meski kerap didengungkan, namun tak jarang, isu tersebut lenyap begitu saja, tanpa ada kejelasan.

Pun demikian juga dengan di Paser, proses transparansi dan jujur disuarakan Lembaga Swadaya Masyarakat Lumbung Informasi Rakyat (Lira). Lira menilai, rekruitmen CPNS tahun ini belum memuaskan. Sebabnya, masyarakat masih kesulitan untuk mengakses informasi tentang CPNS dari wilayah Paser.

“Kami mendapat keluhan bahwa CPNS tahun ini masih sarat kepentingan. Ini terbukti dari terbatasnya informasi, terutama untuk formasi yang dibutuhkan,” kata Ketua Lira Paser Subhan Arafat,  pada media ini kemarin.

Menurut Arafat, yang paling mencolok, adalahnya menyusutnya kuota CPNS yang terjadi. Dari kuota 130 kursi menjadi 111 kursi. “Harusnya pihak terkait menjelaskan secara gamblang. Karena hingga sejauh ini formasi seperti apa yang  dibutuhkan oleh daerah, tidak tersosialisasi dengan baik. Jangan sampai tes CPNS nantinya hanya menjadi formalitas,” bebernya.

“Kami khawatir masyarakat akan menilai bahwa tes CPNS tahun ini hanya sekedar formalitas dan jauh dari prinsip kompetensi tes itu sendiri. Ini kan ironis,” tambahnya.

Arafat menyayangkan, BKD Paser tak memanfaatkan media untuk menyosialisasikan rekruitmen lewat media massa. “Media kan banyak, baik cetak maupun elektronik. Masa tak dimanfaatkan secara maksimal,” bebernya.

Dikatakannya, saat ini BKD belum secara gamblang memebrikan informasi CPNS secara menyeluruh. “Banyak diantara pelamar harus bersusah payah mencari informasi. Mulai dari pengambilan kartu hingga soal kapan dilaksanakannya tes. Ini kan lucu,” tuntasnya.

Persoalan CPNS formasi umum 2013 di Paser memang tak kali ini saja di soal. Sebelumnya, Ikatan Jurnalis dan Penulis Paser (IJPP) juga meminta agar BKD dan dinas terkait jujur dan serius dalam penyelenggaraan CPNS. Termasuk soal pertanyaan menyusutnya jumlah kuota dari 130 menjadi 111. (nan/ind) 

 
OTHER NEWS
Rabu, 20 Agustus 2014 , 08:57:00

Yusran: Program Pendidikan Alami Kemajuan

PENAJAM- Halal Bihalal PGRI Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dibuka oleh Bupati H Yusran Aspar di Gedung Paripurna DPRD, Selasa (19/8) siang. Kegiatan yang bertema ...

Rabu, 20 Agustus 2014 , 08:56:00

Pembebasan Lahan, Siapkan Dana Rp 1 M

PENAJAM- Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) memastikan akan melakukan pembebasan lahan dengan luas sekira 1 hektare. Sehingga pembangunan je ...

Rabu, 20 Agustus 2014 , 08:55:00

Belum Jelas, Kapan Mendagri Limpahkan Kewenangan

PENAJAM- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) mencatat sekira 6 ribu lebih kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) be ...

Rabu, 20 Agustus 2014 , 08:51:00

Indikasi Pencemaran Sungai Lawelawe

PENAJAM- Indikasi pencemaran air sungai Lawalawe yang disebabkan oleh perusahaan yang ada di hulu sungai cukup meresahkan masyarakat Penajam Paser Utara (PPU). Pasalny ...

Selasa, 19 Agustus 2014 , 09:31:00

25 Anggota DPRD PPU Dilantik

===\\\BANNER DPRD PPU \\\\  2 foto (FOTO: ADI/BALIKPAPAN POS) PENAJAM- Sebanyak 25 Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Penajam Pas ...

 
SUPER LIGA
Debutan Merajalela
BURNLEY-Chelsea memberikan peringatan bahwa mereka adalah salah satu penantang serius dalam pereb ...
Other
 
Kaltim
Yusran: Program Pendidikan Alami Kemajuan
PENAJAM- Halal Bihalal PGRI Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) dibuka oleh Bupati H Yusran Aspar ...
Other
 
Metropolis
DEKLARASI DAN PERESMIAN:
BALIKPAPAN- Embung Wain, salah satu fasilitas KRB yang akan diresmikan Menteri Pekerjaan Umum dan ...
Other
 
Kecamatan
Berlubang, Bergelombang dan Berkubang
BALIKPAPAN- Jalan Alam Baru Somber hingga saat ini belum ada perbaikan padahal rusaknya sangat pa ...
Other
 
Copyright © 2011 MLink Balikpapan. All Rights Reserved.
1